7 Cara Mengatasi Layar HP Yang Tidak Bisa Ditekan

Abockbusup.com – Layar smartphone yang tidak dapat ditekan tentunya akan menyulitkan para pengguna saat ingin mengoperasikannya. Mengapa bisa terjadi? Ada banyak faktor yang menyebabkan touch screen rusak, salah satunya ketika HP habis jatuh. Bagaimana cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan?

Ketika layar touch screen tidak dapat ditekan, maka kebanyakan pengguna akan mencoba untuk restart smartphone supaya layar bisa berfungsi kembali setelah dihidupkan. Namun alternatif satu ini tidak selalu berhasil, apalagi kalau layar HP sudah rusak dan memang waktunya diganti.

Cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh lainnya bisa dengan menggunakan safe mode, mengeluarkan kartu SIM, melakukan kalibrasi layar sentuh, dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjutnya, bisa simak penjelasan lengkap yang ada dibawah ini.

Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Ditekan Tanpa Ribet

Untuk memperbaiki layar HP smartphone yang tidak bisa ditekan, maka pengguna perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, maka eror pada layar HP bisa cepat teratasi dengan cepat. Penasaran bagaimana alternatif mengatasi layar HP eror? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Melakukan Diagnosis Layar

Perlu diketahui sebelumnya, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu pengguna smartphone melakukan diagnosis layar ketika touch screen eror. Salah satu aplikasi untuk diagnosis layar yaitu Display Tester yang bisa mengetahui tingkat responsif layar smartphone tersebut.

Bagi pengguna smartphone yang sedang mengalami masalah touch screen susah ditekan, maka bisa download aplikasi Display Tester lewat Google Play Store. Agar tidak bingung, ikuti langkah yang akan dijelaskan selengkapnya berikut ini.

  1. Silahkan temukan aplikasi Display Tester lewat platform Google Play Store, kemudian install aplikasi tersebut pada perangkat smartphone.
  2. Buka aplikasi Display Tester, kemudian klik opsi “Tests” dan “Touchscreen Test”. Pemilik HP bisa mencoba untuk menyentuh seluruh bagian layar smartphone secara menyeluruh.
  3. Jika aplikasi memunculkan notifikasi angka indikator sampai dengan angka 100%, maka pengguna perlu melakukan pergantian layar atau touch screen.
Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Mengaktifkan Safe Mode

Smartphone yang sudah digunakan dalam waktu 3-5 tahun biasanya memang sering mengalami masalah eror, terutama pada bagian touch screen-nya. Kalau masalah tersebut sering terjadi, maka coba lakukan restart HP kemudian aktifkan fitur bernama “Safe Mode”.

Dengan mengaktifkan fitur safe mode pada perangkat Android, maka smartphone akan berjalan bersama dengan sistem bawaan. Namun tindakan seperti ini akan menyebabkan pengguna kehilangan semua aplikasi dan layanan yang sebelumnya sudah diinstall dan digunakan.

Fitur safe mode bisa memberikan hasil yang optimal, apabila penyebab layar HP tidak bisa ditekan karena terdapat virus malware dari aplikasi atau file tertentu. Cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan dengan mengaktifkan fitur safe mode adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan tekan dan tahan tombol “Power” pada HP selama beberapa detik, sampai muncul pilihan “Power OFF
  2. Klik menu tersebut, kemudian smartphone akan secara otomatis mati. Untuk menghidupkannya kembali, maka tekan tombol “Power” dan “Volume Down” Secara bersama-sama.

Mengeringkan Smartphone yang Basah Terkena Air

Saat smartphone basah karena sempat jatuh ke dalam air atau terkena air hujan, maka akan menyebabkan layar touch screen mudah mengalami eror. Alternatif untuk mengatasinya dengan cara mengeringkan HP terlebih dahulu agar fungsinya bisa berjalan dengan normal.

Keringkan smartphone dengan menggunakan kain bersih atau handuk halus. Beberapa orang memiliki cara unik untuk mengeringkan smartphone yang basah yaitu meletakkan smartphone ke dalam kantung beras atau bisa memanfaatkan bahan silica gell.

Mengapa bisa menggunakan 2 bahan tersebut? Karena beras dan silica gell bisa membantu dalam menyerap air yang masuk dalam smartphone. Untuk hasil yang lebih optimal, maka sebaiknya pemilik HP menggunakan silica gell yang membantu menyerap air sampai ke bagian sela-sela.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Nomor HP di Hack 100% Ampuh

Melakukan Kalibrasi Touch Screen

Bagaimana cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan dan disentuh? Lakukan kalibrasi touch screen untuk mengetahui layar HP yang mulai tidak responsif. Kalibrasi touch screen bisa berhasil dilakukan apabila kerusakan layar HP dikarenakan sistemnya yang bermasalah.

  1. Pengguna smartphone bisa terlebih dahulu mendownload kemudian menginstall aplikasi bernama “Touchscreen Calibration”.
  2. Buka aplikasi Touchscreen Calibration kemudian tekan tombol “Calibrate” untuk mulai mengkalibrasi layar sentuh HP.
  3. Silahkan ikuti instruksi yang ada pada aplikasi, kemudian pengguna bisa melakukan semua tes mulai dari sentuhan sampai dengan pinch.
  4. Jika semua tes sudah dilakukan, maka pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa kalibrasi sudah selesai dilakukan. Pilih opsi “Oke”.
  5. Pengguna HP bisa melakukan restart terlebih dahulu, kemudian hidupkan HP kembali untuk mengetahui keberhasilannya. Layar touch screen sudah bisa disentuh atau tidak?

Mencopot Lapisan Anti Gores Pada Layar

Mencopot anti gores bisa menjadi salah satu cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan. Setiap layar HP memang baiknya dilindungi dengan screen protector agar tidak mudah terkena goresan, namun ketika tidak bisa disentuh, maka coba mencopot anti gores lebih dulu.

Mengapa demikian? Lapisan anti gores dan tempered glass bisa mengurangi atau menghalangi respon sentuhan tangan. Hal ini akan menyebabkan sentuhan tangan tidak dapat ditangkap dengan baik oleh sensor layar, sehingga tidak berfungsi sesuai instruksi pengguna.

Mencopot anti gores pada layar HP sangatlah mudah, sehingga kamu bisa melakukannya sendiri. Namun pastikan bahwa layar HP tidak terkena kotoran atau malah terjatuh, karena akan membuat touch screen semakin rusak dan sama sekali tidak berfungsi.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Layar HP atau touch screen tidak berfungsi dengan baik bisa disebabkan karena RAM terlalu penuh. Pengguna HP bisa menghapus beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting dengan menggunakan fitur perintah suara atau wajah.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi HP Disadap Mudah 100% Berhasil

Tidak hanya itu, terkadang penyebab touch screen eror karena cache pada HP yang menumpuk. Gunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file sampah atau cache yang menumpuk, sehingga kapasitas memori HP bisa tersisa dan mengurangi eror pada touch screen.

Membawanya ke Tukang Service HP

Beberapa alternatif di atas tidak berhasil? Maka langsung saja coba bawa HP ke Service Center untuk mengetahui penyebab layar HP tidak dapat ditekan. Biasanya Service Center akan lebih mudah mendeteksi masalah dan memberikan solusi terbaik mengatasi kerusakan HP.

Untuk mendapatkan pelayanan yang optimal dan HP bisa bertahan lebih lama, maka usahakan menggunakan layanan service dari vendor orisinil. Tujuannya agar HP bisa mendapatkan suku cadang terbaik sesuai dengan pabrikannya, sehingga bisa awet penggunaannya.

Jika layar touch screen HP memang sering mengalami kerusakan, maka Service Center akan memberikan penawaran pergantian layar. Dengan mengganti layar touch screen, maka sepertinya masalah layar tidak berfungsi dengan baik bisa langsung terselesaikan.

Langkah terbaik untuk mencegah touch screen HP mudah eror bisa dilakukan dengan sering melakukan kalibrasi layar. Kalibrasi bertujuan untuk menyesuaikan layar dengan sentuhan developer smartphone. Kalibrasi layar bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan fitur “Kalibrasi” pada laman setting HP.

Cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan terakhir dengan membawanya ke Service Center atau melakukan pergantian layar. Bagaimanapun, touch screen merupakan bagian penting saat mengoperasikan HP, sehingga tidak bisa menunggu waktu lama untuk memperbaikinya.

Baca Juga:

error: