9 Cara Mengatasi Teror Pinjaman Online Ilegal (DC) 2024

Abockbusup.com – Praktik pinjaman online belakang marak di berbagai wilayah. Bahkan sebagian besar nasabahnya terjebak dengan suku bunga yang tinggi sehingga mengalami aksi teror ketika telat membayar. Agar tidak merasa terganggu dan mengalami depresi, cobalah mempelajari cara mengatasi teror pinjaman online.

Hal ini perlu dilakukan agar bisa terbebas dari jeratan teror pinjol yang meresahkan. Pengaduan akan tindak teror yang dilakukan oleh pihak pinjol sudah cukup banyak. Bahkan diantaranya mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari pihak penagih.

Pelanggaran yang sering dikeluhkan oleh para nasabah antara lain seperti adanya penyebaran data pribadi, melakukan penagihan ke kontak yang ada di HP, melakukan teror atau ancaman, berbahasa kasar, dan lainnya. Agar tidak merasa terganggu, ketahui cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Teror Pinjaman Online

Cara Mengatasi Teror Pinjaman Online Ilegal

Saat menggunakan layanan pinjaman online, banyak nasabah yang merasa terganggu dengan sistem penagihannya yang dinilai tidak sesuai. Pihak pinjol sampai melakukan teror terhadap nasabah hingga melakukan penyebaran data pribadi.

Hal ini membuat nasabah menjadi tidak nyaman dan merasa dirugikan. Beberapa diantaranya bahkan merasa takut dengan teror tersebut. Jika dibiarkan tentu bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius. Cobalah tetap tenang dan terapkan beberapa cara berikut ini.

1. Ajukan Keringanan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi teror pinjol adalah tetap tenang. Pihak penagih seringkali mengeluarkan nada yang mengintimidasi sehingga nasabah merasa terancam.

Meskipun merasa takut, cobalah untuk berbicara dengan pihak penagih agar mendapatkan solusi. Sampaikan jika sedang mengalami kesulitan sehingga telat membayar.

Jika memungkinkan minta solusi kepada pihak penyedia pinjaman agar bisa mengajukan keringanan pembayaran agar tagihan bisa segera diselesaikan.

2. Lapor ke OJK

Beberapa pihak penagih mungkin sulit diajak untuk berbicara dan terus melakukan teror yang meresahkan. Cara atasi teror pinjol seperti ini harus dilaporkan ke pihak berwajib seperti OJK untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data ke Debt Collector 2024

Semua lembaga keuangan berada di bawah pengawasan OJK sehingga jika terbukti melakukan pelanggaran dapat dikenakan sanksi. Laporan bisa dikirim dengan mengirimkan email atau menghubungi melalui telepon.

Nantinya pihak terkait akan merespon laporan yang diajukan dengan memberikan solusi. Untuk dapat mengatasinya, OJK membutuhkan waktu untuk melakukan verifikasi ke pihak penyedia layanan pinjaman online.

Nantinya jika memang terbukti terjadinya pelanggaran yang dilakukan maka sanksi akan diberikan sehingga nasabah tidak merasa terganggu.

Pastikan sudah memeriksa legalitas penyedia jasa pinjaman apakah sudah terdaftar di OJK sebelum menggunakan layanan agar tidak mengalami kerugian.

3. Blokir Kontak Pinjol

Cara mengatasi teror pinjaman online lainnya yang bisa dilakukan adalah memblokir kontak pinjol. Hal ini bisa jadi solusi apabila kamu merasa terganggu dengan panggilan yang dilakukan oleh pihak penagih.

Apabila mulai mendapatkan panggilan spam, ancaman, bahkan pelecehan, silahkan langsung blokir nomor tersebut. Pihak penagih mungkin akan menggunakan nomor yang berbeda-beda untuk meneror nasabah.

Agar terhindar dari teror, disarankan untuk jangan mengangkat telpon dari pihak yang tidak dikenal. Informasikan kepada kontak tersimpan untuk melakukan hal yang sama agar tidak merasa terganggu.

4. Lunasi Hutang

Jika sudah sangat merasa terganggu dengan adanya teror yang dilakukan oleh pihak penagih, cara mengatasi teror pinjaman online adalah dengan membayar lunas hutang tertunggak. Setelah pembayaran terkonfirmasi, maka sistem secara otomatis akan memprosesnya.

Hal ini akan membuat data pada pihak penagih juga akan hilang. Dengan cara seperti itu, teror penagihan dapat segera dihentikan. Saat sudah memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online, fokuslah untuk melunasinya.

Jangan menggunakan layanan lain untuk berhutang dan melunasi yang sebelumnya. Hal tersebut justru nantinya dapat menjerumuskan dan membuat kesulitan bertambah.

5. Lapor Polisi

Banyak nasabah yang merasa ketakutan dan bertanya tentang bagaimana cara mengatasi teror pinjaman online. Jika mendapatkan intimidasi maupun tindak kekerasan dari pihak lain, kamu bisa melaporkannya ke polisi.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir Terbaru 2024

Apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh pihak penyedia pinjaman online. Sesuai dengan aturan OJK yang berlaku, nasabah pengguna layanan keuangan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan.

Penagihan pinjaman tertunggak boleh dilakukan, namun dengan cara yang sopan dan tidak merugikan nasabah. Jika merasa sudah terganggu dengan sistem penagihan yang tidak sesuai, kamu bisa mengajukan laporan ke polisi dengan membawa semua bukti yang dimiliki.

Beberapa diantaranya seperti bukti chat ancaman, rekaman suara yang mengintimidasi, spam panggilan yang mengganggu, dan lainnya. Pastikan untuk melampirkan bukti yang kuat agar laporan bisa langsung ditangani.

6. Blokir Izin Akses Aplikasi

Untuk bisa mendapatkan data nasabah, aplikasi pinjaman online akan meminta izin untuk mengakses berbagai informasi yang ada di HP. Seperti yang diketahui bahwa sistem kerja pinjaman online berpusat pada aplikasi.

Nasabah harus install aplikasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Ketika izin diberikan, maka seluruh data nasabah bisa diketahui oleh pihak penyedia jasa. Diantaranya seperti lokasi, nomor kontak, alamat email, dan lainnya.

Untuk itu cara mengatasi teror pinjaman online adalah dengan memblokir izin. Dengan melakukan hal tersebut, data nasabah bisa lebih aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak penagih. Cara memblokir izin cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke bagian Settings.
  • Pilih menu Manage Apps.
  • Klik Aplikasi yang ingin dibatasi izinnya.
  • Pada opsi tersedia pilih bagian akses Izin.
  • Blokir semua izin yang tersedia.
  • Keluar untuk menyimpan pengaturan.

7. Hapus Data Aplikasi

Saat mengalami teror saat telat membayar, kamu bisa menghapus data pada aplikasi untuk cara penanganan tercepat. Hal tersebut dilakukan agar data yang dimiliki tidak tersebar.

Jika menghapus data aplikasi, maka sistem kerjanya akan otomatis di reset sehingga kembali seperti awal ketika pertama kali digunakan. Penyesuaian perlu dilakukan kembali untuk bisa mendapatkan akses. Agar bisa menghapus data aplikasi, simak panduannya sebagai berikut.

  • Pergi ke opsi menu Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan Aplikasi.
  • Pilih Aplikasi yang akan dihapus datanya.
  • Klik tombol Hapus Data.
  • Tunggu beberapa saat untuk menyelesaikan proses.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di YouTube 2024

8. Hapus Aplikasi

Pihak penyedia pinjaman dapat terhubung dengan nasabah melalui aplikasi. Untuk itulah nasabah harus menginstall aplikasi dan memberikan izin terlebih dahulu agar bisa mengakses layanan.

Aturan ini tidak selamanya menguntungkan nasabah karena data pribadi yang dimiliki dapat disadap oleh pihak penagih. Solusi cara mengatasi teror pinjaman online ketika data diambil adalah dengan menghapus aplikasi.

Jika aplikasi tidak terinstall pada HP, maka pihak penyedia pinjaman tidak memiliki akses ke data pribadi nasabah sehingga lebih aman. Cara menghapusnya cukup mudah, hanya perlu menahan aplikasi hingga opsi muncul. Pilih uninstall untuk menghapus.

9. Mengganti Nomor HP

Umumnya pihak penyedia pinjaman akan melakukan tagihan dengan cara menghubungi nomor HP terdaftar. Teror yang dilakukan mungkin tidak akan berhenti sehingga akan terasa sangat mengganggu. Cara tercepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti nomor.

Pastikan untuk mengamankan kontak HP terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat dan nomor baru. Upaya ini dapat dilakukan agar pihak penagih tidak bisa lagi mengakses informasi data pribadi dan melakukan teror.

Penjabaran tentang cara mengatasi teror pinjaman online perlu diketahui dengan baik agar tidak merasa takut dan bisa segera menyelesaikan kondisi tersebut. Lakukan pertimbangan dengan matang sebelum memanfaatkan layanan pinjaman online agar tidak terkena teror.

Baca Juga: