7 Cara Mengatasi WA Kadaluarsa (Expired) Terbaru 2024


Abockbusup.com – Tidak melakukan update pada aplikasi WhatsApp menyebabkan layanan mengalami kadaluarsa. Pengembang melakukan update secara berkala untuk meningkat fungsional dan mengatasi masalah bug. Agar bisa tetap menggunakan layanan dengan nyaman, pelajari cara mengatasi WA kadaluarsa.

Kondisi WhatsApp kadaluarsa ditandai dengan tampilkan pesan error saat ingin mengakses WhatsApp pada komputer maupun ponsel. Secara berkala WhatsApp senantiasa melakukan update untuk menjaga fungsional, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug.

Hal tersebut dilakukan agar bisa memberikan layanan terbaik bagi pengguna. Namun apabila pembaruan tersebut ditolak, maka aplikasi akan kehilang akses secara bertahap hingga mengalami gangguan ketika digunakan.

Penyebab WhatsApp Mengalami Kadaluarsa

Kendala terkait penggunaan WA seringkali membuat pengguna menjadi bingung dan tidak memahami dengan baik cara mengatasinya. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara mengatasi WA kadaluarsa.

Layanan WhatsApp telah menjadi salah satu yang paling populer dan memiliki jumlah pengguna banyak. Fitur yang dihadirkan sangatlah beragam dan senantiasa di upload agar kualitasnya terjamin.

Proses update tentu membutuhkan waktu dan terkadang berkendala sehingga muncul notifikasi WhatsApp kadaluarsa.

Untuk dapat mengembalikannya seperti normal, pengguna perlu melakukan update. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain yang membuat WhatsApp kadaluarsa. Berikut informasinya.

  • Versi WhatsApp yang digunakan terlalu lama.
  • Pengguna pernah melakukan hapus data pada aplikasi WhatsApp.
  • Pengaturan zona lokasi tidak diaktifkan secara otomatis.
  • Terjadi error pada waktu dan tanggal pada perangkat.
  • Masalah error lainnya.

Inilah Metode Cara Mengatasi WA Kadaluarsa Terbukti Ampuh

WhatsApp bisa mengalami kadaluarsa karena beberapa faktor. Kondisi tersebut tentu perlu segera diatasi agar layanan bisa digunakan secara lancar tanpa kendala. Ketika menerima pesan error, jangan langsung bingung, lakukan beberapa cara mengatasinya dengan mengikuti panduan sebagai berikut.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Status WA Buram Ketika di Upload 2024

1. Update WhatsApp

Pengguna mungkin sering mengabaikan notifikasi update aplikasi yang muncul sehingga seringkali melewatkannya. Padahal hal ini bisa berdampak pada menurunnya fasilitas layanan yang bisa dinikmati.

Agar lebih optimal, update perlu dilakukan secara berkala. Cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa di Android bisa diterapkan secara mudah dengan melakukan update.

Pengguna bisa langsung pergi ke bagian Play Store untuk melakukan update. Langkah-langkah bisa dilakukan secara instan tanpa perlu melakukan konfigurasi tertentu. Seperti inilah tutorial update aplikasi WhatsApp.

  • Klik icon gambar Play Store untuk masuk ke layanan.
  • Tekan gambar Profil yang tersedia di bagian pojok.
  • Masuk ke opsi Manage Apps & Device untuk mengakses daftar aplikasi terinstall.
  • Klik Update Available.
  • Akan muncul daftar aplikasi yang perlu diperbarui. Pilih WhatsApp.
  • Tekan Update untuk melanjutkan.

2. Restart Perangkat

Error tidak hanya bisa disebabkan oleh aplikasi saja, namun juga dapat berasal dari perangkat yang digunakan.

Sistem kerja perangkat yang mengalami kendala akan menurunkan fungsionalnya sehingga aplikasi tidak dapat bekerja secara maksimal dan memunculkan pesan error.

Metode paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan restart perangkat. Dengan menghidupkan ulang perangkat, sistem kerjanya bisa kembali disegarkan dan error pun dapat teratasi.

Cara ini juga dapat secara efektif menghindari kegagalan sistem dan mampu meningkatkan kinerja perangkat. Silahkan menekan tombol power dan pilih restart untuk dapat mematikan dan menghidupkan kembali perangkat.

3. Hapus Cache WhatsApp

Data cache yang sudah menumpuk bisa menjadi masalah dan menghambat kinerja aplikasi. Diantaranya adalah menimbulkan pesan error WhatsApp kadaluarsa muncul. Cara mengatasi WA kadaluarsa ketika cache penuh adalah dengan membersihkannya.

Namun perlu dipahami bahwa menghapus cache dapat menyebabkan data WhatsApp hilang. Untuk itu sebaiknya pengguna melakukan backup terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian. Jika proses backup sudah selesai, silahkan ikuti cara di bawah ini untuk menghapus cache.

  • Pergi ke menu Pengaturan pada ponsel.
  • Klik opsi bagian menu Manage Apps.
  • Daftar aplikasi akan tampil, klik WhatsApp untuk melakukan pengaturan.
  • Akses bagian Storage untuk menemukan opsi yang sesuai.
  • Tekan Clear Cache untuk membersihkan data. Proses akan berlangsung secara otomatis. Tunggu sampai selesai, kemudian silahkan kembali buka app WhatsApp.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Koin Snack Video Tidak Berputar 2024

4. Atur Manual Tanggal dan Waktu

Ketika WhatsApp kadaluarsa maka pengguna tidak bisa mengaksesnya dan harus melakukan pembaruan aplikasi terlebih dahulu. Namun jika tidak ingin langsung melakukannya, kamu bisa melakukan trik sederhana sebagai cara mengatasi WA yang kadaluarsa paling simpel.

Cobalah memanipulasi tanggal dan waktu pada perangkat agar bisa mendapatkan akses kembali. Contohnya ketika tanggal WA kadaluarsa adalah 27 Juli, cobalah ubah dengan waktu sebelumnya misalnya 22 Juli.

Dengan begitu layanan WhatsApp bisa kembali diakses untuk melihat pesan penting atau melakukan backup sebelum memperbarui WhatsApp. Beberapa pengguna mungkin belum memahami bagaimana cara mengubah tanggal secara manual, berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke bagian menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Sistem.
  • Dari daftar tersedia silahkan ketuk Tanggal dan Waktu.
  • Matikan Zona Waktu Otomatis agar bisa melakukan pengaturan secara manual.
  • Atur Tanggal dan Waktu yang sesuai ketika WhatsApp masih berfungsi normal.
  • Cobalah kembali mengakses WhatsApp.

5. Install Ulang WhatsApp

Solusi termudah untuk mengatasi WA kadaluarsa adalah dengan melakukan update. Namun metode tersebut juga bisa saja tidak berjalan efektif. Jika kendala masih juga terjadi meskipun aplikasi sudah di update, maka bisa disimpulkan bahwa aplikasi yang bermasalah.

Artinya kamu harus mengganti aplikasi yang digunakan dengan install ulang. Langkah awal, silahkan backup data aplikasi tersebut dahulu. Kemudian hapus aplikasi agar semua data hilang dan bisa mulai kembali. Kunjungi layanan Play Store untuk install kembali.

Pastikan proses instalasi selesai dengan baik agar akses tidak mengalami masalah. Buka aplikasi untuk dapat login dan memulihkan data cadangan.

6. Aktifkan Atur Lokasi dan Waktu Otomatis

WhatsApp memanfaatkan tanggal dan zona waktu pada ponsel agar dapat bekerja dengan normal. Umumnya pengaturan tentang waktu dan lokasi sudah secara otomatis terupdate. Namun beberapa kendala bisa saja terjadi sehingga tidak terupdate.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Teror Pinjaman Online Ilegal (DC) 2024

Cara mengatasi WA kadaluarsa karena masalah lokasi dan waktu adalah dengan memeriksa pengaturan terkait.

Dengan melakukan pemeriksaan, kamu bisa menyesuaikan pengaturan agar WhatsApp dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami kendala. Seperti inilah cara mengecek pengaturannya.

  • Klik icon gear untuk masuk ke Pengaturan
  • Ketuk bagian opsi Sistem.
  • Tekan menu Tanggal dan Waktu pada daftar yang muncul.
  • Aktifkan Zona Waktu Otomatis agar pembaruan di update sesuai dengan lokasi pengguna secara realtime.

7. Update Melalui Situs WhatsApp Resmi

Proses update tidak hanya bisa dilakukan melalui ponsel secara langsung. Namun pengguna juga bisa mendapatkan WA versi terbaru melalui website resminya. Ini merupakan sumber unduh aplikasi resmi yang sudah pasti terpercaya.

Tersedia untuk beragam jenis perangkat sehingga aksesnya bisa didapatkan secara praktis. Seperti inilah cara mengaksesnya.

  • Buka halaman Browser dan kunjungi link ini
    https://www.whatsapp.com/download?lang=id
  • Klik bagian tombol Unduh.
  • Pilih Sistem Operasi yang digunakan, sesuaikan dengan perangkat.
  • Halaman unduh akan ditampilkan, ikuti panduan yang tertera pada halaman. Install aplikasi setelah selesai diunduh.
  • WhatsApp versi terbaru bisa langsung digunakan.

Cara mengatasi WA kadaluarsa dapat memberikan solusi agar sistem kerja aplikasi bisa kembali normal. Beberapa metode membutuhan langkah konfigurasi sehingga perlu diperhatikan dengan baik agar mampu memberikan hasil maksimal.

Baca Juga:

error: