7 Cara Mengatasi HP di Hack 100% Terbukti Ampuh

Abockbusup.com – Kemunculan hacking memang sangat meresahkan masyarakat luas, terutama para pengguna HP yang kerap kali dibuat merugi. Hacking bisa merusak data, menembus sistem keamanan data, mencuri data perangkat, menipu, dan merugikan orang lain. Lalu bagaimana kira-kira cara mengatasi HP di hack?

Ada beberapa cara mengatasi HP yang sudah di hack, salah satunya meningkatkan keamanan data privasi menjadi 2 tahap. Selain itu, pengguna HP juga sangat disarankan untuk tidak menggunakan berbagai jenis aplikasi Mod atau aplikasi modifikasi, karena risiko terkena hacker sangatlah tinggi.

Sebelum mengatasi hacking pada perangkat HP, maka pengguna harus memahami ciri-ciri HP yang sedang di hack. Ciri-cirinya seperti baterai HP menjadi boros, kuota internet cepat habis padahal jarang digunakan, HP mengeluarkan suara aneh, dan munculnya banyak aplikasi aneh pada perangkat.

Cara Mengatasi HP di Hack Orang Dengan Mudah dan Cepat

Jika pengguna HP merasakan ciri-ciri terkena hack, maka segera lakukan tindakan untuk mengatasinya. Tujuannya tidak lain untuk menyelamatkan privasi dari oknum yang tidak bertanggung jawab, karena bisa saja perbuatannya merugikan banyak orang. Bagaimana alternatif untuk mengatasi HP di hack?

Mengaktifkan Sistem Keamanan Fitur 2FA

Hacker meretas HP orang lain umumnya memiliki tujuan untuk mencuri data yang ditemukan dalam perangkat tersebut. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka sebaiknya pengguna memakai sistem keamanan data ganda atau biasa dikenal dengan fitur 2FA.

Banyak pengguna meremehkan alternatif seperti ini, karena alasan ribet dan tidak paham. Padahal seiring berkembangnya teknologi, kemungkinan akun diretas oleh orang lain sangatlah besar. Maka dari itu, mengaktifkan fitur 2FA bisa juga dijadikan sebagai tindakan preventif.

Fitur 2FA biasanya dimiliki oleh beberapa platform resmi seperti situs belanja online, email, media sosial, layanan perbankan, aplikasi dompet digital, dan lain-lain. Pengguna akan diminta untuk memasukkan kode login sebelum menggunakan platform. Bagaimana penerapannya?

  1. Sebagai contoh, cara mengatasi HP di hack dengan mengaktifkan 2FA melalui Google Gmail. Silahkan buka http://myaccount.google.com/
  2. Klik menu “Security” atau “Keamanan”. Pada bagian “Signing in to Google”, silahkan pilih opsi “2-step verification”. Klik opsi “Get Started”.
  3. Para pengguna akan dibawa login lewat “Akun Gmail” kemudian memasukkan “Password”. Gunakan ponsel untuk melakukan “Verifikasi Identitas
  4. Klik opsi “Coba Sekarang”, kemudian pengguna akan mendapatkan notifikasi telah melakukan login lewat perangkan tertentu. Klik “Yes”.
  5. Masukkan nomor telepon aktif yang biasa digunakan, kemudian klik “Text Message” untuk mendapatkan “Kode Verifikasi”. Klik “Kirim” dan masukkan kode verifikasi yang sudah masuk.
  6. Klik “Next”, kemudian “Turn On” dan fitur 2FA pada Gmail sudah berhasil dilakukan.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo 2022

Segera Nonaktifkan GPS, WiFi, Data, dan Bluetooth

Alternatif satu ini perlu dilakukan, ketika pengguna HP merasa ada hacker yang berusaha mengetahui lokasi keberadaannya. Segera nonaktifkan data paket, GPS, WiFi, dan koneksi bluetooth selama beberapa waktu hingga kondisi aman.

Untuk melakukannya, para pengguna tinggal masuk pada halaman setting HP masing-masing kemudian menonaktifkan aplikasi yang menunjukkan keberadaan tempat. Pengguna hanya perlu menerima koneksi bluetooh dari pengguna lain yang memang dikehendaki.

Matikan sementara aplikasi GPS untuk mencegah hacker bisa melacak lokasi fisik. Hacker ada yang melakukan modus melacak keberadaan seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan seperti perampokan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya, oleh sebab itu perlu hati-hati.

Memasang Aplikasi Anti Malware

Cara mengatasi HP Android di hack bisa dilakukan dengan memasang aplikasi anti malware atau antivirus. Dengan menggunakan aplikasi antivirus, maka ketika ada virus yang masuk perangkat akan segera terdeteksi dan menghilangkannya secara tuntas.

  1. Silahkan lakukan install aplikasi antivirus seperti 360 Security, AVG AntiVirus, Avast Mobile, dan lain-lain.
  2. Jika sudah selesai mendownload aplikasi dari Play Store, silahkan klik tombol “Scan” kemudian tunggu proses scanning hingga selesai dilakukan.
  3. Aplikasi antivirus akan menunjukkan beberapa informasi penting terkait permasalahan yang terjadi dan alternatif mengatasi permasalahannya.
  4. Klik “Repair All”, maka seluruh virus dalam aplikasi akan dihilangkan sampai 100%.

Menonaktifkan Aplikasi VPN

Menonaktifkan aplikasi VPN merupakan salah satu cara mengatasi HP di hack. Aplikasi VPN atau Virtual Private Network termasuk layanan koneksi yang memberikan akses website terlarang dengan mudah. Tahukah kamu kalau tindakan tersebut bisa memicu kebocoran data?

VPN biasanya akan membantu para penggunanya dalam menyambungkan HP ke server lain dengan menggunakan jaringan internet orang lain. Hal inilah akan memicu para hacker lebih mudah mengetahui dan melihat data yang tersimpan dalam perangkat HP tersebut.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka pengguna HP disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi VPN, apalagi untuk bisa mengakses website terlarang dari luar negeri. Tekan lama icon aplikasi VPN, kemudian klik “Uninstall” untuk membuat tindakan hacking bisa dihentikan.

Mematikan Fitur Pengalihan Panggilan

Tindakan hacker menggunakan nomor telepon orang lain bisa diatasi dengan menonaktifkan fitur pengalihan panggilan atau call forwarding. Dalam hal ini, hacker berusaha untuk mengendalikan telepon agar penggunanya tidak bisa menerima panggilan telepon dari orang lain.

  1. Silahkan tekan kode USSD *#21# yang terdapat pada panggilan telepon, kemudian akan ada notifikasi bahwa panggilan dan SMA sedang dialihkan.
  2. Jika pengalihan pada telepon aktif, maka pengguna HP perlu menyadari bahwa telepon sedang disadap oleh oknum tertentu. Segera klik “USSD ##02#.
  3. Tidak butuh waktu lama, maka fitur pengalihan telepon akan segera dinonaktifkan. Para pengguna perlu segera melakukan perubahan password atau menelpon operator seluler.

Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi jika HP di hack yang tidak ribet dengan melakukan factory reset. Fitur tersebut digunakan untuk menghapus semua aplikasi, data, dan settingan HP. Aplikasi dari hacker yang tiba-tiba muncul juga akan dihapus dengan mengaktifkan fitur factory reset.

  1. Silahkan buka menu “Pengaturan” kemudian gulir ke bawah dan temukan menu “General Management”. Klik opsi “Reset” untuk menghapus semua data yang ada dalam ponsel.
  2. Pilih opsi “Factory Data Reset” untuk menampilkan seluruh data yang tersimpan. Klik “Reset” untuk ke tahap berikutnya memasang kode PIN atau password.
  3. HP akan segera menghapus semua data yang ada dalam ponsel selama beberapa menit hingga 100% selesai.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Melakukan Format SD Card

Kartu memori menyimpan banyak data penting yang dimiliki oleh penggunanya, sehingga jalan terbesar hacker meretas HP bisa melalui kartu memori tersebut. Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu dengan memformat seluruh data yang ada dalam memori HP.

  1. Silahkan buka aplikasi “Pengaturan” pada ponsel, kemudian temukan “Perawatan Perangkat”. Klik “Storage” dan pilih opsi “Advanced”.
  2. Pada bagian bawah penyimpanan portabel, klik “Kartu SD” kemudian pilih opsi “Format”. Selanjutnya lakukan konfirmasi dengan klik “Format Kartu SD”.

Sudah tahu kan beberapa ciri-ciri HP yang sedang di hack dan cara mengatasinya? Memang sebenarnya tidak ada yang memahami dengan baik mengenai modus hacker. Oleh sebab itu, ketika kamu menemui kejanggalan dalam perangkat HP, alangkah baiknya untuk segera membawanya ke tukang service.

Untuk melakukan tindakan preventif segera dalam menghentikan modus hacker, maka pengguna HP bisa melakukan cara mengatasi HP di hack di atas. Pastikan bahwa proteksi keamanan pada HP sudah diatur dengan baik, sehingga oknum tertentu tidak dapat menyalahgunakannya.

Baca Juga:

error: