10 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Abockbusup.com – Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah. Ada yang menggunakan cara manual seperti dibersihkan dari debu ataupun beberapa kotoran yang menempel.

Selain itu, juga ada cara lainnya seperti dilakukan servis dan penggantian pada hardware. Jadi, untuk mengatasinya bisa saja gratis maupun berbayar sesuai dengan jenis kerusakan yang dialami pada gadget.

Apabila kamu ingin mengetahui seperti apa cara mengatasi volume HP naik turun sendiri, bisa disimak dalam artikel berikut. Selain itu, kamu juga akan mengetahui kira-kira apa yang menyebabkan hal itu terjadi.

Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri

Terdapat beberapa penyebab yang membuat volume pada HP bisa naik atau turun dengan sendirinya. Berikut beberapa penyebab selengkapnya.

1. Terlalu banyak debu yang berkumpul

Salah satu penyebab kenapa volume jadi naik turun dengan sendirinya adalah terlalu banyak debu yang berkumpul di sekeliling tombol. Biasanya debu ataupun kotoran ini bisa masuk ke dalam sela-sela dan memicu masalah.

Bahkan ketika tombol sudah ditekan sekalipun tidak akan bisa dipakai untuk menaikkan atau menurunkan volume. Jadi, disarankan untuk melakukannya secara perlahan-lahan dan dibersihkan dengan baik.

Apabila sudah terlalu kotor, biasanya tombol akan menjadi bermasalah. Akhirnya akan naik dan turun dengan sendirinya padahal tidak diinginkan.

2. Menekan tombol terlalu lama

Tombol untuk volume up dan volume down biasanya cukup ringkih apabila digunakan secara berlebihan. Apalagi jika tombol itu ditekan terlalu lama, kemungkinan besar bisa menyebabkan kerusakan.

Kerusakan ini bisa menyebabkan volume bisa naik ataupun turun dengan sendirinya padahal tidak ditekan. Atau ketika ditekan volume naik yang terjadi justru sebaliknya. Kondisi ini cukup merepotkan sehingga harus segera diatasi.

Itulah kenapa, tidak ada salahnya untuk menekan tombol hingga beberapa kali saja. Akan lebih baik lagi jika juga memanfaatkan fitur di dalam ponsel sehingga tidak selalu harus menggunakan tombol untuk mengatur volume.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot di HP 2022

3. Kemungkinan kemasukan air

Bagian tombol biasanya ada celah sedikit yang masih memungkinkan air untuk masuk. Apabila HP kehujanan atau terkena tumpahan air, kemungkinan besar masih bisa masuk ke dalamnya dan menyebabkan terjadinya korsleting.

Apabila korsleting terjadi, panel pada tombol volume tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang cukup parah apabila tidak segera diatasi dengan baik. Apalagi uap air juga bisa menyebar ke mana-mana.

Apabila sering mengalami hal ini biasanya dianjurkan untuk mengeringkan HP terlebih dahulu. Biasanya setelah dikeringkan tidak akan ada masalah lagi sehingga bisa langsung dimanfaatkan dengan baik.

4. Gangguan sistem

Gangguan pada sistem juga bisa terjadi karena ada masalah seperti terkena virus ataupun malware. Terkadang gangguan ini juga muncul dengan sendirinya karena sistem operasi juga masih memiliki bug.

Untuk mengatasi masalah seperti ini biasanya gangguan sistem harus diperbaiki terlebih dahulu. Selain itu, juga harus diketahui terlebih dahulu kira-kira apa yang menyebabkan gangguan sistem itu mendadak muncul.

5. Masalah pada tombol

Terakhir adalah masalah yang memang terjadi pada tombol itu sendiri. Pada beberapa jenis HP memang bagian tombolnya sedikit lebih ringkih jika dibandingkan dengan tombol jenis lainnya.

Karena tombol bawaannya memang tidak terlalu baik, kemungkinan besar akan ada gangguan volume, baik itu untuk volume atas ataupun volume bawah. Bahkan, terkadang tidak akan bisa merespon meskipun sudah ditekan.

Apabila yang terjadi seperti ini biasanya akan sulit untuk diatasi. Proses penggantian hardware yang asli harus dilakukan agar tombol volume berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri Xiaomi bisa dilakukan dengan menggunakan salah satu cara berikut. Sesuaikan cara dengan penyebab volume bermasalah.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun 100% Ampuh

1. Restart ponsel

Sebenarnya cara mengatasi volume HP naik turun sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah. Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses restart pada ponsel terlebih dahulu.

Proses restart ini bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan tombol power saja. Selain itu, juga bisa menggunakan tombol virtual yang ada di dalam semua ponsel Android.

Setelah melakukan proses restart, biasanya masalah pada volume bisa diatasi dengan mudah. Ketika sudah menyala kembali, volume bisa dinaikkan atau diturunkan dengan sempurna.

2. Menggunakan aplikasi control volume

Cara selanjutnya bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi control volume. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah mengontrol suara yang ada pada HP tanpa harus menggunakan tombol.

Jadi, cukup menggunakan aplikasi ini saja agar bisa memaksimalkan seluruh fungsi dari HP. Meskipun mengalami kerusakan pada tombol, kondisi volume yang naik ataupun turun dengan sendirinya masih bisa dikontrol dengan baik.

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah pada Play Store. Kamu cukup mencarinya lalu melakukan proses pemasangan karena sebagian besar dari aplikasi ini bersifat gratis.

3. Membersihkan kotoran dan debu

Ada baiknya untuk melakukan proses pembersihan debu secara rutin. Proses pemeriksaan ini bisa dilakukan tidak hanya pada bagian permukaan layar saja tetapi juga di bagian tombol khususnya berada di luar.

Karena mau bagaimanapun HP yang digunakan selama beberapa kali akan memiliki banyak sekali kotoran. Jadi, disarankan untuk dilakukan pembersihan secara rutin setiap harinya dan jangan sampai menunggu ada kotoran berkumpul.

Pembersihan juga bisa dilakukan dengan menggunakan jarum kecil. Gunakan jarum itu untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dilakukan dengan kain. Jadi, kotoran yang menempel masih bisa dibuang.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

4. Melakukan update sistem operasi

Usahakan untuk melakukan upgrade sistem operasi terlebih dahulu apabila gangguan disebabkan oleh bug. Kondisi seperti ini akan menyebabkan masalah apabila tidak segera diatasi karena bisa merembet ke fungsi dari HP yang lain.

Itulah kenapa proses update sistem harus dilakukan secara rutin. Bahkan dianjurkan untuk melakukan update sistem secara otomatis apabila tersambung pada internet. Jadi, pembaruan bisa berjalan secara terus-menerus.

Apabila jarang mendapatkan koneksi yang stabil atau koneksi wi-fi, proses ini bisa dilakukan secara manual. Lakukan pengecekan pada update sistem untuk mengetahui sudah ada atau belum. Jika sudah ada, bisa diupdate secara manual.

5. Mengganti hardware yang rusak

Mengganti hardware yang rusak merupakan cara terakhir untuk mengatasi volume HP naik turun. Karena dengan penggantian ini, kerusakan baik pada tombol ataupun pada sistem bisa dilakukan secara bersamaan.

Biasanya jika mengalami kerusakan pada hardware, proses perbaikan apapun khususnya pada sistem tidak akan berjalan. Jadi, mau tidak mau memang harus melakukan proses penggantian hardware.

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri ternyata hanya memerlukan beberapa langkah saja. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kotoran yang menempel pada tombol volume up ataupun tombol volume down.

Sementara itu apabila terjadi kerusakan pada tombol, berarti harus dilakukan penggantian pada perangkat keras. Apabila tidak diganti, kemungkinan besar akan sulit untuk menyesuaikan volume dengan menggunakan tombol fisik.

Baca Juga:

error: