7 Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Terbaru 2024

Abockbusup.com – Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot dibutuhkan bagi mereka yang terkendala koneksi. Di era digital seperti saat ini, handphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang.

Baik untuk berkomunikasi, sumber informasi, sampai bertransaksi, semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat via handphone. Namun, dalam menjalankan fungsinya yang semakin kompleks, handphone memerlukan konektivitas internet kencang yang memadai.

Bahkan, minimal perlu jaringan 4G agar bisa mengakses beragam aplikasi dengan lancar. Sayangnya, terkadang ditemui kendala lemot yang mengganggu aktifitas pengguna. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Penyebab Jaringan 4G Lemot

Sebelum membahas cara mengatasi jaringan 4G yang lemot, akan diterangkan penyebabnya. Perkembangan teknologi terus berjalan seiring dengan kebutuhan masyarakat akan akses internet yang lebih cepat dan stabil. Salah satu teknologi yang kini banyak digunakan adalah 4G.

Namun, di tengah kecepatan yang ditawarkan, seringkali pengguna merasa sinyal 4G yang mereka gunakan lemot. Padahal, sinyal ini seharusnya memberikan koneksi internet yang cepat dan stabil. Lalu, apa yang menyebabkan sinyal lemot? Berikut penjelasannya.

1. Sistem Handphone Bermasalah

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya koneksi internet yang lemot adalah adanya masalah pada sistem pada perangkat smartphone yang digunakan. Meskipun jaringan internet sudah terhubung secara baik, namun apabila ada permasalahan pada sistem, maka konektivitas online akan terganggu.

2. Tidak Terjangkau Jaringan Provider

Meskipun provider internet menawarkan jaringan 4G yang cepat, faktanya kadang tidak sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, sebagai pengguna kamu perlu mencari cara untuk mengatasi koneksi 4G yang lambat.

Hal ini disebabkan oleh pilihan provider yang memiliki jangkauan BTS dan kuota berbeda di setiap wilayah. Masalah yang sering terjadi adalah ketika kamu tinggal di daerah pedalaman dengan banyak pohon. Hal ini dapat berdampak pada sinyal yang diterima dan bisa memperlambat koneksi internet.

Baca Juga:  9 Cara Internet Gratis Kartu Indosat Bebas Tanpa Kuota

3. Di Sebuah Wilayah Terlalu Banyak Penggunanya

Salah satu penyebab koneksi internet lambat adalah karena banyaknya pengguna di suatu wilayah yang menggunakan layanan internet. Masalah ini dapat disebabkan oleh operator telekomunikasi yang membatasi kecepatan internet di wilayah tersebut.

Pendistribusian bandwidth internet yang tidak merata dapat mengakibatkan beberapa daerah harus menerima koneksi yang lebih lambat. Ini bisa dibilang juga sebagai strategi yang diterapkan oleh operator seluler.

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Sendiri

Kendala jaringan 4G yang lemot memang akan sangat mengganggu dalam aktivitas. Kamu tidak bisa menggunakan smartphone secara maksimal baik itu untuk bekerja kau masih streaming, dan lainnya. Oleh karena itu, hal ini cara mengatasi jaringan 4G yang lemot bisa disimak sebagai berikut:

1. Restart Perangkat

Jika kamu mengalami masalah dengan koneksi internet 4G yang lambat, salah satu cara mengatasinya adalah dengan me-restart ponsel. Dalam beberapa kasus, sistem pada ponsel yang bermasalah dapat dipulihkan setelah dimatikan dan kemudian dinyalakan kembali.

Saat kamu mematikan ponsel untuk sementara, aplikasi yang sebelumnya berjalan dan mungkin menyebabkan gangguan pada jaringan internet akan terhenti. Dengan begitu, kemungkinan besar jaringan internet pada ponsel akan beroperasi dengan lancar.

Diharapkan, penggunaan akan seperti biasa setelah kamu menghidupkan ponsel kembali. Meskipun cara ini sederhana, merestart ponsel bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi jaringan internet yang lambat.

2. Memeriksa Kuota

Bagaimana cara mengatasi koneksi internet yang lambat selanjutnya yaitu dengan memeriksa kuota internet. Jika koneksi internet tiba-tiba lemot, kemungkinan data seluler yang digunakan kamu sudah habis atau menipis.

Penting untuk memeriksa pesan atau pemberitahuan dari operator mengenai jumlah kuota internet yang masih tersedia di ponsel kamu. Biasanya, provider akan memberikan pemberitahuan melalui SMS atau notifikasi di aplikasi ketika kuota kamu tersisa kurang dari 1 GB.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Login ke Jaringan Indosat Ooredoo

Dengan memperhatikan kuota yang tersisa, kamu dapat mengatur penggunaan internet dengan lebih baik. Harapannya, bisa menjaga koneksi yang stabil selama penggunaan internet.

3. Memeriksa Jaringan

Saat menggunakan smartphone, kamu seringkali mengalami masalah dengan sinyal terputus atau melemah. Jika hal tersebut terjadi, kamu dapat mencoba keluar dari ruangan untuk mencari sinyal yang lebih stabil dan kuat.

Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot ini terbukti cukup efektif dalam mengatasi koneksi internet 4G yang lemot. Namun, jika setelah mencoba cara tersebut masalah masih terus berlanjut, kamu dapat menghubungi operator penyedia layanan.

Gangguan yang kamu alami mungkin disebabkan oleh masalah di penyedia jaringan atau provider. Kamu juga dapat mencoba untuk menggunakan provider lain guna memastikan ketersediaan jaringan.

Jika berhasil menggunakan koneksi internet dengan provider lain, maka dapat diduga masalah ada pada provider yang kamu gunakan sebelumnya. Ada kemungkinan mereka tidak dapat menjangkau daerah kamu yang mengakibatkan masalah pada koneksi internet.

4. Memeriksa APN

Salah satu cara mengatasi koneksi internet 4G yang lambat adalah dengan memeriksa Access Point Names atau APN. Kamu sebaiknya menggunakan APN tanpa username atau password untuk aktivasi kartu seluler.

Setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda-beda tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Di OS Android contohnya, pengaturan APN dapat ditemukan pada menu Pengaturan Jaringan Seluler. Sementara pada iOS, pengaturannya terdapat pada menu pengaturan data seluler.

Cara ini dapat diterapkan pada semua jaringan 4G LTE dari provider seluler yang ada di Indonesia. Setelah memeriksa dan mengatur APN, kamu dianjurkan untuk me-restart ponsel sebelum memulai lagi koneksi internet agar jaringan internet dapat beroperasi dengan lebih stabil.

5. Restart Settingan Sistem

Merestart atau mengatur ulang sistem operasi dapat menjadi solusi ketika kamu mengalami masalah dengan koneksi internet 4G yang lambat. Beberapa jaringan bahkan bisa kembali normal setelah melakukan langkah ini.

Jika kamu sudah mencoba cara mengatasi jaringan 4G yang lemot ini namun tetap mengalami masalah, maka disarankan untuk mencoba flashing ulang firmware smartphone.

Dengan melakukan flashing ulang, seharusnya semua sistem pada ponsel kamu dapat bekerja seperti semula dan dapat mengatasi masalah pada koneksi internet.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Jaringan XL Lemot 100% Berhasil

6. Mengakses Safe Mode

Salah satu cara mudah untuk mengatasi koneksi internet 4G yang lambat pada ponsel adalah dengan menggunakan Safe Mode. Kamu dapat mengaksesnya dengan menekan tombol power off ponsel agak lama, lalu mengklik OK.

Jika kamu berhasil masuk ke Safe Mode dan ponsel kamu beroperasi dengan baik pada mode tersebut, ini menandakan bahwa masalah koneksi internet yang lambat disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terpasang di ponsel.

Dengan mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah, kamu dapat menghapusnya atau mengatur penggunaannya. Khususnya, dalam meningkatkan koneksi internet pada ponsel.

7. Mendatangi Service Center

Jika semua cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah koneksi internet 4G yang lambat, kamu dapat membawa ponsel ke service center terdekat. Hal ini mungkin disebabkan oleh gangguan pada hardware di ponsel kamu yang perlu diperbaiki.

Di service center, teknisi akan memeriksa seluruh bagian ponsel untuk menemukan apa yang menyebabkan masalah. Sebelum membawa ponsel kesana, penting bagi kamu untuk melakukan backup data agar data penting di ponsel tidak hilang jika terjadi pengaturan ulang pada handphone.

Koneksi internet 4G yang lambat bisa sangat mengganggu kamu dalam melakukan aktivitas online. Namun, terdapat beberapa cara mengatasi jaringan 4G yang lemot ini. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, koneksi internet di smartphone dapat kembali stabil dan lancar.

Baca Juga: