Frekuensi TV Digital Jawa Tengah Semua Area 2024


Abockbusup.com – Frekuensi TV digital Jawa Tengah penting diketahui oleh yang tinggal disana. Sejak beberapa tahun terakhir, dunia penyiaran televisi mengalami perubahan signifikan, yakni migrasi dari siaran analog ke digital. Indonesia bukanlah negara yang terlewatkan dalam hal ini.

Tak terkecuali Jawa Tengah, provinsi di Pulau Jawa yang ikut melakukan transisi tersebut. Namun, bagi sebagian orang, mungkin masih belum paham bagaimana teknis migrasi ini berlangsung. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah frekuensi TV digital di Jawa Tengah, yang akan dibahas disini.

Cara Scan TV Digital Area Jawa Tengah

Sebelum membahas frekuensi TV digital Jawa Tengah, akan dijelaskan dahulu bagaimana cara scan TV . Keunggulan dari TV digital ini tentu akan menghadirkan kualitas siaran baik atau gambar maupun suara yang lebih baik.

Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara scan untuk mendapatkan berbagai channel tersebut. Bagi kamu yang juga belum mengetahuinya, bisa mengikuti langkah berikut:

  • Siapkan antena UHF biasa, baik itu outdoor atau indoor. Pastikan posisi antena sudah sesuai dengan arah dan ketinggian yang tepat untuk menangkap sinyal TV digital. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi sinyal TV digital yang tersedia di marketplace.
  • Selanjutnya, sambungkan STB ke TV dan antena ke STB dengan kabel yang sesuai.
  • Nyalakan TV dan arahkan TV ke sumber AV.
  • Nyalakan STB dan masukkan kode pos. Kode pos sangat penting untuk mengidentifikasi pemancar TV yang terdekat dengan lokasimu.
  • Setelah itu, masuk ke menu set top box dan cari opsi ‘pencarian saluran secara otomatis’. Kemudian, pilih opsi tersebut agar alat set top box dapat melakukan scan semua saluran TV digital yang tersedia di daerah kamu.
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai dan saluran-saluran TV digital yang tersedia sudah terdeteksi oleh alat set top box. Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati siaran TV digital yang berkualitas di TV analog kamu.
Baca Juga:  2 Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa KK dan KTP

Daftar Frekuensi TV Digital Jawa Tengah

Area Jawa Tengah memang menjadi salah satu wilayah yang sudah diliputi oleh frekuensi sinyal TV digital. Ada banyak pilihan baik itu nasional maupun lokal yang bisa kamu nikmati dan berikut akan dijelaskan frekuensi TV digital Semarang 2023 dan wilayah lain di Jawa Tengah.

1. Channel TV Digital Area Jawa Tengah 1

Channel TV digital area Jawa Tengah 1 (JTV 1) menjangkau Kabupaten Semarang, Demak, Kudus, Grobogan, Sragen, Boyolali, Kota Semarang, dan Salatiga. Menawarkan program berkualitas seperti berita, hiburan, dan olahraga bagi masyarakat Jawa Tengah. Berikut frekuensinya:

  • Frekuensi 546 MHz – Kanal 30 UHF: LPP TVRI JaTeng dan beberapa universitas seperti Dian Nuswantoro, TA Media Group, Majlis Tafsir Al-Qur’an, Kelompok Media, dan Universitas Semarang menggunakan frekuensi ini.
  • Frekuensi 570 MHz – Kanal 33 UHF: Surya Citra Media dan KG Medias mengambil frekuensi ini untuk menyiarkan program Indosiar, SCTV, Kompas TV, Mentari TV, dan Moji TV.
  • Frekuensi 594 MHz – Kanal 36 UHF: Media Group News, Rajawali Corpora, B Universe, Jawa Pos Group, dan Digdaya Media Nusantara menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Metro TV, RTV, Jawa Pos TV, Magna Channel, BN Channel, dan IMTV.
  • Frekuensi 618 MHz – Kanal 39 UHF: Visi Media Asia dan Net Visi Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program ANTV, TV ONE, VTV, dan Net TV. Jawa Pos Group juga menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan Simpang5 TV.
  • Frekuensi 642 MHz – Kanal 42 UHF: Trans Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  • Frekuensi 666 MHz – Kanal 45 UHF: MNC Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program RCTI, GTV, iNews TV, dan MNCTV.
  • Frekuensi 690 MHz – Kanal 48 UHF: LPP TVRI JaTeng menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan TVRI Nasional, TVRI Sport HD, TVRI JaTeng, dan TVRI World.
Baca Juga:  6 Cara Setting APN XL 4G/5G Android/iPhone 2024

2. Channel TV Digital Area Jawa Tengah 2

Berikutnya, channel TV digital area Jawa Tengah 2 meliputi kabupaten Blora. Berikut adalah beberapa frekuensi dan channel TV digital Jawa Tengah untuk sejumlah wilayahnya yang terlingkup:

  • Frekuensi 530 MHz – Kanal 28 UHF: LPP TVRI JaTeng dan Trans Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan TVRI Nasional, TVRI Sport HD, TVRI JaTeng, TVRI World, dan Trans TV.
  • Frekuensi 554 MHz – Kanal 31 UHF: Surya Citra Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Indosiar, SCTV, Kompas TV, Mentari TV, dan Moji TV.
  • Frekuensi 578 MHz – Kanal 34 UHF: Media Group News dan Digdaya Media Nusantara mengambil frekuensi ini untuk menyiarkan program Metro TV, Magna Channel, BN Channel, dan Garuda TV.
  • Frekuensi 602 MHz – Kanal 37 UHF: MNC Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program RCTI, GTV, iNews TV, dan MNCTV.

3. Channel TV Digital Area Jawa Tengah 3

Area Jawa Tengah 3 mencakup beberapa daerah penting di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kota Tegal, dan Kota Pekalongan. Berikut adalah beberapa frekuensi TV digital Jawa Tengah dan stasiun TV yang digunakan:

  • Frekuensi 546 MHz – Kanal 30 UHF: LPP TVRI JaTeng dan Net Visi Media Table of Content Na menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan TVRI Nasional, TVRI Sport HD, TVRI JaTeng, TVRI World, Net TV, dan Batik TV.
  • Frekuensi 570 MHz – Kanal 33 UHF: Surya Citra Media, KG Media, dan Rajawali Corpora menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Indosiar, SCTV, Kompas TV, Mentari TV, dan Moji TV, serta RTV.
  • Frekuensi 594 MHz – Kanal 36 UHF: Visi Media Asia menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program ANTV, TV ONE, dan VTV.
  • Frekuensi 618 MHz – Kanal 39 UHF: Media Group News dan Digdaya Media Nusantara menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Metro TV, Magna Channel, BN Channel, dan Garuda TV.
  • Frekuensi 642 MHz – Kanal 42 UHF: MNC Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program RCTI, GTV, iNews TV, dan MNCTV.
  • Frekuensi 666 MHz – Kanal 45 UHF: Trans Media menggunakan frekuensi ini untuk menyiarkan program Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
Baca Juga:  10 Cara Memasukkan Voucher Telkomsel yang Gagal

4. Channel TV Digital Area Jawa Tengah 4

Kabupaten Wonogiri menjadi area yang diliputi oleh frekuensi TV digital Jawa Tengah 4. Untuk informasi selengkapnya berikut adalah daftar frekuensi yang bisa kamu cari:

  • Frekuensi 490 MHz – Kanal 23 UHF: Di frekuensi ini mencakup informasi tentang frekuensi dan kanal yang digunakan, yaitu 490 MHz dan 23 UHF. Group LPP Tvri JaTeng serta channel Tv dapat diterima pada frekuensi tersebut.

Ada empat channel TV yang dapat ditonton melalui frekuensi 490 MHz – 23 UHF, yaitu Tvri Nasional, Tvri Sport HD, Tvri JaTeng, dan Tvri World. Semua channel tersebut tergabung dalam group LPP Tvri JaTeng.

Dalam artikel di atas, sudah dijelaskan beberapa frekuensi TV digital yang digunakan oleh beberapa stasiun TV untuk menyiarkan acaranya. Setiap wilayah memiliki frekuensi yang berbeda-beda serta menyiarkan beragam acara dari beberapa stasiun TV.

Informasi frekuensi TV digital Jawa Tengah ini tentu menjadi penting bagi masyarakat yang ingin menonton siaran di wilayahnya masing-masing. Oleh karena itu, dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat menikmati tayangan TV Digital dengan lancar dan jernih.

error: