Frekuensi TV9 Surabaya Terbaru dan Cara Mencari 2024

Abockbusup.com – Banyak yang ingin tahu informasi frekuensi TV9 Nusantara terbaru di parabola jalur C-band dan Ku-band. Biasanya, frekuensi terbaru ini dibutuhkan bagi penonton yang memang ingin menikmati siaran dari channel TV ini.

Untungnya, banyak sumber yang sudah menyediakan informasi terbaru seputar frekuensi milik stasiun TV TV9 ini. Kamu cukup menginputkan frekuensi tersebut di perangkat TV yang dipakai saja.

Informasi Mengenai TV9 Nusantara Surabaya

Bagi yang belum tahu, TV9 Nusantara merupakan stasiun televisi lokal yang dikembangkan di kota Surabaya. Televisi lokal ini memiliki banyak program siaran Islami untuk kawasan Surabaya dan sekitarnya.

Agar dapat menjangkau penonton dari seluruh Indonesia, channel ini dapat ditonton secara streaming dengan memakai satelit. TV9 dikelola oleh PT. Dakwah Inti Media yang merupakan perusahaan milik KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H.,MM.

Beliau adalah PW Nahdlatul Ulama yang bertugas di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Frekuensi TV9 sendiri diresmikan oleh Gubernur Soekarwo ketika memperingati ulang tahun Nahdlatul Ulama ke-84, 31 Januari 2010 lalu.

TV9 ini menghadirkan berbagai tema dakwah yang berisi berbagai pesan agama Islam supaya gampang diresapi oleh penonton, terutama generasi muda. Agar sejalan dengan era sekarang, setiap siaran yang ada di sini telah dikemas dengan modern.

Kendati demikian, kemasan siaran tersebut tetap sejalan dengan identitas tradisi Muslim di Indonesia yang sudah menjamur. Harapannya, tentu supaya generasi muda tetap konsisten berbuat baik kapan dan dimana saja.

Update Frekuensi TV9 Nusantara di Telkom 4 Terbaru

Bagi yang tertarik untuk nonton siaran islami TV9, sudah pasti harus tahu frekuensinya dahulu. Frekuensi stasiun TV ini berada di jalur C-band yaitu untuk satelit Merah Putih. Kebetulan frekuensinya juga satu-satunya Free to Air sehingga dapat dinikmati gratis tanpa menggunakan decoder rekomendasi.

Baca Juga:  Frekuensi dan Kode BISS Key True4U Terbaru 2024

Siaran yang ada di TV9 masih mengandalkan format video MPEG-2 sehingga dapat ditonton dengan memakai receiver lama. Channel TV9 dapat ditemukan di frekuensi 3776 Mhz, Symbol Rate 1700, Polarisasi Vertikal, FEC ¾ dan Modulasi DVBS.

Jadi, kamu tinggal menginputkan frekuensi tersebut di TV yang digunakan saja. Ketika awal beroperasi, TV9 Nusantara disiarkan dengan menggunakan satelit Telkom 1. Selanjutnya, lalu dipindahkan ke Palapa D.

Terakhir, frekuensinya migrasi ke jalur Telkom 4 semester kedua tahun 2020 lalu. Inilah yang membuat TV9 terus eksis seperti sekarang dalam menghadirkan banyak acara Islami modern.

Frekuensi TV9 Nusantara Ku-band Terbaru

Di Ku-band, penonton TV9 mendapat pilihan dish mini yang cukup banyak. Sayangnya, tidak semua siaran yang tersedia sudah Free to Air sehingga penonton perlu memantaunya dahulu.

Siaran gratis yang ada di TV9 dapat di lock dengan receiver apapun di Ninmedia ataupun K-Vision. Sedangkan dua siaran yang terkunci acakan maut dapat ditemukan di SMV FreesatTV atau TransVision.

  1. ABS 2A 75.0°E 12290 V 44000  $SMV Freesat TV, MPEG-4
  2. AsiaSat 9 122.0°E 12655 V 45000 FTA Ninmedia, MPEG-4
  3. Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 FTA K-Vision, MPEG-4
  4. Measat 3b 91.5°E 12643 H 30000 $TransVision, MPEG-4

Sebelum ini, frekuensi TV9 Nusantara terbaru juga dapat ditemukan di NEX Parabola. Atau lebih tepatnya berada di transponder 11861 H 45000.

Kendati demikian, siaran tersebut tidak dapat ditemukan lagi pada Januari 2021 kemarin. Di bulan yang sama, Magna Channel, TVRI Kanal 3, Jak TV, Hope Channel Indonesia dan Nusantara TV juga turut hilang.

Cara Mudah Mencari Siaran Channel TV9 Nusantara Menghilang

Meski frekuensi TV9 sudah didapat, ada beberapa kendala yang penonton temukan saat menggunakannya. Termasuk, channel TV9 yang tiba-tiba hilang sehingga siarannya tidak bisa ditonton seperti biasa.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk Terbaru 2024

Jika sudah demikian, jangan langsung buru-buru untuk mengubah pengaturan antena parabola yang telah dipasang. Pasalnya, jika terjadi salah antisipasi akan berakibat fatal bagi penggunanya.

Masalah ini sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk stasiun sudah ganti frekuensi, pindah satelit, gangguan siaran hingga siaran yang berakhir. Jadi, kamu harus tahu betul penyebab siaran TV9 hilang dengan baik.

Kalau sudah begini, kamu harus mencari siaran TV9 lagi dari awal. Berikut cara-cara yang dapat digunakan agar channel TV9 dapat dinikmati kembali:

1. Ganti Frekuensi

Channel TV9 yang hilang paling banyak disebabkan karena berubahnya nomor frekuensi. Biasanya, pihak TV9 bakal mengumumkan perubahan frekuensi tersebut jauh hari lewat running TEXT di sosial media atau layar TV.

Bagi yang sempat ketinggalan informasi, langsung saja cek di Fanspage Facebook, TikTok, Twitter ataupun akun resmi Instagram milik TV9. Semua akun resmi milik TV9 menggunakan handle/ username @tv9nusantara.

Jika sudah mendapat kode frekuensi TV9 terbaru, kamu cukup melakukan pengaturan sederhana untuk mendapatkan channel TV9 lagi. Masuk ke Pengaturan Receiver yang telah dipasang.

Selanjutnya, kamu cukup melakukan scan ulang receiver yang digunakan saja. Pastikan arah parabola benar-benar tepat dan tidak bergeser sedikitpun. Jika kualitas sinyal yang kamu dapatkan bagus, sudah pasti tayangan TV9 langsung cling atau jernih.

Tidak sedikit yang menyarankan jangan masuk ke website official milik tv9.co.id resmi. Sebenarnya di website tersebut sudah banyak informasi seputar program siaran lengkap yang dimiliki TV9 hari ini.

Sayangnya, website resmi ini kurang maintenance sehingga banyak informasi yang tidak update, termasuk jangkauan frekuensi TV9paling baru.

2. Siaran Berakhir

Siaran berakhir juga kerap menjadi penyebab kenapa channel TV9 menghilang dari layar televisi. Hal ini kerap terjadi, contohnya saat awal tahun lalu dimana siaran yang dijangkau satelit SES 9 menghilang.

Baca Juga:  5 Cara Beli Paket Nelpon Telkomsel Termurah 2024

Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan lock siaran FTA yang digunakan oleh satelit lain. Bagi yang memakai satelit NEX Parabola, kamu dapat menggunakan Ninmedia di Asiasat 9 atau K-Vision di Measat 3a.

Bagi yang memakai satelit Telkom 4, biasanya masalah siaran berakhir ini sangat jarang terjadi. Pasalnya, Telkom 4 memang mempunyai masa beroperasi yang sangat lama dibandingkan lainnya.

Penutup

Tak jauh beda dengan TV Lokal yang bertemakan Islami lainnya, channel yang memiliki slogan “Santun Menyejukkan” ini dapat ditonton Free to Air lewat satelit. Channel dapat diakses oleh pengguna parabola jaring C-band atau dish mini Ku-band.

Setiap pengguna dapat melakukan lock siaran tanpa perlu membeli receiver milik Pay TV terlebih dahulu. Sesuai nama yang disandingkan, channel TV Islam yang dikembangkan di Surabaya ini sudah menjangkau pengguna dari seluruh Nusantara dengan memanfaatkan satelit.

Bagi yang memakai LNB C-band, hanya ada 1 pilihan di Telkom 4 yang dapat digunakan. Di satelit ini, TV9 disiarkan dengan menggunakan. format MPEG-2.

Sedangkan pengguna satelit Ku-band, pilihan terbaik yang dapat digunakan adalah Ninmedia Asiasat 9 dan juga K-Vision Measat 3a. Seluruh satelit yang telah disebutkan dapat ditangkap dengan mudah dari seluruh Indonesia.

Nah, bagi yang tertarik untuk menyaksikan acara Islami dari TV9, tentunya harus menggunakan frekuensi yang telah disebutkan dahulu. Ingat, update terus informasi frekuensi TV9 agar tidak ketinggalan dengan setiap acara di stasiun TV ini.