Daftar Frekuensi Bali TV Terbaru Semua Satelit 2024

Abockbusup.com – Mengetahui informasi frekuensi Bali TV terbaru sangat diperlukan supaya penggunanya bisa menikmati banyak siaran TV digital dengan baik. Seperti yang kamu tahu, Bali dan sekitarnya bakal melakukan transisi siaran TV analog ke digital secara bertahap.

Oleh karena itu, frekuensi TV digital sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat yang telah memakai siaran TV digital. Terutama agar tidak bingung dengan frekuensi TV digital yang sedang berlaku saat itu.

Pentingnya Mengetahui Frekuensi Bali TV

Pengetahuan seputar kode frekuensi sangatlah penting karena membantu masyarakat Bali dalam mencari siaran TV digital di Bali atau sekitarnya yang ingin ditonton. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap wilayah mempunyai daftar frekuensi TV digital yang berbeda-beda, termasuk untuk Bali.

Sesuai laporan yang diberikan Kominfo, setidaknya ada tiga perusahaan media, yakni Media Group (Metro TV), Viva Group (ANTV), dan Nusantara TV di daerah TV Bali. Ketiga daerah tersebut dipilih sebagai pihak yang menyelenggarakan siaran TV digital Multiplexer (MUX) untuk daerah Bali dan sekitarnya.

Secara spesifik, Media Group bakal menggunakan frekuensi 36 UHF sebagai saluran utamanya. Sedangkan untuk VIVA Group telah memakai frekuensi 42 UHF. Pada 20 Desember 2022, setelah hadirnya ASO, Nusantara TV telah melakukan perubahan frekuensi secara total.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemindahan kanal tetap ke frekuensi UHF 39. Sebelum Nusantara TV, frekuensi tersebut masih dipakai untuk memancarkan siaran analog milik NET TV.

NET TV sendiri juga sudah beradaptasi dengan baik di era digital saat ini. Pasalnya, mereka juga turut menyelenggarakan siaran TV digital di Bali lewat sewaan MUX TVRI di frekuensi UHF 30 Bali.

Baca Juga:  6 Cara Tembak Paket Indosat Rp 0, Beneran Gratis

Sedangkan untuk tiga grup media besar MNC Group, Emtek dan TRANSMEDIA, masih mengandalkan MUX dari VIVA Group dan Media Group. Pasalnya, ketiga media ini belum mendapat jatah untuk mengelola MUX yang mereka miliki di Bali.

Daftar Frekuensi Bali TV

Masyarakat Bali dan sekitarnya dapat mengandalkan empat frekuensi sekaligus untuk menikmati TV digital favorit. Tentunya, setiap frekuensi sudah memiliki daftar siaran TV yang berbeda.

Juga setiap frekuensi menawarkan berbagai pilihan tontonan atau siaran TV berbeda. Langsung saja, berikut daftar frekuensi yang dimiliki oleh Bali TV:

1. Saluran 30 UHF (546 MHz)

Frekuensi pertama yang dapat digunakan adalah saluran 30 UHF (546 MHz). Di saluran ini, kamu bisa menonton berbagai channel populer seperti TVRI Nasional, TVRI World, TVRI Bali, TVRI Sports hingga Kompas TV dan NET.

Saluran 30 UHF sendiri dapat ditemukan di frekuensi 546 Mhz. Bagi pecinta channel populer di atas, tentunya kamu perlu mendaftar di saluran ini terlebih dahulu.

2. Saluran 36 UHF (594 MHz)

Di saluran 36 UHF, masyarakat Bali dapat memakai frekuensi 594 Mhz untuk dapat terhubung. Sayangnya, di saluran ini channel TV yang didapatkan penggunanya cukup sedikit.

Pasalnya, saluran ini hanya menyediakan dua channel saja. Adapun channel TV yang ditawarkan di saluran ini adalah Metro TV dan juga Rajawali TV.

3. Saluran 40 UHF (626 MHz)

Frekuensi Bali TV berikutnya yang bisa didapat adalah saluran 40 UHF. Saluran ini dapat ditemukan di nomor frekuensi 626 Mhz. Di frekuensi ini, ada berbagai channel menarik daerah Bali yang dapat ditonton.

Contohnya seperti channel Nusantara TV, Gold TV, Harum TV dan juga Bhinneka TV. Tidak sulit untuk mendapat frekuensi ini karena hampir semua TV digital di Bali menyediakannya.

Baca Juga:  Kode BISS Key Thairath TV SD HD Thaicom Terbaru 2024

4. Saluran 43 UHF (642 MHz)

Frekuensi ini cukup diminati oleh banyak pecinta sinetron dan variety show khas Indonesia. Pasalnya, frekuensi ini diisi oleh berbagai channel yang kerap menyediakan dua tontonan populer.

Adalah saluran 43 UHF ini diisi oleh channel TV populer seperti ANTV, Trans7, TVOne hingga Trans TV, Trans7. Jadi, kamu yang suka dengan variety show dari channel TV ini perlu memiliki saluran ini dahulu.

Jika informasi kode frekuensi Bali TV di atas sudah terpenuhi, kamu bisa langsung mencari frekuensi di atas secara manual. Untuk prosesnya, kamu tidak perlu mencari kode frekuensi setiap channel yang ingin ditonton.

Hanya saja, cara ini hanya berlaku bagi yang sudah memakai STB (Set Top Box) saja. Bagi pemakai TV digital, kamu tinggal melakukan pencarian otomatis untuk menampilkan channel TV digital yang ada di wilayah Bali saja.

Cara Mudah untuk Menentukan Siaran TV Digital Bali

Menentukan siaran TV digital di Bali tidak sulit sehingga membuat setiap pengguna pemula tak akan bingung. Bagi yang masih kesulitan, pakai saja tutorial lengkapnya berikut :

  • Pertama-tama, kamu perlu menyalakan TV digital dan STB yang sudah dihubungkan dahulu.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Pencarian di halaman utama TV digital.
  • Lanjut dengan masuk ke metode pencarian Manual pada TV digital.
  • Tambahkan kode frekuensi Bali TV terbaru untuk sesuai channel yang diinginkan.
  • Contohnya, ingin mencari ANTV, TV One, Trans TV, Trans7, tambahkan saluran 43 UHF UHF dengan nomor frekuensi 642 Mhz.
  • Setelah memasukkan kode yang dimaksud, kamu tinggal klik opsi Mulai.
  • Tekan OK di bagian remote.
  • Nantinya, TV digital secara otomatis bakal melakukan pencarian untuk siaran TV yang diinginkan tersebut.
  • Tunggu hingga proses pencariannya selesai.
  • Selesai.

Perlu diketahui bahwa informasi frekuensi TV di atas dapat dipakai untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Adapun wilayah yang support dengan kode ini adalah Denpasar, Bangli, Mangupura, Singaraja, Semarapura, Gianyar, Amlapura, Negara dan Tabanan.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Maaf Saat Ini Sistem Kami Sedang Sibuk

Cara Mudah Memperbaiki Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal

Mengingat transmigrasi dari TV analog ke digital belum sempurna, tentu ada banyak kendala yang pengguna temukan. Salah satunya, sinyal TV digital yang tidak keluar saat TV dinyalakan.

Hal tersebut tentunya dapat disebabkan karena banyak hal. Diantaranya, faktor cuaca hingga posisi antena yang tidak sempurna. Agar dapat nonton Bali TV dengan baik tanpa gangguan, simak cara memperbaiki TV digital yang tidak muncul sinyal berikut:

1. Tentukan arah antena yang terbaik

Cara pertama, kamu harus menentukan arah antena terbaik agar sinyal tidak putus atau hilang. Cara menentukan arah antena terbaik tidaklah sulit. Cukup dengan memutar-mutar antena agar sinyal dapat terhubung dengan baik.

Hindari juga meletakkan antena di daerah yang berdekatan dengan antena digital lain. Hal tersebut dapat membuat salah aru antena jadi kesulitan atau gagal menangkap sinyal. Pasalnya, ada salah satu antena yang kalah kuat dengan antena lain.

2. Pakai antena berkualitas

Tak hanya memperhatikan frekuensi terbaru saja, memakai antena berkualitas juga mendukung siaran TV digital yang kamu dapat. Pastikan kabel antena yang dipakai dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, jika ada bangunan atau pohon besar di sekitar rumah, ada baiknya memakai antena luar (antena PF). Tujuannya agar antena dapat menerima sinyal dengan baik.

Sekarang, kamu sudah dapat menghubungkan TV digital dengan frekuensi Bali TV terbaru. Nikmati berbagai tontonan berkualitas dan bebas macet dengan TV digital terbaik.