Update Frekuensi JTV Semua Satelit Terbaru 2024

Abockbusup.com – Berbagai stasiun TV lokal hadir di Indonesia dan terbukti mampu meraup rating tinggi. Contoh stasiun TV yang dimaksud adalah JTV yang program andalannya berasal dari Surabaya. Inilah yang membuat banyak pihak mencari frekuensi JTV untuk menonton setiap acaranya.

Bagi yang belum tahu, gelombang frekuensi stasiun TV JTV Telkom 4 berada di posisi transponder di satelit C-Band. Menariknya, stasiun TV ini telah menghadirkan bentuk transmisi Ku Band dengan UHF digital bagi seluruh penikmatnya.

Wajar jika kualitas siaran stasiun TV JTV cukup menjanjikan di daerah Jawa Timur. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kualitas sinyal yang cukup kuat dan terjangkau di seluruh wilayah Jawa Timur.

Informasi Seputar JTV

Sebelum membahas ke kode frekuensi JTV terupdate 2023 lebih dalam, ada baiknya tahu betul dengan stasiun ini dahulu. Jadi, JTV adalah sebuah stasiun televisi daerah swasta pertama dan terbesar di Indonesia.

Tak jauh beda dengan stasiun lain, JTV menghadirkan berbagai konten berkualitas khas Jawa Timur, seperti Wayang hingga Reog. Tentunya, seluruh acara yang digelar di stasiun TV ini juga memakai bahasa Jawa sebagai bahasa daerah di Jawa Timur.

Di era TV digital, JTV juga turut menghadirkan banyak acara seru dan menarik. Sebagai penikmat, kamu cukup menginputkan kode frekuensi yang dimiliki stasiun TV agar tidak ketinggalan dengan acaranya.

Frekuensi JTV Telkom 4 Terbaru

JTV sendiri merupakan singkatan dari Jawa Timur TV. Awal mulanya, stasiun TV ini menyiarkan berbagai acara daerah untuk masyarakat lokal yang tinggal di provinsi Jawa Timur.

Lambat laun, TV ini terus berkembang dan mengudara di transponder satelit utama yang tentunya dapat menjangkau seluruh Indonesia. Dengan harapan, kabar terbaru seputar Jawa Timur dapat dipantau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  11 Paket Malam Indosat Murah dan Cara Aktivasi

Sebagai TV lokal, sudah pasti program acara JTV di dominasi dengan pemakaian bahasa Jawa sebagai pengantar. Pasalnya, target penonton stasiun TV ini memang terbatas atau wilayah regional saja.

Bagi warga luar Jawa Timur yang ingin nonton acara di JTV, kini kamu sudah dapat menonton berbagai channel dengan memakai antena parabola. Tentunya lebih fleksibel dan membuat tontonan di stasiun TV ini lebih gampang diikuti.

Bagi yang tertarik nonton acara di JTV, sudah pasti harus tahu nomor frekuensi JTV dahulu. Berikut informasi nomor frekuensi stasiun JTV secara lengkap:

  1. Satelit = Telkom 4
  2. Siaran = FTA
  3. Beam = SE Asia
  4. Transponder = 4080 H 32677
  5. Frekuensi = 4080
  6. Resolusi = SD
  7. Simbol Rate = 32677
  8. Receiver = Umum
  9. Sistem = DVB-S
  10. Koordinat = 108 E
  11. Polaritas = H
  12. Enkripsi = Tidak
  13. Video = MPEG-2
  14. Spektrum = C Band

Dari data di atas, JTV berada di satelit C-Band yang tentunya memerlukan tambahan dish berukuran 6 hingga 8 feet agar sinyalnya terhubung. Namun, sudah ada transponder JTV Ku Band yang praktis dengan memanfaatkan parabola mini.

Kendati demikian, ada banyak contoh receiver parabola yang ada di pasaran sehingga membuat pengguna bingung. Berikut rekomendasi receiver parabola yang telah support dengan channel JTV:

  1. Kaonsat
  2. Nex Parabola
  3. Tanaka
  4. Nusantara HD
  5. Matrix Garuda
  6. Hitech
  7. K Vision
  8. Skybox
  9. Venus
  10. Getmecom
  11. Gardiner

Setiap siaran yang dilakukan di JTV bersifat FTA. Hal tersebut memberi keuntungan tersendiri bagi penonton karena support dengan semua merek receiver yang ada di atas.

Terlebih lagi, JTV masih menggunakan video encoding berupa MPEG-2. Hal tersebut membuat unit tipe lama tetap dapat memakainya tanpa kendala apapun.

Cara Input Frekuensi JTV Paling Mudah

Tidak jarang perubahan nomor transponder satelit kerap terjadi. Hal tersebut biasanya membuat channel JTV dan seluruh channel TV lainnya menjadi hilang dan tidak dapat diakses seperti biasanya.

Kendati demikian, banyak pengguna yang masih bingung dalam menghadapi hal tersebut. Terutama bagi mereka yang memang masih awam di dunia penggunaan parabola. Padahal nyatanya proses untuk memperbaiki channel JTV yang hilang sangatlah mudah.

Baca Juga:  17 Cara Daftar Paket Nelpon XL Unlimited 2024 (Baru)

Pengguna tinggal menginput informasi seputar frekuensi terbaru yang dimiliki JTV saja. Sebelum itu, pastikan posisi antena parabola yang kamu gunakan tidak bergeser. Juga pastikan sinyal dari satelit tetap seperti semula tanpa berubah sedikitpun.

Jika sudah memastikan keduanya, kamu tinggal input frekuensi JTV terupdate tanpa kendala. Simak cara input frekuensi stasiun JTV di receiver berikut ini:

  • Tentunya, kamu harus menghidupkan TV LED dengan receiver terlebih dahulu lewat tombol Power.
  • Setelah itu, tekan tombol Setting di bagian remot agar sistem terbuka.
  • Masuk ke opsi Instalasi pada halaman utama.
  • Kamu tinggal memilih opsi Pengaturan Antena.
  • Di halaman selanjutnya, kamu bakal menemukan fitur Edit dan menambahkan transponder.
  • Langsung saja masukkan nomor frekuensi JTV yang sudah ada di bagian Telkom 4 terbaru.
  • Kamu bisa menekan menu Scan untuk memulai pencarian saluran yang telah dimasukkan.
  • Secara otomatis, channel JTV bakal tersimpan ketika proses sudah mencapai 100 persen.
  • Langsung saja cek saluran JTV di TV, apakah sudah terbuka atau belum.
  • Selesai.

Jangan lupa untuk melakukan pengujian terlebih dahulu agar JTV telah terinput di TV. Untuk pengujian, kami memakai receiver rekomendasi milik Nex Parabola.

Artinya, tutorial cara input frekuensi JTV yang kamu bahas di atas mengikuti komposisi menu serta tampilan receiver yang telah disediakan di sini. Umumnya, setiap receiver memiliki cara berbeda untuk menginputkan frekuensi stasiun TV.

Prosesnya tidak terlalu beda jauh, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan. Meski setiap receiver banyak yang sudah support JTV, kami sengaja menggunakan unit rekomendasi dari provider TV Satelit ini.

Pasalnya, bukan hanya pengguna mendapat siaran FTA yang berkualitas saja. Ternyata receiver ini juga menyediakan banyak channel FTV gratis yang bisa dinikmati pengguna kapanpun.

Nomor Transponder JTV Ku Band

Ketika channel JTV hilang, pengguna parabola kerap mencari informasi kode frekuensi milik JTV Telkom 4 terbaru. Tentunya, kode ini digunakan untuk penginputan di bagian receiver sekaligus untuk mengaktifkan opsi scan ulang pada perangkat.

Baca Juga:  Frekuensi dan Kode BISS Key Fiji TV Terbaru 2024

Menurut pengalaman, tanpa menggunakan parabola-pun, siaran JTV telah “cling” karena ada pancaran transmisi UHF digital yang menambah kualitasnya. Hal tersebut juga memberi dampak pada frekuensi yang cukup stabil ketika digunakan.

Transmisi ini secara khusus dapat digunakan untuk masyarakat Jawa Timur yang telah memakai tuner DVB-T2. Untuk memastikannya, kamu bisa langsung mengecek bagian sinyal JTV digital DVB-T2 dengan mengarahkan antena parabola ke pemancar.

Jika tidak mendapat sinyal yang dipancarkan, kamu harus menggunakan unit parabola mini atau besar sebagai tambahan. Jangan lupa, ketahui juga nomor transponder channel JTV satelit Ku Band demi melancarkan proses pengecekan ini.

Biasanya, nomor ini digunakan untuk membantu proses penginputan antena agar mendapat sinyal terbaik. Adapun nomor transponder yang dimiliki JTV adalah sebagai berikut:

  1. Nex Parabola = 11861 V 45000
  2. Nusantara HD = 12643 H 30000
  3. K Vision = 12436 H 31000

Bagi yang terhubung dengan satelit Ku Band, channel JTV memang hanya terhubung untuk pengguna receiver yang rekomendasi saja. Pasalnya, sejak awal parabola mini hanya dapat digunakan untuk bagian layanan TV satelit yang telah berlangganan saja.

Sekarang kamu sudah tahu tentang frekuensi JTV terbaru sehingga jika ada kendala pada TV dapat mengatasinya dengan baik. Pastikan proses input nomor frekuensi yang akan dilakukan benar tanpa kesalahan apapun.