10 Cara Mengatasi LCD Bergaris dan Berbayang 2024


Abockbusup.com – Ada banyak cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang yang dapat membantu pengguna Android ketika mendapati permasalahan pada bagian LCD nya. LCD yang berbayang atau bergaris disebabkan karena beberapa faktor dan hal ini pastinya sangat mengganggu selama penggunaan.

Ada beberapa hal yang membuat mengapa perangkat lunak yang ada di ponsel tidak kompatibel bisa saja terjadi karena permasalahan konektor LCD yang terlepas atau bahkan ponsel yang terjatuh. Sehingga menimbulkan LCD mengalami pecah atau keretakan.

Penyebab Layar LCD Bergaris dan Berbayang

Kerusakan pada layar bisa diindikasi dengan kemunculan garis atau layar yang berbayang. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Sangat disarankan agar para pengguna Android mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan layar LCD mengalami kerusakan.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang harus diwaspadai, di antaranya:

1. Error Bagian Sistem HP

Kesalahan sistem yang terjadi di HP dapat mengalami layar tidak merespon atau bahkan menampilkan error sistem yang berupa kemunculan garis atau bayangan di LCD layar.

Permasalahan sistem error terjadi pada ponsel yang telah di root sebelumnya atau bahkan kesalahan pada konfigurasi ponsel.

2. Layar Terkena Air

Ponsel yang terkena air juga menjadi faktor penyebab paling umum terjadinya kemunculan garis dan bayangan di layar LCD HP. Apabila layar HP bergaris muncul ketika terkena air, maka kamu harus mengeringkan air terlebih dahulu agar menghilangkan layar HP bergaris.

3. Sering Terjatuh dan Terbentur

HP yang terlalu sering terjatuh atau terbentur maka sangat berkemungkinan besar bisa menimbulkan LCD bergaris atau berbayang. Hal ini menjadi pertanda bahwa terjadinya kerusakan di dalam HP, termasuk di layar LCD.

Baca Juga:  14 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Untuk bisa memastikan apakah kerusakan ponsel tersebut terjadi di bagian software atau hardware, maka kamu dapat melakukan screenshot atau tangkapan layar.

Apabila hasil dari tangkapan layar tidak terdapat garis seperti kondisi yang ada di layar HP, maka hal ini berarti kerusakan terjadi di bagian hardware.

4. Tertekan Benda Berat

Selain sering terjatuh, kondisi HP yang sering kali tertekan benda berat atau tertinggi juga menjadi penyebab paling umum. Selain terlihat bayangan dan garis, HP yang terlalu sering tertindih juga akan mengalami getaran atau kedipan.

Cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang, kamu harus menekan permukaan HP secara perlahan sesuai garis di layar agar bisa mengembalikan LCD yang terkena benda berat.

5. Kerusakan Pada Konektor atau Soket

Konektor layar atau socket menjadi komponen fisik di perangkat elektronik. Khususnya HP yang mempunyai fungsi sebagai konektor atau port yang menghubungkan antara layar ke papan sirkuit utama maupun motherboard.

Apabila konektor atau layar socket mengalami kerusakan, maka hal ini menimbulkan layar HP bergaris dan rusak. Pada biasanya hal ini terjadi kerusakan akibat cacat produksi maupun efek dari service HP yang tidak kompatibel selama pemasangan.

Cara Mengatasi LCD Bergaris dan Berbayang

Sebagai penggunaan Android yang mendapati layar bergaris dan berbayang, pastinya ini menjadi hal yang sangat mengganggu, karena layar tidak dapat bekerja secara maksimal dan mengganggu pandangan.

Jika menghadapi permasalahan ini, tidak perlu pusing dan khawatir. Cobalah untuk mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Untuk setiap kali pengguna akan menemukan bayangan maupun garis pada LCD ponsel. Pada biasanya, hal ini terjadi ketika memulai ulang ponsel.

Dengan menyalakan ulang HP, bisa memperbaiki gangguan kecil yang sering kali terjadi di ponsel android. Apabila permasalahan masih berlanjut, maka pengguna bisa mencoba solusi yang lainnya.

2. Menggunakan Mode Aman

Dengan bantuan mode aman ini, maka pengguna bisa memastikan apakah terdapat aplikasi pihak ketiga yang menjadi permasalahan atau tidak. Cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Kamu tinggal masuk ke mode aman dengan menekan, kemudian tahan tombol power sampai muncul icon power off.
  • Setelah itu, ketuk lalu tahan ikon tersebut.
  • Jika sudah, kamu tinggal memilih opsi reboot to safe mode.
  • Langkah yang terakhir tinggal klik tombol
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Baterai HP Kembung 100% Berhasil

3. Tekan Layar Ponsel

Cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang selanjutnya yaitu dengan menekan layar ponsel. cara ini bisa dilakukan apabila garis yang ada di LCD muncul setelah HP terjatuh.

Teknik ini secara tidak langsung bisa memperkuat koneksi LCD kembali dengan penggunaan komponen yang lainnya supaya tetap berjalan dengan normal.

4. Mengubah Pengaturan Perangkat

Agar dapat mengatasi layar yang berbayang, maka pengguna bisa melakukan pengaturan kecerahan cahaya supaya lebih rendah. Jika cahaya layar semakin tinggi, otomatis pixel LCD juga semakin sulit bekerja.

Cara mengatasi laptop bergaris dan berbayang lain yang bisa dilakukan yaitu pengguna bisa beralih menggunakan mode gelap agar dapat mengurangi resiko layar yang terbakar.

5. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Untuk aplikasi tambahan yang dimaksud di sini yaitu aplikasi pemecah masalah. Pengguna bisa melakukan pemasangan aplikasi pihak ketiga apabila mendapati permasalahan LCD yang bergaris dan berbayang.

Ada beberapa aplikasi yang bisa di download melalui Google Play Store, salah satunya yaitu Burn In Fixed. Aplikasi inilah yang bisa diunduh secara gratis.

6. Menghabiskan Daya Baterai

Kamu dapat menghabiskan daya baterai, akan tetapi sebelum menghabiskan maka pengguna harus memastikan bahwa baterai tersebut sudah 100% penuh. Silahkan gunakan HP kemudian biarkan baterai sampai habis 0%.

Selanjutnya tinggal mengisi daya baterai seperti biasanya hingga penuh. Nantinya secara otomatis garis yang ada di layar akan hilang dengan sendirinya pada saat HP kembali dinyalakan dalam kondisi baterai penuh.

7. Update OS Terbaru

Tanpa disadari, penggunaan OS jadul atau lama dapat menimbulkan layar HP bergaris dan berbayang. Hal ini tidak hanya membuat pengguna tidak dapat mengakses fitur terbaru saja. Akan tetapi OS atau sistem operasi yang lama sangat rentan terhadap permasalahan.

Salah satunya yaitu kemunculan garis di layar. Dengan demikian, solusi yang dilakukan yaitu tinggal memperbarui sistem, kemudian menginstal versi terbaru.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Berwarna Kuning 2024

8. Melepas Casing

Kondisi layar yang bergaris juga bisa terjadi ketika suhu pada ponsel terlalu panas. Bagaimanapun juga kondisi seperti ini mampu berpengaruh terhadap kinerja operasional HP yang memunculkan garis atau bayangan.

Ketika hal ini terjadi, sangat disarankan agar pengguna melepas pelindung maupun casing HP beberapa menit. Setelah itu matikan HP, lalu muat ulang kembali.

9. Melepas SIM Card dan Baterai

Cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang selanjutnya yaitu dengan melepas SIM card dan baterai. Ini bisa dilakukan apabila menggunakan tipe ponsel yang tidak menggunakan baterai tanam.

Cara ini bisa mencegah kinerja layar yang semakin buruk. Biarkan suhu ponsel berada di suhu ruangan selama beberapa menit.

10. Reset Pabrik

Reset pabrik merupakan cara untuk mengembalikan semua pengaturan HP ke awal seperti ketika membeli HP baru dari pabrik. Cara yang dilakukan tinggal membuka menu pengaturan di HP lalu reset pabrik.

Sebelum melakukan langkah yang ini harus paham bahwa reset pabrik akan membuat seluruh data yang ada di ponsel terhapus. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah menyimpan seluruh data di ruang penyimpanan yang aman sebelum proses reset dilakukan.

Siapa sih yang tidak panik tiba jika tiba-tiba mendapati HP mengalami rusak atau layar bergaris? Tenang saja selama ada cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang seperti di atas, diharapkan kamu bisa mengatasinya sesuai penyebab yang terjadi.

Baca Juga:

error: