7 Cara Memasukkan Voucher XL yang Gagal 100% Bisa


Abockbusup.com – Voucher masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian pengguna XL yang ingin membeli kuota maupun pulsa. Namun, terkadang ada kendala saat hendak mengaktifkan kode voucher tersebut. Tidak perlu khawatir, ada berbagai macam cara memasukkan voucher XL yang gagal.

Pada dasarnya, voucher XL menjadi salah satu yang paling mudah ditemukan. Terutama di counter pulsa sekitar rumah karena operator seluler satu ini memang banyak digunakan di tanah air. Tak heran jika voucher dalam bentuk fisik masih sering dipakai.

Jika mengalami kendala saat memasukkan kode voucher, sebaiknya tidak langsung panik. Kamu bisa mengatasinya sendiri terlebih dahulu agar kode voucher benar-benar bisa diaktifkan. Simak ulasan beberapa cara mengaktifkan voucher XL yang sebelumnya gagal.

Cara Memasukkan Voucher XL yang Gagal

Tidak perlu takut merasa rugi ketika voucher XL yang dimasukkan gagal. Terdapat berbagai macam penyebab dan cara mengatasinya yang bisa dipraktikkan oleh pemula. Jadi, sebaiknya tidak terburu-buru panik karena hal ini bisa diatasi sendiri.

1. Memasukkan Kode Voucher dengan MyXL

Kebanyakan pengguna memasukkan kode voucher dengan mengetikkan kodenya di menu Telepon. Tentunya, hal ini tidak menjadi masalah apabila terdapat notifikasi bahwa voucher berhasil diaktifkan. Lain halnya jika ternyata proses tersebut gagal, maka salah satu solusinya yaitu dengan aplikasi MyXL.

  • Download dan install aplikasi MyXL di PlayStore.
  • Daftar menggunakan nomor XL yang digunakan pada HP kamu.
  • Jika sudah berhasil login, ketuk menu Scan Voucher.
  • Untuk mengetahui voucher masih aktif atau tidak, tap Lihat Voucher.
  • Ambil voucher fisik di tangan kamu lalu scan melalui barcode yang ditampilkan.
  • Apabila tidak bisa dipindai, ketuk opsi Input Manual lalu ketikkan 16 kode angka di bawah barcode.
  • Selanjutnya ketuk Aktifkan Voucher.
  • Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa voucher berhasil dimasukkan.
Baca Juga:  Frekuensi TV Digital Bogor Semua Channel Terbaru 2024

2. Teliti Ketika Memasukkan Kode Voucher XL

Kegagalan ketika memasukkan kode voucher terkadang disebabkan ketidaktelitian penggunanya. Padahal, kesalahan satu angka saja bisa membuat kode voucher gagal dimasukkan. Oleh karena itu, ada baik teliti sebelum mengaktifkan voucher yang sudah dibeli.

Biasanya ketidaktelitian ini terjadi ketika pengguna memasukkan kode voucher melalui menu Telepon, berikut cara tepatnya.

  • Gosok voucher fisik di bagian belakangnya.
  • Pastikan semua digit angka yang berjumlah 16 terlihat seluruhnya.
  • Selanjutnya buka menu Telepon lalu ketikkan *123*(16 digit kode voucher)#.
  • Tap OK.
  • Tunggu sampai muncul keterangan bahwa voucher sedang diproses.

3. Melakukan Registrasi Kartu XL (Pengguna Baru)

Jika termasuk pengguna XL baru, terdapat kemungkinan kartu yang kamu gunakan belum teregistrasi dengan benar. Terlebih jika baru pertama kali membeli voucher fisik. Meski proses registrasi sangat mudah dilakukan, tak jarang beberapa pengguna gagal melakukannya.

Padahal apabila kartu belum aktif, maka tidak bisa memasukkan kode voucher maupun aktivitas lainnya di HP. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan registrasi terhadap kartu XL kamu melalui langkah-langkah berikut.

  • Siapkan syarat dokumen berupa KK.
  • Selanjutnya buka menu SMS di HP.
  • Buat Pesan Baru.
  • Ketikkan format registrasi sebagai berikut: DAFTAR#NIK#NomorKK.
  • Pastikkan nomor KK dan NIK yang diketikkan sudah sesuai lalu kirim ke nomor 4444.
  • Tunggu sampai masuk SMS bahwa nomor kamu berhasil diregistrasi.

4. Memeriksa Masa Tenggang Kartu XL

Kemudahan akses internet saat ini membuat sebagian pengguna operator seluler tidak memperhatikan masa aktif kartu SIM-nya. Terlebih bagi kamu yang jarang mengisi pulsa sehingga masa tenggang pun habis. Padahal, dengan mengisi pulsa akan menambah masa aktif secara otomatis.

Jadi, cara memasukkan voucher XL yang gagal bisa dengan memeriksa masa aktif kartu terlebih dahulu.

  • Buka menu Call atau Panggilan di HP.
  • Selanjutnya ketikkan kode USSD *123#.
  • Ketuk Panggil.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul opsi menu.
  • Pilih menu Info lalu akan muncul keterangan mengenai masa aktif kartu XL yang digunakan.
Baca Juga:  Cara Beli Paket Internet Axis 8GB 25Rb Terbaru 2024

5. Memeriksa Jaringan Seluler

Tidak jauh berbeda dibanding operator seluler lainnya, terkadang jaringan XL juga mengalami gangguan. Jika ternyata kondisinya seperti ini, maka untuk memasukkan kode voucher pun tidak bisa dilakukan. Mengingat pelayanan XL akan mati sementara apabila jaringan provider sedang bermasalah.

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa melihat pada ikon sinyal yang berada di bagian atas layar HP. Jika sinyal menampilkan tanda silang atau tiba-tiba hilang, kemungkinan besar provider sedang mengalami kendala.

Jika masih terhubung ke internet, sebaiknya cari tahu ke media sosial XL. Misalnya pada akun Instagram, Twitter, maupu Facebooknya. Biasanya ketika ada gangguan jaringan, maka pihak XL akan menyampaikan informasinya melalui media sosial.

6. Mengecek Masa Kadaluarsa Voucher

Cara memasukkan voucher XL yang gagal selanjutnya yaitu dengan memeriksa tanggal kadaluarsa voucher. Hal ini penting dilakukan karena voucher fisik juga memiliki masa kadaluarsa yang harus diperhatikan.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak buru-buru saat membeli voucher fisik di counter maupun tempat lainnya. Perisa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa voucher di bagian belakangnya, biasanya tidak jauh dari barcode.

7. Menghubungi Customer Service XL

Bagaimana cara memasukkan voucher XL yang gagal ? Jika sudah melakukan berbagai macam cara tapi kode voucher tidak kunjung masuk? Terkadang hal seperti ini cukup menjengkelkan, terlebih jika voucher masih berlaku dan kartu XL pun dalam keadaan aktif.

Jika sudah begini, kamu bisa mengadukannya pada pihak Customer Service. Lalu, bagaimana cara menghubungi CS XL yang memberikan respon cepat? Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Via Twitter: @myXLCare
  • Via fanpage Facebook: myXL
  • Via live chat website: https://www.xl.co.id
  • Via aplikasi myXL dengan memilih Pusat Bantuan.
  • Via e-mail: [email protected]
  • Via call center: 817
Baca Juga:  Paket Nelpon IM3 ke Semua Operator (Harian dan Bulanan)

Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa kontak CS XL di atas. Misalnya apabila hendak menghubungi melalui Facebook, maka bisa memanfaatkan fitur Send Messages pada halaman fanpage XL.

Tips Menggunakan Voucher XL Anti Gagal

Beberapa cara memasukkan voucher XL yang gagal di atas bisa dilakukan satu per satu. Mengingat hal ini memang cukup menjengkelkan, terlebih jika kamu membutuhkan pulsa atau kuota di dalam voucher tersebut dengan segera.

Agar tidak gagal lagi dalam memasukkan voucher XL, sebaiknya simak beberapa tipsnya sebagai berikut.

1. Beli Voucher di Counter Terpercaya

Pastikan untuk membeli voucher kuota maupun pulsa di counter terpercaya saja. Hal ini untuk memastikan keaslian voucher sehingga tidak membuat khawatir penggunanya.

2. Segera Memasukkan Voucher Setelah Menggosok Hologram

Seperti yang telah diketahui, 16 digit kode voucher memang tertutup oleh hologram. Kamu harus menggosoknya terlebih dahulu untuk mengetahui deretan kode tersebut. Jika sudah menggosoknya, pastikan segera mengaktifkannya agar tidak disalahgunakan orang lain.

3. Mengaktifkan Voucher melalui MyXL agar Dapat Bonus

Sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan voucher XL melalui aplikasi MyXL. Tak jarang pihak operator akan memberikan bonus untuk setiap pengaktifan voucher tersebut. Adapun bonusnya sendiri biasanya dalam bentuk tambahan kuota.

Tidak perlu bingung lagi mengenai cara memasukkan voucher XL yang gagal. Pada dasarnya, kamu bisa memeriksa 16 digit kode tersebut terlebih dahulu. Mengingat kesalahan pada satu angka saja membuat voucher gagal diaktifkan.

Baca Juga:

error: