6 Cara Mengatasi Criss Cross SiCepat Salah Alamat

Abockbusup.com – Hal yang paling menjengkelkan terjadi adalah saat status paket di SiCepat berubah menjadi criss cross. Bagi yang baru pertama kali menggunakan ekspedisi, criss cross adalah status yang menandakan bahwa paket kemungkinan mengalami masalah, jadi ketahui cara mengatasi criss cross SiCepat.

Jenis-jenis masalah yang terjadi bisa disebabkan oleh kesalahan data pengiriman, alamat tujuan tidak ditemukan kurir, hingga barang tidak dapat dikirim akibat melebihi batas berat maksimum. Ketika paket kamu sedang mengalami hal ini, tenang dan tidak perlu diambil ribet.

SiCepat telah mengantisipasi terjadinya masalah ini, sehingga telah menyediakan sejumlah cara untuk mengatasi dan mendapatkan kembali paket tersebut. Bagaimana kejelasannya? Simak panduan lengkap di bawah ini!

Arti Status Criss Cross

Sama seperti ekspedisi lainnya, SiCepat mempunyai kode-kode tertentu yang menginformasikan tentang status paket selama pengiriman. Salah satunya adalah kode criss cross. Kode ini artinya kurir sedang bermasalah dengan paket yang dikirim.

Contohnya seperti paket sudah tiba di tempat penyortiran, namun paket dibawah ke mobil pengiriman yang salah. Sehingga misal paket yang seharusnya dibawa ke Jakarta malah dikirim ke Bandung. Masalah ini menyebabkan keterlambatan pengiriman yang pastinya menimbulkan rasa khawatir.

Sebetulnya masalah seperti ini sering terjadi dalam dunia ekspedisi, kamu pun tidak perlu was-was berlebihan. Paket mempunyai asuransi dari SiCepat yang menjamin penerima maupun pengirim paket tidak akan dirugikan jika masalahnya disebabkan pihak ekspedisi.

SiCepat langsung menginformasikan pengirim maupun penerima paket apabila terjadi masalah criss cross melalui fitur tracking. Meski pada dasarnya paket sedang salah pengiriman, paket tetap akan kembali ke alamat tujuan pengiriman sesungguhnya.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Something Went Wrong Facebook

Solusi Cara Mengatasi Criss Cross SiCepat

Mengingat SiCepat menerima ribuan paket per hari, masalah criss cross sudah umum terjadi dan bukanlah masalah yang serius, tergantung dari barang yang dipaketkan. Untuk mendapatkan paket kembali secepat mungkin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Menghubungi Customer Service SiCepat

Layanan customer service dari SiCepat beroperasi selama 24 jam dan dapat dijangkau melalui beberapa platform, seperti mendatang langsung pusat kantornya, menghubungi lewat sosial media atau menelpon dengan pulsa.

Langkah ini harus segera dilakukan sesaat setelah mengetahui bahwa paket dalam status criss cross. Dengan begitu, pihak SiCepat dapat menindaklanjuti masalah ini secepat mungkin. Inilah daftar kontak SiCepat yang dapat dihubungi:

  • Alamat kantor pusat: Jalan Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, Gambir, Jakarta Pusat
  • Nomor telepon: 0021-5020-0050 atau 0812 9966 6088 (WhatsApp)
  • Line: @sicepat
  • Email: [email protected]

2. Tunggu Sampai Pengajuan Diproses

Pihak customer service SiCepat akan menanggapi pengajuan masalah tersebut dan meneruskannya ke pihak ekspedisi. Cara mengatasi criss cross SiCepat yang perlu dipahami adalah kamu harus menunggu sampai pengajuan tersebut diproses.

Kunci keberhasilannya terdapat pada pegawai ekspedisi tersebut. Setelah mendapatkan laporan, paket akan segera dicegah dikirim lebih jauh ke tujuan yang salah, lalu segera dikembalikan ke alamat yang benar.

3. Ikuti Perkembangan Status Pengiriman

Customer service SiCepat akan menginformasikan penerima paket terkait perkembangan status pengiriman paket melalui fitur tracking yang terdapat di web SiCepat atau web tracking paket lainnya.

Tinggal masukkan nomor resi pesanan, nantinya web langsung menampilkan di mana lokasi terakhir paket berada. Lakukan pengecekan secara berkala guna memastikan paket aman sampai ke tujuan.

4. Informasikan kepada Penerima Paket

Bagi pengirim paket, sudah seharusnya mengabarkan penerima paket mengenai masalah paket berstatus criss cross.

Hal ini bertujuan agar penerima paket tidak kelamaan menunggu paket tidak kunjung tiba, sekaligus menjelaskan mengapa pengiriman paket menjadi sangat lama. Berikan nomor resi paket supaya penerima paket dapat melakukan pengecekan dari jauh pula.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

5. Konfirmasi Alamat Pengiriman yang Benar

Paket yang sempat salah alamat akan dikembalikan ke gudang penyortiran terdekat. Nantinya petugas dari SiCepat akan melakukan konfirmasi ulang bahwa paket menggunakan alamat pengiriman yang benar. Kemudian paket akan dikirim menuju alamat pengiriman yang sesuai.

6. Paket Dikirim ke Tujuan

Ketika mengalami masalah ini, tidak ada solusi criss cross lain yang bisa dilakukan pengirim atau penerima paket untuk mendapatkan paket secepatnya.

Petugas SiCepat akan memastikan paket tiba dengan aman dan cepat ke tujuan. Jika status pengiriman telah menunjukkan bahwa paket sudah menuju ke kota yang benar, kamu tinggal bersabar menunggu sampai paket tiba di rumah.

Penyebab Paket Criss Cross

Selain memahami bagaimana cara mengatasi criss cross SiCepat, pahami juga mengapa masalah ini bisa terjadi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan paket salah dikirim ke kota tertentu, beberapa masalahnya yaitu:

1. Kurir Tidak Dapat Mengantar Paket

Apabila paket yang dikirimkan telah melebihi batas berat atau ukuran yang diterapkan SiCepat, kemungkinan besar paket tidak bisa diantar oleh kurir. Akibatnya pengiriman menjadi terlambat atau bahkan terjadi criss cross akibat masalahnya.

2. Alamat Salah atau Tidak Ditemukan

Penyebab kedua mengapa paket bisa salah alamat adalah karena memang sejak awal alamatnya tidak benar. Inilah pentingnya memeriksa ulang alamat pengiriman paket supaya tidak terjadi masalah selama pengiriman. Alamat yang kurang lengkap atau tidak jelas bisa menjadi criss cross.

3. Paket Disortir ke Kota yang Salah

Masalah ini mungkin terjadi ketika proses penyortiran di gudang pusat. SiCepat menggunakan bantuan teknologi yang mampu membaca alamat paket, lalu melakukan kategorisasi berdasarkan kota.

Terkadang mesin pun gagal membaca akibat data alamat tidak jelas, ini yang menyebabkan paket akhirnya dikirim ke kota yang salah.

Lama Proses Penyelesaian Paket Criss Cross

Bagi yang bertanya-tanya berapa lama proses penyelesaian ini selesai, pastikan memahami bahwa proses ini biasanya tidak lama. Sesaat setelah kamu mengikuti cara mengatasi paket criss cross, pihak ekspedisi tentu tidak tinggal diam.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Whatsapp Kena Spam Terbaru 2024

Paket yang terkendala dengan masalah ini biasanya selesai dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, tetapi kembali lagi pada seberapa jauh paket menyasar ke tujuan lain. Namun paket akan selalu terkirim kembali ke alamat tujuan.

Apabila paket sudah terlanjur terkirim ke kota yang jauh, mungkin prosesnya membutuhkan waktu yang lebih panjang. Tak heran kalau penerima maupun pengirim paket mulai resah jika mendapati paket mengalami keterlambatan pengiriman.

Meski masalah ini bisa merugikan berbagai pihak, SiCepat akan bertanggung jawab penuh atas kehilangan paket.

Keuntungan Melapor Criss Cross

Ketika penerima paket melakukan pelaporan adanya criss cross kepada pihak ekspedisi, kurir SiCepat menjadi sangat terbantu. Inilah mengapa penting melapor apabila pengiriman mulai melampau jauh dari lokasi tujuan. Sedangkan bagi penerima paket, berikut beberapa keuntungannya:

  • Paket akan segera dicari dan didapatkan dari lokasi yang salah.
  • Paket akan dikembalikan oleh kurir sesegera mungkin.
  • Paket akan dikirim ke alamat yang benar tidak sampai lebih dari 24 jam.
  • Membantu internal SiCepat untuk meningkatkan pelayanan agar masalah serupa tidak terjadi lagi.

Ingat baik-baik cara mengatasi criss cross SiCepat jika masalah ini menimpa kamu. Paket tidak akan hilang dan dijamin akan dikirim ke tujuan. Memang prosesnya bisa panjang, maka dari itu bersabar dan pantau terus status pengirimannya.

Baca Juga: