8 Cara Mengatasi Printer Not Responding (Semua Merk)


Abockbusup.com – Printer tidak hanya bisa mengalami kerusakan karena masalah eksternal atau hardware saja. Printer juga bisa mengalami masalah internal, biasanya terlihat dengan notifikasi not responding. Cara mengatasi printer not responding tidak sulit, asalkan kamu tahu langkah-langkahnya.

Ketika muncul notifikasi tersebut, bukan berarti printer sudah tak bisa lagi digunakan. Bisa saja printer hanya mengalami ringan yang sebenarnya bisa kamu selesaikan sendiri. Beberapa rekomendasi cara yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut.

Penyebab Masalah Printer Not Responding Ketika Digunakan

Penyebab printer not responding sebenarnya bervariasi, ada yang karena masalah software, ada pula karena kelalaian pribadi, beberapa diantaranya yang umum terjadi adalah:

1. Koneksi yang Buruk

Salah satu penyebab paling umum dari masalah Printer Not Respondingadalah koneksi yang buruk antara komputer dengan printer. Hal ini bisa terjadi jika kabel USB yang menghubungkan printer ke komputer rusak atau sebaliknya, tidak terhubung dengan baik.

2. Driver Printer Belum di Update

Beberapa driver printer menyediakan pilihan update untuk mempebarui performanya. Jika software ini tidak di update atau di operasikan dengan baik, besar kemungkinan driver akan mengalami masalah dan memunculkan notifikasi not responding.

3. Permasalahan Jaringan (Jika Menggunakan Printer Nirkabel)

Penggunaan printer nirkabel makin sering ditemui belakangan. Namun printer ini juga rawan rusak apabila jaringan nirkabel yang digunakan tidak bekerja dengan baik. Bisa jadi printer menampilkan notifikasi not responding karena kehilangan koneksi nirkabel atau konfigurasi yang kurang pas.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi File Corrupt di Flashdisk, SD Card, Hardisk

4. Terlalu Banyak Mencetak

Sebenarnya memang tidak ada batasan maksimal percetakan pada printer. Namun jika kamu terlalu banyak mencetak di satu waktu sekaligus, maka printer kemungkinan mengalami overheat. Ini nantinya akan membuat printer panas dan menampilkan notifikasi printer not responding.

Cara Mengatasi Printer Not Responding dengan Benar

Kini kamu sudah tahu cara mudah untuk mengidentifikasi mengapa printer mengalami masalah not responding. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan cara-cara berikut.

1. Periksa Koneksi Fisik

Cara pertama untuk mengatasi printer not responding Canon atau merk lain adalah memeriksa koneksi fisik atau kabel. Jika menggunakan kabel USB, pastikan kebalnya terhubung dengan baik, tidak hanya ke printer, tapi juga ke komputer. Apabila kabel USB sudah usang, pertimbangkan menggunakan kabel yang baru.

2. Restart Printer

Berikutnya kamu juga bisa mencoba mematikan printer selama beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Cara ini direkomendasikan jika printer mengalami overheat atau terlalu banyak mencetak dalam waktu yang sama.

3. Perbarui Driver Printer

Periksa apakah driver printer mengalami bug atau crash. Untuk memperbaikinya, kamu bisa gunakan cara berikut ini.

  • Klik start pada Windows, lanjutkan dengan memilih menu Settings.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke menu Apps and Features.
  • Akan terbuka jendela baru, silahkan pilih Uninstall a program.
  • Geserkan ke bawah sampai kamu menemukan driver printer.
  • Klik kanan driver tersebut, kemudian pilih uninstall this program.
  • Ikuti panduan penghapusan dan tunggu sampai proses uninstall selesai.

Jika proses pencopotan sudah selesai, kamu bisa melanjutkan dengan melakukan install ulang dirver. Cukup dengan mengulangi cara yang sama seperti kamu melakukan install program pertama kali. Buka website dari brand printer yang kamu gunakan dan ikuti petunjuknya.

4. Cek Kompatibilitas Printer

Canon printer not responding Windows 10 memang umum terjadi, sebab printer keluaran lama memang sudah tidak kompatibel dengan versi Windows terbaru. Karena itu kamu tidak disarankan menggunakan printer lama dan menyambungkan kompatibilitasnya dengan Windows 10 keatas.

Baca Juga:  6 Cara Menghubungkan Printer ke Laptop 100% Mudah

5. Melakukan Stop Print Spooler

Printer memiliki sistem bernama stop print spooler untuk menjalankan berbagai perintah dari PC atau laptop. Kadangkala sistem ini juga bisa mengalami masalah, sehingga memunculkan notifikasi not responding, berikut adalah cara memperbaikinya.

  • Klik bersamaan tombol Windos dan R, nantinya akan muncul jendela baru.
  • Untuk melanjutkan, ketikkan msc lalu tekan OK untuk ke tahap berikutnya.
  • Muncul lagi jendela baru, cari dan geser ke bawah sampai menemukan print spooler.
  • Silahkan klik kanan print spooler, kemudian lanjutkan dengan memilih properties.
  • Pilih Stop untuk menghentikan service tersebut, kemudian klik start untuk melanjutkan service setelah di diamkan selama beberapa menit.

6. Melakukan Reset pada Printer

Cara mengatasi printer error juga bisa dilakukan dengan melakukan reset. Cara ini termasuk yang paling cepat mengatasi printer not responding, apalagi jika cara sebelumnya tidak berhasil. Nantinya printer akan dikembalikan ke setelan pabrik agar bisa digunakan kembali.

Reset printer bisa dilakukan dengan dua cara, manual ataupun otomatis. Cara manual adalah dengan menekan tombol restart selama 2 – 3 menit, sedangkan cara otomatis menggunakan aplikasi printer sesuai jenis dan tipenya.

7. Periksa Sistem yang Digunakan

Sistem yang ada di printer harus selalu dalam keadaan stabil agar performanya terjaga. Jika tidak, proses percetakan dokumen juga tidak bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah cara mengecek sistem pada printer yang bisa kamu lakukan.

  • Buka komputer, di bagian pencarian silahkan ketikkan defrag.
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan tekan tombol optimize untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, nantinya kamu akan merasakan kinerja printer menjadi lebih maksimal.

8. Bawa ke Tempat Service

Kalau kamu takut memperbaiki printer sendiri, cara mengatasi printer not responding Canon atau merk lainnya adalah membawa printer ke tempat service. Dengan datang ke tempat service, printer akan mendapatkan perawatan sesuai penyebab dan faktor masalah rusaknya.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Windows Error Recovery Terbaru

Tips Mencegah Masalah “Printer Not Responding”

Selain mengatasi masalah tersebut, pencegahan juga penting untuk menghindari masalah “Printer Not Responding” di masa depan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah dari permasalahan printer ini, diantaranya:

1. Perbarui Driver Secara Berkala

Selalu pastikan untuk memiliki driver printer terbaru, pastikan yang sudah kompatibel dan seuai dengan sistem OS PC atau laptop yang dimiliki. Jangan ragu memeriksa situs web produsen printer untuk pembaruan dan update terbaru.

2. Lakukan Perawatan Rutin

Bersihkan printer secara teratur, termasuk membersihkan penarik kertas dan cartridge tinta. Langkah ini dapat membantu menghindari masalah fisik pada printer dan termasuk cara mengatasi printer not responding yang paling mudah untuk dilakukan.

3. Gunakan Kabel USB yang Berkualitas

Jika kamu menggunakan kabel USB untuk printe, pastikan kabel tersebut berkualitas baik dan tidak rusak. Segera ganti kabel USB jika ada bagian yang rusak, pecah, ataupun tergores untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Usahakan untuk menggunakan printer sewajarnya, misalnya dengan tidak mencetak dokumen terlalu banyak di satu waktu. Pilih juga jenis kertas yang sesuai dengan rekomendasi dari produsen printer, sehingga hasil print yang dihasilkan sesuai keinginan.

Jika kamu tetap mengalami masalah printer not responding meskipun telah mencoba semua langkah di atas, bisa saja printer memang sudah rusak. Cara mengatasi printer not responding ini tidak hanya bisa digunakan untuk printer Canon, tapi juga printer Epson dan lainnya.

Baca Juga:

error: