14 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Abockbusup.com – Meskipun merupakan suatu alat yang sangat berguna dalam mempermudah kehidupan sehari-hari, HP juga punya kelemahan. Salah satunya adalah cepat panas meskipun digunakan sebentar saja. Apa saja cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis?

HP yang menjadi panas merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu. Ada salah satu atau beberapa fitur yang terpaksa berhenti dan tidak bisa digunakan karena ponsel menjadi panas. Masalah ini harus segera diatasi agar HP tersebut dan berbagai fiturnya bisa segera digunakan Kembali.

Tapi sebelum mencari tahu solusi untuk permasalahan ini, setiap pemilik HP yang mengalami kendala HP panas wajib mencari tahu apa yang menyebabkan masalah ini muncul. Dengan memahami penyebab panasnya HP, pengguna bisa mencari tahu solusi yang paling tepat.

Kenapa HP Cepat Panas dan Kehabisan Baterai?

Penyebab masalah HP cepat panas dan mudah kehabisan baterai ada bermacam-macam. Kenali setiap penyebabnya agar bisa segera mengatasi permasalahan HP yang memanas ini. Di bawah ini beberapa hal yang bisa membuat HP cepat memanas dan kehabisan baterai.

1. Penggunaan yang berlebihan

Biasanya, HP digunakan untuk chatting dan browsing. Tapi sekarang semakin banyak orang tertarik untuk memainkan game atau menonton film selama berjam-jam dengan menggunakan HP. Penggunaan untuk waktu yang lama ini bisa membuat HP menjadi cepat panas.

Saat HP digunakan dalam waktu yang lama, komponen di dalamnya, terutama prosesor, perlu bekerja dengan keras agar pengguna bisa melakukan aktivitas yang diinginkan. Prosesor pun memerlukan daya yang berasal dari baterai. Hal inilah yang membuat baterai mengalami peningkatan suhu.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

2. Kondisi lingkungan sekitar

Suhu HP juga bisa dipengaruhi oleh suhu lingkungan di sekitarnya. Misalnya, saat berada di ruangan yang panas, suhu HP juga bisa ikut memanas dan menjadi sama dengan suhu yang ada di ruangan. Karena HP menjadi panas, prosesor juga akan menjadi panas dan mengalami overheat.

3. Aplikasi berjalan di latar belakang

Penyebab lainnya baterai cepat habis adalah aplikasi yang masih berjalan dan tidak dimatikan dengan benar. Satu atau beberapa aplikasi yang tidak dimatikan dengan benar akan membuat prosesor dan memori RAM terus berjalan.

Berbagai aplikasi tersebut masih akan memaksa prosesor untuk bekerja. Akibatnya, prosesor pun menguras daya yang ada dalam baterai sehingga ujung-ujung baterai menjadi panas. Kalau aplikasi berjalan menggunakan internet, aplikasi tersebut akan menguras kuota.

4. Spesifikasi HP rendah

Prosesor yang punya banyak inti atau core menarik perhatian banyak orang karena performanya untuk melakukan multitasking cukup tinggi. Tapi hal ini tidak selalu menjadi kabar baik. Performa prosesor yang sangat bagus ini tentu membutuhkan dukungan dari baterai, baik baterai lepas atau batre tanam.

Jika baterai tidak mampu bekerja sama dengan prosesor, maka akibatnya adalah HP menjadi cepat panas saat digunakan dalam bermultitasking atau membuka berbagai aplikasi sekaligus.

5. Adanya virus

Virus bisa jadi merupakan penyebab meningkatnya suhu pada HP. Biasanya, virus yang dimaksud berupa malware dan seringkali didapatkan saat pengguna memasang aplikasi yang bukan berasal dari Play Store atau App Store. Virus juga bisa datang dari berbagai situs web yang tidak aman.

Malware yang terlanjur masuk ke HP bisa melakukan berbagai hal berbahaya. Selain mencuri data yang tersimpan di HP, malware juga membuat HP berjalan dengan lebih lambat. Hal ini karena malware akan menghambat performa HP dan membuatnya menjadi kurang optimal.

6. Menggunakan HP saat dicas

HP yang tetap digunakan saat sedang diisi dayanya juga membuat HP menjadi lebih panas. Pengisian daya juga akan menjadi tidak efisien jika ponsel masih digunakan ketika dicas. Menggunakan ponsel saat sedang dicas juga akan memberikan efek buruk untuk kesehatan perangkat dan baterai.

Baca Juga:  5 Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo 100% Mudah

HP akan memanas karena baterai dipakai untuk melakukan 2 kegiatan yang berbeda. Akibatnya, HP akan menjadi panas ketika dicas. Menjalankan beberapa aplikasi saja merupakan salah satu sebab HP cepat panas, apalagi memakai HP saat dicas, suhunya akan meningkat lebih tinggi.

7. Case HP tidak tepat

Saat ini hampir semua orang menggunakan case untuk melindungi HP. Masalahnya, beberapa case dibuat dari bahan tertentu yang kualitasnya kurang bagus. Sehingga sirkulasi udaranya menjadi kurang maksimal. Selain itu, perambatan panas juga membuat kesehatan HP memburuk.

Panas yang berasal dari HP harus bisa dibuang ke udara. Tapi case yang tidak tepat bisa membuat pengeluaran panas terhambat. Contoh case yang bagus untuk menahan benturan dan panas adalah hardcase. Sayangnya, ukurannya yang besar membuat para pemilik HP lebih memilih softcase.

Padahal softcase merupakan pilihan yang kurang bagus karena performanya dalam mengalirkan panas kurang bagus.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Apa yang harus dilakukan jika ponsel mudah panas dan baterai cepat habis? Berdasarkan 7 penyebab di atas, ada 7 solusi yang bisa dilakukan.

1. Gunakan HP seperlunya

Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memakai HP sewajarnya saja. Hentikan pemakaian HP kalau casenya sudah terasa hangat. Hal ini menunjukkan bahwa prosesor sedang kerja keras. Penggunaan berlebihan juga membuat umur HP makin pendek.

2. Perhatikan suhu ruangan

Pakai HP hanya di ruangan yang suhunya tidak terlalu tinggi. Tapi jangan menggunakan HP di ruangan yang suhunya juga terlalu rendah. Suhu yang terlalu rendah akan membuat HP menjadi dingin dan bisa jadi mengakibatkan kelembaban pada bagian hardware HP. Hanya gunakan HP di suhu normal.

3. Tutup semua aplikasi

Cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis adalah dengan menghapus aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Dengan menghapus berbagai aplikasi tersebut, RAM akan terbebas dari kerja keras dan tidak akan memaksa prosesor untuk bekerja dengan lebih keras.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Samsung Berkedip-kedip

4. Istirahatkan HP

Kalau HP sudah memanas, istirahatkan dengan menghentikan pemakaian dan menutup seluruh aplikasi. Bisa juga menggunakan aplikasi tambahan yang membantu mendinginkan HP sehingga suhu HP akan menjadi lebih optimal. Aplikasi yang bisa digunakan misalnya Cool Master, dan Go Speed.

5. Hapus semua virus

Pastikan untuk melakukan scanning virus pada HP secara rutin untuk menghindari masuknya virus yang membahayakan HP. Meskipun sudah ada pengaman yang mencegah masuknya virus, masih ada beberapa virus yang bisa menerobos HP. Gunakan antivirus yang terpercaya untuk mencegah virus.

6. Matikan HP saat dicas

Solusi untuk penyebab yang satu ini adalah mematikan ponsel saat akan di cas atau mengaktifkan mode pesawat. Hindari mengutak-atik HP saat masih dicas sehingga pengisian daya akan lebih optimal.

7. Pakai case yang tepat

Pakai case HP yang bisa menyerap panas dengan mudah. Jika HP mengalami overheat ketika digunakan, buka case kemudian angin-anginkan sehingga panas bisa keluar.

Jaga Kesehatan HP Agar Performa Terjaga

Kesehatan baterai dan hardware HP perlu dijaga agar HP bisa beroperasi dengan lancar untuk waktu yang lebih lama. Jangan biarkan HP menjadi panas atau tetap menggunakannya meskipun suhu HP meningkat.

Jika HP masih sering mengalami overheat atau baterai habis dengan cepat, gunakan salah satu cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis di atas.

Baca Juga: