8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan

Abockbusup.com – Kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi voucher Indosat tidak bisa digunakan. Hal ini banyak dicari karena ada cukup banyak keluhan mengenai voucher yang tidak memberikan dampak apa-apa ke HP pengguna Indosat.

Ada pengguna yang hanya mendapatkan pesan “Anda tidak dapat menggunakan layanan ini untuk sementara waktu” di HP-nya. Ada juga yang hanya mendapatkan pesan “permintaan Anda sedang diproses Indosat” dan voucher tetap tidak bisa digunakan.

Untuk menghindari notifikasi tersebut dan masalah voucher yang tidak bisa digunakan, kamu bisa mengikuti sejumlah langkah di bawah.

8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan

Kami berhasil merangkum sebanyak 8 cara yang bisa kamu manfaatkan voucher yang sudah dibeli. Kedelapan cara tersebut, antara lain:

1. Menggunakan Hanya di Regional Voucher

Jika kamu mendapatkan notifikasi bertuliskan “voucher Indosat tidak dapat digunakan di regional Anda”, maka cara satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan voucher tersebut di regionalnya.

Misalnya, kamu membeli sebuah voucher dengan tulisan “Khusus Madura”, maka voucher tersebut hanya bisa kamu manfaatkan di Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep saja. Jika kamu menyebrang dari Madura ke Kota Surabaya, maka voucher tersebut tidak dapat digunakan.

Ketika kamu kembali ke Pulau Madura, maka voucher tersebut dapat kamu gunakan kembali. Jadi, ketika kamu ingin membeli voucher Indosat, perhatikan apakah voucher tersebut merupakan voucher khusus regional atau yang bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Kami menyarankan kamu untuk membeli voucher yang bisa digunakan di seluruh Indonesia ketika sering bepergian.

Ketika kamu berkegiatan sehari-hari di satu kota saja, maka voucher untuk regional tersebut bisa kamu coba. Biasanya, voucher regional memiliki harga yang lebih murah daripada voucher umum.

Baca Juga:  Kode BISS Key Apstar 6 CTN, CNC, dan MyTV Terbaru 2024

2. Memeriksa Jenis Voucher

Tips kedua supaya voucher Indosat bisa digunakan adalah memperhatikan jenis voucher yang dibeli. Indosat menawarkan berbagai jenis voucher yang bisa dibeli di counter HP.

Ada voucher yang menawarkan internet utama, ada juga voucher yang menawarkan internet khusus media sosial, dan masih banyak jenis voucher lainnya. Jika kamu memanfaatkan voucher khusus media sosial untuk melakukan browsing, maka voucher tersebut tidak bisa digunakan.

Dengan begitu, cara mengatasi voucher Indosat tidak bisa digunakan khusus voucher jenis ini adalah dengan menggunakannya sesuai dengan jenisnya.

Itulah mengapa penting untuk kamu mengetahui jenis voucher sebelum membelinya. Pastikan voucher Indosat yang dibeli sesuai dengan apa yang kamu cari.

3. Mengganti Jaringan Prioritas

Ini bisa dibilang merupakan lanjutan dari sub bab “Memeriksa Jenis Voucher”. Jika kamu membeli voucher internet, terkadang ada voucher yang berisikan kuota internet dengan tipe jaringan tertentu. Ada yang berisikan kuota 4G dan ada juga yang berisikan kuota GSM (2G/3G).

Inilah yang menjadi jawaban sebagian besar dari kamu ketika voucher sudah masuk tapi tidak bisa digunakan. Biasanya karena kamu membeli voucher dengan tipe jaringan tertentu dan kamu malah menggunakan tipe jaringan yang lain.

Jadi, untuk mengatasi masalah ini yang bisa kamu lakukan adalah mengganti tipe jaringan prioritas. Bagaimana caranya? Simak cara mengganti jaringan prioritas di Android berikut ini:

  • Nyalakan layar HP.
  • Tarik bagian atas layar ke bawah untuk membuka menu pusat tombol kontrol.
  • Tekan dan tahan tombol data seluler.
  • Klik kartu Indosat.
  • Klik “Tipe Jaringan Prioritas”.
  • Pilih tipe jaringan sesuai dengan voucher.

Banyak voucher Indosat yang menawarkan kuota khusus jaringan 4G atau LTE. Kami sangat menyarankan supaya smartphone yang kamu gunakan untuk mendukung tipe jaringan yang satu ini.

4. Memasukkan Kode Voucher Dengan Benar

Bisa jadi, voucher Indosat yang kamu beli tidak bisa digunakan karena kamu salah dalam memasukkan kode. Selain regional dan jenis, hal yang membedakan antara voucher satu dengan voucher lainnya adalah kodenya.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Nomor di Luar Jangkauan 2024

Setiap voucher Indosat memiliki kode yang berbeda-beda, yang mana memungkinkan untuk satu kode tidak digunakan oleh lebih dari satu orang. Ketika melakukan input ke HP, kamu harus memasukkan kombinasi kode dengan tepat.

Sebuah voucher Indosat terdiri dari 14 angka yang dapat dilihat dengan menggosok voucher. Jika kamu salah menginput satu angka saja, maka voucher tidak bisa digunakan. Untuk itu, kamu perlu memasukkan voucher dengan cermat, supaya bisa kamu gunakan.

5. Memeriksa Masa Aktif Sebelum Membeli

Kelima, cara mengatasi voucher Indosat tidak bisa digunakan adalah memeriksa masa aktif voucher. Setiap voucher Indosat memiliki masa aktifnya masing-masing. Umumnya, sebuah voucher memiliki masa aktif dari satu hingga beberapa bulan.

Ketika masa aktif tersebut sudah habis, maka voucher Indosat tidak dapat digunakan kembali. Coba periksa apakah kamu membeli sebuah voucher aktif atau yang sudah tidak aktif. Pada kemasan voucher biasanya tertera informasi voucher aktif hingga tanggal berapa.

Apabila kamu menemukan sebuah voucher yang masa aktifnya telah berakhir, maka jangan beli voucher tersebut. Jika kamu sudah terlanjur membeli, apakah ada cara untuk mengaktifkannya kembali? Sayangnya, tidak ada.

6. Mengaktivasi Ketika Cukup Sinyal

Apakah kamu mengisi voucher Indosat dan mendapatkan notifikasi “ulangi beberapa saat lagi”? Jika seperti itu, maka kamu memperoleh gangguan ketika melakukan aktivasi. Bukan gangguan ghaib, melainkan gangguan pada jaringan telekomunikasi.

Jika kamu menerima notifikasi tersebut ketika mengaktivasi menggunakan kode dial, maka ada gangguan di jaringan telekomunikasi secara keseluruhan. Namun, ketika muncul saat mengaktivasi menggunakan MyIM3, maka gangguan yang terjadi adalah pada jaringan internet.

Khusus kasus ini, cara mengatasi voucher Indosat tidak bisa digunakan adalah dengan melakukan aktivasi saat jaringan telekomunikasi sedang baik. Opsi lainnya yaitu terhubung dengan jaringan internet yang baik, lalu mengaktivasi menggunakan aplikasi MyIM3.

7. Melakukan Aktivasi Melalui MyIM3

Terkadang, voucher Indosat tidak bisa digunakan karena melakukan kesalahan dalam aktivasi. Tentunya, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan aktivasi menggunakan cara yang benar. Salah satu cara aktivasi Indosat yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan MyIM3.

Baca Juga:  6 Cara Setting APN XL 4G/5G Android/iPhone 2024

Untuk mengaktivasi voucher menggunakan aplikasi MyIM3, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Gosok voucher.
  • Buka aplikasi MyIM3.
  • Di menu utama, klik ikon tambah di bagian informasi pulsa.
  • Klik “Gunakan Voucher”.
  • Ketik kode voucher.
  • Cara kedua untuk mengaktivasi voucher menggunakan MyIM3 adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi MyIM3.
  • Di menu utama, klik ikon tambah di bagian informasi pulsa.
  • Klik “Gunakan Voucher”.
  • Pilih fitur scan.
  • Scan barcode di voucher.

8. Melakukan Aktivasi dengan Kode Dial

Cara aktivasi voucher Indosat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kode dial. Cara ini merupakan salah satu cara aktivasi voucher paling tua. Kode dial dapat dimanfaatkan untuk mengisi voucher di smartphone maupun HP lama yang menggunakan kartu perdana Indosat.

Untuk mengaktivasi voucher menggunakan kode dial, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Gosok voucher.
  • Masuk ke menu dial.
  • Ketik *556*(16 digit kode)#.
  • Klik ikon telepon.

Dari kedelapan cara mengatasi voucher Indosat tidak bisa digunakan di atas, 4 diantaranya merupakan cara supaya tidak salah beli voucher. Kebanyakan penyebab dari masalah voucher ini memang dari kesalahan ketika membeli.

Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati dalam membeli voucher Indosat atau operator seluler lainnya. Pastikan voucher yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan, dapat digunakan di regional, dan masih aktif.

Baca Juga: