9 Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Pada Laptop/PC

Abockbusup.com – Diketahui ada banyak penyebab yang membuat mengapa kursor laptop tidak dapat bergerak. Namun, bagaimana cara mengatasi kursor tidak bergerak? Perlu diketahui bahwa permasalahan ini bisa saja terjadi pada bagian hardware.

Bisa saja pada bagian driver yang belum terupdate. Meskipun demikian, jangan langsung panik karena permasalahan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dipastikan, ketika kursor mengalami masalah, maka hal ini sulit bagi pengguna untuk dapat mengoperasikan laptop.

Penyebab yang terjadi bisa karena pengaturan mouse maupun touchpad yang bermasalah, driver belum terupdate, USB mouse bermasalah, mencabut mouse yang terlalu keras, atau menekan touchpad yang terlalu keras.

Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak

Sebelum mengatasi kursor yang tidak bergerak, maka perlu dipahami dengan baik bahwa kondisi touchpad yang kotor juga bisa menimbulkan kerusakan atau error pada bagian kursor. Kunci dari cara untuk mengatasi permasalahan IT yaitu mengetahui sumber utama permasalahannya.

Kemudian, barulah kamu berfokus untuk mengatasinya. Ada beberapa cara mengatasi kursor tidak bergerak Windows 10 cara yang bisa dipraktekkan sekarang juga, yaitu seperti berikut:

1. Membersihkan Permukaan Touchpad

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kondisi touchpad yang kotor maka membuat kursor tidak mau bergerak. Untuk mengatasi hal tersebut, pastinya kamu harus mengetahui apakah touchpad laptop memang benar-benar berdebu atau tidak.

Apabila memang kotor, maka harus membersihkan touchpad supaya fungsinya dapat kembali normal. Pengguna tinggal mengelap touchpad dengan tisu, kain microfiber, atau kuas pembersih laptop.

2. Merestart Laptop

Beberapa dari permasalahan IT, contohnya seperti laptop yang ngehang atau ngefreeze, dapat diatasi dengan cara memulai ulang perangkat. Cara ini hampir sama seperti ketika menggunakan untuk mengatasi permasalahan bagian kursor laptop yang tidak mau bergerak.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar 2024

Untuk mengatasi cara ini kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan CTRL + ALT+ Del
  • Jika sudah menekan tombol kombinasi tersebut, secara otomatis laptop akan mati dan menyala dengan sendirinya.
  • Ketika sudah menyala, silakan geser touchpad atau mouse agar bisa memastikan bahwa kursor dapat berfungsi kembali.

3. Pastikan Touchpad Aktif

Setiap laptop pastinya mempunyai tombol function yang bisa digunakan untuk melakukan pengubahan pengaturan tertentu. Apabila kursor laptop tidak bergerak secara tiba-tiba, maka bisa disebabkan karena tidak sengaja menekan tombol function yang digunakan.

Terutama untuk menonaktifkan bagian pengaturan touchpad. Sebab itulah, cara yang harus lakukan yaitu melakukan pemeriksaan dan memastikan bahwa pengaturan di bagian touchpad dalam kondisi aktif. Untuk bisa memastikannya, silakan tekan tombol dari F1 hingga F12 pada keyboard laptop.

Kemudian carilah logo touchpad. Dari sini dapat secara langsung menekan tombol tersebut untuk melakukan pengubahan pengaturannya. Apabila permasalahan belum selesai juga, kamu dapat mencoba untuk shortcut dengan menekan tombol yang memiliki logo touchpad + FN.

4. Mengecek Konektivitas USB

Cara mengatasi kursor tidak bergerak selanjutnya yaitu dengan melakukan pengecekan pada bagian konektivitas USB. Mouse yang sedang gunakan, baik itu menggunakan USB mouse kabel atau wireless.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah, karena kamu dapat melakukan pemeriksaan secara langsung yaitu mencabut port mouse terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pemeriksaan kabelnya, apakah ada kabel yang terputus atau tidak.

Apabila menggunakan mouse wireless, pastikan bahwa baterai mouse tersebut tidak habis. Kemudian sambungkan mouse ke laptop dan lihat perubahannya.

5. Update Driver

Agar bisa menjalankan mouse dan touchpad, maka sistem operasi laptop membutuhkan driver. Apabila driver bermasalah, maka membuat touchpad maupun mouse tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Alasan inilah yang membuat mengapa kursor laptop tidak dapat bergerak. Namun tenang saja, karena kamu dapat mengatasi permasalahan ini dengan cara memperbarui drive pada touchpad dan juga mouse pada versi terbaru. Berikut ini cara update driver yang bisa diikuti, yaitu:

  • Pertama, buka device manager.
  • Caranya tinggal menekan tombol Windows + R.
  • Kemudian ketik msc.
  • Lalu tekan tombol
  • Selanjutnya tinggal buka pilihan mice and other pointing device agar bisa melihat beberapa pilihan lain dengan menekan tab.
  • Kemudian klik tombol navigasi yang ada di keyboard untuk bisa mengarahkan.
  • Selanjutnya tinggal pilih driver dengan tulisan touchpad maupun
  • Lalu tekan tombol
  • Silakan arahkan di bagian tab driver.
  • Kemudian pilih update driver.
  • Selanjutnya tinggal memilih opsi sort automatically for update driver di jendela yang muncul.
  • Tunggulah sampai proses selesai.
Baca Juga:  Cara Mengisi Tinta Printer Semua Jenis Printer 2024

Untuk cara yang ada di atas bisa digunakan untuk memperbarui driver mouse. Akan tetapi ketika memilih driver, silahkan pilih opsi yang bertuliskan mouse.

6. Memeriksa Pengaturan

Penting bagi kamu untuk melakukan pemeriksaan pengaturan di bagian enhanced pointer precision. Ini merupakan sebuah pengaturan yang banyak digunakan agar dapat meningkatkan ketepatan kursor pada laptop.

Namun, pengaturan tersebut diketahui dapat menimbulkan kursor stuck. Terutama untuk pengguna Windows 10. Sebab itu, cara mengatasi kursor yang tidak bergerak pada Windows 10 maka harus mematikan pengaturan enhanced pointer preciation terlebih dahulu.

Caranya dengan masuk ke bagian menu control panel. Agar lebih jelas, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Silahkan ketik control panel yang ada di bagian short bar.
  • Kemudian klik open atau buka agar bisa masuk ke menu tersebut.
  • Selanjutnya, tinggal pilih opsi hardware dan
  • Pilih
  • Selanjutnya tinggal klik tab pointer option.
  • Setelah itu, hilangkan tanda centang yang ada di bagian tulisan enhanced pointer preciation.

7. Scan dengan Command Prompt

Cara mengatasi kursor tidak bergerak selanjutnya yaitu dengan melakukan scan melalui command prompt. Command Prompt atau CMD adalah fitur yang dapat digunakan untuk bisa memindai penyebab serta mengatasi permasalahan kursor laptop yang tidak bergerak.

Jika ingin menggunakan fitur ini, maka kamu bisa mengikuti langkah sederhana yang ada di bawah berikut:

  • Pertama, langsung saja tekan Windows + R.
  • Setelah itu ketik
  • Kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + Enter.
  • Apabila jendela command prompt sudah terbuka, langsung saja ketik SFC atau scan now.
  • Lalu tekan tombol
  • Setelah itu tunggulah sampai proses pemindaian selesai.
  • Apabila sudah berhasil, silakan ketik save down atau R
Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

8. Menggunakan Mouse Eksternal

Tidak ada salahnya apabila kamu menggunakan mouse eksternal jika memang langkah-langkah di atas belum menghasilkan perbaikan sesuai yang diharapkan. Bisa juga dapat melakukan pengecekan apakah bagian kursor masih macet atau tidak.

Caranya dengan menggerakkan mouse eksternal secara perlahan. Apabila masih mengalami permasalahan kursor macet, maka pasanglah mouse di bagian port lainnya untuk bisa melakukan pengecekan juga.

9. Membawa ke Tempat Service Center

Apabila beberapa langkah yang ada di atas tidak membuahkan hasil juga, maka langkah terakhir yang masih bisa andalkan yaitu dengan membawanya ke tempat service center.

Melalui service center, maka dapat melaporkan semua keluhan yang berhubungan dengan permasalahan tersebut agar kursor yang tidak bergerak dapat diperbaiki.

Tidak sulit bagi kamu untuk mengikuti cara mengatasi kursor tidak bergerak seperti apa yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itu ketika mendapati kursor tidak mau bergerak, maka tidak perlu panik bisa menggunakan beberapa langkah yang ada di atas.

Baca Juga: