10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Abockbusup.com – Layar atau screen adalah salah satu komponen yang penting dari sebuah ponsel pintar. Hal ini membuat banyak orang panik ketika terjadi masalah pada komponen tersebut, sehingga mereka langsung mencari cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh di internet.

Screen sendiri memiliki fungsi utama untuk memvisualisasikan sistem serta informasi yang akan disajikan pada pengguna. Melalui layar smartphone, para pengguna bisa berinteraksi dengan sistem operasi, aplikasi, fitur, dan semua fungsi ponsel itu sendiri.

Jadi ketika ada masalah pada layar seperti tidak dapat disentuh, tentu saja akan mengganggu aktivitasmu melalui ponsel tersebut. Kamu tidak bisa melakukan aktivitas apapun, karena pengoperasian ponsel dilakukan melalui sentuhan layar.

Penyebab Layar HP Tidak Dapat Disentuh

Sebelum membahas tentang cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh, ada baiknya jika kamu tahu penyebab dari masalah tersebut. Nah, jadi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah pada layar ponsel, di antaranya sebagai berikut.

1. Perangkat yang terkena air

Coba ingat-ingat dulu, apakah smartphone kamu pernah terkena air? Walaupun kasus semacam ini sangat jarang, namun bukan berarti hal ini tidak pernah terjadi, bukan? Ya, setelah HP terkena air kemungkinan layarnya tidak dapat disentuh.

Baik itu hanya terkena hujan ataupun tercebur ke dalam air, biasanya akan menyebabkan berbagai masalah pada perangkat. Salah satunya layar ponsel tersebut yang tidak mau merespons sentuhan.

2. Perangkat yang terjatuh

Ketika ponsel terjatuh, baik itu secara sengaja atau tidak, biasa saja mengalami benturan yang keras. Walaupun sudah dilindungi casing tambahan, namun kemungkinan kerusakan pada perangkat tetap bisa terjadi.

Nah, jika layar ponsel tidak bisa disentuh setelah terjatuh, mungkin saja ada kerusakan pada komponen-komponen layar, misalnya saja pada soket jalur LCD-nya.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

3. Perangkat yang terlalu lama digunakan

Pada dasarnya, perangkat smartphone itu memiliki batasan pemakaian. Dalam artian, kamu tidak bisa menggunakannya terus-menerus selama seharian penuh. Ponsel juga perlu diistirahatkan agar komponen-komponennya tidak bekerja terlalu keras.

Banyak orang yang mengatakan jika layar HP mereka tiba-tiba tidak bisa disentuh, setelah HP digunakan dalam waktu yang sangat lama.

4. RAM perangkat yang terlalu penuh

Kapasitas RAM dan juga ROM pada sebuah perangkat memang perlu diperhatikan. Semakin penuh RAM pada ponsel, maka membuat kinerjanya menjadi tidak optimal. Jika RAM sudah penuh, maka akan menimbulkan berbagai masalah.

Dan masalah yang paling sering terjadi adalah ponsel menjadi error atau hang. Dalam keadaan semacam ini, layar ponsel tidak bisa merespons sentuhan.

5. Perangkat yang tertekan benda berat

Kamu tidak boleh menyimpan ponsel dengan sembarangan, untuk menghindari ponsel terkena dan tertekan oleh benda berat. Ketika ponsel tertekan suatu benda berat, bisa saja membuat komponen-komponen di dalamnya rusak.

Salah satu komponen yang sangat riskan terhadap tekanan benda berat adalah layar. Jika sudah terlanjur, biasanya layar tidak akan bisa disentuh atau bahkan tidak mau menyala.

6. Penggunaan charger yang salah

Penggunaan charger yang tepat, merupakan hal yang memang harus dilakukan. Kamu jangan hanya berpikir jika charger dengan voltase tinggi akan membuat proses pengisian daya baterai lebih cepat. Namun ada banyak efek samping yang terjadi pada HP-mu.

Salah satu efek samping yang dimaksud, adalah masalah pada layar. Charger dengan voltase terlalu besar, akan membuat respons sentuhan layar tidak normal, atau bahkan tidak mau merespons sama sekali.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Setelah tahu penyebab-penyebab dari masalah layar tidak bisa disentuh, kini saatnya untuk membahas cara mengatasi masalah tersebut. Tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja simak beberapa cara mengatasi layar HP tidak dapat disentuh yang ada di bawah ini.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

1. Melepas lapisan pelindung layar

Pelindung layar atau screen guard, digunakan untuk melindungi layar ponsel dari goresan. Namun terkadang pelindung layar tersebut malah membuat masalah pada sentuhan, baik itu sentuhan yang tidak pas, atau bahkan layar yang tidak bisa disentuh sama sekali.

2. Membersihkan layar perangkat

Seperti yang telah diketahui, perangkat yang terkena air bisa membuat layarnya tidak peka akan sentuhan. Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan perangkat dari air, terutama di bagian layar. Pastikan ponsel benar-benar kering, tidak ada air yang tertinggal sedikitpun.

3. Menutup semua aplikasi

Menutup semua aplikasi yang ada di HP dilakukan dengan tujuan untuk mengosongkan penggunaan RAM. RAM yang penuh akan membuat ponsel menjadi tidak responsif. Dengan kondisi RAM yang kosong, diharapkan ponsel menjadi responsif kembali dan layar bisa disentuh seperti semula.

4. Mengecek penggunaan RAM

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, kamu perlu mengecek penggunaan RAM. Jika dirasa RAM masih terlalu penuh, maka beberapa aplikasi perlu dihapus. Pastikan tidak ada aplikasi ‘tidak penting’ yang berjalan di bagian latar belakang sistem.

5. Mereset perangkat

Jika RAM sudah dibersihkan, kamu bisa mencoba mereset atau restart HP tersebut. Restart HP ini dilakukan untuk membantu perangkat dalam memulai ulang sistem operasi. Jadi berbagai masalah yang terjadi bisa diminimalisir dan ponsel tidak error atau hang lagi.

6. Mematikan perangkat

Apabila ponsel sudah direset namun layar masih tidak mau disentuh juga, kamu bisa coba mematikan perangkat tersebut. Kemudian tunggu selama beberapa saat, hingga ponsel benar-benar dingin. Istirahatkan ponsel agar setiap komponen bisa bekerja kembali nantinya.

7. Mengecek charger perangkat

Charger yang bermasalah bisa saja menyebabkan respons layar tidak baik atau bahkan layar tidak bisa disentuh. Untuk itu, coba cek charger yang kamu gunakan. Jika memang tidak diperuntukkan bagi ponselmu, sebaiknya hindari penggunaannya.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Mencet Mencet Sendiri 2022

8. Melakukan kalibrasi touchscreen

Kalibrasi touchscreen ini memang sering dilakukan untuk mengatasi masalah pada layar HP yang error atau tidak responsive. Tidak perlu khawatir, karena setiap smartphone itu pasti dibekali dengan fitur untuk kalibrasi layar sentuh, dan kamu bisa menggunakannya saat diperlukan.

9. Melakukan reset data pabrik

Factory reset atau reset data pabrik ternyata dapat digunakan untuk mengatasi layar HP yang tidak dapat disentuh, lho. Tujuan utama melakukan reset ini adalah untuk mengembalikan setiap pengaturan ke kondisi awal. Namun jangan lupa untuk backup data-data penting sebelum kamu melakukannya, ya!

10. Mengganti layar perangkat

Jika semua cara di atas sudah kamu coba tapi tidak ada yang berhasil, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain menggantinya dengan layar baru. Bagi yang tidak tahu menahu tentang ponsel, sebaiknya meminta bantuan jasa servis agar tidak terjadi masalah tambahan yang akan merugikanmu.

Mungkin hanya itu cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang bisa dijelaskan pada kesempatan kali ini. Silahkan coba beberapa cara di atas, dan semoga layar ponselmu bisa segera kembali normal lagi dan kamu bisa menggunakan ponsel seperti biasanya.

Baca Juga:

error: