5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar 2024


Abockbusup.com – Tidak selamanya printer bisa digunakan dengan lancar, kadang kala ditemui masalah seperti tinta yang tidak mau keluar, printer not responding, dan lainnya. Jika kamu mengalami masalah tinta macet, ini cara mengatasi printer tidak keluar yang bisa dicoba.

Asalkan diisi dengan tepat, umumnya tinta akan keluar dengan lancar. Sayangnya pengisian yang tidak sesuai dengan prosedur membuat tinta tak bisa digunakan seperti biasanya. Berikut adalah tips dan cara yang bisa kamu ikuti untuk meminimalisir masalah tersebut.

Penyebab Tinta Printer Tidak Mau Keluar

Ada beragam penyebab tinta printer tidak keluar, bisa jadi karena masalah katrij, jenis tinta, atau masalah hardware dari printer tersebut, beberapa yang sering terjadi adalah:

1. Tinta Kering

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah tinta yang telah mengering di dalam cartridge atau head printer. Hal ini bisa terjadi jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika tinta kering, maka katrij harus diisi ulang untuk menggunakannya kembali.

2. Cartridge Kosong

Selain tinta yang kering, katrij yang kosong juga menjadi penyebab mengapa tinta tidak mau keluar ketika digunakan. Seringkali pengguna tidak sadar bahwa cartridge tinta printer kita sudah habis. Padahal ketika tinta habis, printer tidak akan bisa mencetak dokumen.

3. Catridge yang Bermasalah

Tidak hanya kosong, katrij juga bisa bermasalah sehingga menyebabkan tinta tidak mau keluar. Katrij yang bermasalah bisa ditandai dengan kerusakan pada komponennya, tidak terdeteksi, atau katri diisi penuh namun tintanya tidak mau keluar.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi IDM Registrasi Muncul Terus 2024

4. Nozzle yang Tersumbat

Nozzle atau ujung cetak pada cartridge atau head printer dapat tersumbat oleh debu, kotoran, atau tinta kering, sehingga tinta tidak dapat keluar dengan lancar. Head printer yang bermasalah juga bisa menyebabkan hasil cetakan dokumen menjadi kurang maksimal.

5. Kualitas Tinta yang Buruk

Meskipun menggunakan katrij yang berkualitas, tapi jika tinta yang digunakan tidak kompatibel dengan printer, maka tinta tidak bisa keluar. Tinta dengan ciri tersebut biasanya merupakan tinta yang buruk. Bukan itu saja, tinta yang buruk kualitasnya juga bisa merusak head printer.

6. Koneksi yang Buruk

Kabel atau sambungan antara printer dan komputer juga dapat menjadi sumber masalah tinta tidak mau keluar. Koneksi yang tidak stabil dapat mengganggu komunikasi antara komputer dan printer, sehingga menyebabkan keluarnya tinta tidak berjalan sesuai perintah di PC.

7. Level Tinta yang Tidak Sesuai

Tinta printer tidak keluar Canon atau merk lain barangkali terjadi karena level tinta yang tidak sesuai. Ini bisa terjadi jika isi ulang tinta dilakukan terlalu banyak atau sedikit, sehingga katrij tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Solusi dan Cara Mengatasi Tinta Printer yang Tidak Mau Keluar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tinta printer tidak keluar padahal penuh. Cara ini bisa kamu lakukan tidak hanya untuk printer Canon saja, tapi juga Epson dan merk yang lain.

1. Pengecekan Level Tinta

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar tinta bisa keluar dengan lancar adalah memeriksa level tinta pada cartridge. Jika tinta sudah habis, gantilah cartridge dengan yang baru atau isi ulang tinta. Gunakan jenis tinta yang sesuai aga tinta tidak terlalu kental atau cair.

2. Membersihkan Nozzle

Jika tinta terlihat masih ada dalam cartridge, namun tidak keluar saat mencetak, coba membersihkan nozzle. Kamu bisa membersihkan nozzle dengan perangkat lunak pembersih yang biasanya disertakan dalam perangkat printer.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop 0 Tidak Bisa Charge

Kamu juga bisa mencoba membersihkan nozzle secara manual dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang direkomendasikan oleh produsen printer. Usap dengan bahan yang lembut untuk menghindari nozzle yang tergores selama proses pembersihan.

3. Melakukan Deep Cleaning

Printer umumnya memiliki fitur maintenance yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan deep cleaning. Cara ini cukup efektif untuk memeriksa kondisi katrij dan head printer, asalkan penyumbatan di katrij tinta tidak terlalu parah, cara melakukannya adalah:

  • Klik start di perangkat PC yang kamu gunakan, kemudian pilih Device and Printer.
  • Di opsi tersebut, kamu bisa klik kanan nama printer yang sedang bermasalah karena tak mau keluar tintanya.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Printing Preferences.
  • Di bagian Tab Maintenance, akan muncul beberapa pilihan opsi, silahkan pilih Cleaning atau Deep Cleaning.

Proses pembersihan akan dimulai, tunggu sampai selesai untuk memastikan tak ada bagian yang terlewat selama proses tersebut.

4. Merendam Katrij dengan Air Hangat

Kepala katrij atau head katrij juga rawan mengalami masalah, apalagi bagian ini menjadi bagian yang penting sebagai tempat sensor. Cara membersihkan kepala katrij adalah dengan merendamnya menggunakan air hangat, berikut adalah caranya:

  • Cara tinta hitam tidak keluar Epson atau Canon, teknis pembersihannya bisa dimulai dengan menyiapkan air hangat dan menyiapkan tisu atau kain yang lembut.
  • Lepaskan katrij dari printer lalu rendam dengan air hangat, lakukan selama beberapa menit. Usahakan untuk tidak merendam seluruh katrij, melainkan kepalanya saja.
  • Angkat katrij dari air, kemudian lap dengan hati hati menggunakan tsiu atau kain yang lembut.
  • Angin-anginkan katrij sampai benar-benar kering, bisa juga menggunakan alkohol untuk memastikan katrij tidak bocor.
  • Pasangkan kembali katrij ke printer dan coba apakah tinta sudah keluar dengan baik.

5. Ganti Katrij

Tinta hitam tidak keluar padahal penuh menandakan bahwa katrij yang kamu gunakan sudah rusak atau bermasalah. Jika memang demikian, gantilah katrij dengan katrij yang baru. Bisa juga dengan membawa katrij ke tempat servis untuk memperbaiki bagian yang rusak.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device

Tips Agar Printer Tintanya Keluar dengan Lancar

Printer bisa dirawat dengan baik agar tintanya tetap lancar keluar dan katrij tidak kering atau tersumbat. Beberapa cara yang direkomendasikan untuk dilakukan antara lain:

1. Pakai Printer secara Berkala

Rutin menggunakan printer untuk mencegah tinta mengering, bisa gunakan setiap hari atau 2 – 3 kali dalam seminggu. Cara ini akan membantu menjaga tinta tetap lancar dalam cartridge atau head printer. Kamu pun bisa segera mengetahui apabila ada masalah di katrij atau tinta printer.

2. Mengganti Cartridge yang Tersumbat

Jika nozzle cartridge atau head printer tersumbat parah, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Terkadang, membersihkan nozzle yang tersumbat bisa menjadi tugas yang sulit, apalagi jika katrij sudah berumur. Pastikan katrij yang dipilih memang sesuai dan kompatibel dengan jenis printer.

3. Cek Selang Infus Tinta

Untuk mengantisipasi cara mengatasi tinta printer tidak keluar, sebaiknya cek atau periksa selang infus pada tinta. Apabila selang ini tersumbat, maka tinta yang seharusnya mengalir ke katrij tidak bisa berjalan dengan baik. Bersihkan secara berkala untuk menghindari kemungkinan selang infus rusak.

Dalam banyak kasus, masalah tinta printer yang tidak mau keluar dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas. Namun, jika cara mengatasi tinta printer tidak keluar, alangkah baiknya jika segera membawa printer ke tempat service atau teknisi, agar masalah tersebut tidak membuat printer semakin rusak.

Baca Juga:

error: