5 Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal 100% Berhasil 2024


Abockbusup.com – Ketika menemukan TV digital yang kamu miliki muncul tulisan tidak ada sinyal, artinya bahwa TV digital tersebut tidak dapat menayangkan program siaran TV digital yang berasal dari stasiun penyiaran. Solusinya kamu harus mengetahui cara mengatasi TV tidak ada sinyal.

Ada beberapa penyebab yang membuat mengapa televisi digital tidak memunculkan sinyal. Apabila sinyal tersebut tidak muncul, maka bukan berarti bahwa TV mengalami kerusakan.

Akan tetapi, bisa saja terdapat penyebab secara teknis yang harus diketahui. Untuk memperjelas, silahkan menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Memang memasuki tahun 2022 yang lalu, semua TV digital yang ada di Indonesia harus menggunakan STP atau Set Top Box. Tujuannya agar bisa melakukan ASO atau Analog Switch Off. Sementara ASO itu sendiri teknologi untuk mengalihkan penggunaan dari TV analog menjadi digital.

Lalu mengapa TV digital tidak memunculkan sinyal dari stasiun televisi? Tenang saja, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi TV tidak ada sinyal Set Top Box, ada beberapa penyebab yang seharusnya kamu pahami dengan sebaik mungkin, seperti berikut:

1. Kualitas Antena

Pengaruh paling utama yang menjadikan TV digital muncul tulisan tidak ada sinyal, karena kualitas antena yang dikatakan menurun.

Pada dasarnya, antena yang memiliki kurang bagus atau buruk tidak bisa menangkap siaran televisi digital secara stabil. Dengan demikian, kamu perlu untuk memperbaiki antena atau memasang kabel yang sesuai.

2. Kabel Antena Rusak

Kondisi kabel antena yang mengalami kerusakan atau rapuh juga menjadi penyebab mengapa televisi digital tidak bisa menangkap sinyal siaran. Meskipun televisi sudah digital, akan tetapi STB TV masih membutuhkan kabel antena tambahan yang berguna agar menangkap sinyal televisi digital.

Baca Juga:  12 Paket Malam Telkomsel 1000 Super Murah 2024

3. Arah Antena

Memperhatikan dari segi arah antena juga berpengaruh terhadap sinyal yang diperoleh televisi. Pastikan apakah antena terletak di posisi yang tepat atau kurang tepat. Dengan demikian, disarankan agar kamu mengarahkan antena secara kokoh dan tepat supaya jaringan televisi selalu stabil.

Pada biasanya, arah antena akan berpindah posisi ketika dalam kondisi tertentu. Seperti saat ada angin yang kencang.

4. Jack TV Bermasalah

Perlu diketahui dengan baik bahwa jack televisi yang bermasalah juga menjadi penyebab mengapa sinyal televisi digital seringkali hilang. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan secara berkala. Apakah ada kerusakan di bagian jack atau tidak.

Apabila jack televisi mengalami kerusakan, hal ini pastinya sangat berdampak sulitnya sinyal yang diperoleh pada STB. Dengan demikian, menimbulkan TV digital tidak mampu menampilkan gambar.

5. Siaran Wilayah Mengalami Gangguan

Sinyal wilayah tempat dimana kamu tinggal yang sedang mengalami gangguan sinyal juga menjadi penyebab mengapa sulit bagi STB menangkap sinyal televisi digital. Pada biasanya, hal ini terjadi di wilayah tempat tinggal dataran tinggi atau perkotaan.

Alasan mengapa seringkali mengalami kesulitan untuk memperoleh sinyal TV digital penyebabnya jaringan yang terdistribusi masih tergolong rendah. Jadi membutuhkan perbaikan dari sistem pusat.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

TV digital yang tidak memiliki sinyal, maka membuat penggunanya tidak dapat menyaksikan tontonan siaran langsung. Terlebih lagi untuk sekarang semua tontonan hanya dapat diakses melalui TV digital saja.

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab mengapa TV tidak dapat sinyal, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi TV tidak ada sinyal seperti berikut ini, di antaranya:

1. Mengubah Posisi Antena

Cara yang paling umum dilakukan agar bisa memperoleh sinyal yang bagus yaitu dengan melakukan pengubahan posisi antena. Cara ini memang bisa membantu pengguna agar memperoleh sinyal yang lebih bagus.

Baca Juga:  23 Paket Internet Indosat Bulanan Unlimited 2024

Terutama untuk antena STB yang dipasang di luar ruangan atau di atap rumah, maka seringkali membuat posisi antena menjadi bergeser akibat kondisi hujan deras atau angin kencang.

Apabila antena STB mengalami perubahan posisi, maka kamu bisa melakukan pemeriksaan penguncian yang terpasang di antena. Bisa jadi terdapat beberapa bagian sekrup maupun komponen lainnya yang kurang kencang.

Dengan demikian, menimbulkan antena STB lebih mudah berpindah posisi. Apabila antena seringkali mengalami perubahan posisi, pastinya kamu bisa melakukan pemeriksaan penguncian yang terpasang di antena.

Bisa jadi di beberapa bagian sekrup maupun komponen lainnya kurang kencang sehingga menimbulkan antena STB mudah berpindah posisi.

2. Memeriksa Kabel

Antena maupun kepala colokan juga menjadi penyebab sinyal pada TV digital hilang. Dari sini, kamu bisa melakukan pemeriksaan apakah terdapat komponen yang terputus atau mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan di bagian kabel atau kepala colokan antena, tentu kamu harus menggantinya dengan yang baru.

3. Memeriksa Kondisi Tuner

Tuner yang dimiliki televisi mempunyai peran penting agar bisa menangkap frekuensi sinyal. Jika televisi mengalami hilang sinyal, hal ini menjadi salah satu permasalahan yang seringkali terjadi di tuner TV.

Untuk melakukan pemeriksaan kondisi tuner, kamu bisa melakukan pengecekan apakah terdapat bagian karat yang dimiliki komponen tersebut. Mungkin saja kamu perlu mengganti tuner TV.

Jika komponen tersebut telah mengalami kerusakan yang cukup parah, bisa juga menggunakan cara lain untuk memperbaiki tuner TV yaitu dengan melakukan penyolderan ulang di bagian kaki tuner.

Ketika melakukan penyolderan kaki tuner, kamu perlu menyesuaikan tegangan tuner di 5 sampai 12 VDC. Akan tetapi di beberapa dari tuner pastinya membutuhkan tegangan kurang lebih 100 sampai 300 VDC.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu benar-benar paham dan mengetahui cara penyolderan tuner TV agar bisa menghindari terjadinya kerusakan lebih parah. Bisa juga membawa tuner TV ke tukang reparasi yang memahami proses penyolderan kaki tuner.

Baca Juga:  33 Paket Internet AXIS 50 Ribu Unlimited Murah 2024

4. Memiliki Dukungan Fitur DVB T-2

Kamu harus tahu bahwa tidak semua TV LED maupun smart TV masuk sebagai kategori TV digital. Untuk itu cara mengatasi TV tidak ada sinyal juga bisa dilihat apakah TV digital yang kamu miliki memiliki dukungan fitur DVB T-2 atau tidak.

Ada juga menu memindai sinyal yang pada biasanya dapat dijumpai di TV sejenis tersebut. Jika TV yang kamu miliki bukan TV digital, kamu masih dapat menonton siaran dengan cara menambahkan perangkat STP atau digital tv box. Pilihlah STB yang sudah dibekali dengan fitur DVB T-2.

5. Memeriksa Kondisi IC Program

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi televisi digital yang tidak muncul sinyal yaitu dengan melakukan pemeriksaan kondisi IC program. Pada biasanya kerusakan di bagian IC program memang jarang terjadi.

Namun apabila permasalahan terdapat di kondisi IC programmer yang rusak, maka kamu harus menggantinya dengan IC yang baru supaya bisa mengembalikan sinyal ke TV digital.

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi TV tidak ada sinyal seperti langkah-langkah yang ada di atas, tentu hal ini tidak menjadi masalah lagi bagi kamu jika suatu saat mendapati sinyal yang tidak muncul pada TV digital yang kamu miliki.

Melihat hal ini, kamu bisa mengatasi dengan langkah yang tepat sesuai dari penyebab yang kamu alami.

Baca Juga: