Daftar Frekuensi TV Digital Jawa Barat Terbaru 2024


Abockbusup.com – Frekuensi TV digital Jawa Barat bisa kamu temukan disini. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi migrasi dari TV analog ke digital di Indonesia, termasuk di provinsi Jawa Barat. Perubahan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas sinyal televisi agar lebih jernih dan tajam.

Dalam artikel ini, akan akan menjelaskan frekuensi dan channel TV yang tersedia di Jawa Barat setelah melakukan migrasi ke digital. Dengan memahami informasi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih baik di daerah tersebut.

Pengertian Siaran TV Digital

Siaran TV digital merupakan teknologi penyiaran televisi yang menggunakan sinyal digital untuk mengirimkan program televisi ke televisi pengguna. Kelebihan siaran TV digital dibandingkan siaran TV analog adalah kualitas gambar dan suara yang lebih baik, serta variasi program yang lebih banyak.

Siaran TV digital dapat ditonton melalui antena digital atau melalui TV kabel/satelit. Pengguna perlu memastikan bahwa perangkat TV-nya kompatibel dengan siaran digital atau membeli alat set top box jika perangkat TV-nya tidak kompatibel.

Daftar Frekuensi TV Digital Jawa Barat

Menurut siarandigital.kominfo.go.id, terdapat 8 wilayah layanan siaran TV digital di provinsi Jawa Barat. Berikut adalah daftar frekuensi TV digital untuk beberapa wilayah layanan siaran TV digital di Jawa Barat.

1. Jawa Barat 1

Wilayah yang dijangkau siaran TV digital area Jawa Barat 1 diantaranya Cimahi dan Bandung. Terdapat beberapa frekuensi dan channel TV digital yang tersedia di wilayah ini. Berikut daftar frekuensi beserta channel TV digital yang dapat ditonton di Jawa Barat 1:

  • Frekuensi saluran 538 MHz (29 UHF): Indosiar, SCTV, Moji, Mentari TV, RTV, Kompas TV, dan Rase TV.
  • Frekuensi saluran 562 MHz (32 UHF): MetroTV, Magna Channel, BN Channel, BRTV, AKTV, Garvis TV, I Channel, DIVIA Unpad TV, dan Smile TV Bandung.
  • Frekuensi saluran 586 MHz (35 UHF): TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, TVRI World, TVRI Sport, PTV, HDAS, Garuda TV Bandung, Inspira TV, Nusatara TV Bandung, BTV Bandung, dan NET.
  • Frekuensi saluran 610 MHz (38 UHF): Antv, tvOne, VTV, Bandung TV, PJTV, dan E Channel.
  • Frekuensi saluran 634 MHz (41 UHF): MNCTV, RCTI, iNews, dan GTV.
  • Frekuensi saluran 658 MHz (44 UHF): Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Sinyal Mifi Andromax M3Z Tidak Ada

2. Jawa Barat 2

Wilayah layanan siaran TV digital Jawa Barat 1 juga meliputi Garut selain Bandung dan Cimahi. Sejumlah frekuensi dan channel TV digital dapat dinikmati di wilayah ini. Berikut daftar frekuensi TV digital Jawa Barat di wilayah Garut:

  • Frekuensi saluran 530 MHz (28 UHF): Magna channel, Garuda TV, BN Channel, dan Metro TV.
  • Frekuensi saluran 554 Mhz (31 UHF): TV one, ANTV, dan VTV.
  • Frekuensi saluran 578 Mhz (34 UHF): SCTV, Indosiar Moji, Mentari, dan RTV.
  • Frekuensi saluran 602 Mhz (37 UHF): MNCTV, GTV, RCTI, dan inews.
  • Frekuensi saluran 626 MHz (40 UHF): TRANS 7, Trans TV, CNBC Indonesia dan CNN Indonesia.
  • Frekuensi 650 MHz (43 UHF): TVRI Jawa Barat, TVRI Nasional, TVRI sport, TVRI world, radar Tasikmalaya TV dan Net TV.

3. Jawa Barat 3

Wilayah layanan siaran TV digital Jawa Barat 3 mencakup Cirebon dan Kuningan. Berikut adalah daftar frekuensi TV digital Jawa Barat yang tersedia di wilayah ini:

  • Frekuensi saluran 538 MHz (29 UHF): TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, TVRI World, TVRI Sport, dan Cirebon.
  • Frekuensi saluran 562 MHz (32 UHF): Metro TV, Magna Channel, BN Channel, RTV, dan NET.
  • Frekuensi saluran 586 MHz (35 UHF): Antv, tvOne, VTV, dan RCTV.
  • Frekuensi saluran 610 MHz (38 UHF): Indosiar, SCTV, Moji, dan Mentari TV.
  • Frekuensi saluran 634 MHz (41 UHF): Trans 7, Trans TV, dan CNBC Indonesia dan CNN Indonesia.
  • Frekuensi saluran 658 MHz (44 UHF): MNCTV, RCTI, iNews, dan GTV.

Cara Menemukan Frekuensi TV Digital

Untuk mencari frekuensi TV digital, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui nama channel TV yang ingin dicari frekuensinya. Berikut adalah cara mudah untuk mencari frekuensi TV digital menggunakan remote TV:

  • Pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian sinyal.
  • Pada menu pengaturan, terdapat pilihan DTV untuk siaran digital dan ATV untuk siaran analog. Klik pada DTV untuk agar memulai pencarian saluran digital.
  • Pilih pada auto scan untuk melakukan pencarian channel siaran TV digital dan kamu bisa tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah proses selesai, daftar saluran TV digital akan muncul pada layar TV kamu.
  • Jangan lupa untuk mereset antena TV kamu agar dapat menerima siaran TV digital.
Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Jaringan IM3 Hilang 100% Berhasil

Namun, perlu diketahui bahwa bagi kamu yang masih menggunakan TV analog atau tabung, kamu tidak akan dapat menerima sinyal digital. Dalam hal ini, kamu memerlukan perangkat tambahan seperti set top box (STB) dan antena TV digital terbaik untuk dapat menerima siaran TV digital.

Dalam penyiaran televisi terestrial digital (DVB-T2), frekuensi radio VHF/UHF) yang sama dengan penyiaran analog digunakan untuk menyebarkan konten digital. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan frekuensi dan channel TV digital yang tersedia di wilayah kamu untuk menikmati siaran TV digital dengan kualitas yang lebih baik.

Kenapa Siaran TV Digital Jawa Barat Tidak Tampil?

Serupa dengan wilayah lain di Indonesia, frekuensi TV digital Jawa Barat telah tersedia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat membuat sulit bagi masyarakat untuk menemukan frekuensi TV digital yang tepat di daerah mereka.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa masyarakat di Jawa Barat mungkin tidak dapat menemukan frekuensi TV digital:

1. Kekurangan Perangkat Pendukung

Untuk dapat menikmati siaran televisi digital, kamu memerlukan perangkat tambahan seperti antena TV digital dan set top box (STB). Kekurangan perangkat ini dapat membuat lebih sulit bagi masyarakat untuk menangkap sinyal TV digital.

2. Jarak dengan Pemancar

Jarak antara rumah kamu dengan pemancar televisi digital juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal TV digital. Jika kamu tinggal di daerah yang jauh dari pemancar, maka kemungkinan sinyal akan lebih lemah atau bahkan tidak dapat diterima.

3. Gangguan Sinyal

Gangguan sinyal akibat dari cuaca, interferensi elektronik atau gangguan lainnya juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal TV digital kamu. Jika sinyal jelek, maka kualitas siaran juga pastinya akan jauh menurun.

Baca Juga:  11 Cara Mengatasi Jaringan Indosat Hilang 2024

4. Kurangnya Pengetahuan Tentang Frekuensi TV Digital

Banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang frekuensi TV digital. Hal ini dapat mempersulit proses pencarian frekuensi TV digital yang tepat bagi mereka.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai daftar frekuensi tv digital dvb-t2 dan channel TV yang dapat dinikmati di wilayah Jawa Barat, seperti Bandung, Cimahi, Garut, Cirebon, dan Kuningan. Informasi mengenai frekuensi dan channel TV ini dapat membantu untuk menemukan siaran terbaik di wilayah mereka.

Tentunya juga akan meningkatkan pengalaman menonton TV digital dengan kualitas yang lebih baik. Dengan frekuensi TV digital Jawa Barat yang bagus, masyarakat dapat menikmati tayangan televisi favorit mereka dengan jernih dan tajam. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif.

error: