12 Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama Tapi Gak Nambah


Abockbusup.com – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna HP adalah masalah pengisian daya atau “ngecas.” Pembahasan kali ini adalah mengenai cara mengatasi HP Samsung ngecas lama. Hal ini membuat ketidaknyamanan bagi para penggunanya.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini. Salah satunya adalah karena kerusakan alat untuk mengisi daya (charger) atau malah juga baterai yang bermasalah atau rusak. Hal tersebut memang membuat kesal karena memakan waktu dan kemudian kinerjanya juga menurun.

Namun kondisi ini sebenarnya juga bisa dianggap sebagai tanda-tanda awal adanya suatu masalah. Karena itu perhatikan pembahasan dalam artikel ini agar pengguna bisa melihat dan mengambil tindakan jika memang ada hal yang perlu diperbaiki.

Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi baterai lambat terisi. Padahal pengisian daya sudah lama. Untuk itu, pengguna perlu memperhatikan berbagai hal penting yang dibahas di bawah ini agar bisa mengambil tindakan yang diperlukan:

1. Periksa Kondisi Charger

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Perhatikanlah kondisi kabel dan sambungannya ke “jack”, baik yang ke HP maupun yang ke sambungan listrik. Kabel yang kualitasnya kurang bagus bisa saja terlihat bagus padahal rangkaian dalamnya sudah tidak prima kondisinya.

Terkadang kabel charger yang terlalu sering terlipat atau tidak sengaja tertarik bisa membuat jaringan kabel di bagian dalam jadi rusak atau putus sebagian. Kondisi ini bisa membuat kinerja charger jadi menurun.

2. Gunakan Charger, Kabel, dan Adaptor Asli Samsung

Menggunakan charger yang tidak sesuai atau bukan original Samsung juga bisa menimbulkan masalah ngecas lama. Karena watt dan amperenya mungkin tidak sesuai. Karena jika tidak sesuai dengan standar kebutuhan maka pengisian daya akan memakan waktu lebih lama dan baterai cenderung cepat rusak.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Redmi Fastboot 100% Berhasil

Selain kabel charger, adaptor juga bisa saja bermasalah. Untuk memeriksanya, bisa dicoba dengan menggunakan adaptor lain yang sesuai. Kalau memang pengisian daya bisa bagus setelah ganti adaptor, maka adaptor lama perlu diganti karena sudah tidak berfungsi baik.

3. Cek Kondisi Baterai

Selain kondisi charger, ternyata kondisi baterai juga mempengaruhi lamanya pengisian daya. Baterai yang usianya sudah lama memang menurun kinerjanya dan pengisian daya bisa lama. Bahkan terkadang sudah lama dicas ternyata dayanya mudah drop. Ini adalah ciri-ciri baterai HP rusak yang perlu diperhatikan.

Jika memang kondisi baterai sudah tidak lagi prima, ada baiknya menggantinya dengan baterai baru. Jangan menunggu hingga baterai menjadi kembung atau benar-benar drop, karena kinerja HP juga akan sangat terganggu.

4. Matikan HP Saat Ngecas

Agar proses pengisian daya lebih cepat selesai, matikan dulu HP saat ngecas. Jika pengisian daya dilakukan sambil HP terus menyala maka tentu waktu pengisiannya jadi tambah lama. Belum lagi HP menjadi panas dan hal ini tidak bagus bagi HP dan baterainya.

5. Gunakan Sumber Listrik Langsung

Mengecas dengan menghubungkan perangkat secara langsung ke sumber listrik akan lebih cepat selesai dibandingkan dengan menggunakan “Powerbank”. Karena mungkin saja input dan output-nya tidak benar-benar sesuai.

6. Fast Charging yang Tepat

Menggunakan alat “Fast Charging” (pengisian daya cepat) memang bisa menghemat waktu namun tidak bisa sembarangan pakai. Sekali lagi, perhatikan input dan output charger tersebut apakah sesuai dengan HP Samsung yang digunakan.

Karena jika tidak sesuai, dalam jangka panjang akan lebih cepat merusak baterai. Jadi perhatikan dulu apakah alat tersebut kompatibel dengan kebutuhan daya HP Samsung yang digunakan. Lebih aman jika menggunakan produk Samsung yang sesuai.

7. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Dipakai

Cara mengatasi HP Samsung ngecas lama juga bisa dengan menonaktifkan fitur yang tidak dipakai. Misalnya Bluetooth, WiFi, atau GPS. Karena semua fitur tersebut memakan daya baterai juga. Termasuk juga aplikasi yang dibiarkan terus standby. Begini cara melakukannya:

  • Masuk ke menu “Settings” (pengaturan) lalu ke opsi “Battery” (baterai)
  • Pilih opsi “Battery Usage” (pemakaian baterai) dan nanti akan ditampilkan aplikasi apa saja yang menggunakan daya baterai.
  • Hentikan dulu aplikasi yang menggunakan daya yang besar. Atau jika aplikasi tersebut jarang atau tidak dipakai, lakukan “Uninstall” (buang) saja.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Oppo Mati Sendiri 100% Berhasil

8. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kebiasaan orang memang senang mengunduh aplikasi. Padahal jika tidak digunakan atau jarang digunakan maka aplikasi tersebut dapat memakan daya baterai. Belum lagi aplikasi tersebut juga bisa mengakibatkan masalah pada sistem operasi, membuat kerja HP menjadi lambat.

Karena HP menjadi berat akibat padatnya aplikasi yang ada di dalam sistem. Padahal sebenarnya tidak semuanya digunakan lagi. Jadi jika memang tidak lagi dibutuhkan, lebih baik aplikasi tersebut dibuang saja (uninstall).

9. Sesuaikan Mode Pemakaian Daya

Sebenarnya ada beberapa mode pemakaian daya pada HP. Misalnya mode penggunaan standar, mode hemat daya atau penggunaan tinggi. Jika memang ngecas lama, cobalah gunakan mode hemat daya agar pemakaian daya bisa lebih lama.

10. Bersihkan Cache dan Sampah

Rutin membersihkan cache, data, dan sampah dari tumpukan dalam sistem akan membuat kinerja HP lebih cepat. Karena lebih ringan tanpa sampah dan membantu mempercepat pengisian daya.

11. Bersihkan Port Pengisian Daya

Menjaga kebersihan port tempat “jack” pengisian daya juga bisa membantu sebagai cara mengatasi HP Samsung ngecas lama. Gunakan “cotton bud” kecil atau sikat lembut yang kecil untuk membersihkan lubang port. Karena posisinya yang terbuka memang rentan terkena kotoran atau debu.

Pada beberapa kasus, port ini juga mungkin mulai rusak. Seperti posisinya miring, mulai berkarat, dan masalah lain. Semuanya memang tergantung dari pemakaian namun hal ini bisa mengganggu proses pengisian daya. Jika memang bermasalah, sebaiknya segera diganti saja.

12. Update Sistem

Cobalah periksa apakah ada versi terbaru untuk sistem operasi yang digunakan. Lakukan pembaruan (update) secara rutin karena versi terbaru biasanya sudah lebih mampu menghilangkan “bug” atau gangguan pada HP.

Baca Juga:  4 Cara OFF WA Tanpa Mematikan Data Seluler di Infinix

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang berkaitan dengan masalah pengisian daya HP Samsung:

1. Mengapa harus charger asli Samsung?

Karena sudah sesuai atau kompatibel dengan HP Samsung tersebut. Setiap jenis charger memiliki input dan output berbeda, yaitu besaran watt, volt dan amperenya. Jika tidak sesuai tentunya akan mempengaruhi kecepatan pengisian daya.

2. Charger sudah asli Samsung tapi mengapa ngecas masih lama?

Jika demikian kasusnya, coba perhatikan kondisi baterai dan lubang atau port pengisian dayanya. Bisa saja kondisi baterai memang sudah kurang layak lagi dan perlu diganti. Namun jika semuanya memiliki kondisi yang baik tapi ngecas masih lama, maka disarankan agar dibawa ke Service Center Samsung.

Tujuannya adalah agar bisa diperiksa oleh teknisi Samsung, barangkali ada masalah lain yang tidak bisa dipahami oleh pengguna awam dan bisa diperbaiki oleh teknisi.

3. Berapa lama waktu pengisian daya HP Samsung hingga penuh?

Setiap tipe memiliki variasi waktu pengisian daya. Karena model HP dan kapasitas baterainya juga berbeda. Namun, secara umum pengisian daya normal HP Samsung adalah sekitar 2-3 jam.

Cara mengatasi HP Samsung ngecas lama bisa dilakukan dengan banyak cara seperti yang dijelaskan di atas. Namun, disarankan agar selalu memperhatikan kondisi HP Samsung, port pengisian daya, dan alat charger yang digunakan agar semuanya dalam kondisi yang baik.

Perhatikan juga aplikasi dan penggunaan yang tidak akan membuat pemborosan daya. Jika memang bisa menghemat daya, maka penggunaan baterai juga bisa lebih lama dan tidak perlu terlalu sering dicas.

Baca Juga:

error: