6 Cara Mengatasi kWh Over Limit di Rumah 2024

Abockbusup.com – Bagi yang menggunakan listrik token di rumah, pastinya sudah akrab dengan masalah over limit. Masalah ini terjadi apabila penggunaan listrik melebihi batas yang ditentukan. Tetapi ada cara mengatasi kWh over limit di rumah supaya masalah ini tidak terjadi lagi.

Pasalnya saat terjadi over limit, biaya tagihan listrik bisa membengkak besar. Apalagi kalau tidak menyadari bahwa penggunaan listrik di rumah sudah berlebihan. Listrik memang sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik.

Namun jangan khawatir apabila masalah ini terjadi kembali. Kenali apa penyebab dan beragam cara mengatasi masalah ini pada artikel sebagai berikut!

Tips Bagaimana Cara Mengatasi KWH Over Limit

Sebetulnya tidak ada cara pasti untuk mencegah terjadinya over limit, namun ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan untuk mengontrol penggunaan listrik agar tidak terjadi over limit. Beberapa tips yang dimaksud di antaranya yaitu:

1. Mematikan Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan

Cara paling mudah mencegah terjadinya over limit adalah dengan mengendalikan penggunaan listrik di rumah. Memang ada beberapa perangkat elektronik yang terus-menerus menggunakan daya, seperti kulkas.

Namun untuk perangkat seperti lampu, televisi, komputer dan sejenisnya, sebaiknya digunakan saat perlu saja.

Apabila tidak digunakan, maka perangkat-perangkat tersebut perlu dimatikan guna mengurangi penggunaan listrik berlebihan. Dengan pengaturan secara ketat, tagihan listrik pun bisa lebih hemat.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Padahal Sudah Benar

2. Menggunakan Alat Penghemat Listrik

Sudah banyak alat penghemat listrik yang dijual di pasaran. Sesuai namanya, alat-alat tersebut berguna untuk mengurangi konsumsi daya dan memperkecil biaya tagihan listrik. Beberapa alat yang biasa digunakan di antaranya yaitu power strip, timer, hingga pengatur suhu otomatis.

Dengan menginstal alat-alat tersebut, tentu dapat membantu mencegah terjadinya over limit kWh di rumah. Pastikan menggunakan alat yang kualitasnya bagus supaya keamanan selama penggunaan pun terjamin.

3. Mengganti Komponen Listrik yang Lebih Baik

Cara mengatasi kWh over limit selanjutnya adalah menggunakan komponen kelistrikan yang berkualitas. Terkadang masalah ini terjadi bukan karena penggunaan listrik berlebihan, namun dampak akibat kualitas kelistrikan yang tidak baik.

Jadi, mulailah memperbaiki kelistrikan di rumah dan menggantinya dengan komponen yang lebih baik, khususnya komponen yang sudah tua.

Dengan begitu, rumah pun lebih terlindung dari risiko kebakaran akibat korsleting listrik yang bisa terjadi akibat over limit kWh.

4. Beralih Menggunakan Lampu LED

Kalau belum menggunakan lampu LED, mulailah beralih menggunakannya dan meninggalkan lampu konvensional. Dari segi daya yang digunakan, lampu LED jelas lebih kecil. Alhasil, penggunaan lampu LED tidak membuat tagihan listrik membengkak.

Penggunaan lampu LED yang berkepanjangan juga bagus untuk solusi kWh over limit. Dibandingkan lampu konvensional, lampu ini lebih ramah lingkungan dan umur penggunaannya lebih panjang.

5. Mengurangi Ketergantungan Penggunaan Listrik PLN

Memang sulit mengurangi ketergantungan penggunaan listrik dari PLN, tetapi kamu bisa melakukannya dengan memasang panel surya. Harga panel surya saat ini masih cukup mahal, namun manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Panel surya dapat memasok kebutuhan listrik di rumah, sehingga membantu mencegah kWh over limit. Selain itu, panel surya juga berguna untuk mengurangi emisi karbon. Tak heran mulai banyak orang yang menggunakan panel surya untuk menambah pasokan listrik di rumah.

6. Meminta Bantuan Kepada PLN

Jika memang tidak ada cara mengatasi kWh over limit yang bisa mengatasi masalah, kamu perlu menghubungi PLN untuk mendapatkan bantuan cepat. Datangi gerai PLN terdekat dari rumah dan sampaikan keluhan kWh over limit kepada staf yang bertugas.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Followers Instagram Tidak Bertambah Padahal Ada yang Follow

Nantinya PLN akan meninjau dulu masalah yang dialami, lalu memberikan solusi kWh over limit. Petugas PLN mungkin akan datang ke rumah untuk memeriksa langsung kelistrikan yang ada. Tetapi dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan jawaban langsung atas permasalahannya.

Limit Token Listrik dan Cara Menghitungnya

Agar lebih mudah menerapkan tips hemat token listrik, kamu perlu mengetahui berapa batas maksimum token listrik di rumah. Aturan mengenai batas maksimum telah diatur oleh PLN. Gunakan rumus berikut untuk mencari tahu berapa batasan sebelum listrik over limit:

Rumus:

Limit kWh = 720 jam x Golongan Daya

Limit pembelian = Batas Maksimum kWh x Harga kWh

Supaya lebih mudah memahaminya, simak contoh perhitungan berikut untuk listrik dengan kWh 450, 900, 1.300, dan 2.200:

1. Batas kWh 450

  • Limit kWh = 720 jam x (450/1000) = 324 kWh
  • Limit pembelian = 324 kWh x Rp415 = Rp134.460

2.  Batas kWh 900

  • Limit kWh = 720 jam x (900/1000) = 648 kWh
  • Limit pembelian = 648 kWh x Rp1.352 = Rp876.096

3. Batas kWh 1.300

  • Limit kWh = 720 jam x (1300/1000) = 936 kWh
  • Limit pembelian = 936 kWh x Rp1.444,70 = Rp1.352.239

4. Batas kWh 2.200

  • Limit kWh = 720 jam x (2.200/1000) = 1.584 kWh
  • Limit pembelian = 1.584 kWh x Rp1.444,70 = Rp2.288.404

Penyebab kWh Over Limit

Selain mengetahui cara mengatasi kWh over limit, penting juga untuk mengenali beberapa penyebab masalah ini. Penyebabnya dimulai dari pembelian melebihi batas yang ada, hingga malfungsi pada komponen kelistrikan yang ada. Berikut adalah beberapa penyebab umumnya:

1. Gangguan pada Server

Mungkin saja penyebab dari over limit dikarenakan gangguan dari server PLN. Biasanya masalah ini terjadi ketika kode token sudah dimasukkan berkali-kali, tetapi mesin tidak dapat mendeteksi kode tersebut.

Supaya tidak terjadi masalah lain, coba menunggu beberapa saat sebelum mencoba memasukkan ulang kodenya lagi.

2. Melebihi Batas kWh yang Ditentukan

Kini kamu sudah mengetahui limit kWh seperti yang dijelaskan pada perhitungan di atas. Apabila penggunaan listrik melebihi limit tersebut, maka bisa terjadi over limit.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

Sebetulnya sistem limit ini diterapkan pemerintah untuk menghemat penggunaan energi. Hubungi PLN supaya listrik dapat digunakan kembali.

3. Masalah pada Komponen Kelistrikan

Salah satu komponen kelistrikan yang menyebabkan over limit yaitu ID Meter. Mungkin komponen tersebut sedang error sehingga kode token yang dimasukkan tidak dapat digunakan untuk mengisi kWh. Jika memang betul ini masalahnya, coba hubungi pihak PLN untuk diperbaiki.

FAQ tentang Over Limit kWh

Meski terdengar seperti masalah yang tidak begitu serius, ternyata over limit ini cukup berdampak serius terhadap penggunaan token listrik ke depannya. Pertanyaan-pertanyaan berikut perlu dipahami supaya tidak asal menggunakan listrik nantinya:

1. Bagaimana jika pengisian token listrik gagal terus?

Pengguna token diberi batas pengisian sebanyak 3 kali. Apabila lebih dari batas tersebut, listrik akan diblokir dan tidak bisa digunakan.

2. Apa yang perlu dilakukan jika kWh over limit?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, apabila terjadi kWh over limit, sebaiknya mulai mengendalikan penggunaan daya listrik di rumah.

3. Apa akibat kWh over limit?

Jika kWh over limit terjadi terus-menerus, nantinya kamu tidak bisa melakukan pembelian token listrik. Pembelian hanya bisa dilakukan di bulan berikutnya.

Apabila cara mengatasi kWh over limit tersebut masih membuat listrik tidak dapat digunakan, satu-satunya cara adalah dengan menghubungi PLN dan meminta supaya diaktifkan kembali. Setelah itu, mulailah lebih bijak menggunakan listrik agar tidak terjadi over limit lagi.

Baca Juga: