7 Cara Mengatasi HP Ngeblank Error Tanpa Root

Abockbusup.com – Kondisi saat layar ponsel ngeblank itu tidak semata-mata terjadi karena kerusakan pada mesin perangkat. Pasalnya ada kasus dimana layar ponsel mati tetapi mesinnya masih hidup. Lalu bagaimana cara mengatasi HP ngeblank.

Nah, jadi ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut. Selain karena komponen yang bermasalah, sistem yang error, terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat HP menjadi blank dan layarnya hitam atau putih.

Untuk mengurangi pengeluaran karena membawa ponsel ke tempat service, kamu bisa melakukan beberapa tindakan awal untuk menyelamatkannya. Oleh sebab itu, terus simak informasi tentang penanganan HP ngeblank berikut ini.

Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara mengatasi HP yang ngeblank sendiri sebenarnya cukup banyak, tergantung penyebab dari masalah tersebut. Jadi jangan terburu-buru untuk mengganti komponen apapun sebelum kamu mencoba beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Melepaskan case pelindung HP

Layar HP blank hitam bisa terjadi karena sensor proximity yang tertutup oleh casing tambahan yang dipasang. Sensor yang satu ini berfungsi untuk mematikan layar HP agar daya baterai bisa lebih hemat dan tidak cepat habis.

Dengan begitu, jika casing menutupi bagian sensor proximity, maka sistem Android akan mengira jika ponsel sedang digunakan untuk menelepon oleh pengguna. Secara otomatis layar HP menjadi gelap, layaknya sedang blank.

Oleh sebab itu, langkah pertama dan yang paling mudah adalah dengan melepaskan casing tambahan pada HP kamu. Selain melepas casing, jangan lupa untuk membersihkan area sensor tersebut dari debu dan kotoran yang menempel

2. Restart ponsel

Apabila masalah HP blank ini terjadi sejak HP dinyalakan, kemungkinan besar masalah ini berasal dari sistem operasi yang digunakan. Nah, jadi sistem operasi yang tidak mau bekerja akan membuat layar HP hitam tanpa ada gambar atau tulisan yang muncul.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo 2022

Padahal suara notifikasi HP dihidupkan sudah terdengar, namun layar HP masih tetap mati. Mungkin saja karena sistem operasi gagal untuk memproses tampilan layar. Untuk mengatasinya, kamu bisa restart HP tersebut.

Walaupun terdengar sederhana, namun restart HP ini ternyata memberikan banyak manfaat, lho. Pasalnya, restart HP akan membuat ponsel memulai ulang setiap sistem dan program dalam HP, sehingga kinerjanya bisa kembali normal.

3. Mengganti baterai HP

Ketika dihidupkan layar HP sudah menampilkan logo Android, namun beberapa saat menjadi hitam alias blank begitu saja. Hal ini menandakan bahwa layar yang blank terjadi karena kerusakan yang terjadi pada komponen baterai HP.

Ya, tegangan baterai yang sudah drop, akan membuat ponsel Android milikmu selalu mati ketika dihidupkan. Namun untuk mencobanya, kamu bisa meminjam baterai milik teman yang tipenya sama terlebih dahulu.

Dan jika sudah dicoba dan baterai HP temanmu mampu menopang daya ponsel, kamu bisa langsung mengganti baterai HP milikmu. Sebenarnya ada alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan kejut baterai, tetapi hal tersebut tidak disarankan.

4. Keringkan perangkat jika terkena air

Seperti yang telah diketahui, bahwa salah satu pantangan dari alat elektronik seperti HP adalah air. Mungkin HP yang terkena cipratan air tidak akan mengalami masalah-masalah yang berarti. Namun berbeda jika HP tersebut tercebur ke dalam air.

Tentu saja bagi sebagian besar HP akan timbul berbagai macam masalah, terutama pada komponen-komponen di dalamnya. Salah satunya adalah membuat layar HP menjadi blank. Berikut ini cara mengatasi HP ngeblank yang bisa dilakukan.

  1. Langkah pertama, kamu harus mengeringkan HP dengan melepaskan cover serta baterainya.
  2. Kemudian masukkan perangkat ke dalam beras agar airnya benar-benar terserap oleh beras tersebut.
  3. Biarkan perangkat berada di dalam beras selama 2 hingga 3 hari lamanya.
  4. Jika sudah, coba pasang lagi baterai dan cover, lalu hidupkan lagi HP.
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara 100% Ampuh

5. Bersihkan konektor layar

Untuk membersihkan konektor atau soket layar HP memang dibutuhkan keberanian. Dalam cara ini, kamu diharuskan untuk membongkar HP sendiri. Jadi jika merasa tidak yakin, sebaiknya minta bantuan orang yang ahli atau membawa ke service center saja.

Namun jika kamu memang suka membongkar-bongkar HP, siapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti obeng. Kemudian simak, pahami, dan ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. Jangan sampai ada yang salah ya, agar tidak ada kesalahan yang menimbulkan kerusakan tambahan.

  1. Matikan dulu ponsel kamu, lalu lepas casing bagian belakangnya.
  2. Setelah itu, langsung saja lepas baterainya.
  3. Kemudian perhatikan pada bagian samping dan cari soket dari layar.
  4. Nah, sekarang gunakan penghapus untuk membersihkan soket tersebut.
  5. Pastikan bagian ujung konektor sudah benar-benar bersih, ya.
  6. Jika sudah, pasang kembali konektor, baterai, dan casing.
  7. Terakhir, coba nyalakan kembali ponsel. Apakah kondisinya sudah normal atau belum.

6. Hapus cache HP Android

Cache sendiri merupakan data sementara yang tersimpan di dalam memori internal smartphone. Adanya cache ini berfungsi agar proses transfer data lebih cepat.

Umumnya, cache digunakan pada aplikasi peramban atau browser untuk memproses data yang sudah pernah diakses sebelumnya.

Apabila file cache di HP tidak pernah dibersihkan, ukuran data yang ada akan semakin besar. Alhasil, HP kamu akan menjadi lag, bahkan error. Hal ini terjadi karena memori ponsel yang semakin penuh dan membuat kapasitas RAM untuk berpikir berkurang.

Oleh karena itu, kamu harus rutin menghapus cache di HP paling tidak seminggu sekali. Penghapusan cache ini bisa dilakukan secara langsung dari pengaturan maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun disarankan untuk menghapusnya secara manual dari pengaturan.

7. Menghapus aplikasi yang diinstall terakhir

Cara mengatasi HP ngeblank terakhir adalah uninstall aplikasi. Sebuah aplikasi baru yang diinstall, tidak menutup kemungkinan untuk membuat ponsel menjadi blank. Mungkin sebelumnya kamu tidak tahu akan hal ini, namun aplikasi tersebut mungkin tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

Selain itu, untuk aplikasi-aplikasi yang didownload dari situs ilegal juga berkemungkinan membawa virus atau malware ke dalam perangkat. Nah, serangan virus dan malware inilah yang dapat menjadi penyebab HP ngeblank.

Untuk mengatasinya, melakukan reset data pabrik merupakan adalah langkah yang tepat. Reset data pabrik sendiri akan mengembalikan pengaturan sistem di ponsel seperti semula. Untuk melakukannya, simak dan ikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini.

  1. Pertama, matikan dulu HP yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu, tekan kombinasi tombol sesuai dengan merek dan tipe HP.
  3. Jika sudah masuk ke dalam Recovery Menu, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih.
  4. Pilih Recovery Mode dengan menekan tombol power.
  5. Kemudian cari, lalu pilih opsi wipe data / factory reset.
  6. Terakhir, pilih opsi Yes dan delete all user data.
  7. Tunggu selama beberapa saat, maka proses reset data pabrik akan berlangsung.

Silahkan ikuti beberapa cara mengatasi HP ngeblank yang sudah dijelaskan di atas dan ikuti setiap langkahnya dengan teliti. Namun ada juga kemungkinan kegagalan jikalau penyebab dari blank-nya HP adalah komponen layar itu sendiri.

Jika hal ini sudah terjadi, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain menggantinya dengan layar baru. Dan untuk mengganti layar baru, kamu perlu bersiap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam lagi.

Baca Juga:

error: