7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan


Abockbusup.com – Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan sebenarnya mudah dilakukan Penggunaan handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, seringkali kendala muncul ketika layar handphone tidak bisa disentuh atau tidak bisa dimatikan.

Hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan tentunya merugikan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan mengetahui solusi yang tepat, diharapkan masalah tersebut dapat segera teratasi dan penggunaan handphone menjadi lebih nyaman dan lancar. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasan dalam artikel ini hingga selesai.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan, penting juga untuk memahami apa saja hal yang menyebabkan masalah ini. Ada sejumlah hal yang bisa menyebabkannya, yaitu sebagai berikut:

1. Terkena Air

Layar HP yang terkena air dapat membuat layar menjadi tidak responsif atau bahkan mati total. Ini terjadi karena air dapat merusak bagian dalam layar dan konektor kabel yang menghubungkan komponen layar.

2. Terjatuh

Jika HP kamu sering terjatuh, kemungkinan besar layar akan rusak dan tidak responsif. Terjatuh dari ketinggian yang cukup tinggi dapat merusak kabel atau konektor yang menghubungkan layar dengan komponen lainnya.

3. Masa Pemakaian

HP yang terus digunakan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan pada layarnya. Komponen layar yang sudah tua dapat mengalami keausan dan tidak responsif ketika digunakan.

4. RAM HP Penuh

Cara mengatasi layar tidak dapat disentuh lainnya bisa diaplikasikan apabila RAM penuh. Jika HP kamu berjalan pada kapasitas RAM yang penuh, layar bisa menjadi tidak responsif karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP 2024

5. Tertekan Benda Berat

Perangkat yang ditekan oleh benda berat dapat mengakibatkan kerusakan pada layar dan membuatnya tidak responsif. Bisa jadi perangkat keras yang menghubungkan layar dengan komponen lainnya rusak akibat tekanan tersebut.

6. Charger Salah

Menggunakan charger yang salah dapat merusak layar dan menyebabkannya menjadi tidak responsif. Ada beberapa kasus di mana charger yang tidak sesuai dapat meleleh dan merusak bagian dalam layar HP.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Ketika memperbaiki layar handphone, tidak disarankan melakukan tindakan sembarangan. Namun, kini setelah mengetahui beberapa penyebab layar HP tidak responsif, kamu dapat mencoba beberapa cara mengatasi layar handphone tidak bisa disentuh dan dimatikan.

1. Membersihkan Layar Smartphone

Tumpukan kotoran dapat menjadi penyebab layar HP tidak responsif. Maka dari itu, penting untuk membersihkan komponen touchscreen secara rutin. Untuk membersihkannya, gunakan kain lembut atau tisu dengan sedikit air. Usaplah pelan-pelan setiap permukaan layarnya.

Namun, jika layar tetap tidak responsif, coba lepaskan screen protector dan ulangi pembersihan. Meski begitu, hindari menggunakan terlalu banyak air karena dapat merusak perangkat kamu.

Sebelumnya juga disebutkan bahwa air yang masuk ke dalam smartphone dapat merusak komponen di dalamnya. Dengan membersihkan layar HP secara teratur, kamu dapat menjaga layar tetap responsif dan tahan lama.

2. Menekan Layar Secara Perlahan

Meskipun terdengar sederhana, cara mengencangkan bagian layar HP yang longgar terbukti sangat efektif untuk mengatasi masalah layar HP iPhone yang tidak responsif. Cara ini dapat dilakukan tanpa bantuan alat apapun.

Cukup dengan menekan layar dan casing dengan hati-hati. Untuk bagian layar yang tidak berfungsi, gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan casing bagian belakang.

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan ini sangat tepat untuk kasus layar HP yang tidak responsif sebagian. Apakah kamu pernah mencobanya sebelumnya? Memberikan sedikit tekanan pada komponen layar dapat membantu mengencangkan bagian yang longgar.

3. Mengecek dan Membersihkan RAM

Kapasitas RAM dapat mempengaruhi responsivitas layar HP. Semakin penuh kapasitas RAM, semakin lambat layar HP merespons dan dapat menyebabkan masalah layar yang tidak bisa disentuh.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Telepon WA Mati Sendiri Terbaru 2024

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan Samsung tersebut, cek kapasitas penyimpanan dan bersihkan pemakaian RAM. Setiap smartphone memiliki opsi untuk membersihkan file sisa dalam RAM, bahkan dapat mendeteksi dan menghapus file duplikat.

Jika masalah masih berlanjut, cek daftar aplikasi yang sudah terpasang. Hapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak penting. Semakin banyak aplikasi yang dihapus, semakin banyak pula ruang penyimpanan yang tersedia.

4. Mematikan HP Sementara Waktu

Jika sudah mencoba menghentikan beberapa aplikasi, namun layar tetap tidak responsif, jangan panik. Kamu tidak perlu buru-buru membawa ponsel ke pusat layanan. Coba matikan ponsel untuk mendinginkannya dahulu.

Beberapa layar smartphone tidak berfungsi dengan optimal dalam suhu yang terlalu tinggi. Untuk HP dengan baterai tanam, hindari memaksanya dan tekan tombol power pada layar secara terus-menerus.

Sebagai alternatif, cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan bisa tahan tombol power selama 3 hingga 5 menit hingga ponsel mati. Ini bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak responsif, dan bisa dicoba oleh pengguna berbagai merek HP.

5. Mengaktifkan Safe Mode

Kadang-kadang penyebab layar HP yang tidak bisa disentuh adalah karena aplikasi pihak ketiga yang baru saja diunduh. Aktifkan safe mode atau mode aman pada HP kamu untuk menjalankan perangkat tanpa aplikasi berbahaya.

Jika layar HP berfungsi normal saat menggunakan safe mode, kemungkinan ada masalah dengan aplikasi yang diunduh. Untuk mengaktifkan safe mode pada HP, tahan tombol power selama beberapa detik dan pilih “mode darurat” atau “mode aman”.

Untuk keluar dari mode ini, lakukan langkah yang sama. Dengan melakukan ini, kamu dapat memperbaiki masalah pada layar HP tanpa membawa ponsel ke pusat servis.

6. Mengganti Charger

Penggunaan charger yang tidak tepat dapat menjadi penyebab layar HP tidak responsif. Jadi, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti charger.

Layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan reset dapat menunjukkan adanya masalah saat proses pengisian daya. Jika masalah teratasi setelah melepas charger, maka masalahnya kemungkinan ada pada charger tersebut.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

Tegangan yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah sehingga disarankan untuk mengganti charger dengan merk original. Selain itu, pastikan sesuai dengan kebutuhan untuk mengisi daya smartphone kamu.

Mengabaikan masalah ini dan terus menggunakan charger lama dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan bahkan mematikan ponsel secara keseluruhan. Jadi, pastikan untuk mengganti charger lama dengan yang baru agar layar HP dan perangkat kamu berfungsi dengan normal.

7. Mengganti Touch Screen

Kalau layar tidak bisa berfungsi, sebenarnya tidak perlu membeli ponsel baru. Penggantian layar sentuh yang rusak dapat menjadi solusinya. Jika semua cara telah dicoba dan tidak berhasil, kemungkinan besar masalah di layar HP.

Penggantian layar bisa dilakukan sendiri di rumah dengan membeli layar sentuh sesuai jenis dan tipe HP. Namun, jika tidak yakin melakukannya sendiri, dapat dilakukan di pusat layanan resmi.

Bawa HP ke pusat layanan resmi dan jelaskan kebutuhan yang dibutuhkan. Pastikan untuk memeriksa garansi sebelum membawa ke lokasi service center. Tujuannya, dapat memperoleh layanan service tanpa biaya jika masih dalam masa garansi.

Itulah beberapa penyebab umum mengapa layar HP tidak bisa disentuh dan juga cara mengatasinya. Dari membersihkan layar yang kotor hingga memperbaiki masalah RAM dan charger, kamu dapat mencobanya dengan mudah.

Bahkan, cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan jika memungkinkan, bisa kamu sendiri di rumah. Harapannya, dengan mencoba cara-cara tersebut, kamu dapat mengembalikan responsivitas layar HP kamu dan perangkat kembali normal.

Baca Juga: