6 Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip


Abockbusup.com – Pemakaian printer memang masih umum ditemui hingga kini, apalagi di bidang perkantoran dan institusi pendidikan. Tapi bagaimana jika printer rusak karena notifikasi kertas habis terus menyala? Begini cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip dengan benar.

Printer yang punya masalah serupa sebenarnya tidak hanya Epson, printer dengan merk lain juga punya kemungkinan masalah yang sama. Agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut, kamu bisa ikuti tips pencegahan dan teknis perbaikannya berikut ini.

Penyebab Lampu Kertas Berkedip pada Printer Epson L3110

Ketika lampu kertas di printer berkedip, biasanya ada faktor yang menyebabkannya, beberapa faktor tersebut antara lain:

1. Kertas Tertahan di Mesin

Seringkali terjadi penyebab dari lampu kertas yang berkedip adalah adanya kertas yang tertahan di dalam mesin. Kertas ini biasanya berupa sobekan kecil yang terjebak atau tidak bergerak, sehingga menyumbat jalur keluar dan masuk kertas.

2. Kekurangan Kertas

Fungsi umum dari lampu kertas yang berkedip sebenarnya adalah peringatan bahwa kertas yang ada di dalam printer sudah habis. Karena itulah, kamu harus mengecek apakah kertas yang kamu masukkan sudah berada di tempatnya atau belum.

3. Sensor Kertas Kotor atau Rusak

Masalah pada printer Epson L3110 lain yang menyebabkan lampu kertas berkedip adalah sensor kertas yang kotor atau rusak. Jika ini terjadi, maka sensor kertas tidak bisa memastikan apakah kertas yang ada di dalam printer mencukupi atau tidak.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Download 2024

4. Perangkat Lunak atau Driver Rusak

Sebagaimana perangkat elektronik pada umumnya, printer juga memiliki software atau driver guna memudahkan proses cetak. Masalah perangkat lunak atau driver yang rusak bisa menyebabkan gangguan dalam proses pencetakan, inilah yang kemudian mengakibatkan lampu kertas berkedip.

5. Pembersihan Printer yang Tidak Tepat

Kamu pasti pernah mendengar pembersihkan printer, membersihkan printer sebaiknya memang dilakukan secara rutin. Fungsinya agar tidak ada kotoran, debu atau kertas yang menganggu proses kerjanya nanti. Gunakan pembersih dan kain yang lembut untuk menghindari bagian internal printer rusak.

Cara Mengatasi Masalah Lampu Kertas Berkedip

Apabila lampu kertas dan tinta berkedip Epson L3110, bukan berarti printer sudah rusak dan tidak bisa lagi digunakan. Untuk memperbaikinya, kamu bisa mengikuti langkah dan panduannya berikut ini.

1. Periksa Kertas

Sebelum mulai membongkar printer, ada baiknya kamu memeriksa kertas terlebih dahulu. Pastikan tidak ada kertas yang terjebak di dalam printer atau terlipat, sehingga membuat lampu kertas printer berkedip. Kamu cukup membuka penutup printer dan periksa tiap kertas dengan seksama.

2. Isi Ulang Kertas

Setelah memastikan tidak ada kertas yang terlipat atau sobek, berikutnya kamu bisa mengisi ulang kertas sesuai halaman yang ingin kamu cetak. Pastikan ada cukup kertas di tray kertas, tambahkan lebih banyak jika perlu, dan pastikan kertas diatur dengan rapi.

3. Periksa Sensor Kertas

Lampu printer Epson berkedip bisa saja ada masalah dalam sensor kertasnya, mesin atau bagian internal lain. Tak perlu khawatir, bersihkan sensor kertas dengan hati-hati menggunakan kain bersih dan lembut. Jika sensor terlihat rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan sensor yang baru sesuai tipe printer.

4. Cek Antrian Cetak

Bisa saja lampu sensor kertas berkedip karena banyaknya jumlah halaman yang perlu dicetak, namun jumlah kertas tidak mencukupi. Kamu bisa cek dulu antrian cetak di laptop atau PC milikmu dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Cabut semua kertas yang terpasang pada printer, kemudian cek apakah ada sobekan kertas yang tertinggal.
  • Jika tidak ada, periksa status dan antrian dokumen di menu view print, batalkan semua antrian.
  • Tekan tombol power pada printer untuk mematikan daya dan tunggu beberapa menit.
  • Nyalakan printer kembali, kemudian pasang kertas di paper tray, lakukan uji coba print test dan lihat hasil cetakan.
Baca Juga:  Laptop Gaming Terbaik Asus ROG Zephyrus G14 2024

5. Bersihkan Roller Kertas

Membersihkan roller kertas di printer bisa jadi solusi untuk memastikan printer berjalan dengan baik. Cara membersihkan bagian roller kertas tidak sulit, berikut adalah panduannya.

  • Matikan printer, tekan tombol power dan pastikan daya listrik sudah tak terhubung. Akan lebih baik jika kamu mencabut semua kabel yang terpasang di printer.
  • Lepaskan roller kertas secara perlahan, bersihkan dengan lap basah atau tisu yang lembut.
  • Bersihkan dengan seksama, jika sudah bersih silahkan pasang kembali dan pastikan letaknya sudah benar.

6. Perbarui atau Instal Ulang Driver

Apabila semua cara sudah dilakukan, kamu bisa lakukan install ulang driver printer untuk menyetel kembali settingannya. pastikan driver printer yang kamu gunakan sudah terinstal dengan benar. Jika perlu, perbarui atau instal ulang driver dari situs web resmi Epson.

Cara Reset Printer Epson L3110 untuk Merawat Drivernya

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah printer Epson, yakni dengan melakukan reset. Cara reset printer Epson L3110 tidak sulit dilakukan, berikut adalah panduan untuk melakukannya.

1. Cara Manual

  • Lepaskan semua kabel yang ada di printer, biarkan sejenak antara 5 – 10 menit.
  • Pasangkan kembali kabel tersebut, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol resume dan power bersama.
  • Tahan selama 2 – 3 menit, kemudian lepaskan, nantinya proses reset akan berlangsung secara otomatis.

2. Menggunakan Aplikasi

  • Download resetter printer Epson L3110, kemudian pasang di perangkat PC yang kamu gunakan.
  • Klik Adjprog.exe, kemudian pilih lagi opsi menu port printer Epson L3110.
  • Langkah berikutnya adalah memilih Particular Adjustment Mode yang terletak di sebelah kanan layar.
  • Pilih waste ink pad counter untuk melakukan reset pada tabung tinta yang ada di dalam printer.
  • Pilih lagi main pad counter dan check, setelah selesai akan muncul kotak jendela baru, pilih initialize.
  • Tunggu proses reset yang akan berlangsung selama beberapa menit, setelah selesai kamu akan mendapatkan notifikasi.
Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Printer Epson 100% Bersih Bening

Tips Mencegah Masalah Lampu Kertas Berkedip

Printer Epson lampu tinta dan kertas berkedip tidak berarti akan membuat printer rusak. Jika kamu mengikuti langkah diatas, besar kemungkinan printer bisa digunakan kembali. Agar tidak mengalami masalah yang sama, kamu bisa ikuti tips mencegah rusaknya printer Epson dengan mengikuti langkah berikut ini.

1. Selalu Gunakan Kertas yang Sesuai

Pastikan untuk menggunakan kertas yang sesuai dengan spesifikasi printer, sehingga kemungkinan roller rusak bisa diminimalisir. Gunakan kertas yang direkomendasikan oleh Epson agar proses cetak menghasilkan kualitas yang baik.

2. Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin seperti membersihkan printer dan mengganti cartridge tinta secara berkala sesuai dengan panduan pengguna. Ini juga termasuk cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip yang paling mudah untuk dilakukan.

Dengan mengikuti tips sekaligus cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip ini, masalah yang sama tidak terjadi pada printer milikmu. Jangan ragu membawa printer ke tempat service atau teknisi untuk memastikan printer tetap dalam kondisi yang baik. Manfaatkan kartu garansi dari Epson untuk mendapatkan service terbaik untuk kesehatan printer.

Baca Juga:

error: