Cara Atasi Error Smart Card is Out of Date (Semua Parabola)


Abockbusup.com – Biasanya, setelah kemunculan smart card is out of date di layar TV, siaran TV jadi tidak bisa dinikmati seperti biasa. Masalah ini bisa dialami oleh para pengguna decoder Matrix, Nex Parabola, K-Vision, dan sebagainya. Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Smart card sendiri merupakan kartu yang sanggup menyimpan berbagai data secara terintegrasi. Biasanya, smart card ini digunakan oleh receiver Pay TV dalam menyimpan data para pelanggan. Fungsinya kurang lebih mirip dengan fungsi SIM Card untuk smartphone.

Masalah yang terjadi pada smart card ini biasanya disebabkan oleh perubahan algoritma, kerusakan, maupun data error. Biasanya, notifikasi error muncul hanya pada bonus free to view maupun channel premium. Channel free to air biasanya tidak akan mengalami gangguan apapun.

Arti dan Cara Mengatasi Smart Card Is Out Of Date

Kalimat smart card out of date berarti kartu pintar telah kadaluarsa. Artinya, data yang ada di smart card tersebut perlu diperbarui karena sudah tidak valid lagi. Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan munculnya masalah ini di receiver Pay TV.

Setiap penyebab dari masalah tersebut akan membutuhkan solusi yang berbeda. Dibawah ini beberapa penyebab munculnya notifikasi error seputar smart card dan langkah apa yang sebaiknya kamu ambil untuk mengatasi permasalahan E22 smart card is out of date.

1. Belum Melakukan Aktivasi

Masalah E22 seringkali terjadi pada receiver TV yang baru dipasang dan belum diaktivasi oleh pihak toko. Banyak toko yang tidak melakukan aktivasi otomatis kecuali pelanggan memintanya secara spesifik. Aktivasi decoder biasanya dilakukan oleh teknisi yang juga memasang receiver tersebut.

Cara melakukan aktivasi cukup bervariasi, tergantung jenis receiver yang digunakan oleh pengguna. Berikut ini cara melakukan aktivasi pada matrix atau nex parabola melalui situs web resminya.

  • Kunjungi situs web resmi https://www.nexparabola.com/nex/.
  • Kemudian langsung pilih menu Aktivasi di bagian atas.
  • Masukkan seluruh data yang diminta sesuai instruksi di samping kolom.
  • Klik OK setelah mengisi semua data dan memasukkan kode captcha.
  • Status aktivasi receiver nex parabola akan muncul.
  • Jika kamu merupakan pelanggan K-Vision, proses aktivasinya bisa dilakukan melalui WhatsApp. Caranya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan metode di atas.
  • Simpan nomor 0811 8500 828 yang merupakan nomor WhatsApp K-Vision.
  • Kemudian buka aplikasi WhatsApp dan kirim pesan ke nomor K-Vision.
  • Format pengiriman pesannya adalah REG [nama pelanggan]#nomor HP#serial number#cas no#kode sales.
  • Jika proses pendaftaran berhasil, akan masuk balasan yang menyatakan bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan.
Baca Juga:  Update BISS Key Indosiar dan Frekuensi Terbaru 2024

Untuk mendapatkan kode sales pada K-Vision, kamu bisa mengirimkan pesan KODESALES ke nomor WhatsApp K-Vision. Sedangkan Cas No dan serial number bisa ditemukan di bawah barcode pada dus K-Vision.

2 Device Memerlukan Refresh

Jika device mengalami update firmware, tiba-tiba mati atau mengalami perubahan pada channel bonus, maka refresh perlu dilakukan karena biasanya data tidak bisa tersimpan dengan baik. Hal-hal semacam itu bisa menyebabkan error E22.

Sama seperti metode sebelumnya, proses refresh bisa dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan receiver yang digunakan. Kalau kamu menggunakan Nex Parabola, refresh bisa dilakukan lewat situs webnya.

  • Buka situs web https://www.nexparabola.com/nex/ di web browser apapun.
  • Lalu langsung klik menu Refresh di halaman utamanya.
  • Selanjutnya, masukkan nomor SMC ID lalu isi kode checknya dan klik OK.
  • Jika masalah smart card is out of date yang muncul di receiver K-Vision juga disebabkan oleh data yang tidak tersimpan dengan baik, kamu bisa melakukan refresh dengan cara mengirimkan WhatsApp ke nomor K-Vision.
  • Jalankan aplikasi WhatsApp lalu kirimkan pesan ke nomor WhatsApp K-Vision.
  • Format pengiriman pesannya adalah Refresh ID Pelanggan atau serial number.
  • Tunggu balasan dari K-Vision yang menyatakan bahwa refresh perangkat berhasil dilakukan.

Refresh merupakan metode paling mudah dalam mengatasi permasalahan E22. Setelah refresh, tunggu kurang lebih 15 menit dan lihat hasilnya. Kalau masih gagal, lakukan refresh serta restart perangkat dengan cara melepaskan receiver dari aliran Listrik dan menghubungkannya lagi.

3. Paket Sudah Habis

Kenapa muncul Error E22 di saluran tertentu? Error E22 juga kadang muncul saat paket berbayar kehabisan masa aktif. Misalnya, jika kamu akan melihat saluran Champions TV 1 tapi muncul error E22, maka artinya paket berbayar Champions sudah habis masa berlakunya.

Baca Juga:  8 Kode Dial Paket Internet IM3 Murah Unlimited 2024

Solusi untuk permasalahan error E22 yang satu ini adalah dengan membeli lagi paket berbayar yang ingin dinikmati. Jika ingin menghentikan langganan, maka channel tersebut akan dikunci secara otomatis sehingga tidak bisa diakses lagi di kemudian hari.

4. Firmware Sudah Kadaluarsa

Pihak penyedia layanan pay TV biasanya selalu melakukan update pada device STB atau set top box. Update ini dilakukan secara OTA atau over the air. Tujuan dilakukannya update ini adalah untuk memperbaiki kualitas siaran serta mengubah algoritma paket berbayar dan data.

Dengan berbagai update yang dilakukan oleh pihak pay TV, firmware yang out of date atau ketinggalan jaman bisa mengalami kesulitan dalam mengakses saluran terbaru. Solusi untuk kendala yang satu ini adalah mengaktifkan update OTA.

Solusi lain untuk masalah smart card is out of date yang muncul karena firmware mengalami out of date adalah menggunakan USB yang sudah diisi dengan perangkat lunak yang terbaru.

5. Muncul Gangguan Siaran

Para pengguna parabola veteran sudah pasti mengetahui bahwa gangguan siaran adalah sesuatu yang wajar dan bisa terjadi kapan saja. Jenis gangguan siarannya juga bervariasi, misalnya sun outage, satelit yang keluar jalur, hujan deras, gangguan transponder, dan lain sebagainya.

Apabila terjadi gangguan, seluruh pengguna K-Vision atau siaran di nex parabola bisa mengalami error E22, siaran menghilang, dan muncul gambar hitam. Fanspage dan grup Facebook pun biasanya akan dipenuhi dengan keluhan para pengguna dan pengumuman resmi dari pay TV.

Apa yang bisa dilakukan oleh para pengguna layanan pay TV? Satu-satunya solusi adalah menunggu dengan sabar hingga segalanya kembali normal. Proses maintenance atau perbaikan biasanya hanya akan memakan waktu singkat, tidak sampai berjam-jam lamanya.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi Metro TV Nex Parabola Terbaru 2024

Apa Saja Penyebab Error E22?

Banyak. Salah satunya adalah receiver yang belum diaktivasi sehingga seluruh channel di nex parabola akan memunculkan kode atau notifikasi error E22. Aktivasi hanya perlu dilakukan satu kali saja untuk mengatasi error yang muncul di seluruh saluran tersebut.

Tapi kalau error E22 hanya muncul di salah satu atau beberapa channel saja dan bukannya di semua channel, maka bisa jadi perangkat sudah diaktivasi tapi channel yang diakses tidak termasuk dalam paket langganan atau sudah habis masa berlakunya. Jadi, kamu memang tidak bisa mengaksesnya.

Penyebab lainnya adalah receiver belum menerima update algoritma sistem. Jika kamu sudah berlangganan semua channel berbayar tapi error E22 tetap muncul, maka penyebab yang ketiga inilah yang perlu dipahami dan diatasi.

Permasalahan smart card is out of date biasanya terjadi pada perangkat yang masih baru. Tapi kalau kamu tetap mengalami masalah ini meskipun sudah menggunakan pay TV cukup lama, coba ikuti beberapa metode di halaman ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.