9 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri 100% Ampuh

Abockbusup.com – Tidak ada perangkat buatan manusia yang benar-benar sempurna, termasuk dengan handphone. Salah satu masalah yang sering dialami, adalah HP yang tiba-tiba mati sendiri. cara mengatasi hp mati sendiri itu juga harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Jadi proses penanganan yang dilakukan tidak asal-asalan, sehingga terhindar dari risiko HP mati total dan tidak bisa digunakan kembali. Penyebab dari masalah ini juga cukup beragam, mulai dari kondisi baterai, memori atau RAM, dan lain sebagainya.

Bagi orang awam yang kurang paham, biasanya akan langsung membawa ponsel mereka ke tempat service. Namun jika kamu cukup paham ponsel, mungkin tidak perlu terburu-buru untuk melakukannya. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan awal.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Sesuai Penyebabnya

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, perbaikan pada HP yang mati sendiri itu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Dan mungkin jika kamu bisa tahu penyebab masalah tersebut, bisa langsung melakukan tindakan yang paling tepat.

1. Hindari kondisi RAM penuh

Memori HP atau RAM yang menampung beban di atas kapasitasnya, biasa saja menyebabkan HP mati sendiri pada saat digunakan. Jika hal itu terjadi, maka berarti memori pada ponsel yang kamu gunakan sudah benar-benar penuh.

RAM HP itu bisa penuh biasanya karena kamu membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Karena RAM berusaha untuk menjalankan semua operasi dan penuh, kemungkinan besar akan berpengaruh pada hardware sehingga HP mati sendiri.

Oleh sebab itu, hindari kondisi RAM penuh dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Kamu juga bisa menonaktifkan fitur-fitur yang sekiranya tidak digunakan.

2. Rutin dalam update firmware

Bug pada firmware HP menjadi salah satu penyebab paling umum HP tiba-tiba mati sendiri. Hal ini yang membuat hampir semua produsen ponsel selalu bekerja untuk memperbaiki masalah, error, dan juga bug firmware pada produk-produk mereka.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Selain membuat HP tiba-tiba mati, bug pada firmware ini juga akan memberikan banyak masalah. Misalnya saja seperti penggunaan daya baterai yang lebih boros, perangkat yang menjadi lelet, hingga sistem yang terasa tidak stabil.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu update firmware jika memang tersedia. Kamu bisa minta bantuan pada orang yang ahli jika tidak tahu cara update firmware.

3. Coba cek jadwal daya hidup dan mati

Jadwal hidup dan mati yang diatur, ternyata juga bisa berpengaruh pada kondisi HP yang mati sendiri. Ya, jadwal daya hidup dan mati sendiri, merupakan fitur yang dimiliki oleh beberapa ponsel untuk memudahkan para pengguna.

Akan tetapi, ternyata tidak sedikit pengguna yang tidak sadar akan fitur yang satu ini. Kebanyakan dari mereka lupa jika pengaturan fitur ini sedang aktif. Dan pada waktunya HP mati, mereka akan kaget mengapa tiba-tiba HP yang sedang digunakan mati begitu saja.

Untuk itu, cobalah cek apakah fitur daya hidup dan mati tersebut aktif atau tidak. Jika memang aktif, kamu bisa menonaktifkannya secara permanen.

4. Coba cek pada tombol power

Tombol power (tombol untuk menghidupkan dan mematikan ponsel) juga bisa menjadi penyebab dari masalah yang sangat meresahkan para pengguna HP ini. Keadaan semacam ini, kemungkinan akan membuat HP jadi tidak stabil.

Khususnya untuk HP Android, yang memang dirancang untuk memulai ulang apabila tombol power ditekan dan ditahan selama 8 hingga 10 detik. Nah, jika tombol power tidak berfungsi atau mengalami kerusakan, maka akan membuat HP mati secara tiba-tiba.

Jika penyebab dari masalah tersebut berasal dari tombol power, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain memperbaiki atau menggantinya.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

5. Mengganti baterai HP

Cara untuk mengatasi HP mati sendiri yang berikutnya adalah dengan mengganti baterai HP tersebut. Seperti yang telah diketahui, baterai menjadi media penyimpanan daya agar HP bisa dijalankan seperti bagaimana seharusnya.

Jika baterai mengalami kerusakan, tentu saja akan berdampak pada daya HP itu sendiri, seperti tiba-tiba mati. Arus baterai yang tidak stabil atau tidak mencukupi akan memicu HP menjadi mati. Bahkan setelah mati, biasanya HP tidak mau hidup kembali.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggantinya dengan baterai baru. Namun pastikan kamu membeli baterai original dengan kapasitas daya yang tepat.

6. Hindari penggunaan CPU secara berlebih

Kondisi CPU dengan durasi berlebih, bisa saja membuat HP mati sendiri ketika digunakan. CPU ini merupakan komponen yang memiliki peranan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi pada latar belakang. Penggunaan arus tinggi pada waktu yang lama, akan memicu CPU melakukan pengaturan ulang.

Dan pada saat pengaturan ulang tersebut, biasanya HP akan mati secara otomatis. Oleh sebab itu, kamu perlu mengecek kinerja dari CPU di HP. Jika memang berlebih, kamu bisa coba membekukan atau memaksa berhenti aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Kamu dapat mengurangi kinerja CPU secara manual maupun dengan bantuan aplikasi ketiga. Pada intinya, pastikan CPU HP tidak bekerja terlalu keras.

7. Cek kerusakan pada sistem aplikasi

Penyebab selanjutnya dari HP yang mati sendiri, adalah adanya kerusakan pada sistem aplikasi. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa memicu masalah tersebut, salah satunya adanya virus dan bug. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin melakukan update software.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin scan dan membersihkan virus serta malware dengan bantuan aplikasi ketiga. Jika tidak ditangani dengan segera, virus bisa terus menyebar dan menyebabkan berbagai masalah lain pada HP.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Mencet Mencet Sendiri 2022

8. Hindari  penggunaan HP sampai overheat

Kondisi overheating (komponen terlalu panas) yang masih tetap dipaksa untuk digunakan, bisa juga membuat HP tiba-tiba mati sendiri. Suhu HP yang terlalu panas ini, dapat mengakibatkan adanya korsleting pada setiap komponen.

Perlu untuk diketahui, 40 derajat celcius adalah suhu normal HP ketiga menjalankan program atau aplikasi yang berat. Jika HP kamu bekerja terlalu keras dan suhunya sudah melebihi 40 derajat, sebaiknya istirahatkan HP tersebut selama beberapa saat.

Pastikan kondisi HP sudah dingin atau stabil sebelum digunakan kembali. Kamu bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mendinginkan HP.

9. Rutin membersihkan file sampah

Cara mengatasi HP mati sendiri yang terakhir adalah rutin membersihkan file sampah dan cache. File sampah dan cache ini akan muncul setelah aplikasi yang bersangkutan digunakan. Semakin banyak file sampah yang menumpuk, maka akan membuat memori cepat penuh.

Jika memori terlalu penuh, maka risiko HP tiba-tiba mati juga semakin tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membuka pengaturan dari aplikasi yang sering digunakan. Kemudian bersihkan file sampah dan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Perlu untuk diingatkan lagi, cara mengatasi HP mati sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu harus mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab dari masalah yang dialami.

Kemudian lakukan proses penanganan yang benar, dan masalah bisa diselesaikan dengan semestinya. Jangan sampai salah penangan dan membuat kerusakan tambah parah.

Baca Juga:

error: