4 Cara Mengatasi HP Bootloop Terbaru 100% Work

Abockbusup.com – Mengetahui penyebab dan cara mengatasi HP bootloop harus dipahami oleh para penggunanya. Dengan memahami hal ini, kamu bisa dengan mudah mengatasi masalahnya atau bisa juga diminimalkan risikonya.

Sayangnya banyak dari kita yang cenderung tidak paham dan langsung membawa HP ke tukang servis terdekat. Padahal bisa saja hal itu diatasi dengan beberapa cara sederhana dan tidak perlu sampai mengeluarkan uang sama sekali.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi HP bootloop dengan mudah, pahami juga penyebabnya. Semuanya akan dibahas secara rinci di bawah ini agar kamu lebih paham dan tidak langsung panik saat HP kamu bermasalah.

Apa Itu Bootloop?

Bootloop merupakan kondisi yang membuat HP jadi mati lalu menyala dengan sendirinya. Ini bisa terjadi hingga berkali-kali dan menyebabkan pengguna jadi tidak bisa memanfaatkan ponsel mereka secara maksimal.

Bootloop biasanya terjadi karena beberapa hal. Ada yang muncul karena gangguan pada sistem dan ada juga yang disebabkan oleh masalah kerusakan pada hardware HP.

Kondisi ini sering terjadi khususnya bagi yang menggunakan ponsel Android. Apabila mengalaminya, disarankan untuk mengetahui apa saja penyebabnya sehingga bisa diatasi dengan lebih mudah.

Penyebab Utama Bootloop

Mengetahui penyebab utama terjadinya bootloop merupakan hal penting bagi pengguna Android. Tujuannya adalah untuk bisa mencegah supaya hal buruk tidak sampai terjadi. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Penyimpanan Terlalu Penuh

Penyebab utama dari kondisi bootloop yang paling sering terjadi adalah penyimpanan pada HP yang sudah terlalu penuh. Biasanya penyimpanan yang terlalu penuh ini bisa menyebabkan gangguan seperti sistem yang tidak bisa bekerja.

Karena mau bagaimanapun ketika sistem akan bekerja juga membutuhkan ruangan untuk berjalan. Apabila ruangan khususnya memori internalnya penuh, kemungkinan besar aktivitas itu tidak akan bisa dilakukan sama sekali.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Iklan di HP Android Tanpa Root

Salah satu efek yang paling sering terjadi adalah HP mendadak menjadi lemot. Selain itu, ada kemungkinan gadget ini jadi tidak bisa digunakan lagi karena sudah terlalu sesak dan akhirnya sering mati dan menyala dengan sendirinya.

2. Gagal Saat Update Sistem

Terkadang gagalnya update pada sistem juga memicu terjadinya bootloop. Biasanya dalam periode tertentu ponsel akan mendapatkan update sistem dengan ukuran yang cukup besar. Jadi, disarankan untuk langsung melakukan download.

Sayangnya, ketika melakukan proses download terkadang kerap terjadi masalah. Akibatnya ketika melakukan penerapan pada sistem yang baru terjadi gangguan. Ini bisa menyebabkan masalah berupa bootloop.

Itulah kenapa saat sedang melakukan update pada sistem, disarankan menggunakan koneksi yang stabil. Penggunaan koneksi yang stabil ini sangat penting karena akan membuat seseorang menjadi lebih mudah melakukan update tanpa melakukan kesalahan.

3. Pakai ROM Mod

Beberapa orang biasanya sering melakukan modifikasi pada sistem operasi yang dimiliki oleh HP. Mereka tidak menggunakan ROM yang asli lagi tetapi lebih memanfaatkan versi modifikasi yang sebenarnya sangat berbahaya.

Sistem versi modifikasi ini kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah tidak hanya pada bootloop saja. Bahkan, bisa menyebabkan kehilangan data apalagi jika hp sampai tidak bisa dinyalakan kembali.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menghindari penggunaan sistem operasi modifikasi. Kalaupun tetap ingin menggunakannya, pastikan kamu memang sudah ahli dalam hal itu sehingga risiko untuk mengalami masalah menjadi sangat kecil.

4. Memasang Aplikasi Pihak Ketiga

Memasang aplikasi pihak ketiga ternyata juga bisa menyebabkan HP bermasalah. Kondisi ini apabila dibiarkan bisa memicu masalah yang cukup serius. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghapus beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah terlanjur ada.

Aplikasi ini biasanya dapat menyebabkan masalah karena mereka akan menggunakan sistem dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan itu untuk keperluan pencurian data.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP Ngeblank Error Tanpa Root

Sistem ini juga bisa merusak sistem keamanan sehingga secara umum HP akan mengalami kerusakan. Apabila hal ini diabaikan, kemungkinan besar akan menyebabkan perangkat jadi tidak bisa digunakan kembali atau mengalami bootloop.

5. Faktor Kerusakan Hardware

Berbagai kerusakan hardware juga bisa menyebabkan kondisi ini muncul. Kerusakan pada hardware khususnya yang berhubungan dengan memori ataupun chipset juga bisa memicu terjadinya bootloop hingga berkali-kali.

Kondisi seperti ini bisa saja muncul dan menyebabkan HP jadi tidak bisa digunakan sama sekali. Karena sistem akan mengalami kerusakan yang cukup parah dan hal ini akan sulit untuk diatasi kecuali diservis.

Karena kerusakan hardware yang cukup parah biasanya lebih disarankan untuk langsung membeli HP baru saja. Karena jika tidak, kemungkinan besar biaya servis yang nantinya dibebankan hampir sama dengan harga HP baru.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Cara mengatasi HP bootloop bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan salah satu dari pembahasan berikut. Pilih salah satu yang paling tepat sesuai dengan penyebabnya.

1. Restart HP

Cara pertama untuk mengatasi HP bootloop adalah dengan melakukan proses restart terlebih dahulu. Ini adalah cara yang paling mudah karena biasanya ponsel yang mengalami mati dan menyala hingga beberapa kali terganggu pada bagian sistem.

Sistem menjadi sangat penuh sehingga mau tidak mau harus dilakukan proses refresh terlebih dahulu. Biasanya setelah melakukan itu, ponsel akan kembali lancar ketika digunakan. Jadi coba lakukan restart sekali atau bisa dimatikan dulu selama beberapa saat baru dinyalakan.

2. Factory Reset

Cara selanjutnya bisa dilakukan apabila kerusakan sistem sudah tidak bisa ditangani dengan melakukan restart. Dengan melakukan factory reset, seluruh data yang ada pada HP akan dikembalikan lagi seperti semula.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis 2022

Jadi, kondisi HP jadi mirip sekali dengan baru. Itulah kenapa biasanya cara ini yang paling sering dilakukan karena cukup mudah. Namun, pastikan untuk melakukan backup data-data penting agar tidak hilang.

3. Wipe Cache Partition

Wipe cache partition merupakan penghapusan partisi berisi cache pada sistem di dalam ponsel. Penghapusan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembatasan sehingga seluruh ruang pada RAM bisa digunakan secara maksimal.

Untuk mengaktifkannya, disarankan untuk menekan tombol volume up atau volume down dan tombol power secara bersamaan. Setelah itu, bisa langsung dilepaskan lalu menu booting pada layar akan muncul untuk menuju ke wipe cache partition.

4. Flashing ROM

Cara mengatasi HP bootloop Xiaomi dan lainnya yang sudah sangat parah adalah dengan melakukan flash. Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan berbagai masalah lalu memasang lagi sistem operasi yang baru sesuai dengan jenis HP.

Dengan menggunakan cara tersebut akan lebih mudah untuk melakukan flash dengan maksimal. Jad, HP akan kembali lagi seperti semula layaknya sedang melakukan factory reset.

Cara mengatasi HP bootloop khususnya di Android bisa dilakukan dengan mudah asal kamu bisa melakukan analisis masalahnya. Karena beberapa kondisi masih bisa dicegah agar HP yang kamu gunakan tidak mati dan menyala dengan sendirinya.

Karena jika sudah sampai mati secara terus-menerus, HP tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Bahkan, ada kemungkinan HP jadi tidak berguna sama sekali. Penanganan yang tepat pada bootloop akan meminimalkan kerusakan sistem dan mengembalikan fungsi gadget.

Baca Juga:

error: