5 Cara Mengatasi Cas HP Tidak Masuk 100% Work

Abockbusup.com – Cara mengatasi cas HP tidak masuk sebenarnya ada banyak. Namun, tidak semua orang memahami hal itu dengan baik. Akhirnya, ada banyak sekali orang yang melakukan kesalahan dan memicu kerusakan pada charger ataupun HP.

Sebenarnya masalah pengecasan ini sangat penting dan sensitif untuk diperhatikan. Jika sampai mengalami kesalahan, kerusakan pada perangkat ataupun gadget masih bisa terjadi. Akhirnya harus beli baru atau melakukan servis.

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi cas HP tidak masuk yang paling sering terjadi. Selain itu, juga akan dibahas cara terbaik untuk menggunakan charger agar bisa digunakan dengan baik dan tidak mudah rusak.

Cara Mengatasi Cas HP Tidak Masuk

Untuk mengatasi penyebab HP tidak bisa dicas, disarankan untuk mengikuti beberapa poin berikut. Gunakan sesuai dengan kebutuhan agar proses pengisian tidak terhambat.

1. Ganti Kabel

Cara mengatasi cas HP tidak masuk yang pertama adalah dengan melakukan proses penggantian pada kabel. Penggantian pada kabel ini dilakukan karena biasanya kabel yang sering digunakan akan mengalami kerusakan secara berkala.

Kerusakan terjadi karena kabel digulung atau terlipat-lipat saat dipakai atau disimpan. Seiring berjalannya waktu, kualitas dari kabel itu juga akan mengalami penurunan dan akhirnya mengalami kerusakan.

Apabila sudah rusak, berarti tidak bisa digunakan untuk menyalurkan energi listrik pada baterai. Jadi, mau tidak mau memang harus melakukan proses penggantian pada kabel terlebih dahulu. Untuk melakukannya, bisa langsung membeli aksesoris yang asli.

Usahakan untuk menggunakan kabel yang jenisnya sama agar bisa menghantarkan energi listrik dengan baik. Apabila kabelnya tidak sama atau lebih buruk, kemungkinan besar pengisian baterai juga akan terhambat.

2. Ganti Kepala Charger

Selain kerusakan pada kabel yang digunakan, ternyata ada kemungkinan kerusakan pada kepala charger yang dipakai. Adaptor ini bisa saja mengalami kerusakan karena digunakan berkali-kali atau bisa saja karena masalah lainnya.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri 100% Ampuh

Beberapa adaptor bisa mengalami kerusakan karena terjatuh atau pecah. Jadi, beberapa komponen di dalamnya tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Jadi, pastikan untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan HP yang lain.

Jika setelah dicoba dengan HP yang lain juga tidak masuk, kemungkinan besar bagian adaptor ini harus benar-benar diganti. Jika tidak dilakukan, kemungkinan besar proses pengecasan tidak akan bisa berjalan.

3. Cek Tegangan di Charger

Lakukan pengecekan tegangan terlebih dahulu pada charger yang dipakai. Setiap charger pasti memiliki tegangan berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan jenis baterai ponsel yang sedang digunakan saat ini.

Apabila tegangannya terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, kemungkinan besar akan ada ketidakcocokan. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah karena bisa memicu pengecasan tidak bisa masuk sama sekali.

Pastikan menggunakan charger yang memiliki rentang tegangan yang sudah direkomendasikan. Dengan menggunakan yang direkomendasikan tersebut, pengisian bisa berjalan dengan lebih mudah dan juga cepat.

4. Memeriksa Port HP

Lakukan pemeriksaan pada port yang ada di bagian bawah HP terlebih dahulu. Apabila di bagian port itu ada kotoran atau sejenisnya, kemungkinan besar tidak akan bisa dimanfaatkan lagi. Karena begitu kabel dimasukkan akan langsung ada penolakan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada bagian port tersebut. Apabila tidak ada gangguan sama sekali, atau tidak ada kotorannya berarti proses pengisian tetap bisa berjalan dengan baik.

Apabila yang terjadi justru sebaliknya karena ada banyak sekali kotoran. Berarti harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pengecasan agar semuanya berjalan dengan baik. Terkadang, kita lupa membersihkannya dan akhirnya menganggap jika yang rusak adalah HP.

5. Melakukan Servis

Cara terakhir untuk mengatasi ini adalah dengan cara melakukan proses service terlebih dahulu. Ini terjadi karena pada bagian port untuk pengisian daya mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot 100% Berhasil

Kerusakan ini bisa terjadi karena ada masalah pada kabel atau masalah lainnya. Jadi, untuk mereka yang masih sangat awam dengan service HP tidak akan bisa memperbaikinya sendiri. Jadi, mau tidak mau memang harus dibawa ke tukang service terlebih dahulu.

Biasanya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis ini bervariasi. Namun, secara umum biaya yang nantinya akan dibayarkan sekitar Rp 200.000. Namun, bisa saja lebih murah tergantung dengan pasaran service di kota kamu.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Charger

Apabila ingin memaksimalkan penggunaan dari charger, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan Charger Asli

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan dari charger pastikan untuk memanfaatkan charger yang asli. Gunakan adaptor dan kabel yang asli agar bisa memaksimalkan seluruh fungsi dari HP.

Apabila menggunakan yang palsu atau produk yang lain dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan pada port. Bahkan bisa saja menyebabkan kerusakan pada HP apabila dibiarkan.

Jadi, hanya gunakan charger bawaan ketika membeli HP. Apabila membeli bekas, pastikan untuk membeli dengan charger bawaan atau bisa juga membeli charger baru yang merupakan suku cadang asli.

2. Gunakan Tegangan yang Direkomendasikan

Usahakan menggunakan tegangan yang direkomendasikan untuk baterai HP tersebut. Seperti yang sudah dibahas di atas, tegangan ini sangat mempengaruhi kecepatan dari pengisian baterai.

Selain itu, juga akan menentukan apakah baterai yang nantinya digunakan jadi awet atau tidak. Jadi dianjurkan untuk menggunakan rentang yang tepat untuk menghindari terjadinya kerusakan.

3. Ganti Kabel secara Berkala

Usahakan untuk melakukan proses penggantian kabel secara berkala. Proses penggantian kabel secara berkala ini harus dilakukan secara terus-menerus. Paling tidak setiap 6 bulan sekali untuk menghindari terjadinya masalah pada pengisian daya.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot di HP 2022

Apalagi saat melakukan penyimpanan kabel tersebut kamu sering melipatnya atau tertekuk. Jadi, komponen bagian dalamnya bisa saja mengalami kerusakan.

4. Hindari Gonta-ganti Charger

Usahakan untuk tidak gonta-ganti charger pada HP yang sama. Apabila hal ini terjadi bisa saja memicu terjadinya kerusakan pada port dan pengisian jadi tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Itulah kenapa, disarankan untuk selalu membawa charger ke mana pun pergi. Jadi, kemungkinan besar tidak akan ada gangguan pada port ataupun baterai yang sedang digunakan.

Apabila terlanjur menggunakan charger yang lain, pastikan untuk menggunakan kabel yang sesuai. Selain itu, jangan digunakan secara terus-menerus atau berlebihan.

5. Jangan Pakai Charger di Gadget Lain

Beberapa orang biasanya cenderung membawa satu charger lalu digunakan untuk berbagai gadget. Apabila berasal dari produk yang sama serta memiliki rekomendasi energi listrik yang sama, berarti tidak ada masalah sama sekali.

Sebaliknya, apabila produknya berbeda atau dari merek yang tidak sama, berarti harus menggunakan charger bawaan. Karena mau bagaimanapun apabila menggunakan charger yang berbeda-beda dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan.

Cara mengatasi cas HP tidak masuk ternyata cukup sederhana, tapi harus diperhatikan dengan sangat baik. Karena mau bagaimanapun alat ini berfungsi untuk menyalurkan listrik ke HP sehingga nantinya akan mengisi daya pada baterai.

Kesalahan seperti menggunakan charger yang memiliki tegangan lebih tinggi atau lebih rendah bisa memengaruhi pengisian. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat. Jadi, selalu perhatikan dengan baik.

Baca Juga:

error: