7 Cara Mengatasi Iklan di HP Android Tanpa Root

Abockbusup.com – Kemunculan iklan ketika sedang menggunakan ponsel untuk browsing internet dan membuka aplikasi memang sangat menjengkelkan. Iklan juga terkadang membuat kinerja ponsel menjadi lambat dan situs yang dibuka tidak terlihat keseluruhan. Bagaimana kira-kira cara mengatasi iklan di HP?

Ada beberapa pengguna ponsel yang memutuskan untuk memanfaatkan aplikasi penghapus pop up iklan. Namun sayangnya, penggunaan aplikasi pop up iklan tidak selamanya efektif karena bisa membuat kapasitas ponsel penuh, diharuskan berlangganan premium, dan mengandung software berbahaya.

Hal inilah yang membuat masih banyak orang belum mengetahui cara mengatasi iklan yang sering muncul di HP. Jika memang penggunaan aplikasi bisa berpotensi mendatangkan malware, maka pengguna ponsel bisa menggunakan alternatif lain untuk mengatasi iklan yang muncul di HP.

Cara Mengatasi Iklan di HP Android Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Bagi pengguna ponsel yang memiliki kapasitas RAM terbatas, mungkin bisa berpikir ulang untuk menerapkan aplikasi untuk menghilangkan pop up iklan di HP. Masih banyak alternatif lain yang bisa dilakukan agar aktivitas penggunaan ponsel bisa lancar tanpa kemunculan iklan yang menganggu.

Menggunakan Fitur Play Protect

Pernah dengar tentang fitur play protect? Fitur play protect termasuk salah satu layanan Google yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan keamanan aplikasi. Dengan menggunakan play protect, maka memblokir segala jenis iklan yang muncul pada HP nantinya akan lebih mudah.

  1. Silahkan buka aplikasi “Google Play Store” langsung dari perangkat, kemudian pada bagian atas kanan aplikasi, masuk menu bagian “Profil”.
  2. Klik “Play Protect”, maka secara otomatis fitur akan aktif digunakan. Namun ketika fitur tidak bisa digunakan, maka pengguna akan segera mendapatkan notifikasi.
  3. Ketika fitur Play Protect sudah aktif, maka pengguna bisa menggunakannya untuk melakukan pemindaian otomatis. Ketik bagian tulisan sampai muncul tanda berwarna “Hijau”.
  4. Setelah mengaktifkan Play Protect, maka iklan dalam HP tidak akan muncul. Pengguna bisa menonaktifkan fitur Play Protect kapan saja sesuai kebutuhan.
Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Ditekan

Menghapus Aplikasi yang Crowded atau Banyak Muncul Iklan

Cara mengatasi iklan di HP Realme dan jenis merek lainnya bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang banyak memunculkan iklan. Aplikasi yang banyak muncul iklan biasanya akan membuat HP atau ponsel menjadi lemot dan memicu bagian lainnya memunculkan iklan.

Agar aktivitas penggunaan ponsel tidak terganggu, maka pengguna bisa menghapus aplikasi yang banyak memunculkan iklan. Bagaimana cara mengetahui jenis aplikasi yang banyak memunculkan iklan? Ikuti langkah mudahnya sesuai instruksi yang ada di bawah ini.

  1. Silahkan akses bagian “Setting” perangkat, kemudian lakukan schrool bawah sampai menemukan menu “Apps”.
  2. Nantinya halaman akan menampilkan berbagai jenis aplikasi yang sudah berhasil terpasang pada perangkat HP. Tentukan beberapa aplikasi yang ingin dihapus atau uninstall.
  3. Klik “Uninstall” aplikasi, kemudian tunggu sampai proses pencopotan selesai dilakukan. Ketika aplikasi sudah berhasil dihapus, maka akan secara otomatis hilang dari ponsel.
  4. Klik “Restart” untuk membersihkan cache aplikasi, sehingga kapasitas ponsel kembali semula.

Mengaktifkan Fitur Security Settings

Tips ketiga menghilangkan pop up iklan di ponsel bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan fitur “Security Settings”. Namun belum tentu semua jenis ponsel memiliki fitur “Security Settings” sehingga metode bisa diterapkan pada beberapa jenis ponsel saja.

Fitur security settings bisa digunakan untuk memblokir iklan yang sering kali muncul dan membuat perangkat lemot. Umumnya kebanyakan ponsel memiliki fitur tersebut, hanya saja namanya mungkin berbeda satu sama lain. Bagaimana cara menggunakan fitur security settings?

  1. Langkah pertama, buka menu “Setting” pada perangkat HP, kemudian masuk bagian “Security Settings”.
  2. Klik “Security Settings” kemudian aktifkan dengan tanda tombol berubah warna menjadi biru. Dengan fitur “Security Settings”, maka unduhan “Sumber Tidak Dikenal” tidak bisa dilakukan.

Penggunaan aplikasi modifikasi dari pihak ketiga terkadang bisa mendatangkan virus malware pada ponsel. Deteksi virus sering ditandai dengan kemunculan iklan, sehingga dengan fitur “Security Settings”, maka iklan yang muncul pada HP mudah diblokir.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri 100% Ampuh

Merubah Setting Pada Google Chrome

Kemunculan iklan pada ponsel bisa disebabkan karena penggunaan platform Google Chrome. Terkadang banyak pengguna ponsel yang tidak menyadari ketika mengunjungi situs yang banyak mendatangkan iklan, sehingga wajar saat iklan terus muncul dan membuat jengkel.

Untuk mengurangi intensitas kemunculan iklan bahkan menghilangkannya sama sekali, kamu bisa merubah setting pada laman Google Chrome. Nantinya akan ada menu pop up yang bisa memblokir semua iklan yang bermunculan ketika pengguna mengakses Google Chrome.

  1. Cara mengatasi iklan di HP ketika menggunakan platform Google Chrome cukup panjang. Langkah pertama, silahkan pilih “Titik Tiga” yang lokasinya ada pada sebelah kanan atas.
  2. Klik “Settings”, kemudian cari dan pilih opsi “Pop-Up dan Redirects” untuk menemukan toogle. Tampilan nanti akan berubah menjadi warna abu-abu sebagai tanda iklan telah di blokir.
  3. Untuk memastikan iklan tidak muncul kembali, maka pengguna bisa menghapus history pada Google Chrome. Silahkan buka “Google Chrome” lalu klik icon berbentuk “Titik Tiga”.
  4. Schrool ke bawah sampai menemukan opsi “History”, klik “Hapus Data Penjelajahan”, maka iklan yang sering muncul bisa terblokir.

Memilih Bayar Biaya Langganan

Iklan yang sering ditemui pada sebuah situs ataupun aplikasi sebenarnya adalah cara developer untuk bisa mendapatkan uang. Semakin banyak pengguna yang menonton dan meng-klik iklan, maka uang bisa dimanfaatkan untuk biaya operasional, keuntungan, dan pengembangan aplikasi.

Jika pengguna ponsel tidak ingin diganggu iklan ketika menggunakan aplikasi tertentu, maka bisa update menjadi akun premium dengan cara membayar biaya langganan. Dengan adanya biaya berlangganan dari pengguna, maka developer bisa tetap mendapatkan keuntungan.

Untuk biaya berlangganan agar bebas iklan tiap developer mematok dengan harga yang berbeda-beda. Biasanya biaya berlangganan bisa mulai Rp35k sampai dengan Rp50k ke atas tergantung aplikasi yang ingin digunakan agar terbebas dari iklan.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

Menghentikan Notifikasi Dari Situs Web Tertentu

Cara mengatasi iklan di HP Samsung dan beberapa merek lainnya dengan berusaha untuk menghentikan notifikasi dari situs web. Bagaimana cara mematikan izin notifikasinya? Akses melalui Google Chrome dan ikuti instruksi di bawah ini.

  1. Buka aplikasi “Google Chrome”, kemudian bukan laman webnya. Pada bagian sebelah kanan alamat, klik icon “Titik Tiga”.
  2. Pilih opsi “i” atau fitur “Info”, kemudian “Permissions”. Pilih “Block Notifikasi” pada situs yang ingin dibuka, maka secara otomatis iklan tidak akan muncul pada situs tersebut.

Mencoba Mengubah DNS untuk Memblokir Iklan

Trik termudah dalam memblokir iklan melalui HP Android bisa dilakukan dengan mengubah Private DNS. Saat akan melakukan perubahan DNS, maka pengguna tidak perlu download aplikasi lainnya, cukup ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka “Pengaturan” untuk blokir iklan, kemudian klik “Connection and Internet”.
  2. Klik “Next” kemudian “Private DNS”. Selanjutnya pilih opsi “Private DNS Provider Hostname”. Masukkan “adguard.com” atau biasa dikenal dengan “us.adhole.org”. Klik “Save”.

Punya akses root? Jika pengguna memiliki akses root, maka bisa menggunakan AdAway. Platform tersebut menggunakan file host, sehingga bisa membantu dalam usaha pemblokiran iklan. AdAway bisa membantu iklan yang muncul pada browser dan juga aplikasi.

Jadi cara mengatasi iklan di HP manakah yang ingin digunakan? Semua alternatif yang dijelaskan di atas tidak mengharuskan penggunanya untuk download aplikasi terlebih dahulu. Tinggal ikuti langkah dan ubah setting sesuai ketentuan, maka pemblokiran iklan bisa dilakukan.

Baca Juga:

error: