6 Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot 100% Ampuh

Abockbusup.com – Zaman sekarang, melakukan segala sesuatu makin mudah lewat HP atau smartphone. Pengguna HP bisa melakukan transaksi online, nonton Youtube, dan paling penting berkomunikasi jarak jauh. Pernah mengalami masalah keyboard HP lemot? Bagaimana cara mengatasi keyboard HP lemot?

Keyboard HP yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik memang terkadang membuat jengkel para penggunanya. Ketika sedang mengetik pesan, tiba-tiba chat keyboard ngelag dan banyak kalimat typo yang membuat pesannya sulit dimengerti oleh penerimanya. Menyebalkan bukan?

Ada beberapa hal yang menyebabkan keyboard HP lemot dan tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Hal ini sering terjadi pada HP yang intensitas penggunaannya tinggi atau berumur lama. Tidak perlu bingung, ikuti cara mengatasi keyboard lemot pada HP yang akan dibahas selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Keyboard HP Lemot dengan Cepat

Keyboard HP yang mengalami error dan sering salah ketik, biasanya disebabkan penumpukan cache, service sistem tidak berjalan baik, dan bugs tidak sesuai. Perbaikan umum yang bisa dilakukan dengan melakukan restart ponsel, update aplikasi atau menghapus data aplikasi yang biasa digunakan.

Hapus Cache atau File Sampah di HP

Cache tidak hanya membuat jalannya HP menjadi lemot, namun juga bisa menyebabkan keyboard HP mudah ngelag dan tidak berfungsi dengan baik. Darimana penyebab munculnya cache atau file sampah? Cache yang menumpuk biasanya didapatkan dari file-file hasil download internet.

Seiring berjalannya waktu, cache bisa menumpuk dan membuat memori menjadi penuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan performa Android akan menjadi lemot, terutama bagian keyboardnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu bisa menghapus cache pada semua aplikasi.

Alternatif paling mudah untuk menghapus semua cache dalam HP dengan menggunakan aplikasi Cleaner. Aplikasi tersebut bisa membantu dalam membersihkan memori cache dalam aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya secara cepat. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Cleaner?

  1. Download aplikasi Clean Master, kemudian buka aplikasi pada perangkat smartphone. Klik menu “Berkas Sampah” untuk proses membersihkan semua cache atau file kosong.
  2. Nantinya akan muncul berbagai file yang tidak berguna, mulai dari singgahan sistem, sampah iklan atau aplikasi. Klik opsi “Bersihkan Sampah”.
  3. Proses pembersihan sampah akan berlangsung, silahkan tunggu sampai proses selesai dilakukan. Selain cache, pengguna Clean Master juga bisa membersihkan file tersembunyi.
  4. Setelah pembersihan cache selesai, pengguna bisa melihat kinerja keyboard HP tetap lemot atau tidak.
Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Menggunakan Aplikasi Keyboard

Salah satu cara mengatasi keyboard HP lemot yang paling banyak diterapkan oleh pengguna smartphone yaitu menggunakan aplikasi keyboard. Ada banyak sekali aplikasi keyboard yang tersedia pada Play Store, tinggal download aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya menyediakan pilihan font yang beragam dan unik, pada aplikasi keyboard juga terdapat beragam pilihan tema dan fitur. Dengan menggunakan aplikasi keyboard, maka fungsinya akan kembali normal dan tampilannya saat mengetik pesan juga lebih menarik.

  1. Buka aplikasi Google Play Store, kemudian ketik pada laman pencarian “Aplikasi Keyboard”. Pilihlah aplikasi keyboard terbaik dan sudah di unduh oleh banyak pengguna sebelumnya.
  2. Download aplikasi keyboard sampai selesai, kemudian klik opsi “Buka” untuk melihat berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi.
  3. Dalam aplikasi keyboard akan tersedia pilihan tema, warna, dan font yang menarik. Klik tema keyboard dan font yang diinginkan kemudian tap “Terapkan”.

Matikan Fitur Koreksi Otomatis

Bagi pengguna smartphone yang menghidupkan fitur “Koreksi Otomatis”, maka lebih baik segera dinonaktifkan. Mengapa demikian? Karena biasanya fitur koreksi otomatis yang aktif bisa membuat pengetikan keyboard menjadi tidak stabil dan gampang ngelag.

Fitur koreksi otomatis akan memunculkan saran kata pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna. Terkadang setiap kata yang diketik oleh pengguna juga berubah secara otomatis, sehingga tidak sesuai intruksi yang diketikkan. Sangat memberatkan kinerja Android bukan?

  1. Untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis, maka pengguna bisa masuk pada laman “Keyboard & Masukan”.
  2. Pilih opsi “Keyboard Virtual”, kemudian klik aplikasi keyboard yang digunakan.
  3. Matikan fitur “Koreksi Otomatis” atau “Tampilkan Strip Saran” sampai tombol warna biru menjadi putih.
  4. Lakukan pengecekan keyboard HP, kemudian coba untuk digunakan mengetik pesan seperti biasa. Sudah menunjukkan perubahan atau belum?
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Jika keyboard smartphone masih tidak menunjukkan perubahan, maka pengguna bisa mencoba metode lain untuk menstabilkan kinerja keyboardnya. Masalah lain mungkin terjadi karena baterai HP yang sudah tidak layak pakai atau sering terbanting sehingga keyboard kinerjanya lemot.

Menghapus Data Aplikasi Keyboard yang Biasa Digunakan

Cara mengatasi keyboard lemot pada hp dan aplikasi keluar sendiri bisa dilakukan dengan menghapus data aplikasinya. Menghapus aplikasi keyboard akan membuat preferensi aplikasi, setelan, cache, basis data, dan data lainnya sementara terhapus bersih.

  1. Silahkan buka menu “Setting” atau “Pengaturan” pada ponsel Android, kemudian klik “Kelola Aplikasi” untuk menemukan pilihan “Aplikasi Keyboard” yang biasa digunakan.
  2. Klik opsi “Hapus Data”, kemudian konfirmasi dengan “Hapus Semua Data”. Proses penghapusan keyboard akan segera dilakukan, kemudian nonaktifkan HP sementara.

Alternatif satu ini sering kali dilakukan, karena biasanya cache dan file yang tidak berguna pada aplikasi bisa menyebabkan keyboard lemot. Selain itu, aturan dalam basis data yang tidak sinkron juga akan membuat pengetikan tidak bekerja stabil ketika digunakan.

Reset HP Menjadi Setelan Pabrik

Khususnya bagi para pengguna Android, cara mengatasi keyboard HP tiba-tiba lemot bisa dilakukan dengan meresetnya menjadi aturan pabrik. Dengan merubah setting HP menjadi aturan pabrik, maka segala aturan yang sudah dirubah bisa kembali ke setelan awal.

Untuk mencegah terjadinya kehilangan data, sebaiknya backup data penting yang disimpan dalam HP ke dalam laptop, hardisk, flashdisk, ataupun email. Setelah melakukannya, pengguna bisa mencoba mengecek keyboard yang digunakan, sudah stabil atau masih lemot?

Melakukan Update Aplikasi Keyboard

Sama halnya dengan aplikasi lain, aplikasi keyboard juga perlu dilakukan update secara berkala untuk membuat fungsinya tetap berjalan stabil. Keyboard HP yang lemot bisa saja disebabkan karena munculnya bugs pada aplikasi, sehingga perlu dihilangkan dengan segera.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Cara mengatasi keyboard HP lemot melalui update aplikasi berkala, tidak hanya sebagai tujuan perbaikan. Update aplikasi bisa membantu performa, fitur, dan juga stabilitas berjalan dengan baik. Bagaimana cara melakukan update aplikasi keyboard? Mudah kok, sesuai instruksi berikut ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Google Play Store pada ponsel Android, kemudian klik icon “Tiga Garis” yang letaknya ada pada bagian atas.
  2. Klik “Aplikasi & Game” kemudian tentukan “Aplikasi Keyboard” yang biasa digunakan. Tap “Update” kemudian tunggu sampai proses update bisa selesai dilakukan.
  3. Klik “Buka” aplikasi untuk mengatur setelannya kembali, kemudian periksa perubahan pengetikan keyboard pada HP.

Melalui beberapa alternatif mengatasi keyboard HP yang lemot di atas, maka masalah yang dialami pengguna HP saat bertukar pesan bisa teratasi. Untuk bisa mengatasi keyboard HP lemot, memang akan lebih cepat jika pengguna mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi keyboard HP lemot bisa dilakukan dengan mendownload aplikasi keyboard bawaan, mereset HP setelan pabrik, update aplikasi keyboard, atau menonaktifkan fitur koreksi otomatis. Jika keyboard HP masih tetap lemot, maka download aplikasi cleaner untuk membersihkan file sampah.

Baca Juga:

error: