4 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk 2024

Abockbusup.com – Masalah voucher yang gagal aktivasi memang sering kali membuat kesal tapi memang ada banyak kendala yang mungkin bisa terjadi. Cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk bisa dilakukan dengan beberapa metode berbeda yang akan dibahas pada artikel ini.

Kegagalan mengaktivasi voucher kuota memang bisa memberikan dampak merugikan seperti pulsa atau kuota yang sudah terpotong. Ini jelas merugikan dan sebisa mungkin bisa diselesaikan sendiri. Kecuali memang terjadi kerusakan yang harus ditangani oleh teknisi yang lebih ahli.

Dalam pembahasan ini, akan dijelaskan berbagai kemungkinan penyebab kegagalan voucher lengkap dengan beberapa solusi yang bisa dicoba untuk dilakukan sendiri dulu.

Beberapa Kemungkinan Penyebab Gagal Aktivasi Voucher

Memang ada beberapa alasan mengapa voucher gagal aktivasi. Bisa karena masalah yang terdapat pada voucher tersebut namun juga bisa karena perangkatnya yang bermasalah. Seperti penjelasan berikut:

1. Masa Aktif Voucher

Banyak orang yang membeli voucher namun tidak langsung mengisikan ke perangkat. Apalagi jika membeli voucher promo yang ternyata masa aktifnya pendek. Sehingga saat ingin diaktifkan, masa aktifnya telah lewat sehingga voucher tersebut hangus dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Kode Voucher Tidak Valid

Hal seperti ini kadang bisa terjadi. Karena ternyata voucher yang dibeli tersebut sebenarnya sudah pernah digunakan. Kode khusus yang ada dalam setiap voucher seharusnya hanya bisa sekali pakai. Namun, pada beberapa kasus terjadi kecurangan sehingga voucher yang dijual ternyata tidak valid (invalid).

3. Kode Voucher Rusak

Kondisi rusak menyebabkan kode voucher tidak terbaca. Hal ini disebabkan oleh menggosok hologram terlalu keras hingga kode dibaliknya terhapus. Ini sebenarnya cukup sering terjadi sehingga voucher tidak bisa diaktifkan. Ini kesalahan pribadi yang tidak bisa diklaim ke mana pun.

Baca Juga:  Alamat Kantor Gojek Samarinda Terbaru dan Jam Operasional

4. Sistem Error

Kali ini masalah terjadi pada sistem di pihak penyedia atau “provider”. Biasanya kendala ini terjadi pada pelanggan yang mengaktifkan voucher melalui MyIM3. Jika ini kasusnya, coba ulangi beberapa saat lagi.

5. Jaringan Internet Tidak Stabil

Hal ini sebenarnya cukup sering terjadi dan memang membuat sedikit kepanikan pada pelanggan. Jaringan internet yang stabil memang penting agar sistem dapat bekerja dengan baik. Jadi pastikan agar saat mengisi voucher, jaringan internet tidak sedang mengalami gangguan.

6. Tidak Ada Pulsa

Saat pengisian voucher, usahakanlah agar pulsa jangan sampai nol. Minimal sisakan Rp1.000 pulsa agar bisa mengisi voucher.

7. Belum Registrasi Nomor

Sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), semua nomor ponsel harus melakukan registrasi ke nomor 4444. Registrasi dilakukan dengan mendaftarkan nomor ponsel dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang tercantum di Kartu Keluarga (KK).

Namun jika terlupa atau sengaja tidak mendaftar, pengisian pulsa atau kuota menggunakan voucher pasti gagal. Karena itu segera lakukan registrasi jika memang belum melakukannya.

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Dengan penjelasan tentang beberapa penyebab voucher tidak masuk atau gagal aktivasi, maka berikut ini adalah beberapa langkah atau metode untuk mengatasinya, yaitu:

1. Memeriksa Masa Aktif Voucher

Untuk mengatasi terlewatnya masa aktif voucher karena tidak langsung diisikan ke perangkat, maka sangat disarankan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa (expired date) voucher tersebut. Pada setiap kemasan voucher selalu tercantum tanggal tersebut.

Banyak penjual voucher yang memberikan diskon harga untuk pembelian voucher yang masa kadaluarsanya sudah dekat. Promo ini memang menguntungkan, asalkan pelanggan segera mengisinya setelah membelinya.

2. Segera Gunakan Voucher Setelah Membeli

Cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk ini penting karena beberapa alasan. Selain untuk menghindari terlewatnya masa aktif, alasan lainnya adalah untuk memastikan voucher tersebut valid. Dengan langsung menggunakan voucher setelah membeli, bisa menghindari kesulitan nantinya.

Baca Juga:  Update Frekuensi TV One MPEG 4 & MPEG 2 Terbaru 2024

Karena jika memang voucher tersebut tidak valid, penjualnya bisa mengajukan klaim ke Indosat. Sementara pelanggan bisa diberikan ganti voucher baru yang bernilai sama. Tapi jika tidak dilakukan langsung, pelanggan akan bisa merasa seperti dibohongi oleh penjualnya. Ini harus dihindari.

3. Menghubungi Customer Service Indosat

Masalah yang berhubungan dengan sinyal atau jaringan internet, dan kerusakan sistem MyIM3 akan lebih baik diselesaikan dengan cara menghubungi Customer Service Indosat. Sehingga mereka bisa memberikan solusi terbaik untuk pelanggan yang mengalami masalah tersebut.

Layanan CS ini terbuka untuk pelanggan selama 24 jam sehingga kapan saja bisa membantu pelanggan Indosat yang mengalami berbagai kendala atau masalah. Berikut ini adalah nomor penting yang perlu disimpan jika dibutuhkan nanti:

  • 185: Layanan berbayar Rp400 per panggilan telepon. Bisa digunakan untuk memberikan saran atau keluhan kepada Indosat.
  • 186: Akses gratis untuk layanan pelanggan dengan mesin penjawab otomatis.
  • 3000.3000 atau 021.5438.8888: Layanan pelanggan dengan telepon biasa (bukan nomor seluler Indosat).
  • 544.9501 06: Merupakan nomor faksimili jika ingin mengirimkan dokumen tanpa perlu datang ke gerai
  • [email protected]: Merupakan alamat email Indosat jika ingin menulis untuk memberikan saran atau lainnya.
  • @IndosatCare: Adalah akun Twitter (X) milik Indosat yang juga bisa dihubungi dengan chat
  • https://care.indosatooredoo.com: Merupakan situs web resmi Indosat, bisa masuk ke menu “Hubungi Kami” untuk melakukan kontak dengan CS.

4. Masih Ada Paket Lain

Jika nomor telepon yang akan diisi voucher ternyata masih berlangganan paket data lainnya, segera “UNREG” paket data tersebut. Karena selama masih ada paket data lain, paket internet Indosat tidak akan bisa dipasang. Kirim SMS ke nomor 363 dengan pesan UNREG agar paket lain tersebut terhenti.

Cara Memasukkan Voucher Indosat yang Benar

Setelah mengetahui beberapa kendala dan juga cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk maka bisa disimpulkan bahwa pengisian yang benar memang penting. Pengisian segera, memperhatikan kondisi dan tanggal voucher, dan lainnya memang harus teliti.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Nomor di Luar Jangkauan 2024

Termasuk juga memahami cara memasukkan kode voucher dengan benar agar terhindar dari kerugian akibat kesalahan pribadi. Berikut ini adalah langkah yang tepat untuk mengisi voucher Indosat dengan benar, yaitu:

1. Lewat Aplikasi MyIM3

Cara ini memang terbilang mudah karena tinggal melakukan “redeem” atau melakukan ‘scan” kode QR pada voucher. Namun jelas penggunanya harus mengunduh dan memasang aplikasi MyIM3 lebih dulu di perangkatnya.

2. Lewat Dial USSD

Melakukan cara ini memang terkesan lebih manual tapi banyak yang lebih memilih cara ini. Berikut ini adalah langkah melakukannya:

  • Gosok bagian voucher yang berisi kode 14-digit
  • Setelah itu, masuk ke fitur telepon lalu ketik *556*kode voucher#. Kemudian tekan tombol “Call” (panggil)
  • Nanti akan ada SMS pemberitahuan bahwa pengisian ulang telah selesai.

Untuk memastikan bahwa pengisian pulsa atau paket data sudah benar diterima dengan baik, silakan cek langsung ke perangkat.

Cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk memang akan tergantung pada penyebab masalahnya. Biasanya setiap pelanggan mungkin mengalami masalah yang berbeda. Karena itu cara mengatasinya pun berbeda.

Namun, ketelitian saat membeli voucher dan melakukan pengisian dengan benar memang sangat penting agar tidak terjadi kesalahan akibat kelalaian sendiri yang merugikan. Tapi jika memang bingung, mintalah bantuan penjual voucher atau Customer Service Indosat jika diperlukan.

Baca Juga: