TV Sharp Hanya Nyala Lampu Merah? Penyebab dan Solusinya

Abockbusup.com – Perangkat elektronik memang sudah semakin canggih. Sayangnya, bahkan perangkat yang paling canggih sekalipun kadang bisa mengalami error atau masalah tertentu. Misalnya saja, TV Sharp hanya nyala lampu merah merupakan salah satu masalah yang kadang ditemui oleh pengguna.

Kendala semacam ini kadang terasa menjengkelkan karena pengguna jadi tidak bisa menyalakan TV meskipun sudah menekan tombol power pada remote TV maupun body TV. Masalah semacam ini sebenarnya merupakan pertanda adanya masalah internal.

Bisa jadi, pengguna TV Sharp perlu mengganti komponen yang ukurannya kecil pada TV Sharp agar TV tersebut bisa berfungsi normal seperti biasa. Lalu, apa yang membuat TV Sharp hanya menampilkan lampu merah dan tidak bisa berfungsi dengan normal? Apa yang harus dilakukan?

Penyebab serta Solusi TV Sharp Hanya Nyala Lampu Merah

Sebelum mulai mencoba solusi khusus untuk masalah lampu merah ini, kamu sebaiknya mencari tahu apa yang menjadi penyebab masalah ini. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah berupa lampu merah pada TV Sharp.

Setiap kemungkinan penyebab tersebut memerlukan solusi yang berbeda. Di bawah ini daftar kemungkinan penyebab menyalanya lampu merah serta solusi yang bisa dicoba.

1. Masalah pada Sumber Daya atau Kabel

Penyebab paling utama yang sebaiknya kamu periksa adalah sumber daya atau kabel daya pada TV Sharp. Bisa jadi, karena tidak terhubung dengan benar pada sumber listrik, TV Sharp tidak mendapatkan cukup daya untuk menyala tapi tetap nyala lampu merah.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperiksa sebagai langkah pertama menyelesaikan masalah yang satu ini:

  • Periksa kabel daya dan pastikan sudah terhubung dengan baik sehingga TV bisa mendapatkan sumber listrik.
  • Cek apakah tombol daya pada body TV maupun remote TV sudah ditekan dengan benar.
  • Pastikan kabel daya yang tersambung ke stopkontak sudah terhubung dengan baik dan bisa berfungsi dengan baik juga.
  • Coba gunakan stop kontak yang lain atau bisa juga mengganti kabel daya untuk memastikan sambungan ke aliran listrik memang lancar.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Vivo Pengisian Daya Tidak Normal

Jika metode yang pertama ini tidak berhasil mengatasi masalah pada TV LED Sharp yang hanya menampilkan lampu merah saja, coba periksa penyebab dan solusi kedua untuk masalah ini.

2. Masalah pada Power Supply

Power supply merupakan komponen penting dalam perangkat elektronik. Pada TV, power supply akan mengatur aliran daya yang masuk ke berbagai komponen TV. Seandainya terjadi masalah pada power supply, bisa jadi TV hanya akan menampilkan lampu merah saja.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi permasalahan ini? Pengguna TV Sharp perlu memeriksa power supply dan melakukan penggantian power supply seandainya ada masalah pada komponen tersebut. Sebaiknya jangan lakukan ini sendiri, hubungi teknisi terpercaya untuk mengganti power supply.

3. Komponen Internal Mengalami Kerusakan

Komponen internal pada TV Sharp bisa jadi mengalami kerusakan yang membuat TV tidak mau menyala tapi tetap menampilkan lampu merah. Bisa jadi, kerusakan terjadi pada mainboard, power supply, lampu LED, maupun inverter, semuanya itu adalah komponen penting dalam TV Sharp.

Jika kamu tidak punya pengalaman memperbaiki komponen internal pada TV, sangat disarankan untuk menghubungi teknisi yang berlisensi atau layanan pelanggan Sharp TV. Petugas yang berpengalaman bisa melakukan diagnosis yang tepat untuk menentukan perbaikan pada TV Sharp.

4. Masalah Tombol Daya atau Remote Control

Kerusakan yang terjadi pada tombol daya atau remote control juga bisa mengakibatkan TV Sharp hanya nyala lampu merah tanpa bisa menyala sepenuhnya dengan normal. Jika remote control maupun tombol daya macet, TV jadi tidak bisa dinyalakan seperti biasa.

Coba periksa remote control untuk TV Sharp, pastikan baterainya masih bagus. Coba ganti baterainya jika remote tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Tekan tombol daya yang ada di body TV Sharp secara langsung. Jika tombol dayanya bermasalah, segera hubungi teknisi TV untuk mengganti tombol daya tersebut dengan yang normal.

5. Masalah pada Horizontal Playback

Horizontal playback adalah bagian sirkuit horizontal yang fungsinya adalah menghasilkan sinyal yang tersinkronisasi secara horizontal pada suatu TV Sharp. Jika ada masalah pada komponen yang satu ini, misalnya bagian transistor horizontalnya rusak, maka akan timbul masalah.

Bahkan jika ada masalah pada bagian lain yang berhubungan dengan horizontal playback, gangguan berupa konslet atau gangguan pembacaan horizontal akan terjadi. Akibatnya, lampu merah pada TV akan tetap menyala tapi TV Sharp Aquos tidak bisa digunakan seperti biasa.

Pengecekan lebih lanjut oleh teknisi TV perlu dilakukan demi menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang satu ini.

6. Tegangan Tidak Stabil pada Regulator

Tegangan yang ada pada regulator adalah salah satu komponen lain yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk menjaga agar tegangan dalam TV bisa tetap stabil. Jika tegangan pada regulator tidak stabil atau mengalami penurunan, suplai daya ke komponen lain dalam TV akan terganggu.

Masalah suplai daya ini bisa membuat TV Sharp hanya nyala lampu merah dan gagal menyala dengan normal. Karena harus dibongkar untuk memeriksa tegangan pada regulatornya, sebaiknya segera hubungi teknisi TV yang sudah berpengalaman dan bisa diandalkan.

7. Kerusakan pada LCD TV

Penyebab lain munculnya lampu merah saja pada TV Sharp adalah adanya masalah pada panel LCD TV. Bisa juga strip LCD mati sehingga TV hanya bisa menampilkan lampu indikator, tidak mampu menampilkan gambar pada bagian layarnya.

Jika yang rusak adalah panel LCD pada TV Sharp sehingga TV Sharp cuma nyala lampu merah, maka solusi yang paling tepat adalah mengganti panel LCD TV. Tapi banyak orang lebih suka membeli TV baru daripada memperbaiki LCD TV yang rusak karena harga perbaikannya yang tinggi.

Baca Juga:  4 Cara Menghilangkan Iklan di HP Infinix 100% Berhasil

8. Masalah pada Perangkat Lunak atau Firmware

Masalah lain yang bisa menyebabkan error pada TV Sharp sehingga tidak mampu menampilkan gambar adalah adanya masalah pada perangkat lunak atau firmware TV. Solusi untuk masalah ini adalah memperbarui firmware TV dengan yang terbaru.

Jika tidak yakin dengan solusi tersebut, coba hubungi service center TV Sharp. Biasanya, petugas TV Sharp akan meminta pelanggan untuk membawa TV tersebut ke service center agar bisa diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki jika ada kerusakan yang berat.

9. Inverter Board Mengalami Masalah

Jika TV Sharp yang kamu miliki adalah TV LED, bisa jadi ada kerusakan yang timbul pada komponen yang bernama inverter board. Inverter board sendiri merupakan komponen dalam TV Sharp yang fungsinya adalah mengendalikan backlight atau latar belakang pada TV LED atau LCD.

Kerusakan yang timbul pada inverter board bisa mengakibatkan masalah lain, misalnya indikator lampu merah terus menyala tanpa menampilkan gambar apapun di layar. Masalah pada inverter board bisa meliputi kerusakan kapasitor, fuse, atau transistor.

Apa yang membuat TV Sharp hanya nyala lampu merah dan tidak mampu menampilkan gambar pada bagian layarnya? Kemungkinan besar, kamu bisa menemukan penyebabnya dari daftar di atas. Ikuti petunjuknya untuk mengatasi permasalahan yang menjengkelkan ini.