8 Cara Mengatasi Data Tidak Normal 100% Berhasil 2024


Abockbusup.com – Data seluler merupakan hal penting dalam kegiatan sehari-hari bagi mereka yang kerap menggunakan internet. Namun terkadang terjadi berbagai kendala sehingga penggunaan data terganggu. Untungnya, ada cara mengatasi data tidak normal agar penggunaannya bisa normal kembali.

Kendala yang terjadi memang beragam. Misalnya data tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan, atau malah tidak muncul sama sekali. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya namun untungnya ada beberapa solusi yang bisa diusahakan dulu untuk memperbaikinya.

Namun, dukungan perangkat seperti HP, tablet, atau laptop terkadang memang bisa memberikan pengaruh. Termasuk kekuatan penyedia jaringan dalam melayani para pelanggannya. Simak pembahasan mengenai data seluler dan berbagai permasalahannya dalam artikel ini.

Berbagai Penyebab Gangguan Data

Sebelum mempelajari berbagai cara mengatasi data tidak normal, pahami dulu bahwa ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan data sehingga membuatnya jadi tidak normal, seperti pembahasan berikut ini:

1. Penggantian Kartu SIM

Jika pengguna mengganti kartu SIM, biasanya terjadi kendala data seluler tidak muncul. Kendala ini muncul karena kartu SIM tersebut belum melakukan registrasi.

2. Tidak Ada Sinyal di Lokasi

Dalam situasi tertentu, terkadang jaringan internet kurang bagus. Misalnya lokasi tertentu, keadaan cuaca, dan sejenisnya. Karena itu hal tersebut bisa membuat data seluler tidak muncul atau hilang.

3. Gangguan dari Operator

Dalam beberapa kasus, hal ini yang menjadi penyebab tidak muncul atau hilangnya data seluler. Operator mungkin sedang mengalami masalah jaringan atau sedang perawatan (maintenance).

4. Berubah atau Hilangnya APN

Access Point Name merupakan fitur yang menghubungkan perangkat dengan operator penyedia jaringan. Biasanya pada perangkat Android, fitur ini bisa diatur sendiri walaupun ada yang sudah otomatis.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo 100% Berhasil

Cara Mengatasi Data Tidak Normal

Meskipun masalah data tidak normal bisa disebabkan oleh beragam faktor, untungnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Seperti yang dibahas di bawah ini:

1. Lakukan Registrasi Ulang Kartu SIM

Begitu kartu SIM diganti, segera lakukan proses registrasi ulang. Jika notifikasi registrasi tidak muncul, coba matikan dulu perangkatnya. Kemudian nyalakan kembali dan biasanya akan ada notifikasi permintaan registrasi. Setelah itu, baru “restart” perangkat agar semuanya bisa berfungsi normal kembali.

Jika kartu SIM masih belum berfungsi, cobalah pasang kartu SIM tersebut ke perangkat lainnya. Jika bisa terbaca di perangkat tersebut, berarti yang bermasalah adalah perangkat lama yang sebelumnya digunakan, bukan masalah kartu SIM-nya.

Komponen penting dalam kartu SIM adalah lempengan (chip) kuning yang terpasang di sana. Chip inilah yang membuat perangkat bisa melakukan hubungan telepon, ‘chat’ atau juga internetan. Jika lempengan ini tergores atau kotor, kinerjanya bisa terganggu. Cobalah dibersihkan sesekali.

2. Pindah Lokasi

Cobalah pergi ke lokasi lain yang lebih strategis, seperti kawasan pusat kota. Biasanya layanan data akan lebih mudah diterima pada lokasi yang sibuk dan padat aktivitas. Karena mungkin saja area tertentu ternyata “blind spot” atau area yang tidak terjangkau sinyal internet.

3. Cek Sisa Kuota Internet

Hal ini terkadang terlupakan padahal bisa menjadi salah satu penyebab data tidak normal atau tidak muncul atau bahkan menghilang. Pastikan kuota yang digunakan masih dalam jumlah yang aman (tidak habis) agar bisa melanjutkan penggunaan internet secara normal.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Cara ini merupakan salah satu langkah yang kerap dilakukan saat data tidak normal. Cobalah aktifkan mode pesawat (airplane mode) selama 5-10 menit. Biasanya beberapa fitur akan otomatis “refresh” saat dalam kondisi ini. Setelah itu coba non-aktifkan lagi dan gunakan perangkat seperti biasa.

5. Mengatur Ulang APN

Cara mengatasi data tidak normal juga bisa dilakukan dengan mengatur ulang APN di perangkat. Sebagai penghubung antara perangkat dengan jaringan penyedia (operator) data, pengaturan ini penting agar bisa terhubung ke layanan internet dan data yang diberikan. Begini langkahnya:

  • Bukalah menu “Settings” (pengaturan) di perangkat
  • Masuk ke opsi “SIM Card & Cellular Network” (Kartu SIM dan jaringan internet)
  • Pilih “APN” (nama titik akses) lalu klik ikon titik tiga dan masukkan nama APN sesuai dengan nama penyedia layanan, seperti Telkomsel, XL, dan lainnya.
  • Sekarang coba lihat di halaman utama perangkat apakah sinyal internet sudah menyala kembali.
Baca Juga:  11 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Pada beberapa merk perangkat, setelah memilih “APN” mungkin akan ada pilihan APN yang ada. Biarkan saja data yang sudah ada di situ lalu pilih opsi “Buat APN baru”. Baru masukkan APN yang sesuai dengan nama provider kartu SIM yang digunakan tersebut.

6. Bersihkan File Cache pada Perangkat

Pada perangkat pasti akan selalu ada file cache yang bisa menumpuk jika tidak rutin dibersihkan. Apalagi jika perangkat termasuk digunakan secara aktif. Pasti filenya juga bertumpuk dan berpotensi mengganggu kinerja perangkat, termasuk masalah internet. Untuk membersihkannya, lakukan langkah berikut:

  • Matikan dulu perangkat yang digunakan lalu tekan tombol “Power+Volume Down” sekaligus.
  • Nanti akan ditampilkan “Recovery Mode” (mode pemulihan)
  • Pilih opsi “Wipe Cache Partition” (bersihkan partisi cache) dan biarkan prosesnya bekerja
  • Kemudian tekan opsi “Reboot System

Setelah proses di atas selesai, perangkat akan bisa berfungsi normal lagi seperti biasa. Karena melakukan langkah ini akan bisa menghilangkan bug atau sejenisnya dari perangkat.

7. Atur Jaringan Secara Manual

Cara mengatasi data tidak normal lain yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pengaturan jaringan secara manual di perangkat yang digunakan. Berikut ini langkahnya:

  • Buka menu “Settings” (pengaturan) lalu ke “SIM Cards & Mobile Networks” (Kartu SIM dan jaringan internet)
  • Ketuk slot kartu SIM yang digunakan agar masuk ke opsi “SIM Card Settings” (pengaturan kartu SIM).
  • Pilih “Preferred network type” (jenis jaringan yang disukai). Nanti akan terlihat pilihan jaringan yang ada, seperti 4G LTE atau 3G atau hanya 2G. Jika biasanya menggunakan 4G LTE, coba sekarang ganti dulu ke 3G atau bahkan 2G.
  • Biarkan selama beberapa menit lalu kembalikan ke jaringan semula (misalnya 4G LTE). Biasanya cara ini bisa membuat fungsi data kembali normal.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Terdeteksi di HP 2024

8. Hubungi Customer Service Penyedia Layanan

Cobalah hubungi CS penyedia (provider) layanan internet yang digunakan. Tanyakan apakah sedang ada masalah internal karena pengguna tidak mendapatkan layanan data. Bisa juga sekalian berkonsultasi jika memang data ini terganggu.

Apalagi jika semua cara di atas dilakukan dan tidak membuahkan hasil, berkonsultasi dengan CS mungkin bisa mendapatkan solusi yang tepat. Ceritakan saja kondisi yang dialami agar bisa ditemukan solusi terbaik sehingga data bisa normal kembali.

Cara mengatasi data tidak normal yang diberikan di atas bisa dicoba satu persatu agar ketahuan dan bisa menemukan letak masalahnya. Sebagian solusi memang agak teknis sifatnya, jadi jika tidak ingin melakukannya sendiri karena takut salah, silakan kunjungi saja gerai penyedia yang sesuai.

Penggunaan data seluler memang penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari pada masa teknologi seperti sekarang. Jadi lakukan beberapa solusi di atas sebagai tindakan pencegahan agar tidak terjadi masalah seperti di atas. Perawatan rutin mampu memberikan pengaruh besar pada kinerja perangkat.

Baca Juga:

error: