7 Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop 0 Tidak Bisa Charge


Abockbusup.com – Laptop memang sudah menjadi barang elektronik yang umum dimiliki oleh banyak orang karena kemudahannya bisa digunakan di mana saja asalkan penyedia dayanya tetap stabil. Ada cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge jika ini jadi masalah.

Keuntungan menggunakan laptop memang dari fleksibilitasnya. Karena bisa digunakan di mana saja dan kapan saja asalkan baterai atau sumber listrik tersedia. Sering kali kinerja baterai menurun sehingga harus mengandalkan sumber listrik secara langsung.

Banyak penyebab baterai bermasalah namun akibatnya memang bisa membuat kinerja laptop jadi terganggu. Apalagi jika baterai tidak berfungsi sehingga tanpa sambungan listrik maka laptop tidak bisa digunakan. Pelajari penyebab dan solusinya dalam pembahasan berikut ini.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Charge

Biasanya sistem akan memberitahukan pesan seperti “plugged in not charging” yang artinya meski disambung ke sumber listrik, tapi baterai tidak terisi. Sehingga akhirnya laptop bekerja hanya karena dihubungkan langsung ke sumber listrik, baterai sama sekali tidak berfungsi.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan situasi tersebut terjadi. Umumnya diakibatkan oleh kebiasaan pengguna yang ternyata merusak kinerja baterai. Seperti yang dibahas berikut ini:

1. Kondisi 0% atau 100%

Jika pengisian daya (charging) sering dilakukan saat baterai dalam kondisi 0% atau malah sudah 100% namun masih dibiarkan tersambung listrik, maka sel baterai akan mudah sekali rusak.

2. Penggunaan yang Keliru

Karena kemudahan laptop maka banyak orang yang menggunakan laptop di atas tempat tidur atau dipangku. Apalagi jika digunakan untuk bermain game atau menonton secara maraton, pasti akan lama penggunaannya. Akibatnya temperatur laptop bisa meningkat dan menjadi panas.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Pada Laptop/PC

Kebiasaan lain adalah mengatur kecerahan layar terlalu tinggi sehingga cahayanya amat terang. Kedua kebiasaan tersebut ini ternyata mengakibatkan temperatur laptop dan juga baterai menjadi cepat panas.

3. Masa Pakainya Habis

Biasanya masa pakai laptop mulai menurun jika sudah berusia pakai 3 tahun termasuk baterainya juga. Umumnya pemilik laptop sudah menyiapkan penggantinya atau malah mengganti baru sama sekali. Namun, sebenarnya masa pakainya bisa maksimum hingga 4 tahun.

4. Software Indikator Baterai Sudah Usang

Hal ini terjadi biasanya pada para pengguna Sistem Operasi Windows 8 dan 10. Software indikator baterai sering sudah tidak kompatibel.

5. Adaptor Charger Rusak

Salah satu penyebab masalah baterai juga bisa disebabkan oleh rusaknya adaptor. Jadi aliran listrik yang masuk malah tidak stabil dan akhirnya merusak sel dalam baterai.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop 0 Tidak Bisa Charge

Setelah mengetahui beberapa penyebab baterai laptop tidak bisa charge, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, seperti berikut:

1. Mengganti Charger

Cara ini perlu dicoba karena ada kemungkinan charger yang biasa dipakai juga menurun kemampuannya. Coba pinjam dulu charger lain yang kompatibel dan lihat apakah bisa ‘charging’. Jika memang tidak bisa, maka terpaksa membeli charger baru original yang sama dengan yang lama.

2. Update Software Baterai

Jika melakukan upgrade Windows di laptop, hal ini bisa membuat komponen software indikator baterai yang sebelumnya jadi tidak kompatibel. Jadi coba upgrade juga software indikator baterai agar sesuai dengan peningkatan sistem operasinya.

3. Mengganti Baterai

Mengingat usia dan penggunaan yang berlebihan, maka disarankan agar membeli baterai baru. Setelah mengganti baru baterainya, upayakan agar jangan mengulang kebiasaan yang menyebabkan laptop dan baterai mudah panas.

4. Membersihkan Konektor Baterai

Aliran daya dari sumber listrik ke baterai laptop juga bisa terhambat akibat kotornya konektor baterai. Jadi biasakanlah untuk menjaga kebersihan konektor dari debu menggunakan sikat atau kain halus.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Windows 2024

5. Menggunakan BIOS Update

Jika BIOS atau Firmware yang sudah lama dapat juga mengganggu pengisian daya baterai laptop. Jadi cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge juga bisa dilakukan dengan melakukan download firmware terbaru dari situs resmi pabrikan laptop tersebut.

6. Menerapkan Metode Kalibrasi

Cara lainnya adalah dengan menerapkan metode kalibrasi, khususnya untuk sistem operasi Windows 10. Langkahnya adalah berikut ini:

  • Lakukan pengisian daya (charging) dalam kondisi laptop
  • Biarkan selama 3 jam lalu cabut kabel charger tersebut.
  • Coba sekarang nyalakan laptopnya. Jika bisa menyala tanpa sambungan langsung ke sumber listrik (tanpa kabel charger) maka kondisi baterai kembali normal.

7. Menjadikan Laptop sebagai PC

Cara ini memang kurang praktis tapi cukup banyak yang menggunakan cara ini jika memang tidak jauh dari sumber listrik. Dengan cara ini, baterai laptop dicabut dulu sebelum menyalakan laptop. Jadi sumber daya laptop sepenuhnya dari sumber listrik.

Menggunakan cara ini, baterai hanya digunakan saat berada di lokasi yang tidak ada sumber listrik. Misalnya di kendaraan atau di tempat lainnya.

Saran Penggunaan Laptop dan Baterai

Setelah mengetahui cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge, maka dari situ dapat dilihat beberapa hal penting yang berhubungan dengan masalah penggunaan laptop dan baterai yang benar. Dengan harapan masa pakainya juga jadi lebih panjang, yaitu:

1. Perhatikan Kabel Charger dan Adaptornya

Kabel charger memang harus rutin diperhatikan agar tidak ada bagian yang kusut, terluka, sobek atau bahkan terbuka. Kemudian ‘jack’ (colokan) yang tersambung ke laptop tidak bengkok atau adanya pin yang longgar. Apalagi colokan yang ke sumber listrik, jangan sampai ada masalah karena khawatir konslet.

Mengingat bagian ini berhubungan dengan listrik, jika memang bermasalah, disarankan untuk segera menggantinya. Jika kabelnya mulai terbuka atau sobek, bisa sementara dibungkus dengan selotip listrik warna hitam. Tapi jika terbuka mungkin lebih baik menggantinya dengan kabel baru.

Baca Juga:  13 Cara Mengatasi Windows Cannot Connect to the Printer

2. Selalu Memperhatikan Indikator Baterai Laptop

Saat menggunakan laptop dengan sumber daya baterai, perhatikan selalu indikator daya baterai. Biasanya sistem akan memberikan notifikasi jika daya baterai hampir habis dan harus segera dicharge. Jangan tunggu baterai keburu habis (0%) baru melakukan pengisian daya.

Perhatian berikutnya adalah saat melakukan pengisian daya (charging). Jika memang sudah 100%, segera cabut sambungan listriknya. Baterai juga akan lebih cepat rusak jika terus menerus dicharge padahal kondisi dayanya sudah penuh.

3. Jaga Temperatur Laptop

Meskipun penting untuk bekerja atau belajar, usahakanlah agar temperatur laptop tidak meninggi hingga panas. Pada bagian bawah laptop, ada lubang udara yang fungsinya untuk sirkulasi udara agar laptop tidak cepat panas. Karena itu jangan sampai lubang ini tertutup akibat diletakkan di kasur, sofa atau di pangkuan.

Untuk amannya, gunakan saja alas laptop yang memiliki kipas pendingin. Sehingga saat laptop digunakan, kipas ini terus bekerja untuk membantu sirkulasi udara. Jadi laptop dan baterainya tidak cepat panas.

Dari cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge bisa diketahui bahwa kerusakan pada baterai bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan penggunaan laptop yang akhirnya bisa berakibat menurunnya kinerja baterai.

Sebagai alternatif pemberi daya untuk kerja laptop, baterai memang penting. Karena itu usahakanlah agar masa pakainya bisa maksimal hingga 4-5 tahun. Terapkan cara pemakaian yang benar agar baterai juga tahan lama.

Baca Juga:

error: