5 Cara Mengatasi Pengaturan Terus Berhenti 2024

Abockbusup.com – Pemakaian ponsel pintar atau smartphone memang terus meningkat setiap tahunnya. Sayangnya tidak semua orang bisa memakai HP dengan benar, sehingga berbagai masalah sering muncul. Berikut adalah cara mengatasi pengaturan terus berhenti di perangkat mobile.

Penyebab mengapa notifikasi bahwa pengaturan terus berhenti biasanya muncul di HP yang sudah lama gunakan. Jika tidak ingin mengalami masalah yang sama, kamu bisa ikuti tips dan langkah panduan untuk memperbaikinya berikut ini.

Penyebab Mengapa Pengaturan HP Terus Berhenti

Penyebab mengapa HP mengalami masalah ini sebenarnya cukup beragam, ada yang disebabkan masalah internal, ada pula karena masalah hardware. Beberapa penyebab yang sering menjadi faktor pemicu masalah HP pengaturannya terus berhenti adalah:

1. Masalah pada Aplikasi

Apabila kamu mengunduh aplikasi yang tidak jelas asal dan keamananya, besar kemungkinan kamu akan mengalami crash atau bug aplikasi. Umumnya hal ini terjadi karena aplikasi kurang kompatibel dengan jenis HP yang kamu gunakan.

Jika HP mengalami masalah, baik muncul notifikasi pengaturan berhenti atau notifikasi lain, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut. layanan Samsung experience terus berhenti juga bisa disebabkan aplikasi mod yang merusak sistem OS HP Samsung.

2. Pembaruan Perangkat Lunak Tidak Berhasil

Dengan jangka waktu yang berkala, biasanya HP akan melakukan update pada sistem OS yang digunakan. Tidak hanya Samsung, Redmi, Xiaomi, bahkan Oppo juga melakukan sikluas yang sama. Tapi pembaruan ini akan membawa masalah, terutama jika update tiba tiba terputus.

Data OS yang harusnya diperbarui harus hilang atau mengalami bug. Hal ini bisa menyebabkan HP jadi terancam keamanannya, membuatnya menampilkan notifikasi bahwa pengaturan HP telah berhenti. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Baca Juga:  11 Cara Mengatasi HP Realme Lemot, LAG, Macet 2024

3. Memori Internal Sudah Penuh

Cara mengatasi pengaturan terus berhenti HP Samsung atau HP yang lain, sebenarnya tidak beda jauh. Salah satunya adalah dengan menghapus memori penyimpaan internal di HP. Jika memori ini tidak penuh kamu bisa dapatkan ruang yang lebih besar untuk sistem OS terbaru Samsung.

Cara menghapus data untuk penyimpanan internal bisa dengan memindah data penting atau melakukan reset. Ketika penyimpanan internal atau RAM ponsel Anda hampir penuh, kadangkala akan membuat pengaturan HP memberikan notifikasi bahwa sistem telah berhenti.

4. File Cache yang Menumpuk

Tidak hanya memori penuh yang menyebabkan HP memberikan infomasi bahwa pengaturan berhenti, file cache yang menumpuk juga menjadi faktor yang sama. Fase ketika cache, cookies, junk files, hingga basis data menumpuk, HP bisa saja menjadi lambat ketika digunakan.

Untuk meminimalisirnya, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih atau menghapusnya secara manual. Ketika file cache yang menumpuk terhapus, HP tidak hanya lebih nyaman digunakan, tapi juga lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

5. Multitasking Berlebihan

Penyebab lain kenapa setting HP tidak bisa dibuka adalah adanya multitasking berlebih. Ketika HP digunakan dalam jangka waktu lama dan membuka banyak aplikasi, bisa saja HP mengalami lag dan memunculkan notifikasi bahwa pengaturan telah berhenti.

Jika HP yang kamu gunakan memiliki RAM dan penyimpanan yang kecil, masalah ini punya peluang besar untuk terjadi. Hal ini bisa terjadi karena perangkat tidak mampu melakukan back up semua data aplikasi yang terbuka dan digunakan oleh pengguna.

Cara Mengatasi Pengaturan HP Terus Berhenti

Setelah tahu apa saja yang menyebabkan HP menampilkan pengaturan terus berhenti, ada baiknya kamu juga tahu bagaimana langkah terbaik untuk mengatasinya. Setidaknya beberapa rekomendasi berikut ini bisa membantumu ketika diterapkan.

Baca Juga:  12 Cara Mengatasi HP Yang Tidak Ada Suaranya 2024

1. Restart HP

Walaupun sederhana, tapi melakukan restart pada HP bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki HP milikmu. Kamu cukup menekan tombol on off lama, kemudian memilih opsi untuk melakukan restart atau reboot. Tunggu sejenak sampai proses restart HP berjalan sampai selesai.

2. Menghapus Data Setelan

Berikutnya adalah cara mengatasi pengaturan terus berhenti Samsung dan HP Android lainnya dengan menghapus data setelan. Menghapus data setelan akan membantumu meringankan kerja memori, sehingga proses muat aplikasi dan kinerja menjadi lebih ringan.

Cara untuk menghapus data pada setelan tidak sulit, berikut adalah panduan untuk melakukannya.

  • Buka menu Setelan, kemudian pilih lagi opsi menu Kelola Aplikasi.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih opsi Pengaturan.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih Hapus data, kemudian pilih lagi opsi Hapus semua data untuk menyelesaikan prosesnya.
  • Kamu akan diminta melakukan konfirmasi, pilih OK untuk melanjutkan langkah ini. Jika sudah, kamu hanya tinggal perlu menunggu sampai proses penghapusan selesai dilakukan.

3. Perbarui Sistem Operasi

Bagaimana jika masalah pengaturan HP terus berhenti karena bug atau crash di sistem operasi? Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah memperbarui sistem OS yang kamu gunakan. Untuk melakukan pembaruan sistem OS, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pergi ke menu Pengaturan di HP yang kamu gunakan, khususnya HP Android.
  • Di bagian Perangkat Lunak, periksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia. Jika ada, silahkan pilih untuk memperbarui sistem operasi
  • Proses pembaruan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi pastikan kamu mengisi baterai HP dengan cukup.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara mengatasi pengaturan terus berhenti Android lain yang patut dicoba adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Pemakaian aplikasi berlebih, apalagi digunakan bersama dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat HP mengalami overheat.

Untuk membuat HP lebih awet, kamu bisa menghapus aplikasi yang berat dan sebenarnya tidak digunakan. Ini akan membuat HP jadi lebih nyaman digunakan, tidak gampang error, atau memunculkan notifikasi bahwa pengaturan HP tengah rusak.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Samsung Berkedip-kedip

5. Melakukan Reset Factory

Cara mengatasi pengaturan terus berhenti yang terakhir adalah melakukan reset factory. Dengan memilih reset factory, kamu akan menghapus semua data yang ada di HP, kemudian mengubah setelan HP menjadi setelan awal atau setelan pabrik.

Karena itu, sebelum menggunakan cara ini, kamu bisa memindahkan berbagai data yang penting ke penyimpanan eksternal agar data tetap aman. Jika sudah, kamu bisa lakukan factory reset dengan mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Power dan Volume Up bersamaan, tak lama kamu akan masuk ke mode recovery.
  • Disana kamu bisa pilih opsi Recovery Mode untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Kamu akan diminta memilih bahasa, gunakan bahasa Inggris jika tidak ada bahasa Indonesia.
  • Langkah berikutnya adalah memilih wipe data dan wipe all data, secara otomatis HP akan mati secara otomatis dan menghapus data yang ada di dalam HP.
  • Setelah selesai, HP akan masuk kembali ke layar utana dan kamu bisa melihat bahwa HP sudah kembali seperti setelan pabrik.

Jika kam masih mengalami masalah pengaturan HP terus berhenti, sebaiknya segera ke teknis untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Semoga informasi mengenai cara mengatasi pengaturan terus berhenti diatas bisa membantu pembaca, terutama yang sedang mengalami masalah serupa.

Baca Juga: