5 Cara Mengatasi Voucher XL Tidak Bisa Digunakan


Abockbusup.com – Kenapa voucher XL XTRA Combo Lite tidak bisa digunakan di nomor kamu? Ada sejumlah penyebab kenapa voucher tersebut dan voucher XL lainnya tidak bisa digunakan. Untungnya, semua dapat diatasi dengan memanfaatkan cara mengatasi voucher XL tidak bisa digunakan ini.

Kamu bisa melakukan aktivasi ketika kualitas jaringan XL sedang baik, mengganti tipe jaringan prioritas, tidak memasukkan pada masa tenggang, atau memanfaatkan 2 cara lainnya. Langsung saja, simak penjelasan berikut.

5 Cara Mengatasi Voucher XL Tidak Bisa Digunakan

Di berbagai counter HP, kamu biasanya menemukan voucher XL XTRA Combo Lite atau XL Zero. Cukup jarang kedua voucher ini gagal untuk dimasukkan, terutama jika kamu meminta bantuan penjaga counter untuk melakukan aktivasi.

Namun, jika gagal, sejumlah masalah serta solusi mengenai masalah aktivasi voucher XL ini adalah sebagai berikut:

1. Aktivasi Ketika Jaringan Tidak Bermasalah

Bisa jadi, kamu melakukan aktivasi voucher XL XTRA Combo Lite maupun XL Zero ketika jaringan sedang bermasalah. Jaringan yang dimaksud adalah jaringan telekomunikasi XL.

Jika jaringan telekomunikasi yang kamu gunakan bermasalah, ada kemungkinan bahwa masalah ini akan mengganggu proses aktivasi voucher XL yang baru kamu beli. Maka, cara mengatasi voucher XL tidak bisa digunakan yang pertama adalah melakukan aktivasi saat jaringan tidak bermasalah.

Hal yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu supaya jaringan XL untuk lancar kembali. Jika jaringan lancar namun muncul notifikasi untuk melakukan aktivasi di lain waktu, bisa jadi yang bermasalah adalah server pusat dari XL.

Apabila sedang terjadi gangguan pada server, maka kamu perlu untuk menunggu supaya server XL dapat bekerja dengan baik kembali.

Baca Juga:  Kode BISS Key CH 8 Satelit Thaicom C Band & Ku Band

2. Gunakan Voucher yang Masih Aktif

Voucher XL sudah digunakan tapi belum masuk? Ada kemungkinan bahwa voucher XL XTRA Combo Lite maupun XL Zero yang kamu beli sudah tidak aktif lagi. Setiap kartu voucher XL yang bisa kamu temui di counter HP memiliki masa aktifnya masing-masing.

Biasanya, informasi ini dapat kamu temukan di bagian atas barcode voucher atau dibagian bawah hologram gosok. Umumnya, format tulisannya yaitu, “Expiry Date: (tanggal, bulan, dan hari)”. Jangan sampai kamu memanfaatkan voucher XL di hari setelah tanggal tersebut.

Jadi, yang perlu kamu lakukan ketika membeli voucher XL adalah memperhatikan kapan masa aktif voucher berakhir. Jangan sampai kamu membeli voucher yang sudah melewati masa aktifnya.

Jika kamu baru menyadari bahwa voucher sudah melewati masa aktif dan hologramnya belum kamu gosok, segera kembali ke counter HP untuk menukarnya dengan yang masih aktif.

3. Jangan Memasukkan pada Masa Tenggang

Apakah kamu memasukkan voucher XL dan mendapatkan notifikasi yang bertuliskan “nomor Anda tidak bisa diisi ulang”? Bisa jadi, ini masalahmu. Setiap kartu perdana memiliki yang disebut dengan masa tenggang.

Ini merupakan masa di mana kartumu sudah tidak aktif dan sedang menuju ke tanggal penonaktifan kartu secara permanen. Ketika kartu perdana XL yang kamu gunakan berada di masa tenggang, banyak fitur dari kartu ini yang tidak bisa kamu gunakan.

Kamu tidak bisa mengirimkan SMS, melakukan telepon, hingga memasukkan voucher XL yang baru kamu beli. Sebelum kartumu dinonaktifkan secara permanen, ada langkah pemulihan yang bisa kamu manfaatkan.

Caranya yaitu dengan melakukan isi ulang pulsa ke kartu perdana XL milikmu. Nominalnya bebas, yang mana kamu bisa mengisi ulang dengan nominal terkecil sekalipun.

Setelah isi ulang kamu lakukan, kartu perdana XL tidak lagi berada di masa tenggang dan kamu bisa memasukkan voucher yang baru kamu beli.

4. Jangan Sampai Salah Memasukkan

Cara mengatasi voucher XL tidak bisa digunakan yang berikutnya adalah memasukkan kode voucher dengan benar. Kode voucher XL merupakan kombinasi dari 16 angka yang bisa kamu dapatkan di voucher XL XTRA Combo Lite maupun Zero.

Baca Juga:  2 Cara Mengisi Voucher XL Lewat SMS Terbaru 2024

Ketika kamu memasukkan kode voucher ini, jangan sampai kamu salah memasukkan. Jika kamu salah memasukkan 1 angka saja, maka voucher XL tidak dapat kamu masukkan. Tapi tenang saja, kamu bisa mengulanginya lagi ketika kamu salah memasukkan.

Kode voucher XL bukanlah 16 digit angka yang berada di bawah barcode voucher. Meskipun sama-sama terdiri dari 16 angka, namun kombinasi angka ini bukanlah kode voucher. Lokasi dari kode voucher yaitu di dalam hologram gosok.

Kamu baru bisa menemukan kode voucher XL setelah kamu menggosok hologram ini. Gosok bagian ini hingga seluruh angka voucher muncul.

5. Ganti Tipe Jaringan Prioritas

Voucher XL sudah masuk tapi kuota internet tidak bisa digunakan? Coba perhatikan apa paket internet XL yang kamu beli. Bisa jadi, kamu membeli voucher XL XTRA Combo Lite maupun XL Zero yang berisikan kuota internet khusus jaringan LTE.

Apabila kamu terhubung dengan jaringan internet 3G, maka kamu tidak akan bisa terhubung dengan internet. Hal tersebut dikarenakan kuota internet yang kamu beli adalah kuota khusus jaringan 4G atau LTE, yang mana tidak bisa digunakan untuk berselancar di jaringan 3G.

Jika masalahmu adalah ini, maka kamu akan kesusahan untuk terhubung ke internet jika berada di daerah yang masih belum menggunakan jaringan 4G XL.

Apabila kamu berada di daerah yang mendukung jaringan 4G XL, namun HP sering terhubung dengan 3G, kamu bisa mengatur jaringan prioritas HP-mu menjadi 4G. Ubah prioritas jaringan di HP Android menggunakan cara mengatasi voucher XL tidak bisa digunakan berikut ini:

  • Nyalakan layar HP.
  • Tarik bagian atas layar ke bawah untuk membuka menu pusat tombol kontrol.
  • Tekan dan tahan tombol data seluler.
  • Klik kartu XL.
  • Klik “Tipe Jaringan Prioritas”.
  • Pilih tipe LTE.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengetahui Kartu Bisa Diisi Voucher atau Tidak

Bagaimana cara cek kartu XL bisa diisi voucher atau tidak? Kamu tidak perlu repot-repot melakukan cek kartu, karena semua kartu XL bisa memanfaatkannya. Kartu XL yang tidak bisa diisi dengan voucher adalah kartu yang memasuki masa tenggang dan yang sudah dinonaktifkan secara permanen.

Cara Mengetahui Voucher XL Sudah Digunakan atau Belum

Tiap voucher XL XTRA Combo Lite maupun XL Zero yang barcode-nya belum digosok umumnya belum digunakan. Namun, untuk berjaga-jaga, kamu bisa mengetahui voucher XL sudah digunakan atau belum dengan memanfaatkan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke fitur telepon
  • Ketik *151*5*7*2#.
  • Klik ikon telepon.
  • Masukkan 16 angka yang berada di bawah barcode voucher
  • Klik “OK”.

Cara Memasukkan Voucher XL

Cara mengaktifkan voucher XL umumnya bisa kamu temukan di kemasan voucher. Pada kemasan tersebut, dituliskan bahwa cara memasukkan kode voucher adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke fitur telepon
  • Ketik *123*234*2*(16 angka voucher)#.
  • Klik ikon telepon.
  • Jika kamu memperoleh notifikasi bahwa kuota XL sudah aktif, maka proses aktivasi sudah berhasil.

5 cara mengatasi voucher XL tidak bisa digunakan tersebut merupakan cara-cara yang efektif untuk sebagian besar masalah. Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, kunjungi XL Center atau telp CS 817 menggunakan HP milikmu.

Baca Juga:

error: