5 Cara Mengatasi HP Vivo Mentok Logo Terbaru 2024

Abockbusup.com – Setiap HP yang dirawat dengan baik tentunya akan awet pemakaiannya. Meski begitu, masalah HP yang rusak karena terus menerus melakukan bootloop masih kerap ditemui. Salah satunya terjadi di HP Vivo, inilah cara mengatasi HP Vivo mentok logo yang ampuh dan punya kemungkinan berhasil besar.

Ada banyak faktor yang menyebabkan HP Vivo mentok di logo, biasanya disebabkan karena sistem operasi yang tak berjalan baik, hingga perangkat yang error. Jika kamu mengalami masalah ini, lakukan panduan dan cara berikut ini.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak penyebab mengapa HP Vivo mentok hanya di logo. Umumnya faktor yang menyebabkan masalah HP melakukan bootloop terus menerus antara lain:

1. Perangkat Lunak Bermasalah

Masalah perangkat lunak seringkali menjadi penyebab utama HP Vivo mentok logo. Hal tersebut bisa terjadi karena software atau sistem yang rusak atau korup.

Sering ketika pembaruan sistem gagal atau instalasi aplikasi yang tidak kompatibel, HP Android mengalami crash dan susah untuk masuk ke layar utama.

2. Penggunaan yang Berlebihan

Penyebab HP keluar logo saja juga bisa disebabkan karena pemakaian berlebih. Menggunakan HP secara terus-menerus atau menjalankan banyak aplikasi sekaligus bisa membuat perangkat menjadi panas. Overheating jadi salah satu faktor yang menyebabkan HP Vivo terjebak di logo terus menerus.

3. Kerusakan pada Hardware

Tidak hanya karena masalah sistem, hardware HP juga jadi penyumbang faktor HP Vivo stuck di logo. Bagian hardware yang sering membuat HP bermasalah adalah baterai, motherboard, chipset, LCD, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Xiaomi di Cas Tidak Bertambah

Kamu bisa periksa bagian tersebut untuk memastikan tidak ada hardware yang bermasalah.

4. Penggunaan Baterai Non Original

Menggunakan baterai yang tidak original atau asli pabrikan akan membuat HP stuck di logo. Jika tidak segera diganti, HP tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Selain baterai, usahakan kamu menggunakan charger yang asli agar kesehatan baterai tetap terjaga.

5. Salah dalam Melakukan Rooting HP

HP restart terus tidak bisa masuk ke homescreen bisa jadi karena kamu salah dalam melakukan rooting. Melakukan rooting HP memang bisa membuat HP mengalami stuck di logo atau sistem. Jika ini terjadi, maka HP tak bisa lagi digunakan sebagaimana fungsinya.

Cara Mengatasi HP Vivo Mentok Logo dengan Benar

Mengalami masalah HP Vivo tidak mau menyala atau mengalami bootloop memang bisa membuat panik siapa saja. Kalau kamu mengalami masalah yang sama, bisa ikuti beberapa panduan cara mengatasi HP Vivo mentok logo berikut ini.

1. Restart Ponsel

Langkah pertama yang harus kamu coba untuk memperbaiki HP Vivo yang stuck di logo adalah melakukan restart perangkat.

Tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun, lakukan hanya dalam waktu beberapa detik saja. Cara ini akan memaksa perangkat untuk mati, kemudian HP bisa kamu hidupkan kembali.

2. Wipe Cache Partition

Kalau HP Vivo mengalami stuck logo karena masalah software, cara mengatasinya bisa dengan membersihkan partisi cache, berikut adalah cara melakukannya:

  • Matikan HP, kemudian tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume naik.
  • Pilih “Wipe Cache Partition” dari menu pemulihan untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Tunggu proses penghapusan selesai, jika sudah HP Vivo bisa keluar dari bootloop stuck logo.

3. Perbarui Sistem dengan Sistem Terbaru

Penggunaan OS terbaru bisa membuat sistem HP berjalan dengan baik. HP Vivo bootloop bisa terjadi karena kamu masih menggunakan sistem lama dan belum diperbarui. Jika kamu ingin melakukan update pada sistem OS, lakukan cara berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih opsi Tentang Ponsel untuk memulai tahap ini.
  • Dari sana, kamu bisa pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak untuk melanjutkan.
  • Proses update akan berlangsung, tunggu sampai selesai.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Google Terhenti pada HP Samsung

4. Instalasi Ulang Perangkat Lunak (Flashing)

Jika masalah perangkat lunak yang sudah rusak, misalnya karena rooting yang salah, kamu disarankan melakukan flashing. Proses instalasi software ini akan membantu HP Vivo agar bisa masuk ke dalam sistem, sehingga bisa keluar dari bootloop yang terjadi.

Untuk melakukan flashing, sebaiknya menggunakan jasa atau teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kalau kamu ingin melakukan flashing, usahakan sudah memindah semua data penting yang ada di dalam HP tersebut.

5. Periksa Hardware

Walaupun jarang terjadi, namun masalah hardware bisa menjadi penyebab mengapa HP Vivo mengalami restart terus menerus. Hardware HP yang terkena air atau lembab, kemungkinan akan mengalami kerusakan dan menyebabkan sistem OS berdampak.

Jika masalahnya adalah kerusakan hardware, kamu harus membawa perangkat ke pusat servis resmi Vivo atau teknisi yang terpercaya untuk diperbaiki. Manfaatkan kartu garansi untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari Vivo Service Center.

Masalah HP Vivo yang mentok di logo adalah masalah yang umum dihadapi oleh pengguna smartphone, sebab kasus seperti ini memang sering terjadi.

Namun, dengan pemahaman tentang penyebab umumnya dan langkah-langkah yang tepat untuk mencegahnya, masalah ini sebenarnya bisa di minimalisir.

Selain mengatasinya sendiri, kamu juga bisa menggunakan jasa teknisi atau datang ke service center Vivo. Pertolongan yang tepat akan membuat HP Vivo yang kamu miliki bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Setelah mengetahui cara restart HP Vivo yang hang, sebagai langkah pencegahan, ada baiknya tahu tips dan cara untuk mencegah HP Vivo rusak dan stuck di logo. Beberapa cara yang direkomendasikan untuk mencegah HP Vivo bermasalah adalah:

1. Hindari Penggunaan Berlebihan

Agar HP Vivo yang kamu gunakan tidak mengalami overheating, hindari menggunakan HP terlalu lama tanpa istirahat. Selain itu, menggunakan terlalu banyak aplikasi bisa membuat HP jadi lemot, apalagi jika aplikasi yang digunakan sudah dimodifikasi, kemungkinan HP stuck di logo bisa saja terjadi.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Macet Tidak Bisa Disentuh 2024

2. Jangan Install Aplikasi Ilegal

Tips berikutnya yang sebaiknya kamu lakukan adalah menghindari install aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Ini akan membuat HP bermasalah karena diserang oleh bug atau virus bawaan dari aplikasi tersebut. Usahakan untuk mengunduh aplikasi hanya di situs resmi atau Play Store.

3. Pakai Aplikasi Keamanan

Cara mengatasi HP Vivo mentok logo memang cukup rumit, karena itu sebaiknya install aplikasi keamanan agar hal tersebut tak tidak terjadi. Aplikasi keamanan tidak hanya bisa memberikan informasi mengenai data atau virus berbahaya, tapi juga bisa menjaga HP dari serangan malware.

4. Hindari Melakukan Rooting

Rooting tidak hanya menyebabkan HP mengalami kerusakan di sistem, tapi juga menyebabkan HP tidak bisa mendapatkan layanan service resmi dari Vivo. Jadi sebaiknya hindari melakukan rooting pada HP, kecuali memang tidak ada cara lain untuk memperbaikinya.

Selalu ingat untuk melakukan cadangan data secara berkala agar kamu tidak kehilangan informasi penting di dalam HP Vivo.

Jika memang diperlukan, kamu bisa melakukan pengaturan ulang perangkat secara berkala untuk mencegahnya. Semoga cara mengatasi HP Vivo mentok logo di atas bisa membantu pembaca, terutama yang mengalami masalah sama.

Baca Juga: