7 Cara Mengatasi HP Ngefreeze 2024 Terbukti Berhasil

Abockbusup.com – Bagaimana cara mengatasi HP ngefreeze merupakan topik pembahasan yang tentunya banyak dicari solusinya, terutama bagi mereka yang mengalami hal tersebut. Selama masa pemakaian, handphone memang kerap kali mengalami berbagai kendala, dan salah satunya freeze atau hang ini.

Jika masalah ini hanya terjadi sekali atau dua kali saja mungkin tidak menjadi kendala. Akan tetapi, jika dirasa terlalu sering dan mengganggu aktivitas penggunaan handphone, maka jangan sampai dibiarkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara yang harus dilakukan jika HP freeze.

Apa itu Pengertian HP Nge-freeze?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi HP ngefreeze, perlu terlebih dahulu memahami apa pengertiannya. “Nge-freeze” atau “freeze” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana perangkat elektronik, seperti ponsel atau komputer, tidak bisa melakukan apapun.

Ini biasanya terjadi karena perangkat tidak mampu menangani beban yang diberikan kepadanya atau karena ada masalah dengan sistem operasi atau aplikasi yang sedang berjalan.

Jika HP nge-freeze, mungkin tidak dapat mengakses aplikasi atau menggunakan fitur lainnya pada perangkat tersebut. Kamu mungkin juga mengalami masalah dengan respon perangkat terhadap perintah yang diberikan.

Ketika mengalami hal ini karena akan sangat mengganggu karena segala fungsi handphone tidak dapat digunakan. Mulai dari membuka aplikasi, menjalankan sosial media, main game, bahkan untuk membukanya sekalipun tidak bisa.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan handphone nge-freeze seolah membeku dan diam dengan kondisi layar terus menyala. Bisa jadi karena prosesornya lambat, memorinya tidak mencukupi, atau ruang penyimpanan yang kurang.

Selain itu, bisa juga terjadi karena ada kesalahan atau permasalahan dengan aplikasi atau perangkat lunak tertentu. Kerap kali, penyebabnya akan timbul dengan sendirinya tanpa perbaikan sesuai dan di sisi lain masalah yang terjadi juga kadang-kadang normal dengan sendirinya.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi HP Gerak Sendiri 100% Berhasil

Cara Mengatasi HP Ngefreeze dengan Mudah

Handphone yang mengalami freeze pastinya akan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Berbagai aktivitas tidak akan berjalan dengan baik kalau perangkat yang dimiliki tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP ngefreeze yang bisa dilakukan sendiri.

1. Menyalakan Ulang Perangkat

Menyalakan ulang handphone atau restart dapat menjadi solusi untuk mengatasi handphone yang freeze atau terjebak dalam mode hang. Proses ini akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan mengatur ulang sistem handphone.

Caranya cukup dengan menekan tombol power pada handphone hingga muncul opsi “Restart“, kemudian pilih opsi tersebut untuk memulai proses restart. Jika perangkat tidak merespon, cobalah mencabut baterai selama beberapa saat kemudian pasang kembali dan nyalakan kembali.

2. Memperbarui Sistem Operasi

Penyebab HP nge-freeze juga bisa karena sistem operasi sudah usang. Perangkat lunak sistem yang cacat dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga dan tidak teratur. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbarui perangkat ke versi terbaru dari sistem operasi perangkat.

Caranya cukup dengan membuka aplikasi pengaturan di handphone, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh developer untuk melakukan pembaruan.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses menu System, kemudian pilih opsi Advance dan System Update yang terletak di bagian bawah. Ikuti cara-cara yang ditampilkan di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan.

3. Memperbarui Aplikasi yang Terinstal di Handphone

Cara mengatasi HP ngefreeze yang berikutnya adalah dengan memperbarui aplikasi yang terinstal. Bisa saja, aplikasi yang sudah out of date harus diperbarui karena menyebabkannya hang atau beku.

Untuk memperbaruinya cukup mudah, cukup kunjungi Play Store untuk selanjutnya mengupdate aplikasi yang sudah ada pembaruannya tersebut, caranya sebagai berikut:

  • Buka Google Play Store di perangkat. Pengguna dapat menemukannya dengan menggunakan tombol “Aplikasi” di layar utama atau dengan mencari di daftar aplikasi.
  • Di bagian atas layar, ketuk tombol “Menu” (yang terdiri dari tiga garis horisontal).
  • Pilih “My apps & games“. Ini akan membuka daftar aplikasi yang tersedia untuk diupdate.
  • Jika ada aplikasi yang tersedia untuk diupdate, maka akan muncul tombol “Update” di samping nama aplikasi tersebut. Ketik tombol “Update” untuk memulai proses update.
  • Jika tidak ada aplikasi yang tersedia untuk diupdate, maka akan muncul pesan “Tidak ada update tersedia“.
  • Ini berarti semua aplikasi di perangkat sudah diupdate ke versi terbaru.
  • Kamu juga dapat memperbarui aplikasi secara otomatis dengan mengaktifkan opsi “Update aplikasi secara otomatis” di menu “Pengaturan” di Google Play Store.
  • Dengan mengaktifkan opsi ini, aplikasi yang tersedia untuk pembaruan akan diupdate secara otomatis saat terhubung ke jaringan Wi-Fi.
Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Oppo Bootloop 100% Pasti Berhasil

4. Menutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Cara selanjutnya yaitu dengan menutup aplikasi yang sedang berjalan. Menurut Life Wire, prosedur ini berguna jika aplikasi macet dan tidak dapat digunakan, ketika kamu mengetuknya tetapi aplikasi tersebut tidak terbuka atau tidak merespons.

Seperti di komputer, memaksa aplikasi untuk ditutup akan menghentikan aplikasi sehingga dapat memulainya lagi. Di sisi lain, pada sistem operasi iOS, pengguna tidak perlu sering keluar dari aplikasi.

iOS akan secara otomatis memperhatikan aplikasi yang harus berjalan dan menghentikan mana yang tidak memerlukan banyak sumber daya perangkat.

5. Menghapus File-file yang Tidak Diperlukan

Kapasitas ruang memori penyimpanan internal yang terlalu penuh juga bisa menjadi salah satu pemicu HP yang freeze. Oleh karena itu, pengguna harus lebih aware lagi dan mengecek berapa memori yang tersedia. Jika ternyata sudah 90% atau lebih, maka mulailah memeriksa ulang file.

Cari mana saja yang sudah tidak diperlukan lagi agar dapat langsung dihapus. Utamakan file-file yang berukuran besar terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melakukan backup kalau memang diperlukan.

6. Hapus Aplikasi yang Mengalami Bug atau Bermasalah

Seringkali, ada aplikasi di handphone yang memang mengalami masalah atau bug. Terlebih lagi, jika diinstal dari sumber tidak terpercaya misalnya versi apk. Apabila memang ternyata mengalami kendala di aplikasi tersebut, jangan ragu untuk menghapusnya.

7. Melakukan Setel Ulang Pabrik atau Factory Reset

Jika cara mengatasi HP ngefreeze yang telah dicoba tidak membantu mengatasi masalah pada perangkat, mungkin perlu mereset atau mengatur ulang perangkat. Ini akan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal seperti saat pertama kali dibeli.

Setelah reset, selanjutnya dapat melakukan proses pengaturan seperti biasa. Pada sistem operasi iOS dan Android, pengguna juga dapat memulihkan perangkat dari cadangan yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah “freeze” pada perangkat Android atau iOS. Cara-cara tersebut meliputi menutup aplikasi yang bermasalah, mereset atau mengatur ulang aplikasi, serta mereset ulang perangkat.

Meskipun demikian, jika cara mengatasi HP ngefreeze masih tidak berhasil, mungkin ada masalah yang lebih dalam pada perangkat. Dalam hal ini, mungkin perlu menghubungi layanan pelanggan atau bawa perangkat ke toko servis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga: