Daftar Frekuensi Metro TV Nex Parabola Terbaru 2024

Abockbusup.com – Kalau kamu suka menonton berita faktual, bisa menonton Metro TV. Kamu akan mendapatkan sajian berita, dalam negeri maupun luar negeri, yang berkualitas. Nah, kalau kamu ingin terus melihat kanal televisi ini, harus tahu frekuensinya. Lalu, berapa memangnya frekuensi Metro TV?

Jangan khawatir, di bawah ini akan kami berikan update terbaru tentang frekuensi channel Metro TV. Jadi, kamu bisa mengatur parabola agar bisa menangkap sinyal dari kanal televisi tersebut. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir kehilangan kanal Metro TV di televisimu.

Sekilas Tentang Metro TV

Sebelum membahas tentang frekuensi channel Metro TV, kita akan membahas sekilas tentang televisi nasional ini terlebih dahulu. Sebenarnya, sudah banyak yang tahu tentang Metro TV, namun tidak ada salahnya untuk membahas kanal televisi ini.

Saat mendengar tentang Metro TV, pasti yang terbesit di pikiran adalah stasiun televisi yang program utamanya adalah menyampaikan berita. Berbeda dengan stasiun televisi lainnya, seperti Metro TV fokus mewartakan berita yang faktual dan lengkap.

Jadi, Metro TV adalah jaringan televisi swasta berita yang bertempat di Indonesia, didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia. Metro TV resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta yang merupakan patungan antara Media Group dan Bimantara Citra.

Namun, sejak Oktober 2007, Metro TV seluruhnya dimiliki oleh Media Group yang ternyata juga memiliki harian Lampung Post dan Media Indonesia. Sekarang, Metro TV menjadi stasiun utama yang dicari masyarakat, jika mereka ingin menonton berita dalam maupun luar negeri.

Baca Juga:  Update Kode BISS Key Trans TV 2024 dan Cara Inputnya

Metro TV, Pelopor Televisi Berita 24 Jam di Indonesia

Dibandingkan dengan stasiun televisi lain, Metro TV memang berbeda karena tidak ada konsep hiburan di dalamnya. Bandingkan dengan stasiun lain, seperti SCTV atau RCTI yang selain ada program berita, juga ada program hiburan seperti sinetron dan program lainnya.

Memang, Metro TV diproyeksikan untuk menjadi televisi berita 24 jam pertama di Indonesia dan mereka berhasil sampai sekarang. Kalau ditelaah lebih jauh, mereka meniru konsep televisi berita AS, yaitu CNN yang fokus terhadap program berita, ulasan terkini, dokumenter juga wawancara.

Jelas, Metro TV adalah stasiun pelopor untuk program berita, sebelum diikuti oleh stasiun-stasiun televisi lainnya. Mereka juga menjadi televisi pertama yang menerapkan penyiaran dengan sistem digital. Mereka memiliki 6 peralatan satelit yang menggunakan teknologi digital.

Frekuensi Metro TV di Nex Parabola

Kalau kamu menggunakan Nex Parabola, maka penting untuk tahu frekuensi dari stasiun televisi, seperti Metro TV. Karena kalau tidak, kamu tidak akan bisa menemukan stasiun televisi favorit, jadi kamu bisa ketinggalan programnya yang menarik.

Nex Parabola sendiri adalah layanan TV satelit berlangganan yang dimiliki oleh Jaringan Emtek Group. Emtek Group sendiri bekerja sama dengan produsen decoder televisi yaitu Matrix. Sebenarnya, sistem Nex Parabola tidak jauh berbeda dengan satelit televisi lainnya.

Pasalnya, receiver Nex Parabola juga bisa menangkap sinyal C-Band dan Ku-Band. Lalu, berapa sih frekuensi dari Metro TV di Nex Parabola? Banyak yang membagikan frekuensi channel Metro TV, namun banyak yang salah, yang benar adalah seperti di bawah ini.

1. Frekuensi Metro TV Terbaru 2023

Metro TV menyediakan berbagai tayangan berita yang informatif, berasal dari berbagai topik, mulai dari politik, seni budaya, teknologi, kesehatan dan lain sebagainya. Mereka memiliki program berita yang diwartakan dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris dan Mandarin.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat Unlimited

Sekarang, Metro TV menyesuaikan frekuen siaran agar masyarakat Indonesia bisa mengaksesnya dengan mudah. Jaringan Metro TV berada di satelit Telkom 4 C-Band yang didasarkan pada platform SSL-1300, serta menggunakan 60 transponder C-Band.

Nex Parabola menerima frekuensi dari satelit Telkom 4 C-Band, dan berdasarkan Instagram resmi Metro TV, frekuensinya berada di 4132 Mhz. frekuensi 4132 Mhz ini memiliki polarisasi horizontal, ditandai dengan symbol rate 6350 symbol per detik.

Tidak hanya di transponder 60 C-Band, frekuensi channel Metro TV ini juga bisa hadir dan terdaftar di transponder 3900 Mhz dan 4180 Mhz. Keduanya sama-sama menggunakan polarisasi vertikal dan symbol rate 29800, dan jelasnya bisa tertangkap di Nex Parabola.

2. Cara Scan Frekuensi Metro TV di Nex Parabola

Jangan khawatir, cara memindai atau scan channel Metro TV di Nex Parabola sangat mudah, kamu tinggal memindai ulang receiver. Kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini, kalau memang belum pernah melakukan cara ini sebelumnya.

  • Masuk ke menu Instalasi, dengan remote control.
  • Setelah masuk ke menu Instalasi, klik OK.
  • Lalu pilih Satelit Telkom dengan klik Nex Telkom 4, dan klik Set untuk memunculkan daftar transponder di satelit tersebut.
  • Berikutnya centang dua transponder satelit di frekuensi 4180 v 298000 dan 3900 v 298000.
  • Jika sudah, tekan tombol biru di remote control untuk mulai scanning saluran.
  • Klik OK untuk memulai pemindaian, dan sistem akan memindai ulang siaran secara otomatis.
  • Kalau sudah, saluran Metro TV akan muncul di televisi.
  • Jangan lupa untuk menyimpan saluran Metro TV, dan urutkan sesuai dengan kebutuhan.

Selesai, sekarang kamu bisa menonton berita di Metro TV dengan puas, setelah berlangganan receiver Nex Parabola. Untuk informasimu, saluran ini gratis alias Free To Air, jadi masyarakat Indonesia bisa mengaksesnya tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.

Contoh Perangkat STB Parabola untuk Menonton Metro TV

Kalau belum tahu, Metro TV mendukung seluruh receiver, tidak peduli apakah tipenya rekomendasi atau umum. Namun, yang terjadi sejauh ini adalah masyarakat lebih suka memilih layanan dari provider televisi tanpa berlangganan.

Baca Juga:  26 Paket Internet Telkomsel Bulanan Termurah 2024

Memang, hal ini menawarkan channel gratis, yang cukup lengkap dibandingkan dengan receiver umum yang tidak menggunakan provider. Berikut ini adalah beberapa contoh STB parabola agar kamu bisa menonton Metro TV dengan gratis selain Nex Parabola:

  • K Vision
  • Kugosky
  • Skybox
  • Matrix Garuda
  • Nusantara HD

Data Frekuensi Metro TV HD dan SD

Satelit adalah benda elektronik yang mengorbit di bumi dengan masa periode operasional yang sudah ditentukan. Ada dua jenis spektrum satelit, C-Band dan Ku-Band, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Di bawah ini akan kami berikan frekuensi Metro TV HD dan SD:

1. Frekuensi HD

Frekuensi ini menjadi incaran banyak orang, khususnya mereka yang menggunakan antena parabola. Frekuensi ini mendukung dish besar atau kecil, dan bisa menjangkau lebih banyak pemirsa dari ujung barat dan timur. Detailnya:

  • Channel: Metro TV HD
  • Satelit: Telkom 4
  • Koordinat: 108 E
  • Frekuensi: 4080
  • Polaritas: H

2. Frekuensi SD

Ini khusus untuk pengguna parabola mini, dengan LNB Ku-Band. Memang resolusinya hanya SD, namun tetap bisa dinikmati kok, berikut detailnya:

  • Channel: Metro TV SD
  • Satelit: Ses 9
  • Koordinat: 108 E
  • Frekuensi: 11921
  • Polaritas: V

Frekuensi Metro TV di atas bisa kamu gunakan jika ingin memindai ulang saluran di televisimu. Setelah ketemu, jangan lupa untuk menyimpan saluran tersebut agar tidak hilang di kemudian hari.