8 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis 2022

Abockbusup.com – Baterai merupakan nyawa bagi sebuah smartphone. Kegunaan HP akan sangat bergantung pada baterai. Kamu tentu akan sangat terganggu bisa baterai cepat habis. Oleh karena itu, kamu perlu memahami bagaimana cara mengatasi baterai HP cepat habis.

Artikel yang sedang kamu baca ini akan memberikan penjelasan tentang metode yang bisa dilakukan supaya baterai HP tidak boros lagi. Sebaiknya simak terus pembahasannya supaya kamu mendapatkan informasi yang lengkap.

Kenapa Baterai HP Cepat Habis

Sebelum membahas tentang cara mengatasi baterai HP cepat habis, sebaiknya kamu memahami penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat baterai menjadi lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

  • Kecerahan atau brightness layar diatur berlebihan.
  • Banyak aplikasi yang berjalan di background tanpa disadari.
  • Sedang berada di tempat yang susah sinyal sehingga smartphone harus bekerja ekstra untuk memperoleh jaringan.
  • Usia baterai yang sudah lama.
  • Mengaktifkan fitur-fitur yang tidak perlu.
  • Proses charging atau pengisian daya yang kurang tepat. Misalnya HP dicharge semalaman atau dimainkan saat masih dalam pengisian daya.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai penyebab baterai HP cepat habis, sekarang saatnya untuk tahu bagaimana cara mengatasinya. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja simak penjelasan dan tutorialnya di bawah ini.

1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Sebagian besar smartphone yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan mode hemat daya. Sesuai dengan namanya, fungsi dari mode ini adalah membatasi kinerja HP sehingga baterainya menjadi lebih hemat.

Mengaktifkan mode tersebut merupakan salah satu metode paling mudah. Pasalnya, sebagian smartphone sudah menyertakan menu mode hemat daya di control center. Dengan begitu, kamu hanya tinggal klik satu kali untuk mengaktifkannya.

Kalau menu ini tidak tersedia di control center smartphone kamu, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke Settings terlebih dahulu.
  2. Sekarang cari dan klik pada menu Baterai atau Battery.
  3. Lalu pilih Battery Saver.
  4. Aktifkan dengan cara mengklik toggle sampai berubah warna/arah.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi HP Vivo Yang Tidak Bisa Disentuh

2. Atur Layar

HP zaman sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan refresh rate tinggi (90 hz hingga 120 hz). Refresh rate yang tinggi memang bisa memanjakan mata. Terutama saat scrolling smartphone dan bermain game.

Sayangnya, refresh rate yang tinggi juga bikin boros baterai. Kalau kamu ingin hemat, sebaiknya atur refresh rate ke angka yang standar. Misalnya ke 60 hz seperti smartphone pada umumnya.

Selain refresh rate, kamu juga perlu mengatur brightness atau tingkat kecerahan pada layar. Kalau tidak diperlukan, kamu tidak harus mengatur kecerahan ke angka yang tinggi. Gunakan seperlunya saja.

Jangan lupa untuk menonaktifkan automatic brightness. Pengaturan kecerahan otomatis ini justru akan membuat smartphone menjadi lebih boros baterai. Pasalnya, smartphone harus menyesuaikan kecerahan layar dengan cahaya di sekitarnya.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Menginstall aplikasi terlalu banyak bisa berdampak buruk bagi smartphone. Selain membuat lemot karena harus bekerja keras, baterai juga menjadi lebih boros dari biasanya.

Kenapa bisa begitu? Smartphone tidak hanya memproses atau menjalankan aplikasi yang kamu buka. Ada proses yang berjalan di latar belakang. Hal ini mungkin tidak pernah kamu sadari.

Ketika ada banyak aplikasi di HP, otomatis proses di latar belakang juga akan semakin banyak. Hal inilah yang membuat baterai HP menjadi lebih boros. Performa smartphone pun mungkin saja mengalami penurunan.

Kalau HP kamu memiliki banyak aplikasi dan tidak terlalu diperlukan, sebaiknya uninstall sekarang juga. Langkah ini sudah sangat tepat.

4. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Ada banyak fitur di smartphone yang juga bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Contohnya adalah GPS dan bluetooth. Fitur GPS akan membantu smartphone untuk mengirim sinyal ke satelit guna mengetahui posisinya di bumi.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Main Game Free Fire

Kalau fitur ini diaktifkan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan baterai menjadi lebih boros. Oleh karena itu, kamu perlu mematikannya jika tidak sedang dibutuhkan.

Selain fitur GPS, bluetooth juga kerap menjadi biang kerok yang membuat baterai menjadi lebih boros. Sebenarnya bluetooth sangat berguna untuk menghubungkan smartphone dengan berbagai perangkat lain.

Tapi kamu juga tidak boleh membiarkannya terus menyala. Apa lagi kalau sudah tidak dipakai. Sebaiknya langsung saja matikan fiturnya agar tidak membuat baterai terbuang sia-sia.

5. Update OS

Sistem operasi di smartphone, baik itu iOS maupun Android sama-sama menyediakan update atau pembaruan. Biasanya, pembaruan atau update tersebut memberikan fitur-fitur yang lebih bagus dibandingkan versi OS sebelumnya.

OS yang lebih baru mungkin saja sudah memiliki manajemen daya yang baik. Hal ini membuat smartphone lebih hemat baterai.

Salah satu cara mengatasi baterai HP cepat habis adalah dengan update OS. Untuk melakukan update atau pembaruan sistem operasi, kamu bisa mengakses menunya di pengaturan atau settings.

6. Jangan Biarkan HP Kerja Keras Mencari Sinyal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, HP yang berada di wilayah susah sinyal akan lebih cepat kehabisan baterai. Pasalnya, smartphone fokus mengerahkan energinya untuk mendapatkan sinyal seluler terbaik.

Kalau ingin lebih hemat baterai, sebaiknya jangan biarkan smartphone kerja keras mencari sinyal seperti ini. Agar tidak boros baterai di wilayah susah sinyal, sebaiknya aktifkan mode pesawat atau airplane mode saja.

Airplane mode sendiri merupakan salah satu mode yang membuat smartphone tidak bisa menerima maupun memancarkan sinyal. Dengan mengaktifkan mode tersebut, smartphone akan berhenti bekerja untuk mencari sinyal terbaik. Baterai pun lebih hemat karenanya.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Lupa Email Setelah di Reset

7. Kalibrasi Baterai

Cara-cara di atas belum membuahkan hasil yang signifikan? Tenang, masih ada cara lainnya, kok. Kali ini yang harus kamu lakukan adalah kalibrasi baterai.

Proses ini dilakukan untuk mengembalikan akurasi sistem dalam membaca status baterai. Pasalnya, tidak jarang terjadi kesalahan pada sistem yang menampilkan persentase baterai tidak sesuai kenyataan.

Untuk mengkalibrasi baterai, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Gunakan HP sampai baterainya habis dan mati dengan sendirinya.
  2. Dalam keadaan mati, isi baterai sampai 100%.
  3. Cabut kabel charger dan hidupkan HP.
  4. Kalau statusnya tidak 100%, charge lagi sampai penuh.
  5. Cabut charger dan restart, apakah menunjukkan 100% atau tidak?
  6. Kalau tidak, lakukan langkah nomor 4 dan 5 secara berulang sampai HP menunjukkan 100% setelah restart dalam kondisi kabel charger tidak terhubung.
  7. Pakai HP seperti biasa sampai mati karena kehabisan baterai.
  8. Isi ulang tanpa dimainkan hingga penuh.

8. Ganti Baterai

Sudah melakukan langkah di atas tapi baterai masih boros? Mungkin masalah sebenarnya ada pada hardware atau baterai HP kamu sendiri.

Baterai yang ada di HP tersebut mungkin sudah usang dan kesehatannya menurun. Hal ini membuat kamu harus segera menggantinya.

Jika ingin ganti baterai, pastikan untuk melakukannya di service center resmi. Hindari penggunaan baterai abal-abal karena akan membahayakan smartphone.

Penjelasan di atas sudah sangat lengkap. Kamu bisa mengetahui penyebab baterai boros hingga cara mengatasi baterai HP cepat habis.

Sebelum mempraktikkan cara-cara yang sudah dijelaskan, kamu perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah mengetahui penyebab baterai boros dan bisa mengambil langkah yang tepat.

Baca Juga:

error: