5 Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

Abockbusup.com – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak pengguna aktifnya. Fungsinya juga beragam dan jumlah followers menjadi salah satu faktor penting yang terkadang malah jadi masalah. Pembahasan kali ini adalah tentang cara mengatasi followers Instagram berkurang sendiri.

Jumlah followers memang bisa mempengaruhi perkembangan sebuah akun. Khususnya bagi akun yang digunakan untuk sarana promosi, baik usaha atau ‘endorsement’. Jadi masalah seperti jumlah followers yang berkurang sendiri ini jelas sangat merugikan.

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab timbulnya masalah ini. Simak pembahasan masalah dan solusinya dalam artikel ini agar bisa mengatasi masalah ini jika memang akun pribadi terkena kekusutan serupa.

Penyebab Followers Instagram Berkurang

Beberapa faktor memang disebut sebagai penyebab terjadinya pengurangan followers. Namun sebenarnya masalah ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu:

  • Berkurang karena memang ditinggalkan oleh followers
  • Berkurang sendiri karena beberapa penyebab

Bahasan kali ini adalah mengenai golongan kedua, dimana pengurangan followers terjadi dengan sendirinya. Bukan karena konten dan kegiatan pemilik akun. Penjelasannya adalah berikut ini:

1. Algoritma Instagram

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, Instagram atau yang biasa disingkat IG juga memiliki algoritma tersendiri. Misalnya, akun-akun yang lama tidak aktif akan dihapus, akun yang kontennya dinilai membahayakan bisa diblokir dan sebagainya.

Jika ada akun-akun yang terkena penghapusan tersebut ternyata juga followers dari akun pengguna, maka tentunya jumlah followersnya akan berkurang sendiri karena hal tersebut. Jadi sering kali bukan kesalahan pemilik akun tersebut tapi algoritma IG bisa mengaturnya sendiri.

2. Akun Palsu

Akun seperti ini kadang disebut akun spam, dan banyak kali akun seperti ini dibuat sebagai Upaya menambahkan jumlah followers pada akun-akun tertentu. Contoh kasusnya adalah orang-orang yang membeli jumlah followers.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Padahal Sudah Benar

Algoritma Instagram akan mendeteksi jenis akun yang seperti ini sehingga akun tersebut akan segera diblokir (suspend). Karena itu jumlah followers bisa berkurang atau hilang dari akun orang yang diikuti tersebut sebagai akibatnya.

3. Sistem Eror

Masalah ini wajar dialami oleh Instagram mengingat aplikasi ini amat banyak penggunanya dan intensitas penggunaannya juga tinggi. Diperburuk dengan adanya risiko peretasan (hacking) akun, cache yang bertumpuk dan lainnya lagi.

Akibatnya kehilangan data bisa saja terjadi yang juga bisa berdampak pada berkurangnya followers pada akun dengan sendirinya.

4. Pengguna Berlangganan Followers Palsu

Kasus seperti ini ternyata cukup banyak terjadi. Biasanya hal tersebut dialami oleh akun-akun yang ingin meningkatkan popularitas secara cepat. Melihat banyaknya followers memang bisa memicu akun lain untuk ikut ‘follow’.

Namun sekali lagi, algoritma Instagram biasanya akan mampu mendeteksi kecurangan seperti ini. Sehingga saat akun-akun yang ‘curang’ ini diketahui, sistem di IG akan menghapusnya. Jadi pengguna tersebut akan kehilangan sejumlah followers.

5. Pengguna Tidak Aktif

Seperti yang disebutkan di atas, algoritma Instagram bisa mendeteksi akun-akun yang tidak aktif. Akun yang tidak aktif dianggap tidak ada fungsinya mengikuti (follow) orang lain sehingga bisa saja dihapus oleh Instagram.

Bisa juga sistem menganggap akun tidak aktif tersebut sebagai bot, jadi bisa terkena blokir (banned) yang kemudian jadi mengurangi jumlah followers di akun pengguna yang diikuti akun tersebut. Karena itu, memang memiliki akun di Instagram juga harus didukung dengan aktivitas yang wajar.

Dengan begitu, algoritma IG menilai bahwa akun tersebut tetap aktif. Misalnya dengan posting konten, membuat IG Story, memberikan komentar, memberikan “Like” atau bahkan berbagi (share) konten ke akun lain. Aktivitas seperti ini, walaupun mungkin tidak terlalu banyak, akan terlihat sebagai akun sungguhan.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Whatsapp Kena Spam Terbaru 2024

Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

Setelah mengetahui berbagai faktor yang bisa menyebabkan pengurangan jumlah followers, berikutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Beberapa solusi berikut bisa diterapkan:

1. Hindari Posting Terlalu Cepat

Dengan mempertimbangkan algoritma Instagram, hindarilah melakukan posting terlalu cepat. Misalnya setiap jam atau sifatnya terlalu sering. Dikhawatirkan algoritma IG akan menganggap pengguna melakukan “spam” sehingga bisa terkena “banned.”

Jadi jika ingin memposting banyak konten, berilah waktu jeda yang cukup. Misalnya beberapa jam sekali. Sehingga algoritma tidak akan merasa sedang di-spam.

2. Membuat Konten yang Disukai

Cara berikut berhubungan dengan followers yang sebenarnya. Dalam arti, pengguna harus mampu membuat konten yang disukai oleh para pengikutnya. Dengan begitu, para followers tetap setia dan tidak pergi (unfollow) dari akun pengguna.

Apalagi misalnya konten tersebut didukung dengan tanda pagar (tagar atau hashtag) yang memang sedang tren atau viral. Biasanya banyak akun yang melihat atau berinteraksi dengan akun pengguna. Dengan begitu, jumlah followers bisa bertambah bukan berkurang.

3. Berinteraksi dengan Followers

Cara mengatasi followers Instagram berkurang sendiri yang lainnya adalah dengan melakukan interaksi dengan para pengikut. Misalnya menjawab komentar, membuat IG Story, atau sesekali melakukan “live streaming” dengan IG Live.

Cara lain adalah dengan secara rutin membuat konten yang menarik dan diposting pada saat aplikasi ini digunakan banyak orang. Misalnya saat jam makan siang atau sore dan malam hari. Sehingga konten yang di posting dilihat oleh banyak orang.

Jika memang konten yang di posting pengguna tersebut bermanfaat atau memberikan nilai lebih, biasanya pengikutnya tidak segan berinteraksi dengan memberikan “Like”, memberikan komentar atau bahkan juga membaginya (share) dengan kenalan mereka.

Semua ini memiliki potensi penambahan jumlah followers, bukan mengurangi. Ini seperti “mengunci” para followers agar tetap mengikuti pengguna dan jumlah followersnya tidak berkurang.

4. Hindari Membeli Followers Palsu

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa membeli followers palsu tidak ada manfaatnya dalam jangka waktu panjang. Karena akun palsu tersebut dapat dihapus oleh algoritma Instagram yang mengakibatkan berkurangnya jumlah followers di akun pengguna.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di YouTube 2024

Jadi jika ingin menambah jumlah followers, lakukan cara seperti para kreator konten pada umumnya. Caranya yaitu dengan membuat konten yang disukai oleh banyak orang sehingga bisa menambah jumlah pengikut secara alami, bukan mendadak tapi kemudian berkurang banyak sekaligus.

5. Saling Follow

Cara mengatasi followers Instagram berkurang sendiri lainnya adalah dengan melakukan saling follow. Seperti di platform media sosial lainnya, ajakan seperti ini juga diterapkan pada banyak platform lainnya. Biasanya ajakan ini dicantumkan dalam “caption” atau konten yang diposting.

Tujuannya adalah saling mendukung dengan memperbanyak jumlah pengikut secara alami, bukan bot atau membeli. Sayangnya banyak juga yang kemudian mundur setelah saling follow sehingga jangan heran jika kemudian jumlah pengikut jadi berkurang lagi.

Cara mengatasi followers Instagram berkurang sendiri memang dapat dilakukan dengan berbagai langkah yang disebutkan di atas. Namun dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan algoritma Instagram yang cukup ketat, hindarilah melakukan pelanggaran aturan Instagram.

Mengumpulkan followers secara alami akan jauh lebih bertahan dibandingkan dengan membeli followers palsu. Karena akan terkena “banned” dari Instagram yang berakibat berkurangnya jumlah pengikut di akun pengguna. Buatlah konten yang menarik agar di-“follow” oleh akun yang nyata dan setia.

Baca Juga: