Daftar Frekuensi TV Digital Bandung Terbaru 2024

Abockbusup.com – Apakah kamu warga Bandung dan sekitarnya, dan ingin mencari frekuensi TV digital Bandung? Jangan khawatir, kami punya daftar frekuensi TV Digital khusus untuk Bandung, mulai dari SCTV, RCTI, TVRI dan masih banyak lagi.

Memang, sejak peralihan televisi analog ke digital, frekuensi televisi mengalami penyesuaian. Kalau kamu baru saja beralih ke televisi digital, maka harus mencari channel atau saluran televisi terlebih dahulu, terutama kalau tidak muncul secara otomatis.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Sebelum membahas frekuensi TV digital Bandung, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan TV digital tersebut? Belum lama ini, layanan TV analog memang dihentikan di seluruh Indonesia, dan mewajibkan pemilik televisi untuk beralih ke televisi digital.

Migrasi TV analog ke televisi digital ini sudah sesuai dengan amanah UU Nomor 11 Tahun 2020, yang di dalamnya mengatur tentang Cipta Kerja. Artinya adalah, bahwa warga Indonesia yang tidak bergegas beralih ke televisi digital, maka tidak akan bisa menonton program dan acara televisi.

Maksud dari TV digital sendiri adalah jenis TV yang memanfaatkan modulasi digital dan sistem kompresi, untuk memancarkan siaran sinyal suara, gambar dan data ke perangkat TV. Lalu, apa yang membedakan televisi analog dan digital?

Perbedaannya :

1. Cara Menerima Sinyal

Perbedaan televisi analog dan digital yang pertama terletak bagaimana keduanya menerima untuk kemudian memroses sinyal. Sinyal di TV analog ditransfer lewat sinyal radio, yang dibagi dalam format audio (FM) maupun video (AM).

Sementara itu, televisi digital menerima paparan sinyal dalam bentuk data informasi (bit), yang mirip (serupa) dengan Blu-ray, CD dan DVD. Nanti, semua data sinyal TV dibawa sekaligus, mulai dari suara, warna dan gambar.

Baca Juga:  Frekuensi TV Digital Cirebon Jawa Barat Terbaru 2024

2. Kualitas Visual

Perbedaan berikutnya dari kedua jenis televisi ini adalah kualitas visual yang dipancarkan. Perbedaannya memang mencolok, di mana televisi digital bisa memberikan kualitas siaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan televisi analog.

Kualitas visual televisi analog dipengaruhi oleh pemancar. Kalau ada masalah dengan pemancar, seperti cuaca buruk dan semacamnya, visual televisi akan terganggu. Berbeda dengan TV digital, yang kualitas visualnya tidak dipengaruhi oleh pemancar.

3. Sistem Transmisi Pancaran

Perbedaan berikutnya terletak pada sistem pancaran, di mana televisi analog menggunakan pancaran, dengan memodulasikan langsung di pembawa frekuensi. Berbeda dengan televisi digital, yang tidak langsung memodulasikan, melainkan mengkodekan ke wujud digital lalu dipancarkan.

4. Gangguan Tayangan

Kedua jenis televisi ini juga berbeda di gangguan tayangannya, misalnya di televisi analog, yang akan mengalami visual buram saat sinyal sedikit. Kalau TV digital, yang bermasalah hanya pancaran satu warna dasar saja, dan visualnya masih terlihat jelas.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa TV digital memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan analog, seperti :

  • TV digital memiliki gambar kualitas tajam nan jernih.
  • TV digital bisa mengurangi efek doppler, biasanya jika menerima siaran dalam kondisi bergerak.
  • TV digital bisa mengurangi efek noise.
  • TV digital bisa memancarkan banyak siaran dalam satu paket, jadi bisa menonton saluran yang lebih banyak.

Cara Ganti TV Analog ke Digital

Sebelum memasukkan frekuensi TV digital Bandung, kamu harus mengganti televisi analog ke digital terlebih dahulu. Meski sudah dihimbau sejak lama, namun banyak masyarakat yang masih menggunakan televisi analog sampai sekarang, padahal mau dinonaktifkan.

Mereka ini adalah masyarakat kelas menengah ke bawah, karena tidak punya dana untuk membeli Set Top Box baru. Namun jangan khawatir, pemerintah pun telah memberikan solusi atas masalah tersebut, dengan memberikan STB gratis kepada masyarakat yang berhak.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Kuota Gratis 1GB Indosat Terbaru 2024

Dengan begini, mereka tidak perlu mengganti televisi, cukup menggunakan antena digital saja. Pasalnya, STB hanya mengubah sinyal digital ke analog, jadi berfungsi sebagai penangkap sinyal digital. Kalau bisa beli televisi digital langsung, maka tidak perlu lagi menggunakan STB ini.

Frekuensi TV Digital Bandung Terbaru 2023

Lalu, berapa sih frekuensi TV digital untuk Bandung? Satu hal yang wajib kamu tahu, setiap daerah memiliki frekuensi televisi digital yang berbeda-beda. Misalnya saja kamu warga Bandung, tentu tidak bisa menggunakan frekuensi Jakarta atau Surabaya.

Selain berbeda berdasarkan daerah, juga berbeda berdasarkan channel televisi. Misalnya, frekuesni MNC TV tentu akan berbeda dengan frekuensi RCTI dan lainnya. Makanya, kamu wajib tahu tentang frekuensi ini agar bisa mencari dan menemukan semua saluran televisi tersebut.

Siaran televisi analog sudah dialihkan ke televisi digital, mau tidak mau, masyarakat Indonesia harus melakukan penyesuaian. Setelah disesuaikan, kamu juga yang akan diuntungkan, karena bisa menikmati siaran televisi yang putih bersih.

1. Frekuensi TV Digital Bandung 2023 Terbaru

Ada dua jenis frekuensi TV digital Bandung, yaitu digital (UHF atau Ultra High Frequency) dan DVB-T2 (MHz). Tentunya, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan, serta jenis televisi yang kamu miliki di rumah.

Berikut frekuensinya :

  • 39 UHF dan 554 MHz (MNC Media, iNews, MNCTV, RCTI dan GTV).
  • 32 UHF dan 562 MHz (Magna Channel, Media Group News dan BNTV).
  • 35 UHF, 586 MHz (LPP TVRI, TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat dan Net TV).
  • 39 UHF dan 618 MHz (SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, Rajawali TV).
  • 45 UHF, 666 MHz (Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, Kompas TV dan CNBC Indonesia).
  • 47 UHF, 682 MHz (TV One dan ANTV).
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot 2024

2. Cara Mencari Siaran Televisi Digital

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mencari siaran televisi digital, yaitu untuk TV yang sudah dilengkapi dengan DVB-T2 dan televisi yang masih analog.

Kalau ingin mencari siaran digital di televisi digital, caranya seperti di bawah ini :

  • Posisikan antena UHF, agar berada di tempat yang tepat.
  • Berikutnya sambungkan kabel antena ke televisi dengan benar.
  • Jika sudah, nyalakan televisi, dan masuk ke Pengaturan.
  • Berikutnya pilih DTV untuk mencari dan mendapatkan sinyal digital.
  • Lalu klik Auto Scan, dan televisi akan mencari channel TV digital secara otomatis.
  • Selesai, sekarang kamu tinggal tunggu proses pemindaian channel televisi sampai selesai.

Cara di atas bisa dilakukan kalau kamu sudah memiliki televisi dengan teknologi DVB-T2. Lalu, kalau televisimu masih analog, maka bisa menggunakan STB (Set Top Box) untuk mendapatkan siaran digital, caranya seperti di bawah ini :

  • Pastikan antena UHF berada di posisi yang pas.
  • Sambungkan TV ke STB, lalu sambungkan STB ke antena.
  • Nyalakan TV, dan arahkan ke sumber AV.
  • Berikutnya nyalakan STB, dan isi kode pos.
  • Lalu masuk ke Menu, dan pilih Pencarian Saluran secara Otomatis.

Di atas adalah penjelasan tentang frekuensi TV digital Bandung, dan bagaimana cara mencari siaran di TV digital maupun analog. Yang jelas, kalau kamu masih menggunakan TV analog, maka butuh STB untuk mendapatkan siaran digital.