6 Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung 100% Berhasil

Abockbusup.com – Ghost touch adalah masalah yang cukup umum pada perangkat smartphone, terutama pada HP Samsung. Meskipun masalah ini juga bisa terjadi di perangkat HP lain, terutama dengan sistem OS Android. Lalu bagaimana cara mengatasi ghost touch Samsung agar tidak semakin parah?

Ghost touch memang bisa membuat pemakaian HP menjadi tidak nyaman, sebab layar perangkat secara otomatis akan mengetuk atau menggeser sendiri. Perubahan tersebut bisa terjadi bahkan tanpa adanya interaksi dari pengguna.

Penyebab Ghost Touch pada HP Samsung

Ada banyak penyebab mengapa masalah ghost touch bisa terjadi, tapi setidaknya beberapa faktor ini menjadi penyebab utamanya.

1. Kerusakan Fisik pada HP

Salah satu penyebab umum ghost touch adalah kerusakan fisik pada layar HP Samsung. Jika layar HP pecah atau retak karena terjatuh, kemungkinan HP mengalami ghost touch cukup besar. Karena itu kamu disarankan menggunakan pelindung layar untuk mencegah kemungkinan HP rusak saat terjatuh.

2. Masalah Tegangan Listrik

Tidak banyak yang tahu jika tegangan listrik bisa mempengaruhi kemampuan touch screen HP Samsung. Apabila tegangan kurang stabil, kemungkinan HP Samsung mengalami ghost touch cukup besar. Tegangan listrik yang kurang stabil ini biasanya dipicu karena penggunaan charger yang tidak sesuai.

3. Suhu yang Ekstrim

Suhu di sekitar HP atau pada HP Samsung itu sendiri juga bisa mempengaruhi kinerja layar sentuh pada perangkat Samsung. Pada suhu yang sangat panas atau sangat dingin, layar sentuh bisa saja tidak responsif. Inilah yang kemudian menjadi penyebab ghost touch Samsung makin memburuk.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri 2024

4. Aplikasi atau Software Bermasalah

Aplikasi yang tidak kompatibel atau perangkat lunak yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab ghost touch di perangkat Samsung. Terkadang, ketika aplikasi mengalami bug, muncul interaksi pada layar HP, meskipun tidak kamu sentuh layarnya secara langsung.

5. Paparan Air atau Kelembapan Tinggi

Ketika HP Samsung yang digunakan terkena air, suhu HP akan menjadi lembab. Belum lagi jika ternyata air tersebut masuk ke dalam perangkat Samsung. Secara tidak langsung, faktor ini akan membuat stabilitas layar HP turun dan mengakibatkan ghost touch.

Gejala Ghost Touch pada HP Samsung

Sebelum mengetahui cara menghilangkan ghost touch, ada baiknya kamu tahu apa saja gejala HP Samsung yang mengalami masalah ini, diantaranya adalah:

1. Gerakan Layar yang Acak

Sebagaimana istilahnya, ghost touch akan membuat layar perangkat bergerak dengan sendirinya. Gerakan tersebut terjadi bukan karena sentuhan pengguna, melainkan karena salah satu faktor yang sudah disebutkan sebelumnya.

Gerakan layar ini bisa saja akan membuat aplikasi atau tampilan berubah sendiri.

2. Layar Tidak Responsif

Tidak hanya layar bergerak dengan sendirinya, layar HP Samsung yang mengalami ghost touch juga tidak responsif ketika disentuh. Karena masalah tersebut, pengguna akan kesulitan untuk menjalankan aplikasi tertentu, mengetik pesan, ataupun mengoperasikan HP tersebut.

3. Baterai Lebih Boros

Gejala berikutnya yang bisa kamu rasakan adalah baterai yang menjadi lebih boros. Ini karena HP Samsung terus bergerak sendiri tanpa disentuh, membuat pemakaian baterainya menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal ini juga bisa membuat pengguna harus terus mengecas sepanjang hari.

Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung dengan Benar

Ada cara memperbaiki ghost touch Samsung yang benar agar HP tak mengalami kerusakan yang lebih parah. Beberapa cara yang direkomendasikan dan cukup ampuh hasilnya adalah:

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Bootloop Terbaru 100% Berhasil

1. Restart Perangkat Samsung

Langkah pertama yang harus kamu coba adalah me-restart perangkat HP, apalagi jika ghost touch yang terjadi tidak parah. Terkadang, ghost touch Samsung disebabkan oleh glitch sementara yang dapat diatasi dengan restart. Kamu cukup tekan dan tahan tombol daya, lalu pilih opsi untuk merestart HP.

2. Bersihkan Layar

Cara lain yang cukup aman buat dilakukan adalah membersihkan layar HP Samsung. Terkadang kotoran atau debu yang menempel bisa menyebabkan ghost touch. Agar proses pembersihan kian maksimal, kamu bisa gunakan kain microfiber untuk membersihkannya.

3. Periksa Kerusakan Fisik

Jika kamu merasa bahwa masalah ghost touch muncul setelah HP Samsung terjatuh, maka cek dulu kerusakan fisik yang mungkin terjadi. Segera periksa layar untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik yang terjadi. Apabila ada bagian yang pecah, segera ganti layar agar masalah tidak makin parah.

4.     Periksa Aplikasi dan Software

Meski jarang terjadi, tapi aplikasi dan software bisa menyebabkan ghost touch di HP Samsung. Cara mengatasi ghost touch Samsung tercepat adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi yang bermasalah. Kamu bisa cek apakah semua aplikasi sudah diperbarui ke versi terbaru.

5. Atur Ulang Pengaturan Layar Sentuh

Di dalam pengaturan perangkat HP Samsung, terdapat pengaturan layar sentuh yang bisa meminimalisir kerusakan. Opsi ini berguna untuk mengatur ulang pengaturan layar sentuh, sehingga masalah ghost touch tidak terjadi.

Jika masalahnya masih ringan, pengaturan ulang layar sentuh akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

6. Lakukan Reset Pabrik

Jika berbagai cara mengatasi ghost touch Samsung di atas tak membuat kondisi HP membaik, kamu bisa lakukan reset pabrik HP. Dengan melakukan reset, HP akan dikembalikan kondisinya seperti setelan awalnya. Pastikan untuk melakukan back up data sebelum proses reset pabrik HP dilakukan.

Cara Mencegah Ghost Touch pada HP Samsung

Seperti masalah HP pada umumnya, ghost touch sebenarnya bisa dicegah. Kamu bisa ikuti beberapa tips dan cara mencegah ghost touch berikut untuk meminimalisir masalah ini.

Baca Juga:  12 Cara Mengatasi HP Yang Tidak Ada Suaranya 2024

1. Memakai Tempered Glass

Pelindung layar atau tempered glass terbukti bisa mengurangi kemungkinan HP Samsung mengalami ghost touch. Selain tempered glass, gunakan pula case untuk melindungi fisik HP ketika digunakan dalam aktifitas harian.

2. Hindari Suhu yang Ekstrim

Meski sederhana, namun menghindari suhu yang ekstrim pada HP bisa membuat konsistensi layar sentuh tetap baik. Jangan gunakan HP di lingkungan yang terlalu panas atau dingin, sebab bisa meningkatkan kemungkinan perangkat Samsung terkena ghost touch.

3. Hindarkan HP dari Cairan

Air dan jenis cairan lain akan membuat HP Samsung rusak dan mengalami ghost touch. Tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan, kelembapan yang timbul karena air bisa memberikan dampak buruk jangka panjang pada perangkat yang digunakan.

4. Periksa Aplikasi yang Digunakan

Kamu disarankan untuk tidak mengunduh dan memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, bahkan aplikasi mengatasi ghost touch sekalipun. Pilihlah aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store atau Samsung Galaxy Apps.

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah ghost touch pada perangkat Samsung milikmu masih belum terselesaikan, segera hubungi layanan pelanggan Samsung atau teknisi yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, masalah ghost touch bisa cepat terselesaikan tanpa waktu lama.

Dengan perawatan yang baik dan pemecahan masalah yang tepat, kamu bisa mengatasi ghost touch pada perangkat Samsung. Harapannya informasi mengenai cara mengatasi ghost touch Samsung bisa membantu pembaca, terutama yang memiliki dan menggunakan HP Samsung.

Baca Juga: