6 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan

Abockbusup.com – Cara mengatasi laptop layar hitam penting diketahui siapa yang mengalaminya. Serangan black screen atau tampilan layar hitam polos pada laptop adalah masalah umum yang sering terjadi pada pengguna laptop. Terlalu sering menggunakan laptop dan kurangnya perawatan dapat menyebabkan kerusakan.

Terdapat berbagai faktor penyebab black screen pada laptop yang perlu diwaspadai. Jika mengalami masalah ini, dapat mencoba tips mengatasi black screen pada laptop berikut ini tanpa perlu membawa ke service center.

Penyebab Laptop Layar Hitam

Sebelum membahas tentang cara mengatasi layar laptop blank hitam tapi hidup, penting juga untuk mengetahui apa hal-hal yang bisa menyebabkannya. Pada dasarnya, pemicu blackscreen ini ada beragam dan berikut diantaranya:

1. Virus

Virus menjadi salah satu faktor paling umum penyebab laptop black screen. Biasanya, virus atau malware menyebar ketika mengunduh file atau program dari situs web yang tidak aman.

Selain itu, transfer data di laptop juga menjadi penyebab serangan virus. Ketika virus terinfeksi ke dalam sistem laptop, akan menurunkan kinerja. Jadi, efeknya bisa mengakibatkan malfungsi dan black screen pada laptop.

2. Overheat

Penggunaan laptop yang terlalu lama menyebabkan suhu di dalamnya meningkat dan membuat kipas berputar lebih cepat. Jika suhu di dalam laptop melebihi batas, maka dapat menyebabkan laptop menjadi terlalu panas dan mengakibatkan layar hitam.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat membersihkan kipas dan memastikan laptop ditempatkan di permukaan yang rata dan keras. Tujuannya, untuk meningkatkan sirkulasi udara.

3. Ada Program yang Bermasalah atau Tidak Kompatibel

Jika laptop mengalami black screen setelah menginstal program atau aplikasi tertentu, kemungkinan penyebabnya berasal dari program atau aplikasi tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, periksa apakah program atau aplikasi tersebut kompatibel dengan laptop yang digunakan atau tidak.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Can't Connect To This Network 2024

4. Install Windows yang Gagal atau Tertunda

Instalasi Windows yang tidak berhasil atau tertunda adalah salah satu penyebab black screen pada laptop yang sering terjadi. Kegagalan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya seperti media yang rusak, masalah pada hard drive atau flash drive yang digunakan, dan masalah pada proses instalasi. Saat pengguna mencoba membuka kunci laptop, kemungkinan besar laptop akan mengalami layar hitam akibat kegagalan atau penundaan instalasi Windows.

Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Agar Normal Kembali

Setelah mengetahui apa saja hal yang menyebabkan layar laptop hitam, selanjutnya akan dijelaskan tentang solusinya. Pada dasarnya, kamu tidak perlu khawatir kalau mengalaminya kendala ini, ada beberapa alternatif cara mengatasi laptop layar hitam seperti berikut:

1. Restart Perangkat

Jika layar laptop menjadi hitam atau kosong dan kamu tidak dapat mengakses menu administrator untuk merestart laptop, kamu sebenarnya masih memiliki sebuah cara untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengakses menu administrator dan merestart laptop:

  • Tekan tombol shortcut Ctrl+Alt+Delete pada keyboard. Jika tombol tersebut tidak bekerja, coba tekan tombol Fn bersamaan dengan tombol Ctrl+Alt+Delete.
  • Pilih akun pengguna dan masuk ke dalam sistem seperti biasa, dengan memasukkan sandi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
  • Setelah itu, klik pada ikon tombol power yang terletak di bagian kanan bawah layar.
  • Pilih opsi Restart untuk merestart laptop.

2. Menggunakan Shortcut ke Windows

Jika layar laptop tiba-tiba menjadi hitam atau tidak respon, kamu mungkin tidak bisa langsung mengakses Windows pada layar laptop seperti biasanya. Namun, kamu masih bisa mengatasinya dengan cara yang mudah, yaitu dengan menekan shortcut tertentu pada keyboard.

Berikut cara mengatasi laptop layar hitam black screen:

  • Pertama, tekan shortcut Tombol logo Windows+ctrl+shift+B pada keyboard.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar laptop memproses perintah.
  • Setelah itu, kamu akan melihat tampilan beranda Windows kembali pada layar laptop.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri di Laptop

3. Mengakses Task Manager

Solusi lain untuk mengatasi layar hitam yang bisa dicoba adalah dengan mengakses task manager. Cara ini bisa dicoba supaya membuat laptop kembali normal dan berikut cara mengatasi laptop layar hitam:

  • Pertama, nyalakan laptop.
  • Jika layar masih hitam, coba tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard.
  • Kemudian, akan muncul sebuah layar yang menampilkan beberapa opsi. Pilih opsi Task Manager.
  • Setelah itu, pilih opsi Add New Task dan ketikkan exe pada kolom yang tersedia.
  • Pilih opsi explore dan laptop akan mulai memproses secara otomatis. Tunggu beberapa saat sampai layar normal kembali.
  • Setelah layar normal muncul kembali, jangan langsung memaksa laptop untuk beroperasi. Diamkan laptop selama dua hingga lima menit untuk menyesuaikan diri.

4. Aktifkan Safe Mode

Saat mengalami masalah layar hitam pada laptop, kamu bisa mengaktifkan safe mode pada Windows untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan mode ini:

  • Pertama, nyalakan laptop kamu.
  • Selanjutnya, tekan tombol F8 pada keyboard sebelum tampilan Windows muncul.
  • Klik Safe Mode.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai laptop kamu masuk ke dalam safe mode.
  • Jika laptop berhasil masuk ke dalam mode ini dengan lancar, coba lakukan scan virus atau perbaikan sistem operasi dengan software
  • Setelah selesai, restart laptop kamu dan coba masuk ke dalam Windows seperti biasa.

5. Mengatur Ulang BIOS Ke Default

BIOS adalah program untuk mengatur booting perangkat setelah dinyalakan. Jika mengalami laptop layar hitam, kamu bisa mencoba mengatur pengaturan BIOS ke default. Caranya bisa bervariasi, tergantung pada perangkat laptop yang kamu miliki, berikut contohnya:

  • Nyalakan laptop kamu dan tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke menu BIOS.
  • Tombol yang sering digunakan adalah tombol F1, F2, F10, F12, atau DEL. Tombol yang tepat bisa kamu cari di buku panduan laptop atau di situs web produsen laptop.
  • Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, cari opsi Load Setup Default. Opsi tersebut berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan BIOS ke kondisi pabrik.
  • Tekan tombol yang disediakan untuk menyimpan perubahan, kemudian keluar dari menu BIOS dan nyalakan kembali laptop kamu.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running di XAMPP

6. Menginstal Ulang Windows

Cara mengatasi laptop layar hitam lainnya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi Windows. Sebelum melakukannya, pastikan kamu telah membackup semua data penting dan memiliki akses ke media instalasi Windows.

Siapkan serial number atau product key Windows untuk mengaktifkan instalasi ulang. Ikuti langkah-langkahnya atau jika tidak yakin, minta bantuan teknisi terpercaya. Menginstal ulang sistem operasi bisa memperbaiki masalah layar hitam pada laptop.

Namun, memang ada kekurangannya yang patut diperhatikan dengan seksama. Semua data di laptop akan hilang, sehingga sangat penting untuk membackup data dahulu. Terutama yang bersifat cukup penting.

Mengatasi masalah layar hitam pada laptop memang bisa menjadi masalah yang membingungkan dan membuat frustasi. Namun, dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di artikel ini, banyak kemungkinan untuk memperbaikinya.

Dengan mengetahui cara mengatasi laptop layar hitam di atas, kamu juga bisa menghemat biaya dan waktu untuk membawa laptop ke bengkel atau teknisi. Jangan lupa untuk menyimpan data penting dahulu jika memungkinkan.

Baca Juga: