Frekuensi TV Digital Surabaya 2024 dan Cara Aktivasi

Abockbusup.com – Frekuensi TV digital Surabaya banyak dicari untuk kualitas tayangan yang lebih baik. Era baru televisi telah bergeser dari era analog ke era digital. Seiring dengan perubahan ini, Surabaya menjadi salah satu daerah yang dicakup oleh siaran televisi digital.

Kini, masyarakat di Surabaya bisa menikmati siaran televisi berkualitas dengan lebih jernih dan tajam melalui teknologi digital. Namun, banyak orang masih tidak familiar dengan frekuensi televisi digital yang digunakan di Surabaya.

Untuk itu, artikel ini akan membahas secara detail mengenai frekuensi televisi dan cara mengatur pengaturan frekuensi di televisi digital agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pengalaman menonton yang optimal.

Mengapa Pemerintah Membuat Program Migrasi TV Analog Ke Digital?

Pemerintah Indonesia telah melakukan migrasi dari TV analog ke TV digital, yang disebut dengan Analog Switch Off (ASO) pada tanggal 17 Agustus 2021. Ada beberapa alasan mengapa pemerintah Indonesia memutuskan untuk memigrasikan TV analog ke TV digital, berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kualitas Siaran

Salah satu tujuan utama migrasi ke TV digital adalah untuk meningkatkan kualitas siaran televisi. TV digital dapat menampilkan gambar yang lebih jernih dan tajam, serta suara yang lebih baik.

Selain itu, TV digital juga bisa menampilkan siaran dengan resolusi yang lebih tinggi seperti high-definition (HD) atau ultra-high-definition (UHD). Sehingga, pengalaman menonton siaran televisi menjadi lebih baik.

2. Lebih Efisien

TV digital jauh lebih efisien daripada TV analog karena teknologi digital dapat mengirimkan lebih banyak saluran dengan kualitas gambar yang baik dan tidak menyebabkan gangguan.

Baca Juga:  Server Pulsa Jawa Barat, Ini Produk Layanannya

Ini berarti dengan satu frekuensi televisi digital, pemerintah dapat menyiarkan lebih banyak saluran televisi daripada dengan satu frekuensi televisi analog.

3. Penghematan Biaya

Dalam jangka panjang, migrasi ke TV digital dapat menghemat biaya karena frekuensi televisi digital lebih efisien daripada TV analog. Pemerintah tidak perlu lagi membeli frekuensi tambahan yang lebih mahal dan menghemat biaya karena teknologi digital memiliki daya tahan yang lebih lama.

4. Terhindar dari Penyimpangan

Migrasi ke TV digital juga dapat meminimalisir penyimpangan siaran televisi dan hak cipta. Pemerintah dapat memantau setiap saluran televisi dengan lebih efektif.

Dengan demikian, masyarakat bisa lebih terjamin akan kualitas siaran televisi dan penayangan acara televisi dapat berlangsung lebih teratur dan legal.

Frekuensi TV Digital Surabaya dan Channelnya

Siaran televisi digital saat ini telah menggantikan siaran televisi analog. Surabaya, sebagai salah satu kota besar di Indonesia, juga sudah beralih ke televisi digital. Namun, masih banyak orang yang belum terbiasa dengan cara memilih frekuensi televisi digital yang tersedia.

Untuk membantu kamu mengetahui frekuensi televisi yang tersedia di Surabaya, berikut ini adalah daftar frekuensi TV Digital Surabaya terbaru beserta stasiun televisi yang ada di frekuensi tersebut.

1. Frekuensi 23 UHF (490 MHz)

Frekuensi ini terdapat channel tvOne dan ANTV. Tidak semua televisi bisa menangkap frekuensi ini dengan baik, hal ini memerlukan perangkat penguat sinyal televisi untuk menangkap sinyal dengan benar.

2. Frekuensi 25 UHF (506 MHz)

Pada frekuensi ini, terdapat stasiun televisi Metro TV, Jawa Pos TV, TV9 Nusantara, Magna Channel, NTV, BS TV, dan Madu TV. Kamu dapat menikmati berbagai acara menarik dari setiap stasiun televisi ini dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam.

3. Frekuensi 27 UHF (522 MHz)

Di frekuensi TV digital Surabaya ini, terdapat stasiun televisi yang cukup banyak, seperti Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, dan Kompas TV. Seluruh stasiun televisi ini menawarkan hiburan dan berita terbaru dengan kualitas gambar yang jernih.

4. Frekuensi 29 UHF (538 MHz)

Untuk frekuensi ini terdapat SCTV, O Channel, Indosiar, serta Mentari TV. Kamu bisa menonton acara hiburan dan berita terbaru serta program olahraga dari setiap stasiun televisi.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri 3 Terbaru 2024

5. Frekuensi 35 UHF (586 MHz)

Frekuensi 35 UHF hanya dimiliki oleh LPP TVRI Jawa Timur. Namun, dengan pemancar sinyal yang cukup kuat, stasiun TVRI ini dapat ditonton dengan jernih dan tajam. Jadi, pastikan perangkat yang kamu gunakan memadai untuk menangkap sinyal dengan lebih baik.

6. Frekuensi 41 UHF (634 MHz)

Terakhir, frekuensi 41 UHF menyediakan RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews. Pilihlah acara yang menarik dari setiap stasiun televisi ini untuk menikmati hiburan dan informasi terbaru. Ada banyak pilihan tayangan mulai dari hiburan, berita, olahraga, dan sebagainya.

Fungsi Menginput Data Frekuensi Channel TV Digital area Surabaya

Untuk mencari saluran TV digital yang tersedia di wilayah Surabaya dan sekitarnya, kamu harus memasukkan frekuensi channel TV digital yang sesuai pada set top box (STB) atau TV digital kamu.

Dengan memasukkan kode frekuensi yang tepat, perangkat kamu akan memindai dan menangkap siaran TV digital yang tersedia di wilayah tersebut.

Dalam daftar frekuensi TV digital Surabaya di atas, beberapa saluran TV digital memiliki frekuensi yang sama. Namun, perlu diingat bahwa kode frekuensi saluran TV digital yang tersedia di setiap wilayah berbeda.

Dengan memasukkan kode frekuensi yang tepat, kamu dapat menemukan dan menonton saluran TV digital yang kamu sukai. Jangan khawatir, cara memasukkan frekuensi saluran TV digital sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Mengapa Siaran TV Digital Surabaya Tidak Banyak?

Banyak masyarakat di Surabaya dan sekitarnya mengalami kendala dalam menangkap siaran channel TV digital Jawa Timur. Beberapa bahkan mengalami masalah dimana televisi atau set top box mereka tidak menangkap sinyal sama sekali.

Kendala ini umumnya disebabkan oleh arah antena yang kurang tepat atau jarak yang terlalu jauh dari pemancar sinyal. Salah satu solusi paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan antena outdoor yang kemudian dialihkan ke posisi yang tepat.

Dengan menyesuaikan arah antena, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik dan jelas. Setelah itu, cukup lakukan pemindaian ulang pada set top box atau televisi kamu untuk menemukan siaran TV digital yang tersedia.

Baca Juga:  8 Kode Dial Paket Internet IM3 Murah Unlimited 2024

Tips Mendapatkan Sinyal TV Digital Supaya Bagus

Saat menonton TV digital, sangat penting untuk mendapatkan sinyal yang baik agar kamu dapat menikmati pengalaman menonton yang lancar dan tidak terputus-putus. Namun, tidak jarang orang menghadapi kendala dalam menangkap sinyal.

Terutama, jika lokasinya cukup jauh dari pemancar atau jika arah antena tidak tepat. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan sinyal yang baik pada TV digital:

  • Periksa dan sesuaikan posisi antena pada TV digital kamu agar dapat menangkap sinyal yang lebih baik.
  • Atur arah antena kamu dengan memperhatikan arah pemancar sinyal televisi yang ada di daerah kamu.
  • Pastikan kabel antena pada TV digital kamu terhubung dengan baik tanpa ada kabel yang putus, koyak, atau rusak.
  • Jangan letakkan antena di lokasi yang terlalu rendah seperti di ruangan bawah tanah atau di dalam lemari yang tertutup.
  • Hindari mengarahkan antena ke arah gedung-gedung tinggi atau pohon tinggi karena dapat mengganggu kualitas sinyal.
  • Gunakan perangkat penguat sinyal televisi jika diperlukan, terutama jika jarak antara pemancar sinyal dengan TV kamu terlalu jauh.

Seiring migrasi ke TV digital di Surabaya, pengalaman menonton siaran televisi menjadi lebih baik dan jelas. Namun, penempatan antena, kabel, dan arah pemancar yang kurang tepat bisa menimbulkan masalah pada penerimaan sinyal TV digital.

Tips untuk mengatasi masalah tersebut telah dijelaskan di atas dan dapat diterapkan pada TV digital. Dengan menggunakan tips tersebut, kamu dapat menikmati siaran frekuensi TV digital Surabaya digital yang lebih baik. Siaran di atas juga dapat dinikmati dengan kualitas gambar tajam.

Baca Juga: