6 Cara Mengatasi HP Mencet Mencet Sendiri 2022

Abockbusup.com – Sebagai alat komunikasi yang penting, handphone selalu dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, biasanya HP touchscreen mudah nge-lag dan bergerak sendiri. Bagaimana cara mengatasi HP mencet mencet sendiri?

Pastinya banyak pengguna HP yang kebingungan ketika menghadapi permasalahan tersebut. Layar HP tiba-tiba terus bergerak sendiri, padahal tidak disentuh oleh penggunanya. Ada berbagai sebab touchscreen HP mengalami eror seperti kerusakan LCD, charger rusak, layar panas, atau baterai rusak.

Cara mengatasi HP yang mencet-mencet sendiri sebenarnya mudah saja dilakukan, namun pengguna harus mengetahui penyebabnya touchscreen eror tersebut. Kalau memang masalahnya terletak pada bagian layar dan charger HP, maka akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.

6 Cara Mengatasi HP Mencet Mencet Sendiri dengan Mudah

Apakah ghost touch terjadi pada HP tertentu saja? Jawabannya tidak, semua jenis HP bisa saja akan mengalami eror pada bagian layarnya, apalagi kalau sering digunakan. Tidak perlu khawatir, coba atasi masalah touchscreen HP yang eror dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Melakukan Kalibrasi Layar

Sudah paham dengan konsep kalibrasi layar? Biasanya alternatif satu ini sering dilakukan dalam perangkat Android. Bagi pengguna HP yang belum memilikinya, bisa mendownloadnya secara gratis lewat aplikasi Google Play Store dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Silahkan download aplikasi Touchscreen Calibration yang terdapat dalam platform resmi Google Play Store, kemudian klik “Buka” pada aplikasi tersebut.
  2. Konsepnya memang berbeda dengan aplikasi lain, Touchscreen Calibration tidak mewajibkan para penggunanya untuk memberikan preferensi atau hak akses apa saja.
  3. Ketika sudah memasuki halaman utama aplikasi, klik opsi “CALIBRATE” untuk memulai proses kalibrasi touchscreen sesuai kebutuhan.
  4. Pengguna perlu melakukan sentuhan sesuai dengan perintah “Test Pad”. Beberapa perintah yang diinstruksikan kepada pengguna seperti ketukan ganda, geser, dan juga sentuhan lama.
  5. Ketika sedang tahap pengujian sentuhan pada touchscreen, maka aplikasi kalibrasi akan membantu dalam memperlihatkan akurasi jenis sentuhan tersebut.
  6. Pada layar aplikasi nantinya akan muncul sebuah notifikasi “Calibration Successfully”, kemudian lakukan konfirmasi dengan klik “OK”.
  7. Lakukan restart sementara pada HP, kemudian pengguna bisa terus mencari hasil kalibrasi yang tersedia dalam aplikasinya.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

Perlu diketahui sebelumnya, proses kalibrasi tidak membantu dalam mengatasi kerusakan touchscreen pada HP. Namun aplikasi kalibrasi layar akan membantu dalam memberikan informasi mengenai hasil deteksi sentuhan layar, sehingga pengguna mengetahui penyebab kerusakan.

2. Mengganti Charger HP

Salah satu penyebab layar touchscreen pada HP mengalami eror yaitu charger HP yang digunakan sudah rusak. Charger tersebut bukan malah memberikan daya energi pada HP, melainkan malah membuat layar HP panas dan tidak stabil atau bergerak sendiri.

Layar HP akan mencet-mencet dan membuka aplikasinya dengan sendirinya, padahal pengguna sama sekali tidak memegang layar touch screen. Kalau memang masalahnya terjadi ketika HP sedang di cash, maka segera ganti charger asli sesuai dengan merek HP tersebut.

Biasanya banyak pengguna HP merek tertentu lebih memilih charger KW yang lebih murah untuk mengecas. Namun, charger HP KW akan menyebabkan HP mudah rusak, terutama pada bagian touchscreen-nya. Cara mengatasi HP mencet mencet sendiri seperti ini setidaknya lebih mudah.

3. Memeriksa dan Membersihkan Bagian Pelindung Layar

Pelindung layar atau biasa dikenal dengan tempered glass tentunya akan sangat berpengaruh pada touchscreen HP yang digunakan. Pasalnya, pelindung layar memang fungsinya untuk melindungi layar utama HP dari segala bentuk goresan yang membuat sensitivitas layar berkurang.

Fungsi lainnya dari tempered glass yaitu melindungi layar LCD ponsel dari debu, paparan sinar matahari, dan juga kotoran yang mungkin menempel. Jika pelindung layar dalam kondisi kotor, maka akan membuat touchscreen HP mengalami eror dan bergerak-gerak sendiri.

Langkah pertama, silahkan lakukan pemeriksaan pada touchscreen HP, kemudian bersihkan kalau memang dirasa kotor. Langkah kedua, pengguna bisa mengganti pelindung layar atau anti gores yang baru agar layar HP bisa kembali berfungsi normal atau tidak mencet dengan sendirinya.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Fastboot 100% Pasti Berhasil

4. Segera Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP mencet mencet sendiri Android juga bisa dilakukan dengan melakukan factory reset. Apa maksudnya? Melakukan factory reset artinya merubah pengaturan HP menjadi setelan pabrik, sehingga para pengguna akan menghapus semua data yang ada dalam HP.

  1. Untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik, maka silahkan tekan tombol untuk mematikan HP lebih lama.
  2. Nantinya akan muncul 2 opsi, “Restart” dan “Reboot Ulang”, maka pengguna bisa pilih “Reboot Ulang” untuk mengembalikan HP menjadi setelan pabrik.
  3. Proses reboot akan berlangsung cukup lama, sesuai dengan kapasitas yang sudah digunakan dalam HP tersebut.

Namun sebelum melakukan reboot ulang, maka pengguna harus menyadari bahwa semua data yang tersimpan dalam HP nantinya akan hilang. Maka dari itu, sebaiknya lakukan backup data untuk memindahkan sejumlah file penting yang tersimpan dalam memori HP.

5. Menonaktifkan Fitur Force GPU Rendering

Fitur force GPU rendering memang biasanya sudah aktif ketika pengguna baru saja membeli HP baru. Nah, fitur tersebut bisa menjadi salah satu penyebab layar HP suka eror dan mencet-mencet aplikasi dengan sendirinya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  1. Siapkan kabel data yang nantinya akan digunakan untuk menghubungkan smartphone pada PC atau laptop.
  2. Ketika smartphone dan PC sudah tersambung, maka masuk ke menu “USB Debugging” dan langsung matikan fitur “Force GPU Rendering”.
  3. Setelah mematikan fitur “Force GPU Rendering”, maka coba periksa perubahan yang terjadi pada layar HP sudah stabil atau belum.

6. Melakukan Update Sistem Operasi (OS)

Cara mengatasi HP mencet mencet sendiri, bergerak tidak jelas bahkan naik turun tidak jelas bisa dengan mencoba update sistem operasi pada HP. Dengan memperbarui sistem operasi pada smartphone, maka kesalahan program atau bugs bisa teratasi dengan baik.

  1. Silahkan buka menu “Setelan” yang ada pada ponsel, kemudian klik opsi “Tentang Telepon”.
  2. Klik “Versi (sesuai dengan jenis HP)”, kemudian “Periksa Pembaruan”. Tidak lama akan muncul notifikasi pembaruan untuk melakukan pembaruan OS.
  3. Langsung saja klik “Update OS” dan tunggu sampai proses unduhan serta instalasi bisa berlangsung sampai selesai.
Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Setelah melakukan update OS, biasanya smartphone akan secara otomatis restart. Namun untuk beberapa jenis HP, restart dilakukan secara manual oleh pengguna. Perlu diketahui sebelumnya, proses update OS akan memakan waktu yang lama, sehingga koneksi internet harus selalu stabil.

Tidak hanya koneksi internet yang perlu diperhatikan, namun kapasitas smartphone juga harus memadai. Sebaiknya pengguna sementara melakukan uninstall aplikasi yang sudah lama tidak digunakan dan menghapus beberapa file tidak penting dalam memori smartphone.

Kapasitas RAM pada HP yang penuh, terkadang juga membuat HP mudah panas ketika digunakan, sehingga touchscreen bisa bergerak tidak jelas. Hapus aplikasi atau file cache pada HP yang sudah tidak digunakan, kemudian hindari terlalu sering menggunakan HP sambil ngecas.

Jika cara mengatasi HP mencet mencet sendiri error di atas tidak berhasil, maka pengguna lebih baik segera membawanya ke tukang service. Mungkin saja terjadi eror pada mesin HP atau ada komponen lain yang perlu diganti, sehingga bagian touchscreen tidak berjalan normal seperti biasanya.

Baca Juga:

error: