14 Cara Cleaning Printer Epson Semua Tipe 100% Mudah

Abockbusup.com – Saat ini banyak pengguna yang memiliki printer, namun sebagian orang enggan untuk merawatnya. Tidak jarang terjadi kendala yang tidak diinginkan pada saat ingin menggunakan printer tersebut. Salah satu produk printer yang ada saat ini yaitu Epson. Berikut ini cara cleaning printer Epson yang dapat dilakukan pengguna.

Cara yang akan dipaparkan ini merupakan cara untuk membersihkan printer Epson pada semua tipe yang dimiliki. Tipe tersebut diantaranya tipe L120, L210, L310, L360 dan seri lainnya. Jika terdapat kendala pada printer Epson, maka bisa jadi printer tersebut tidak bersih atau pengguna jarang merawatnya

Cara Cleaning Printer Epson Menggunakan Head Cleaning

Cara cleaning printer merk Epson yang pertama yaitu menggunakan head cleaning. Cara ini termasuk mudah dilakukan oleh pengguna printer Epson. Jika ingin membersihkan printer Epson dengan cara ini, berikut langkah yang dapat diikuti oleh pengguna secara runtut:

  • Sambungkan printer Epson pada perangkat laptop/komputer terlebih dahulu. Pastikan tidak ada masalah pada saat menyambungkannya
  • Masuk pada menu Start dan pilih menu pengaturan
  • Akan terdapat beberapa menu yang ditampilkan, dalam hal ini klik menu Device and Printers
  • Jika sudah, maka pilih printer yang telah terdeteksi dengan klik kanan. Kemudian buka menu Printer preferences
  • Masuk pada tab Maintenance, dan klik opsi Head Cleaning
  • Jika sudah melakukan cara sebelumnya, maka klik Start untuk memulai proses pembersihan pada printer Epson
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai
  • Jika sudah selesai, maka akan muncul tampilan menu Print Nozzle Check Pattern
  • Klik Finish untuk menyelesaikan.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Berwarna Kuning 2024

Usahakan pada saat melakukan proses pembersihan printer Epson, jangan sampai perangkat printer Epson tersebut tidak aktif atau mati. Baik sengaja ataupun tidak disengaja. Hal tersebut dapat menyebabkan printer Epson akan rusak secara permanen.

Cara Cleaning Printer Epson Menggunakan Tombol Tinta

Cara kedua untuk membersihkan printer Epson yaitu dengan menggunakan tombol tinta yang terdapat di perangkat printer. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, berikut cara cleaning printer Epson dengan menggunakan tombol tinta:

  • Pastikan lampu daya pada printer menyala, dan lampu kehabisan tinta tidak menyala. Setelah itu, tekan dan tahan tombol tinta lebih kurang tiga detik
  • Jika tombol tinta sudah menyala atau berkedip, jangan bersihkan head print terlebih dahulu. Membersihkan head print sama dengan memulai penggantian catridge tinta pada printer. Jika tidak ingin melakukan head print, maka tekan tombol tinta printer pada posisi semula
  • Setelah menekan tombol tinta, maka printer akan mulai membersihkan head print. Pada saat itu, lampu daya dan tinta akan mulai berkedip
  • Usahakan pada proses pembersihan, printer tidak mati. Jika printer mati pada saat pembersihan, maka beresiko untuk merusak printer itu sendiri
  • Jika sudah selesai yang ditandai dengan lampu daya berkedip, selanjutnya cetak pola pemeriksaan nozzle. Hal tersebut bertujuan agar head printer dipastikan bersih dan dapat mengatur ulang siklus pembersihan

Menu Pengaturan Cleaning Printer Epson yang Dapat Digunakan

Terdapat beberapa menu pengaturan untuk cara cleaning printer Epson yang dapat dilakukan oleh pengguna. Menu tersebut diantaranya Head Cleaning, Paper Guide Cleaning, dan Power Ink Flushing. Adapun menu-menu tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Head Cleaning

Head Cleaning yang dilakukan pada penjelasan sebelumnya merupakan proses pembuangan tinta yang mengendap di bagian bawah cartridge dan membersihkan endapan tersebut. Tujuan dari head cleaning sendiri adalah untuk memudahkan tinta mengalir pada saat digunakan mencetak dokumen.

Proses ini dapat dilakukan jika printer yang digunakan mengalami permasalahan berupa hasil cetak yang tidak merata atau putus-putus. Selain itu terdapat bercak tinta pada hasil dokumen yang telah dicetak. Jika printer terjadi hal demikian, pengguna dapat melakukan proses ini.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot 100% Ampuh

2. Paper Guide Cleaning

Paper Guide Cleaning merupakan salah satu pengaturan cleaning printer yang dapat digunakan dengan menampilkan panduan untuk membersihkan roll pada kertas. Cara ini dapat dilakukan jika printer yang digunakan terdapat bercak kotor pada hasil cetak pada kertas.

3. Power Ink Flushing

Menu pengaturan yang terakhir yaitu dengan menggunakan menu Power Ink Flushing. Menu ini juga seringkali disebut dengan power cleaning. Hampir sama seperti dengan menu head cleaning, akan tetapi proses yang berjalan pada menu ini 2 hingga 3 kali lebih kuat untuk membuang tinta yang mengendap.

Peralatan Untuk Membersihkan Printer Epson

Tidak hanya melakukan perawatan pada komponen dalam saja, ada baiknya jika pengguna juga membersihkan bagian luar agar printer lebih optimal pada saat digunakan. Terdapat beberapa alat yang dapat digunakan untuk membersihkan printer, tidak hanya produk Epson saja, namun juga produk lainnya. Berikut peralatannya:

1. Cairan pembersih

Salah satu peralatan penting untuk membersihkan printer yaitu cairan pembersih. Tentu menggunakan cairan pembersih ini dapat diaplikasikan dengan kain microfiber yang akan dijelaskan pada poin berikutnya. Penyemprotan cairan pembersihan bertujuan agar printer terlihat bagus.

2. Kain microfiber

Peralatan untuk membersihkan printer yang kedua yaitu dengan kain microfiber. Kain ini merupakan kain sintetis yang memiliki serat halus sehingga dapat menyerap debu secara maksimal. Tidak perlu khawatir printer akan rusak, karena kain ini lembut dan tidak menyebabkan komponen printer rusak.

3. Kanebo

Banyak orang yang sudah tidak asing dengan kanebo.Karakteristik dari kanebo sendiri jika terkena air maka akan berubah menjadi spons padat. Justru sebaliknya, jika kadar air pada kanebo berkurang maka kanebo akan mengeras. Kanebo dapat dicari di beberapa toko dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga:  2 Cara Merekam Layar di HP Samsung A03 2024

4. Head cleaner

Head cleaner merupakan salah satu alat yang dapat membersihkan printer. Alat ini bekerja dengan cara membersihkan head cleaner yang buntu. Selain itu alat ini dapat memaksimalkan pembersihan pada printer sehingga dapat membuang tinta yang menggumpal dan mengendap di bagian cartridge tinta.

5. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner yaitu alat yang dapat digunakan pengguna jika membersihkan printer pada bagian yang sulit dijangkau oleh kain pembersih. Seringkali disebut dengan penyedot debu. Alat ini membersihkan bagian sela-sela printer. Selain itu pada alat ini terdapat sikat halus pada bagian ujung untuk membersihkan debu.

Kapan Printer Harus Dibersihkan?

Membersihkan printer tidak perlu dilakukan terlalu sering, karena jika printer masih normal tidak memberikan efek. Hal ini dapat dilakukan jika pengguna mengalami permasalahan seperti hasil cetak printer yang putus-putus, kotor, dan sebagainya. Maka hal tersebut harus dilakukan cleaning agar printer berjalan normal.

Membersihkan printer sangat penting dilakukan oleh pengguna agar printer dapat berjalan normal kembali. Cara cleaning printer Epson yang telah dipaparkan dapat diterapkan jika printer Epson mengalami masalah pada hasil cetak yang didapatkan.

Jika ingin membersihkan printer, akan tetapi keadaan printer masih normal. Maka dapat dilakukan seminggu atau dua minggu sekali. Dengan begitu cara cleaning printer Epson menjadikan printer lebih terawat dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: