6 Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam 2024

Abockbusup.com – Apakah kamu saat ini sedang mengalami ponsel tercebur air atau terkena banjir? Tentu kamu akan merasa panik apabila tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi HP kena air baterai tanam. Untuk kamu yang mempunyai ponsel dengan tipe baterai tanam pastinya cara menyelamatkan HP.

Berbeda dengan jenis baterai removable atau lepas pasang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ponsel agar tidak mengalami kerusakan saat terkena air. Terutama meminimalisir terjadinya mati total pada HP tersebut.

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam Secara Efektif

Jenis ponsel baterai tanam yang terkena air memiliki resiko kerusakan yang lebih besar 3 kali lipat dibandingkan dengan jenis baterai lepas pasang. Meskipun demikian, kamu tidak perlu merasa khawatir dan panik.

Masih ada cara memperbaiki HP kena air baterai tanam yang paling efektif untuk mengatasi sesegera mungkin ketika HP terkena air. Langsung saja, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan sekarang juga, yaitu:

1. Mematikan Ponsel

Langkah paling utama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mematikan ponsel. Hal ini bisa dilakukan ketika ponsel terkena air, namun tidak mati. Sangat disarankan agar tidak membiarkan HP terus menyala. Apabila air terkena komponen, secara otomatis bisa merusak komponen tersebut.

Silakan matikan ponsel seperti pada biasanya, kemudian tunggu beberapa jam, kemudian barulah menghidupkan ponsel kembali.

2. Mengeluarkan SIM dan Kartu Memori

Apabila langkah pertama sudah dilakukan yaitu mematikan ponsel, langkah kedua yang harus kamu lakukan yaitu mengeluarkan SIM dan kartu memori. Tujuannya supaya SIM dan kartu memori tersebut tidak ikut terkena air juga.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Lupa Pola 100% Terbukti Berhasil

Apabila sudah dikeluarkan, lap sim card dan memori menggunakan tisu. Setelah itu, biarkan beberapa menit jangan dipakai agar bisa memastikan bahwa kedua SIM dan kartu memori benar-benar dalam kondisi yang kering.

3. Mengeringkan Menggunakan Beras

Kamu bisa mengeringkan HP menggunakan beras. Untuk proses pengeringan ini ditujukan agar bisa mengeluarkan air. Selain itu juga mengeringkan sisa-sisa air yang terkena di komponen HP. Caranya sangatlah mudah, kamu tinggal mengambil semangkuk penuh beras.

Lalu masukkan HP ke dalam mangkok tersebut. Pastikan bahwa proses ini dilakukan ketika sim card dan memori sudah dikeluarkan. Tunggulah beberapa waktu hingga HP sudah benar-benar kering.

4. Jangan Menggunakan Hair Dryer

Banyak orang yang beranggapan untuk bisa mengeringkan HP atau mengeluarkan air menggunakan hair dryer. Padahal hal ini sangat tidak direkomendasikan. Alasannya karena bentuk hair dryer ini yang terlalu besar, maka tidak hanya menyedot air saja.

Namun, juga menghembuskan angin yang membuat air di dalam ponsel tersebut justru masuk ke dalam HP. Selain itu, hair dryer yang digunakan mengeluarkan angin yang panas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap komponen HP yang menjadi rusak akibat panas.

5. Membersihkan dengan Thinner

Apabila keempat cara yang ada di atas belum membuahkan hasil, kamu bisa mencoba cara mengatasi HP kena air baterai tanam dengan bantuan thinner. Ini merupakan teknik tingkat lanjut yang pada biasanya digunakan oleh para teknisi HP.

Proses pembersihan HP menggunakan thinner bertujuan agar bisa mengatasi permasalahan korosi yang telah terlanjur di bagian komponen-komponen HP. Memang caranya sedikit sulit bagi para pemula. Namun kamu bisa mengoleskan thinner menggunakan kuas.

Setelah itu, bersihkan komponen ponsel yang korosi. Jika sudah selesai, tinggal mengelap komponen yang dibersihkan menggunakan tisu.

6. Pergi ke Tempat Service

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan membawanya ke tempat service, dengan catatan apabila ponsel sudah mati total dan tidak bisa dihidupkan. Untuk biaya perbaikan tergantung dari sistem atau komponen apa saja yang mengalami kerusakan.

Efek Jika HP Terkena Air Baterai Tanam

Pada saat HP kemasukan air, maka bisa menimbulkan beberapa efek negatif yang bisa saja terjadi di perangkat ponsel. Akan tetapi hal ini tergantung dari seberapa serius kerusakan ponsel yang disebabkan oleh air. Berikut ini beberapa dampak yang bisa saja terjadi, di antaranya:

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Nelpon dan SMS 2024

1. HP Tidak Bisa Dinyalakan

Efek samping yang pasti bisa dirasakan oleh pengguna yaitu ponsel tidak bisa dinyalakan kembali. Ini merupakan efek samping yang paling umum terjadi. Apabila ponsel tidak dapat dinyalakan, maka kemungkinan besar ada bagian atau perangkat yang mengalami kerusakan.

2. Tampilan HP Menjadi Tidak Normal

Perlu diketahui bahwa air yang masuk ke dalam HP, maka bisa menimbulkan permasalahan yaitu tampilan perangkat tidak normal seperti pada biasanya. Contohnya terlihat garis-garis, warna pudar, bercak-bercak, atau yang lainnya.

3. Tombol Tidak Berfungsi

Apabila kerusakan lebih parah, maka menimbulkan beberapa tombol yang ada di HP tidak berfungsi akibat terkena air. Tombol yang sangat rentan mengalami kerusakan ketika terkena air yaitu tombol power dan volume. Jika hal ini yang terjadi, kamu harus menggantinya dengan tombol yang baru.

4. Kinerja HP Sangat Lambat

Memang banyak sekali efek samping yang bisa ditimbulkan ketika ponsel terkena air. Tidak hanya ketiga dampak negatif yang ada di atas saja, melainkan juga membuat kinerja ponsel menjadi lambat atau bahkan terasa lebih berat dibandingkan dari cara kerja sebelumnya.

Hal ini dikarenakan bisa saja adanya komponen ponsel yang mengalami error atau kerusakan akibat air yang masuk ke dalam komponen ponsel. Sehingga harus mencari tahu bagaimana cara mengatasi HP kena air baterai tanam yang tepat

5. Masalah Audio

Apabila air sudah masuk ke dalam HP, kemungkinan besar sangat mempengaruhi suara atau audio. Bisa saja menimbulkan suara yang menjadi tidak normal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

6. Kerusakan Pada Baterai

Baterai bisa mengalami kerusakan apabila ponsel terkena air. Khususnya untuk baterai yang tanam tidak bisa dilepas pasang. Apabila baterai mengalami kerusakan, maka solusi yang dilakukan yaitu menggantinya dengan baterai yang baru.

Ciri HP Konslet Akibat Terkena Air

Sebenarnya cara mengatasi HP kena air baterai tanam seperti yang ada di atas bisa dilakukan. Hanya saja, apabila kondisi ponsel terlalu parah maka hal ini menimbulkan beberapa konslet yang terjadi pada ponsel itu sendiri. Berikut ini ciri-ciri HP yang konslet akibat terkena air, yaitu:

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Vivo Mentok Logo Terbaru 2024

1. HP Mati Total

Pada saat HP terkena air, kemudian mengalami korsleting maka bisa membuat HP menjadi mati total dan tidak dapat dinyalakan sama sekali. Khususnya apabila perangkat yang konslet di bagian kritis seperti chipset atau motherboard.

2. HP Panas Berlebihan

Pada biasanya, HP yang mengalami konslet akibat air bisa menimbulkan suhu perangkat menjadi sangat panas. Penyebabnya karena sirkuit yang terputus. Sehingga menjadikan arus listrik kejebak dan menghasilkan suhu panas yang berlebihan.

3. HP Menyala, Namun Tidak Memiliki Tampilan

HP yang disebabkan konslet bisa menyala, akan tetapi tidak memunculkan tampilan apapun. Pada biasanya, hal ini disebabkan karena adanya kerusakan di bagian koneksi antara motherboard dan tampilan. Bisa juga mengalami kerusakan di bagian komponen tampilan itu sendiri.

4. Restart dengan Sendirinya

Pada saat HP terkena air dan mengalami konslet di bagian motherboard, maka perangkat akan mengalami restart dengan sendirinya. Penyebabnya karena sirkuit yang terputus, sehingga tidak terhubung dengan baik.

Selama masih ada cara mengatasi HP kena air baterai tanam seperti yang ada di atas, maka kamu tidak perlu merasa panik pada saat secara tidak sengaja ponsel masuk ke dalam air atau terkena air.

Sebenarnya cara yang dilakukan cukup simpel, hanya saja beberapa pengguna ponsel tidak mengetahui langkah yang perlu dilakukan. Untuk itu silakan mengikuti cara yang ada di atas.

Baca Juga: